[BLOGTALKS] [FREEBIES] Tips Low Budget Blogging ala akpertiwi.com

6:23:00 AM



Menurutku selain tulisan, foto juga tidak kalah penting dalam menentukan kualitas suatu blog post.
Ketika memulai menulis sebuah blog post, aku memposisikan diriku sebagai pembaca yang akan membaca tulisan yang aku buat.
Sebagai pembaca, aku suka baca blog yang cara penulisannya ringan dan mudah dipahami, informatif, dan yang paling penting, fotonya harus enak dilihat, nggak burem, nggak gelap, produk jelas, dan warna mendekati aslinya.

Saat aku mau memulai blogku sendiri, aku sempet ragu juga soalnya aku nggak punya kamera.
Akhirnya aku coba aja foto-foto hanya pake kamera smartphone.
Awalnya sih cuma pure pake kamera smartphone, diedit dikit pake photoshop.
Meskipun foto-foto di blogku belum sebagus hasil jepretan profesional, tapi aku cukup puas dengan foto-fotoku sekarang.

Jadi selama aku ngeblog, yang paling krusial buatku adalah smartphone dan laptop.
Low budget dan basic banget kan, secara aku nggak punya ringlight, backdrop, kamera, tripod, lightbox dan kawan-kawannya.

Sekarang aku mau share 'peralatan tempur' untuk fotografi produk di blogku yang hanya menggunakan kamera smartphone, beberapa aplikasi pendukung, dan tidak lupa laptop sebagai media pengolah datanya.
Semoga tips & trik ini membantu kamu khususnya yang masih ragu pengen ngeblog tapi belum punya berbagai peralatan pendukung, ya.

Aplikasi Camera FV-5

Entah kenapa aplikasi kamera bawaan smartphoneku auto fokusnya kurang bagus apalagi untuk foto mikro.
Jadi aku coba beberapa aplikasi kamera di Playstore, dan menurutku yang terbaik adalah aplikasi ini.
Aplikasi ini membuat kita bisa mengatur settingan manual kamera smartphone, dan dengan aplikasi ini, fokus kameraku akhirnya bener. Kamu bisa lihat perbandingannya di screen capture berikut ini

menggunakan Camera FV-5


menggunakan aplikasi kamera bawaan

Terlihat kan bedanya di fokus. Bagian backgroundnya ngeblur dengan sempurna saat menggunakan Camera FV-5.
Hasil foto dengan menggunakan aplikasi ini nggak kalah sama hasil foto DSLR lho!
Yang bisa kamu atur di aplikasi ini adalah white balance, iso, light metering, focus, exposure, bracketing, intervalometer, dan shutter. Aku sendiri pribadi masih belum nguasain semuanya, dan kalo lagi males ribet fotonya auto mode aja hahaha.
Tapi sayang yang tersedia di Playstore hanya versi lite saja,


Sebelum memulai sesi pemotretan (halahhhh) pastikan tempat kamu mengambil foto mendapatkan cahaya yang cukup. Jangan mengambil foto di ruangan yang cahayanya sedikit, saat mendung, bahkan sampai mengharuskan kamu memakai flash. Flash membuat warna asli produk menjadi berbeda. Aku biasanya mengambil foto di kamar atas di rumahku, dimana jendelanya berhadapan langsung dengan sinar matahari ketika siang hari.

VSCOcam


Aplikasi edit foto kekinian seribu umat. Filter-filternya aesthetic banget pokoknya. Selain itu bisa ngatur exposure, contrast, saturation, temperature, dll. Ngebantu banget deh pokoknya.


Google Drive


Enaknya pake smartphone tuh tinggal jeprat-jepret, edit, terus masukkin di Google Drive. Buka laptop, download foto dari Google Drive, habis itu resize, udah gitu siap deh buat postingan baru di blog. Praktis banget, gak perlu colok-colok flashdisk atau memory card. Aplikasi Google Drive sudah tersedia di smartphone berbasis Android.

Background Foto

Ini penting banget supaya foto jadi lebih kece. Aku suka background yang polos supaya produknya bisa stand out. Ada beberapa benda yang biasa aku pake buat background foto.


Pertama alas foto mentah. Ini kertasnya pake art paper.
Kekurangan kertas jenis ini adalah cepet lecek, jadi nyimpennya harus bener-bener apik.
Aku sengaja cetak yang polos aja tanpa motif, biar bisa dimatchingin sama produk yang mau difoto. Alas foto mentah ini harganya 10 ribu aja.


Contohnya foto produk POND's Acne Solution yang dominan warna biru, aku pake alas foto warna biru juga.


Selain itu aku pake pashmina satin velvet juga, Contohnya kaya foto produk Lavine Clarity Skin Care. Saranku sih pilih pashmina satin yang glowingnya nggak terlalu lebay, dan tekstur kainnya nggak begitu keliatan.


Yang paling gress nih, alas bulu. Sebelumnya aku baca postingan di Halo Terong tentang alas bulu dan langsung teracuni. Aku beli alas bulu ini seharga 40 ribu aja lho :p Alas bulu ini oke banget buat bikin foto dengan konsep clean dan dreamy.

Properti Foto

Sebenernya ini optional sih, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang bisa kamu temukan dirumah. Seperti misalnya topi untuk foto produk Emina Sun Protection ini.


Aku juga kadang menggunakan bunga artifisial, tetapi kalau di zoom terlihat agak kurang bagus karena kelihatan bunga tersebut terbuat dari kain. Contohnya foto produk The Saem Healing Tea Garden ini, kelihatan banget bunganya palsu.


Coba dibandingkan dengan foto produk Body Butter Bali Ratih dimana aku mengambil foto bunganya dari jauh. Much better kan? Padahal sama-sama terbuat dari kain.


Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe Photoshop ini membantu banget untuk edit-edit segala macem untuk ngeblog. Selain ngedit, buat ngeresize juga. Biasanya untuk blog aku resize jadi 800x600. Dari 2011 aku setia pake Adobe Photoshop CS3 Portable. Versi Portable ini tinggal pake, tinggal klik .exe doang. Bisa juga ditaro di flash disk terus dipake di komputer lain tanpa install-install, dan nggak bakal expired, lho.


Akan tetapi aplikasi ini memakan RAM cukup banyak, dan pastinya kamu butuh laptop dengan spesifikasi yang baik untuk menjalankannya dengan lancar.
Salah satu laptop yang aku rekomendasikan adalah

ASUSPRO B8230



Kenapa aku merekomendasikan ASUSPRO B8230?

Laptop ASUS dengan layar 12 inci ini mungil dan compact, pas banget untuk kamu bawa ngeblog santai di kafe atau coffee shop, karena beratnya cuma 1,3kg.

Selain itu ASUSPRO B8230 dilengkapi dengan dua pilihan yaitu Intel Core i5 / Intel Core i7 Processor. Baik Intel Core i5 maupun Intel Core i7 merupakan processor yang sangat cepat dan hemat energi.
Intel Core i5 adalah prosesor kelas Mid-Range dan menggunakan sumber daya yang ringan. Didukung oleh Intel Turbo Boost Technology yang mampu menaikkan frekuensi clocking ke tingkat yang lebih tinggi pada saat diperlukan,
Sedangkan Intel Core i7 adalah prosesor kelas High-End yang didukung oleh Intel QuickPath Intercorrect Technology yang meningkatkan kecepatan data transfer sampai 25,6GB per detiknya.
Keren banget kan?

Laptop berspesifikasi baterai 3 cell berjenis Li-Polymer ini dipadukan dengan storage atau media penyimpanan berkapasitas berjenis Solid State Drive (SSD) dengan kapasitas 256GB. Pastinya cukup dong untuk menampung foto-foto penunjang blog kamu. Sementara untuk RAMnya diberikan kapasitas 4GB. Kamu bisa leluasa menjalankan aplikasi favorit kamu tanpa perlu khawatir laptop bakalan hang atau lag karena kebanyakan aplikasi yang berjalan.

ASUSPRO B8320 juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mampu memproteksi data secara maksimal. Sejumlah fitur tersebut antara lain, USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, Kensington lock, dan Smart Card reader.

Apabila kamu merasa spesifikasi yang disuguhkan oleh ASUSPRO B8230 ini kurang, kamu bisa mengupgradenya secara manual, lho. Kompartemen yang berada di bawah bodi laptop ini dapat kamu lepas dengan mudah dan kamu bisa mengganti storage atau RAMnya menjadi lebih besar.


Bagaimana?
Kalau aku sih pengen banget ya punya ASUSPRO B8230 ini soalnya bakalan membantu banget untuk pekerjaan aku sebagai blogger.
Nah, kayaknya cukup segini aja tips & trick dari aku untuk Low Budget Blogging ala aku ya.
Simpel kok, cuma butuh smartphone dan laptop!



logo_asus_isoi_intel

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


For any inquiries you can send me an e-mail at

Referensi
1
Image title taken from here

You Might Also Like

44 komentar

  1. Wah kreatif banget ya, suka sama background flat-laynya.

    ReplyDelete
  2. Ahhh,, aku mupeng sama background artpaper itu sama bulu2 itu nisaaa.. artpaper itu gimana? Sejenis A3 putih terus di print warna gitu yak?? Terus itu bulu2 murah beutt.. nitip beli boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya artpaper itu ukuran a3 tp glossy gt kak hehe bulu2 udah dijawab di wa yaaa :*

      Delete
  3. Aku juga pernah pake app buat foto kak, tpi bukan FV5 itu sih. Hasilnya mayan loh ya drpd kamera bawaan.

    Good luck ka Nisa ❤

    www.ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa third party application ngebantu banget buat setting manual kameranya. Thanks ran

      Delete
  4. Art paper ya namanya? Selama ini aku pake alas kain putih, beli 20rb semeter, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga idenya kak vir hehe cm kalo kain kadang2 suka kusut dan ada bekas lipetannya ya :(

      Delete
  5. Ah jadi mau belajar motret yang bagus pake bulu2 putih itu juga ni Nis 😉 nice artikel Nis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo. Thanks for visiting. Yuk beli bulu2 murce lhoo hahaha

      Delete
  6. Pengen beli property foto deh Aku jadinya ..hehee
    Good luck nis ..

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  7. aaaa aku terinspirasi sama kamu nih kakniss ahaha jadi pengen ikutan contestnya juga.. oemji itu bulu2 beli dimanaaa bagus banget aku nyari2 dari dulu ahaha btw goodluck kak nis!!

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan tp skrg ud deadline wkwkwk aku beli di tokped sayy

      Delete
  8. yup bikin satu post itu perjuangan yah, mulai dari tulisan sama fotonya hehe xD
    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say... Makanya suka heran kalo ada org yg nganggep blogger tu kerjanya ga jelas. Padahal buat bikin 1 post aja mati2an huhuhu

      Delete
  9. Mbak Nisaaaa. Aku malah pake photoshop CS 5 di laptopku hehe. Good luck buat kita yaaa hihi. Oh ya mbak, itu vsco full packnya uda sama yang filter bayarkah ? dan apa cuma buat Android doang hmmm

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nez udah all filter. Tp sayang android doang hehe

      Delete
  10. ini membantu bgt ^^~ kayaknya alas bulu lg bnyk dipake blogger2 yah ^^~

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa say, alas bulu lagi hits banget nih hehehe

      Delete
  11. Ternyata bisa mengunakan barang-barang yang sederhana untuk mendapatkan tampilan yang kreatif ya.., keren banget deh! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan memanfaatkan barang barang seadanya justru jadi tantangan tersendiri mbak :)

      thanks for visiting ya...

      Delete
  12. foto2nya bagus...tips2nya juga membantu banget mba

    gudluck ya buat lombanya

    ReplyDelete
  13. Langsung ke playstore buat download aplikasinya. Makasi sharing ilmunya yaah, salam kenaaal :)

    putusuci.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama putu, makasih juga udah berkunjung ya!

      Delete
  14. Waaa, makasih sharing-nya buat tips siapin konten foto yang cihuy ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo silva, sama-sama semoga membantu ya^^

      Delete
  15. *takjub
    gak nyangkan ternyata di balik foto yang keren seperti itu ternyata dibuatnya simpel banget *catet catet, ntar coba dirumah ah
    keren sist infonya, kalo ane buat konten blog itu sering ga bagus jepretnya, makanya selalu di sotosop biar bagusan dikit hehehe

    mantep ini kontennya, besok ane mampir lagi, semoga bisa dapet notebook ASUSPRO yak amin.. (doain ane juga ya sist ^_^ )

    Salam HOki

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai gan yayan, thanks for visiting.
      okee good luck for both of us ya^^

      Delete
  16. wah mbak, ini cakep pengeditan fotonya. Aku mau nyobain juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo ririn. thank you hehe semoga membantu ya^^

      Delete
  17. Itu foto2nya diambil pake hp semua kak? Bagus2 banget. Makasih lho udah share ginian jadi terinspirasi lebih niat take foto di blog xD

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kania, iya semuanya aku pake hp soalnya belom punya kamera.
      samasama say semoga membantu ya^^

      Delete
  18. Nge blog ala beauty blogger seru ya, harus banyak edit foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo beauty blogger mainnya mesti foto huehehe thank you for visiting^^

      Delete
  19. Waaah nice! Aku juga masih adaptasi nih macem-macem abis baca ini jadi nambah beberapa ilmu seputar beauty blogging.

    tutuskirtjournal.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. pencahayaan di rumahku sih nggak banget, dari sudut manapun belum nemu yang pas. ketambah lagi modal kamera digital pas-pasan makin susah ngakalin photoshop-nya hiks

    ReplyDelete
  22. itu berarti pencahayaan murni dari sinar matahari aja ya mbak?

    kalo resize pake tools apaan?

    ReplyDelete
  23. Wiii tipsnya ngebantu banget buat foto-foto cantik untuk review :3
    Makasih tipsnyaaa heheh so helpful XD

    vanillaberrys.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. helpful post mbak. thank you for sharing this, karena aku trmasuk yg cuman modal smartphone sm laptop doank dan ingin jd blogger hehe..
    Good luck utk lombanya :)

    ReplyDelete
  25. beli bulu-bulu putihnya dmna ya sist? hehe

    bdw salam kenal :)

    http://carollinestory.blogspot.com

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tidak meninggalkan link hidup ya :)