[BLOGTALKS] Tips SEO untuk Blogger

7:29:00 AM


Hai, udah tau belum kalau Beautiesquad punya agenda bulanan namanya Ngopi Cantik? Jadi di Ngopi Cantik ini kita bakal mengundang seorag pembicara dengan tema-tema khusus yang berbeda setiap bulannya. Bulan kemarin temanya adalah SEO dengan pembicara Founder Blogger Perempuan, yaitu mbak Shintaries Nijerinda.


Sebagai blogger, ngomongin SEO emang nggak ada habisnya. Eh, mungkin ada yang belum tau SEO itu apa ya? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization.

Apa itu SEO?

Jadi sebagai blogger pastinya kamu pengen dong artikel kamu dibaca banyak orang. Pasti pengen dong artikel kamu nampang di page one Google. Gimana caranya? Yaitu dengan menerapkan teknik SEO yang baik benar. Di acara Ngopi Cantik kemaren dibahas lho, teknik-teknik SEO bagi blogger langsung dari mbak Shintaries yang emang udah lama banget bergelut di dunia blogging.

Nah buat kamu yang nggak kebagian kuota di acara Ngopi Cantik kemarin, nggak usah khawatir, karena kali ini aku mau buat resumenya. Yuk langsung disimak aja tips-tips SEO untuk blogger di bawah ini!

Blog akan lebih mudah terindeks apabila memiliki satu tema khusus (niche)


Nah, disini pentingnya niche. Memang perlu konsistensi yang besar untuk stay di satu tema aja.Tapi hal ini membawa keuntungan lho, salah satunya adalah membuat blog kita lebih mudah terindeks. Aku sendiri memutuskan untuk membuat beauty blog setelah baca-baca tentang pentingnya niche bagi blogger. Bisa dilihat di postinganku yang awal-awal masih campur-campur gitu temanya. Tapi sekitar tahun 2016an aku fokus dengan tema beauty.

Blog dengan otoritas yang jelas akan lebih diprioritaskan


Yang dimaksud dengan otoritas disini adalah kepemilikan, identitas. Tentu kamu lebih percaya dengan orang dengan identitas yang jelas dibandingkan orang yang identitasnya tidak jelas bukan? Begitu pula dengan Google. Lalu, bagaimana caranya agar blog kita memiliki otoritas yang jelas?

Caranya adalah mengisi data profil di http://aboutme.google.com.


Ya, ini adalah halaman untuk profile Google +. Biarpun terlihat sederhana tapi ternyata berpengaruh lho. Kamu bisa menautkan url blog kamu di profile Google+. Tips dari mbak Shintaries, kalau bisa nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama. Misalnya domain blogku adalah www.akpertiwi.com, alamat emailku adalah akpertiwi@gmail.com, seperti itu.

Domain blog sendiri juga berpengaruh. Blog dengan TLD (Top Level Domain) lebih disukai google dibandingkan blog dengan domain gratisan seperti namablog.blogspot.com atau namablog.wordpress.com.

Kalau kamu mau serius ngeblog, aku sarankan untuk langsung mengubah domain blog. Caranya mudah kok, kamu bisa beli di situs-situs yang menyediakan jasa hosting & domain. Aku sendiri beli domain seharga 100rb/tahun. Murah kan?

Domain blog juga berpengaruh ke skor Moz yaitu DA (Domain Authority). Blog dengan domain gratisan akan ikut DA blogspot/wordpress makanya skornya besar, tapi ini tidak menjadi hitungan bagi klien/brand karena skor tinggi itu milik penyedia hostingnya, bukan pribadi.
Setelah beli domain DA dan PA akan reset dari 0.  

Blog dengan konten yang berkualitas lebih disukai


Berkualitas disini dalam artian tidak copy paste, harus ditulis/dibuat sendiri. Jadi sebisa mungkin hindari copy paste, ya. Nah, Google juga suka blog yang rutin update. Apalagi yang update setiap hari dan terjadwal. Yuk mulai lebih rajin lagi nulisnya #selfreminder.
Blog dengan jumlah kata yang banyak juga disukai Google, minimal 1000 kata. Tapi untuk konten beauty menurut mbak Shintaries sendiri 800 kata sudah cukup.
Ada banyak hal juga yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten yang lebih SEO-friendly, antara lain adalah;

Optimasi Image

Untuk beauty blogger, tentu saja selain tulisan pendukung artikel kita adalah foto/image. Kita juga bisa mengoptimasi image tersebut agar tampil di mesin pencari. Caranya adalah merename nama file image tersebut menjadi keyword.
Contohnya untuk artikel Review Lip Cream Purbasari, kamu bisa ganti nama filenya menjadi review lip cream purbasari.jpg, review lip cream lokal bagus.jpg, swatch lip cream purbasari shade azalea.jpg. Atau kalau fotonya banyak bisa juga menambahkan angka di belakang kalimat, seperti review lip cream purbasari1.jpg, review lip cream purbasari2.jpg, dst.


Optimasi Keyword

Kalau aku biasanya sebelum menulis artikel akan memikirkan terlebih dahulu keywordnya. Apa yang akan orang ketik di Google lalu kemudian bisa menemukan blogku? Itu yang disebut dengan keyword. Lebih baik lagi apabila keyword ditaruh di judul. Kamu bisa juga memakai teknik clickbait, buatlah judul semenarik mungkin tapi ngga usah terlalu lebay :p
Misalnya keyword yang kamui inginkan adalah Tips Memilih Skincare. Maka masukkanlah kalimat tersebut ke judul. Karena aku anaknya to the point biasanya aku nggak ‘membungkus’ keyword tersebut, langsung aja sih hehehe :p


Selain di judul, masukkan pula keyword itu sebanyak 1% dari jumlah kata. Contohnya aku menulis artikel sepanjang 500 kata, maka usahakan ada keyword sebanyak 5 kata. Jangan terlalu banyak juga, ya.
Kamu juga bisa menaruh keyword di permalink setiap blog post. Sebelum publish, kamu setting dulu permalinknya dengan keyword yang dimaksud. Untuk mengedit permalink jelasnya ada di gambar berikut.

Optimasi Link dalam Konten

Link juga cukup berperan penting dalam SEO, baik internal link maupun eksternal link. Tips dari mbak Shinta adalah selalu menambahkan link ke tulisan lain di blog kita. Tidak hanya itu, related post dan read more di halaman awal juga diperlukan karena dianggap sebagai internal link.
Jumlah eksternal link juga harus diperhatikan ya, sebaiknya tidak terlalu banyak. Apalagi link dofollow, usahakan seminimal mungkin.

Mengaktifkan Meta Deskripsi

Yang paling penting di SEO dalam konten adalah mengaktifkan Meta Deskripsi, baik di wordpress dengan menggunakan plugin atau di blogspot dengan cara mengaktifkannya di Setting -> Search Description. Meta Deskripsi adalah ringkasan dari konten kita yang akan muncul di hasil pencarian. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat di gambar dibawah ya. Tapi maaf untuk wordpress aku belum bisa menunjukkan caranya karena aku buta wordpress huhuhu :(


Blog yang menggunakan template yang baik sering dikunjungi

Selain konten, template juga berperan lho. Jaman sekarang, pada umumnya orang browsing menggunakan smartphone. Browser yang digunakan berbeda dengan browser di PC/Laptop. Oleh karena itu gunakan template yang mobile friendly agar mudah diakses oleh orang.
Kalau aku pribadi lebih menyukai template yang minimalis dan clean agar membacanya mudah. Pasti kamu juga annoyed dengan blog yang menggunakan template warna-warni-kontras-nusuk-mata-yang-tulisannya-susah-dibaca?
Nggak pengen ribet? Langsung ketik keyword ‘SEO Friendly Template for Blogger/Wordpress’ aja di Google. Banyak kok situs yang menyediakannya seperti GooyaabiTemplates (favorit guenihhhh hahaha).


Blog dengan Backlink tinggi mudah mendapatkan tempat paling atas

Backlink berpengaruh besar dalam SEO. Bagaimana cara mendapatkan backlink?
Cara paling mudah adalah blogwalking dan meninggalkan jejak alamat blog kita. Free, gratis, modal kuota dan niat aja, hehehe.
Ada satu tips lagi dari mbak Shintaries nih, yaitu membuat dummy blog. Buat beberapa blog yang berbeda-beda lalu buat link yang mengarah ke blog utama. Lakukan secara natural, agar tidak dianggap spam. Agak ribet memang, tapi bisa mendapatkan DA yang lumayan tinggi dan posisi trafficnya di Google tetap.


Nah, mungkin segitu aja yang bisa aku rangkum dari apa yang sudah disampaikan oleh mbak Shintaries di acara Ngopi Cantik Beautiesquad. Aku juga mau nambahin dikit nih, biasanya aku submit url di Google Webmaster setelah publish suatu artikel agar lebih cepat terindeks.

Intinya dengan konten yang berkualitas akan mudah untuk mendapat tempat di hati Google ♥

Mudah-mudahan blogpost aku kali ini bermanfaat ya, khususnya buat kalian yang mau tau lebih banyak tentang SEO untuk blogger. See you in the next post!

This is not a sponsored post


For any inquiries just send me an e-mail at


You Might Also Like

4 komentar

  1. Wuaahh yernyata itu toh fungsinya permalink. Hahahhaa...Thanks infonya yaaa. Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga udah mampir ya mbak, hehehe. Aku jg biasanya ubah permalink biar judulnya nggak kepotong2 soalnya defaultnya cm berapa karakter gituu

      Delete
  2. wah thanks infonya mbak
    tak catet deh tipsnya :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sharing ilmunya ya mbak :D
    Ah pdhl nyari yg ngaktifin metadata WP heheTFS anyway :D

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)