[GIRL TALK] 3 Tips Menjual Barang Preloved Supaya Cepat Laku

7:07:00 PM



Sebagai seorang beauty blogger, aku punya cukup banyak produk make up dan skincare yang tidak terpakai. Biasanya barang tersebut tidak pernah aku pakai karena tidak cocok dengan kulitku atau shade/warnanya kurang pas. Daripada nganggur begitu aja di meja rias, kadang aku menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, atau bahasa kerennya, dipreloved. Oh iya, aku juga pernah menulis tentang pro dan kontra tentang preloved make up lho. Bisa banget dibaca ya, hehehe.


Menjual barang second juga tentunya tidak semudah menjual barang yang kondisinya baru. Berikut aku kasih beberapa tips supaya barang second kamu cepat laku. Yuk disimak aja langsung!

Gunakan Foto Berkualitas Bagus

Biar yang kita jual barang second, kita tetap harus memperhatikan kualitas foto barang yang akan kita jual. Tentunya apabila kita berperan sebagai customer kita pasti akan memilih barang yang visually appealing, karena memang itu point selling dari menjual barang secara online. Kamu pasti lebih menyukai produk yang tertata secara rapih dibanding yang hanya diletakkan begitu saja.
Hindari mengambil foto barang di tempat yang gelap dengan menggunakan flash. Selain itu jangan menggunakan filter yang terlalu berlebihan ya, karena dapat mengakibatkan perbedaan warna antara foto dan barang aslinya. Ini yang biasanya tidak disukai oleh konsumen.

Berikan Harga yang Sesuai

Karena tujuan aku menjual barang preloved adalah mengurangi isi lemari, aku biasanya memberikan harga yang tergolong murah.
Sebisa mungkin hindari memberi harga yang terlalu tinggi supaya calon pembeli tidak kabur. Sesuaikan juga harga dengan kondisi barang, ya.

Menjual di Tempat yang Tepat

Nah, kira-kira dimana ya tempat yang tepat untuk menjual barang-barang preloved
Jawabannya, di Carousell!



Carousell adalah marketplace khusus untuk barang second.
Aku sendiri menggunakan aplikasi Carousell untuk menjual barang-barang second milikku. Cara menggunakannya sendiri mudah, pertama kamu hanya perlu register dan login. Kamu bisa register dengan menggunakan account facebook atau gmail.
Setelah login, kamu bisa langsung mengupload foto barang preloved yang mau kamu jual di akunmu.
Caranya seperti ini


1. Buka profile, klik tombol Sell yang ada di bagian bawah layar



2. Upload foto atau ambil dari kamera



3. Masukkan juga detail barang seperti nama barang, deskripsi, dan harga


4. Setelah itu tinggal klik centang di bagian kanan atas dan pilih List It! Selesai deh ~




Calon pembeli yang tertarik bisa langsung melakukan chat 1:1 denganmu dan mengajukan penawaran harga atas barang yang diinginkan.
Setelah kalian sepakat pada satu harga, langsung deh lakukan transaksi seperti biasa.


Selain menjual barang, membeli barang di Carousell juga mudah. Di Carousell disediakan navigasi per kategori barang yang kita inginkan. Contohnya apabila kita mau membeli baju, kita bisa klik di kategori Fashion.
Untuk mencari barang yang posisinya dekat dengan kita juga bisa lho. Kita bisa mengatur radius posisi seller di dekat kita. Misalnya apabila kita setting dalam radius 10km, akan muncul list barang yang dijual dalam radius 10km di dekat kita. Buat COD jadi lebih mudah kan?

Oh ya, kamu bisa cek akun Carousell aku di www.carousell.com/akpertiwi. Aku bakalan jual beberapa make up dan skincare yang nggak terpakai di Carousell dan tentunya harganya murah meriah dong. Mampir-mampir ya.

Kamu bisa download aplikasi Carousell ini di Google Play Store, IOS App Store, dan kamu juga bisa mengakses website Carousell langsung melalui browser di PC.

This is a sponsored post


For any inquiries you can send me an e-mail at





You Might Also Like

4 komentar

  1. Ternyata barang2 seperti make up dan skin care yang nggak kepake bisa dijual ya mba. Nggak cuma kosmetik aja yang bisa dijual. Pakaian pun juga bisa dijual kalo ada barang yang nggak kepake. Daripada dibuang tapi mubazir mending dijual untuk dijadikan duit.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Gampang banget ya jualan di carrosel
    Masih ada banyak nih barang bekas di rumah

    ReplyDelete
  3. Keren juga ya mbak, coba buat akunnya ah, soalnya banyak juga barang2 yg gx terpakai lagi di lemari. Thanks ya infonya!

    ReplyDelete
  4. kalo aku biasa nge-preloved barang gak terpakai lewat shopee mbak soalnya selain gratis ongkir, ada rekber-nya juga jadi pembeli bisa langsung transfer. dulu pernah nginstal carousel tapi kayaknya gak nyediain rekber, jadi aku gak jualan disana

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)