[REVIEW] Utama Spice, From Nature With Love

5:38:00 AM



Vegan & Natural Cosmetics Products adalah salah satu bagian dari tren healthy lifestyle yang sedang marak setahun belakangan ini. Nggak ketinggalan brand-brand lokal Indonesia juga mengeluarkan berbagai macam produk natural, salah satunya adalah Utama Spice.

Utama Spice adalah produsen traditional skincare yang berasal dari Ubud, Bali. Menganut filosofi tradisional Bali yaitu Tri Hita Karana, yang menyeimbangkan antara humanity, nature, and the divine, produk-produk Utama Spice semuanya 100% natural dan range produknya sendiri juga cukup banyak. Mulai dari face care, moisturizer, bath soap, shampoo, essential oil, dan masih banyak yang lainnya.
Kamu bisa membeli produk Utama Spice langsung di webstorenya, atau bisa juga beli di Sociolla.


Jangan lupa pakai kode SBNLAFSL ya saat checkout di Sociolla untuk dapat tambahan diskon 50rb dari pembelian minimal 250rb!



Sebagai natural product enthusiast, aku seneng banget waktu dihubungi oleh Utama Spice dan ditawari untuk mencoba beberapa produknya. Produk yang aku dapatkan ada 3, yaitu Cocoa Love Body Butter, Lavender Fields Body Mist, dan Bliss Essential Oil Blend. Ketiganya dikirm langsung dari Bali dan tiba di rumahku dalam waktu 2 hari saja, cepet banget kan? Yuk langsung kita lihat aja reviewnya!

Utama Spice Cocoa Love Body Butter

 

Produk ini dikemas dalam jar berwarna putih berukuran sedang dengan netto produk 100ml. Di bagian belakangnya terdapat stiker bertuliskan product knowledge, ingredient list, dan juga nomer POM. Yup, semua produk Utama Spice sudah mengantongi ijin dari BPOM, jadi kamu nggak perlu khawatir untuk menggunakannya.


Di bagian sisi tutupnya seharusnya ada tanggal expirednya, tapi karena sering kena sisa-sisa produk yang ada di tangan, lama-lama tulisannya terhapus. Saran aku sih sebaiknya tanggal expnya dicetak juga di stiker untuk meminimalisir masalah tulisannya terhapus seperti ini.

Ingredients - Cocos Nucifera (Virgin Coconut) Oil, Theobroma Cacao (Cocoa) Seed Butter, Vanilla Planifolia (Vanilla) Pod, Cinnamomum Burmani (Cinnamon) Bark.

Jadi produk ini adalah body butter, dikhususkan untuk kulit tubuh terutama kulit sensitif. Produk ini juga diklaim memiliki healing effect untuk kulit yang terbakar matahari.

Aku sendiri punya masalah kulit yang kering, di bagian kulit sekitar kuku ibu jari sering banget kering parah sampe mengelupas, kadang sampe berdarah. Mungkin kalian yang pernah ketemu aku langsung atau pernah liat di foto-fotoku sebelumnya kalau ada masalah di kulit ibu jari aku. Dan menggunakan body butter ini ngefek banget untuk kulit keringku.

 

Saat pertama kali aku buka aku heran juga karena teksturnya padet banget, malah hampir kayak balm menurut aku. Tapi kalau kita ambil produknya pakai tangan, produknya bakal meleleh saat kena panas tubuh kita dan langsung mencair teksturnya jadi seperti minyak cair.
Ketika pengaplikasiannya juga memang greasy dan kelihatannya oily banget,  tapi cukup cepat menyerapnya kok. Aku biasanya pakai sehabis mandi sore atau malam hari sebelum tidur. Saat bangun tidur kulitku terasa lembab banget.


Aku suka wangi produk ini karena wanginya aroma raw chocolate, bukan seperti produk dengan aroma artifisial coklat pada umumnya. Menurut aku agak-agak mirip wangi meses gitu deh. Wanginya juga perpaduan antara coklat, vanila, dan cinnamon. Wanginya warming dan cocok banget buat kamu yang suka aroma herbal seperti aku.

Produk ini cocok buat kamu yang memiliki masalah kulit kering dan suka aroma coklat. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp165.000 untuk ukuran 100ml seperti punyaku atau Rp56.000 untuk ukuran mininya yaitu 30ml.
Untuk produk Body Butter, ada beberapa varian lainnya seperti Lavender, Lemongrass Ginger, Rose Allure, dan Tropical Flower.

Utama Spice Lavender Fields Body Mist

 

Produk ini adalah parfum alami yang terbuat dari campuran essential oil. Dikemas dalam botol spray berukuran sedang dengan netto 60ml, produk ini cukup ramping untuk dimasukkan ke dalam tas atau pouch dan tidak memakan ruang begitu banyak.
Kalau diperhatikan botolnya gelap, setahu aku produk yang berbahan EO lebih baik dikemas dalam botol yang gelap (bukan botol yang bening/transparan) agar EOnya tidak cepat rusak terkenal sinar matahari, correct me if i'm wrong!
Stiker yang terpasang di botolnya pun sudah mencantumkan product knowledge dan ingredientsnya.

Ingredients - Aqua, Ethanol (Grain Alcohol), Agar, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Bergamia (Bergamot) Peel Oil, Boswelia Seratta (Frankinsencese) Gum Oil, Pogostemon Cabim (Patchouli) Leaf Oil.

Menurut yang aku baca disini, Ethanol (Grain Alcohol) diproduksi dari hasil fermentasi gula yang terdapat pada biji-bijian. Aroma body mist ini juga memang berasal dari berbagai campuran essential oil seperti lavender, bergamot, dan lainnya.



Untuk kamu yang nggak begitu terbiasa dengan herbal scent, mungkin kurang cocok dengan wangi Utama Spice Lavender Fields Body Mist ini. Tapi aku yang memang suka wewangian herbal suka banget dengan wanginya yang merupakan perpaduan flower dan citrus. Kesannya soothing dan relaxing, pas banget untuk wewangian ala spa dan memang terasa 'bali banget'!
Tapi sayang kalau dibandingkan dengan body mist yang tidak terbuat dari EO murni seperti ini, wanginya bisa dibilang agak lemah dan hanya bisa bertahan sekitar 1 jam saja.
Sebelum menggunakan produk ini kamu harus mengocok botolnya terlebih dahulu supaya isi produknya menyatu dengan baik.

Oh iya, hasil semprotan body mist ini juga halus, seperti semprotan aerosol. Aku pribadi suka tipe semprotan seperti ini karena hasilnya akan lebih merata. Nah, aku lebih suka menggunakan body mist ini untuk menyemprot bantal dan seprai. Wangi lavender membuat tidur aku lebih nyenyak dan nyaman. Wangi lavender juga dipercaya dapat menghilangkan stress dan reducing anxiety.


Untuk satu botol body mist ini harganya Rp45.000. Ada beberapa varian lainnya yaitu Citrus Delight, Ocean Breeze, Fresh Soul, dan Senja. Selain itu ada setnya juga yang terdiri dari 3 varian (Lavender Fields, Ocean Breeze, dan Citrus Delight) seharga Rp82.500, yang jatuhnya jauh lebih hemat :)

Utama Spice Bliss Essential Oil Blend

Menggunakan essential oil blend sebenarnya merupakan pengalaman baru untuk aku dan aku excited banget! Apalagi aku sudah baca beberapa artikel mengenai aromatherapy dan tertarik dengan bagaimana aroma dapat mempengaruhi mood seseorang. Sebelumnya aku punya essential oil juga, yaitu tea tree oil dan aku menggunakannya untuk spot treatment whiteheads dan jerawat. Tapi kali ini beda karena Utama Spice Bliss Essential Oil Blends digunakan sebagai aromatheraphy dengan menggunakan burner atau diffuser.

 

Untuk packagingnya sendiri standar EO, Botol tipe drop dengan netto 10ml. Botol produk ini juga menggunakan sejenis kaca berwarna gelap untuk melindungi isinya dari paparan sinar matahari. Tapi usahakan menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, ya.

Ingredients - Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Bergamia (Bergamot) Peel Oil, Pelargonium Graveolens (Rose Geranium) Flower/Leaf/Stem Extract, Citrus Sinensis (Orange Peel) Oil, Pogostemon Cablin (Patchouli) Leaf Oil.

EO yang digunakan nggak jauh berbeda dengan body mistnya, dan wanginya pun mirip-mirip. Bedanya wanginya jauh lebih tajam dan 'jelas'.




Aku menggunakan burner dan lilin khusus aromaterapi yang tidak mengeluarkan asap untuk EO ini. Untuk media dilutenya aku menggunakan air biasa, tapi menurut informasi yang aku dapatkan di kemasannya bisa juga menggunakan carrier oil seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Cukup teteskan sekitar 25 tetes ke air atau carrier oil.
Wanginya bisa menyebar ke seluruh rumah dan enak banget, mirip seperti wangi rumah baru dipel kata aku sih, hahaha.


Aku tes tidak menggunakan lilin di bagian bawahnya, hanya air saja, dan ternyata wanginya masih ada dan lama kelamaan airnya sudah menguap semua.
Pokoknya produk ini cocok banget buat kamu yang ingin pewangi ruangan natural dengan wangi yang tahan lama. Untuk satu botolnya harganya Rp90.500 dan ada 4 varian lainnya yaitu Deep Calming, Focus, Pure Energy, dan Reminiscence. Selain itu ada setnya juga yang terdiri dari 3 varian. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa langsung cek aja webstorenya Utama Spice.


Overall, aku suka banget produk-produk dari Utama Spice ini karena selain vegan & natural, terasa banget Bali feels-nya dan cocok untuk sesi unwind di sore hari sambil menikmati wewangian natural. Favorit aku dari ketiga produk diatas adalah Bliss Essential Oil Blends, jadi pengen nyobain varian yang lainnya juga. Sayang untuk body mistnya agak kurang memenuhi ekspektasi aku. Pada awalnya wanginya cukup strong, tapi setelah disimpan sekitar satu minggu wanginya menjadi agak lemah dan tidak bertahan lama, jadi aku lebih suka menggunakannya untuk menyemprot bantal dan seprai.

Mumpung tren healthy lifestyle masih hangat-hangatnya nih, cobain juga yuk produk-produk Utama Spice yang 100% Natural, Vegan, dan BPOM approved!


Nah, kalian juga bisa dapetin produk-produk di atas ini gratis lho! Caranya kalian bisa ikutan giveaway di bawah ini:

Annisa Kasih Pertiwi & Utama Spice GIve Away


I wish you tons of luck!


Get to know more about Utama Spice

Score:
Body Butter 7/10
Body Mist 5/10
Essential Oil Blend 9/10
Where to buy? Utama Spice Webstore


This is a sponsored post. Utama Spice sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

15 komentar

  1. Duh paling mupeng sama essential oil blendnya deh. Nyesel pas ke Bali kemarin nggak beli produk Utama Spice yang ini. Bisa pesen online sih yaaa, tapi rasanya gimanaaa gitu kalo online *halah alasan*

    thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kalo pesen online rasanya gimanaa gituu hehehe thanks for visiting my blog ya mbaaa :)

      Delete
  2. Cie cie kak Pertiwi tambah cantik dehhh. cream pemutih wajah aman sudah terdaftar di BPOM

    ReplyDelete
  3. utama spice ini bikin aku jatuh cinta pas nyobain lip balmnya.. ini kayanya lip balm terfavorite aku.. sekarang aku lagi pengen coba si body butternya.. kulit tangan aku lagi kering banget..

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget EO bliss itu hihi kayanya body butternya bagus ya, tapi belum pernah coba ._.

    ReplyDelete
  5. Body butternya kelihatan bikin lembab banget yah nis. Biasanya body butter yang ku coba nggak meleleh gitu.

    ReplyDelete
  6. Kok lucu sih body butternya, kayak cleansing balm ๐Ÿ˜ duh jadi kepingin nyoba, aku suka banget wangi cokelat buat badan, biar jadi pengen makan diri sendiri ๐Ÿซ utama spice terkenal sama essential oilnya juga yagasih? Penasaran mulu pengen nyoba gara2 udah banyak yang review, kayaknya enak ๐Ÿ’–

    ReplyDelete
  7. EO sama boddy butternya pengen nyobain juga. Gara2 sering baca EO dari utama spice katae bagus, ku sepertinya akan teracuni buat nyoba :'D

    ReplyDelete
  8. Kepo banget sama produk dari utama space apalagi yg varian cocoa .. jadi pengen cobain ..

    ReplyDelete
  9. First time I've seen these, I like the cocoa butter ! Definitely used it before, but not this brand yet, looks natural

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Aku juga natural product enthusiast loh, Aku tertarik bgt sih sama semua produk nya utama spice, kalo di antara 3 produk diatas aku penasaran sama si bliss essential oil blend soalnya kulit aku ngga terlalu kering sih jadi kurang suka pake body butter, masker temu-temu nya sih yg pgn bgt aku coba....

    ReplyDelete
  13. Wahhhhh aku baru inget, aku juga punya beberapa produk utama spice yg masih terbungkus rapi, aduh jadi pengen cpt cobain hihihi


    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  14. Reviewnya ngebantu banget. Jadi pingin beli produknya utama spice yang body butternya๐Ÿ’•

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)