[APPS] MANGAROCK FOR YOUR DAILY DOSE OF SCANLATION!

1:57:00 AM









Halo! Sudah 2 minggu aku bedrest karena sakit, niat liburan mau produktif malah jadi wacana doang -_-

Hobiku sebenernya banyak, selain berlenong ria, aku juga suka baca manga. Saking sukanya, dulu jaman belom ada internet, aku bisa baca 10 komik dalam sehari. Jadi aku pake kacamata dari umur 7 tahun deh, saking senengnya baca (sambil tidur)

So, sekarang aku mau nulis post tentang aplikasi yang sering aku gunakan buat baca manga di smartphone androidku. Namanya Mangarock.
Mangarock ini adalah sebuah aplikasi untuk membaca scanlation manga yang bersumber dari web-web khusus scanlation contohnya Mangafox, Mangareader, Batoto, dll. Scanlation itu apasih? Scanlation adalah hasil scan komik yang diterjemahkan. Perlu diingat, semua yang terbit disini unofficial. Tidak resmi. Yang mengerjakan scanlation adalah fans. Bukan si authornya sendiri.
Lah jadi melanggar hak cipta dong?
Bisa jadi, karena biasanya manga itu kan sudah berlisensi dari penerbitnya.

Support the author by purchasing the legal copies ya after reading the scanlation :p

Oke, back to Mangarock, jadi aplikasi ini dulunya ada di Play Store, cuma dari tahun lalu udah nggak ada alias udah dihapus. Nggak tahu kenapa sih... tapi kamu bisa install aplikasi ini lewat apknya (*UPDATED* ini linknya). Aku sih langsung aja download apknya yang pro/full biar nggak ada iklannya, hehehe.
Aplikasi ini terbilang lengkap, banyak resourcenya. Dan dari resource itu koleksi manganya juga komplit, ada yg jaduul banget kaya Arale (Dr.Slump) sampe yang terkini (One Punch Man, Fairy Tail, sampe webtoon juga ada lho kaya Untouchable, Lookism, Noblesse)
Size aplikasinya sih tergantung cache ya, karena seiring kamu buka kontennya tentu akan ada cache tersimpan di hp kamu, jadi rajin rajin bersihin cache yaa biar nggak lemot hpnya :)



Pas pertama install, sayangnya nggak ada screenshotnya, kamu bisa pilih bahasa menyesuaikan dari resourcenya. Tapi disini ngga ada bahasa Indonesia sih, hehe.
Nah, selesai konfigurasi awal, tampilannya begini.
Di bagian atasnya ada menu, search, filter, refresh, sama tile.


Kalo kamu tap menu, yg iconnya 3 garis itu, bakal muncul tampilan begini.
Aku jelasin satu-satu ya.

1. All Manga: menampilkan semua scanlation manga dari resource yang dipilih (disini aku pilih Mangafox, karena menurutku paling komplit)

2. Latest Release : menampilkan daftar scanlation terbaru yang diterbitkan

3. Favourites : menampilkan scanlation yang sudah di favourite sebelumnya

4. Downloaded : menampilkan scanlation yang sudah di download.
Kalo aku sih nggak pernah pake fitur ini karena selalu pake wifi untuk baca scanlation

5. Recent : menampilkan beberapa scanlation yang terakhir dibaca

6. Discovery : menampilkan suggestion scanlation untuk kita, berdasarkan apanya sih aku nggak tau, mungkin berdasarkan genre scanlation yang kita favoritin

7. Back-up & Restore : kalo yang ini kita harus login dulu pake account Mangarock, bisa connect Google & Facebook juga kalo nggak salah, jadi ngebackup favourite dan download kita kalo kita ganti device.

8. Download Queue: daftar antrian download kita

9. Settings: pengaturan



Kalo kamu tap icon bulat yang ada segitiganya, itu filter. Kita bisa filter scanlation yang ditampilkan berdasarkan:

1. Sources: sumber scanlation seperti Mangafox, MangaEden, dll

2. Categories: genre manganya, tinggal di tap aja genrenya (bisa pilih lebih dari satu)

3. Status: yang udah completed, on going, atau dua-duanya

4. Sort By: hasil filternya disort berdasarkan nama atau ranking, tinggal tap salah satu



Nah, kalau kamu tap judul/gambar manganya, bakal ada tampilan kaya gini.
Ada sinopsisnya, genre, keterangan authornya, status, dan ranking di resourcenya. Disini contohnya Fairy Tail (Mashima Hiro). FYI aku maraton baca ini 400 chapter cuma 2 hari. Untuk setelahnya nunggu update lamaaaa banget, sampe lupa ceritanya & tokohnya saking banyaknya. Fairy Tail update 1 minggu sekali kalo gak salah.


Di section chapter, tulisan berwarna biru mengindikasikan kamu sudah pernah membaca chapter tersebut, kalau warnanya putih, belum pernah.
Di sebelah chapter juga ada discovery, suggestion scanlation untuk kamu baca.

Menurutku aplikasi Mangarock ini membantu banget buat aku yang sering baca scanlation manga. Kalau anak tidur atau lagi main sama temannya, aku me time baca manga pake Mangarock ^^
Praktis dan mobile, bisa dimana aja. Gak perlu buka laptop dan buka mangafox lagi. FYI akses ke mangafox udah diblokir sama beberapa ISP di Indonesia kalau buka langsung webnya.

Cuma kadang-kadang kalo koneksi internet lemot, loadingnya lama dan pasti ada page yang crash.

Sebenernya ada beberapa aplikasi manga reader di Android, tapi menurutku Mangarock ini yang terbaik. Dari interfacenya, user friendly banget!

So, tertarik mencoba Mangarock?

You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)