[GIRL TALK] Batik, Si Cantik yang Antik!

4:48:00 PM


Kain Batik adalah kain bercorak yang menjadi warisan budaya khas Indonesia. Cara membuat batik macam-macam, mulai dari yang tradisional dengan cara menempelkan lilin yang telah dipanaskan di kain dan mencelupnya dengan pewarna, hingga yang modern dengan cara diprint coraknya langsung di kain.

Sejak tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Sejak saat itu, tiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.
Masing-masing daerah di Indonesia pun memiliki motif atau corak batiknya tersendiri, seperti Batik Mega Mendung dari Cirebon, Batik Sogan dari Solo, Batik Tujuh Rupa dari Pekalongan, dan Batik Parang dari Jawa.

Lewat batik juga kita bisa belajar mengenai budaya dan sejarah, jadi batik bukan sekedar kain biasa, lho!

Dewasa ini, batik bisa dipakai oleh siapa saja, berbeda dengan zaman dahulu dimana batik hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan dan pengikutnya. Penggunaan batik juga bisa untuk sehari-sehari misalnya daster atau kaus, dan untuk acara formal misalnya kemeja atau kebaya. Meskipun kerap dikaitkan dengan sesuatu yang tradisional dan cenderung old fashioned, penggunaan batik dalam fashion modern juga bukan sesuatu yang jarang pada saat ini.

Tahukah kamu kalau batik bisa memberikan kesan sophisticated dan unik?

Yuk intip beberapa inspirasi batik wanita modern yang bisa kamu pakai di berbagai kesempatan agar terlihat antik tapi tetap cantik!

Dress Batik

Dress dengan motif batik bisa kamu gunakan untuk menghadiri acara-acara formal maupun sekedar keluar dinner bersama teman dan keluarga. Kamu bisa memilih motif batik dengan warna monotone seperti pada ilustrasi di atas untuk tampilan yang elegan dan classy. Perpaduan kain batik dan aksesoris modern seperti lace juga merupakan sesuatu yang unik. For compliment your look, padukan dress ini dengan heels berwarna earth tone.

Shangai-Styled Batik


Gabungan dua budaya yang berbeda yaitu kain batik dan potongan blus ala shanghai ini cocok juga untuk koleksi kamu para fashionista. Shanghai-syled batik ini cocok untuk kamu gunakan di acara-acara formal. Untuk tampilan yang lebih feminim kamu bisa memadukannya dengan pleated skirt atau untuk kamu yang inin bergaya boyish bisa dipadukan dengan jeans.

Colorful Batik


Bosan dengan batik berwarna gelap? Kamu bisa memilih batik dengan corak yang berwarna-warni, tapi tidak terlalu mencolok sehingga sophisticated style-nya tetap terlihat. Aksen warna yang muted pada batik wanita modern seperti ilustrasi di atas memberikan kesan fresh dan bisa kamu pilih untuk acara yang lebih santai.


Perpaduan Dua Motif Batik



Cocok untuk kamu yang edgy dan berjiwa bebas, why not we just combined two patterns at the same time? Kaus dengan dua motif batik ini bisa kamu padukan dengan apa saja, contohnya ripped jeans seperti pada ilustrasi di atas. Jadi tidak ada lagi kesan tradisional dan jadul yang pada umumnya melekat pada batik bukan?

Nah, itu dia inspirasi batik wanita modern yang pastinya bikin kamu tambah fashionable dan stylish. Tapi jangan lupa tetap perhatikan kenyamanan saat berpakaian. Kain batik tradisional pada umumnya kaku, keras, serta tidak menyerap keringat. Tapi tidak demikian untuk batik yang modern, sekarang pun kita bisa mengenakan batik dengan nyaman.
Penggunaan batik juga berarti melestarikan budaya Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Yuk kita pakai batik biar cantik!






For any inquiries you can send me an e-mail at
akpertiwi@gmail.com

pics used on this post are courtesy of Pinterest & MatahariMall

You Might Also Like

1 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)