[UNBOXING & REVIEW] Odessa Matte Lipstick All Shade



“Nothing more dangerous than a woman with a great lipstick” 

Begitu tertulis di bagian depan beauty box yang aku dapatkan dari Eternally Beauty. Buat yang follow Instagram aku, aku sempet posting beauty box ini di Instastory dan teaser di feed Instagram aku. Jadi kali ini Beautiesquad bekerjasama dengan Eternally Beauty dan we got 12 shades of Odessa Matte Lipstick & 5 shades of Odessa Lip Matte Cream! Super happy! Thank you~

Kita unboxing dulu ya sekarang. Jadi boxnya cukup gede dan bahannya bagus, tebel. Tutupnya warna putih dengan pattern gambar lips serta tulisan Odessa Cosmetics dan taglinenya. Kotaknya sendiri berwarna hitam.




Ketika dibuka, di bagian belakang tutupnya ada sedikit keterangan mengenai produknya. Di dalamnya ada Odessa Matte Lipstick yang dijual seharga Rp 39.000 dan Odessa Lip Matte Cream seharga Rp 50.000. Terjangkau banget kan? Kamu bisa mendapatkan produk-produk ini di outlet Eternally yang ada di berbagai departement store yang tersebar di Indonesia seperti Matahari, Ramayana, Yogya,Transmart, dan lain-lain. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di websitenya, ya.


Di dalam box juga ada media kit yang diprint di kertas. Jadi Odessa ini adalah brand kosmetik lokal asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 1990an. Produknya juga bervariasi, ada eyeshadow, eyebrow product, parfum, dll.
Untuk produk Matte Lipstick & Lip Creamnya sendiri termasuk produk baru yang diluncurkan pada awal tahun 2017 ini.


Jadi ini adalah lipstick merek lokal yang sayang sekali hypenya nggak terlalu terdengar, tapi melihat Odessa Cosmetics sudah ada dari tahun 1990, rasanya patut juga dicoba.
Nah, sekarang aku bakal review Odessa Matte Lipsticknya terlebih dahulu ya.
Ada 12 shade yang range warnanya cukup bervariasi. Klaimnya adalah Smooth & Light, Full Coverage Matte, Longlasting, dan Moisturizing karena mengandung vitamin E. Too much to ask ya? Yuk langsung dilihat aja reviewnya ya!







Odessa Matte Lipstick comes with a box, yang ukurannya sedang. Design packagingnya standar sih menurutku, nothing special. Tulisannya jelas dan bisa terbaca dengan baik. Di bagian samping boxnya ada ingredient list sementara claim dan product information ada di bagian samping lainnya dan juga di bagian belakang. Di bagian dasar box ada batch number dan expiration date, lalu di bagian atas ada stiker bertuliskan nomer BPOM dan nomer serta nama shade.
Aku udah cek juga nomer BPOMnya dan verified, ya. Nggak perlu takut karena pastinya sudah terdaftar di BPOM.

Ingredients – Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl Methicone, Beeswax, Euphorbia Cerifera Wax, Octyldodecanol, Cyclomethicone, Dimethicone, Ozokerite, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Silica, Ethylexyl Palmitate, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Polymethylmethacrylate, Methicone, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fragrance, Propylparaben, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, BHT. May contains: CI 77891, CI 15850, CI 77491,CI 77492, CI 77499, CI 45410, CI 19140, CI 47005, CI  77019, CI 45380, CI 15985, CI 12085,CI 42090, CI 77007, CI 45430, CI 16255, CI 16255, CI 42051, CI 77266, CI 12490, CI 74160, CI 15880, Carmine, Mica, Diiron Trioxide.

Menurut CosDNA semua bahannya termasuk safe & mild, sementara yang mendapatkan warning hanya propylparaben yang berfungsi sebagai preservative.
Apa kamu termasuk yang anti paraben? Bisa baca juga artikelku tentang cosmetic ingredients, ya.


Ketika boxnya dibuka dan mengeluarkan produknya, aku cukup heran juga karena mengingat ukuran kotaknya yang agak besar, packaging lipsticknya sendiri kecil mungil dan ramping. Di kotaknya saja bisa muat 2 buah lipstik.


Design packaging lipstiknya cukup simple dan chic, warna hitam glossy dengan tulisan berwana putih. Di bagian dasar tube ada stiker yang sama dengan yang ada di boxnya,dengan nomer dan nama shade. Oh iya, biarpun bentuknya mungil tapi packagingnya nggak ringkih kok, cukup kokoh. Untuk lipstik tipe begini hati-hati ya memutarnya, soalnya biasanya kalau diputar terlalu panjang suka patah.
Berikut adalah swatches 12 shade dari Odessa Matte Lipstick di tangan.



Yuk sekarang kita lihat warnanya satu-satu di bibir.

OML701 - Valentine


Classic orange red. Menggunakan warna ini membuat wajah terlihat lebih fresh.

OML702 – Love


Blue based red. Warnanya nggak terlalu beda sama Valentine. Secara tekstur lebih smooth.

OML703 – Redwood


Brownie nude. Biar namanya Redwood tapi nggak ada red-rednya sama sekali, hahaha.

OML704 – Burgundy


Vampy Plum. Cocok untuk riasan ala-ala vampy dengan pale complexion.

OML705 – French Kiss


Chilli Red. Well, thats why they named this French kiss! Lol.

OML706 – Sweetheart


Milky Pink. Warna ini masuk kategori nude juga, tapi kelihatannya lebih cocok untuk yang kulitnya cool tone. Susah banget ngeratainnya :(

OML707 – Cordovan


Pinkish Brown Nude. Warna nude ini cocok untuk semua tone kulit.

OML708 – Elegance


Dark Purple. Lebih muda dari Burgundy.

OML709 – Sunshine


Somewhere between brown & orange. Warnanya unik & cakep!

OML710 – Forever


Deep toned pink. Warna MLBB & natural.

OML711 – Party Pop


Bright Neon Pink! Cocok deh sama nama shadenya.

OML712 – Nude


Brown. Warna ini mirip dengan Redwood, tapi lebih muda.

Tidak hanya warnanya yang cantik-cantik, Odessa Matte Lipstick ini juga nyaman dan ringan dipakai, nggak seperti matte lipstick biasa yang ada rasa-rasa ‘mencengkram’ bibir gitu.  Saat dipulaskan di bibir juga smooth banget, nggak seret. Sesuai dengan klaimnya, lipstik ini memang moisturizing dan bahkan di bibirku yang memang kering, pakai lipstik ini aman-aman aja. Untuk staying powernya lumayan sih, dipakai makan minum masih stay. Transfer sedikit, tapi ngga yang beleberan gitu. Tapi sayang banget untuk beberapa warna nude agak patchy dan susah ratainnya.


Overall, mengingat produk ini harganya termasuk murah, worth banget buat dicoba.Di jajaran matte lipstick lokal jarang ada yang senyaman ini. Yang aku kurang suka sih mungkin design packagingnya agak ‘kekurangan orisinalitas’, tapi untuk segi performa aku kasih two thumbs up!

Get to know more about Odessa Cosmetics

Score: 8/10
Where to buy? Counter Eternally, Tokopedia Eternally
Price: IDR39.000

This is a sponsored post. Odessa Cosmetics sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


For any inquiries you can send me an e-mail at

11 komentar

  1. bener-bener.. shade burgundy cocok banget buat ala-ala vampy lips. Fav ku juga itu kak Nis :*

    depruttt.com

    ReplyDelete
  2. Burgundy cakep di kamu Nisaaa,,

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  3. Aku juga ketipu sama boxnya, kirain bakalan besar banget isi nya ternyata mungil..hehe Btw, burgundy bagus ya di kmu..😍

    www.florensiasella.com

    ReplyDelete
  4. Helllooo...

    Smua warnanya bagus ya dikamu :) swatchesnya jga rapih bgt :) kemasannya mungil sangat ya hehehehe....

    ReplyDelete
  5. Prnah coba sekali dlu. Emg murah tp knapa kurg eksis ya macam fanbo/viva

    ReplyDelete
  6. Aku perhatiin semua warna di kamu jadi lebih terang ya. Love dan french kiss jadi beda banget. Sukaaa....

    ReplyDelete
  7. ratjun yang membuat tergoda lagi... yak yak jaga dompet wkwk cocok dikamu btw :D

    http://jfoodsteps.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Burgundy cakep warnanya ya^^

    www.apaceritatami.com

    ReplyDelete
  9. Koleksi warna Odessa ini wearable for daily look. Looking good on you.

    ReplyDelete
  10. setuju kaak performanya juara, nyaman dan pigmented banget lah!
    yang forever cocok banget di kakak


    aidacht.com

    ReplyDelete
  11. iya nih, ngeluarinnya harus dikit2 takut patah wkwkwk
    tapi aku sukak lipstick ini :"

    reginapit.com

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)