[REVIEW] 6 Shade Baru Purbasari Hi-Matte Lip Cream

5:53:00 PM



Setelah menjadi tren untuk lipstick matte di tahun 2016 dengan Purbasari Matte Lipstick yang harganya nggak sampai 50 ribu tapi kualitasnya bagus banget itu, Purbasari mengeluarkan seri Hi-Matte Lip Cream di tahun 2017. Mungkin karena mengikuti tren saat itu yaitu ketika brand lokal berbondong-bondong mengeluarkan lip cream, Purbasari juga nggak mau kalah. Kebetulan dulu aku sempet nyicip 5 shade dari Hi-Matte Lip Cream langsung dari Purbasari dan cukup puas juga dengan performanya.


Nah, di bagian akhir review, aku menuliskan bahwa Hi-Matte Lip Cream ini lebih baik mengeluarkan shade-shade baru yang lebih beragam lagi. Di tahun 2018 ini, sepertinya Purbasari mendengar saran aku dan beauty enthusiast lainnya dan mengeluarkan 6 warna baru untuk Hi-Matte Lip Creamnya!



6 shade baru ini cukup beragam, ada tiga warna yang cenderung nude, dan 3 warna lainnya yang cenderung bold. Untuk pecinta warna gonjreng, Purbasari juga menyediakan shade warna ungu khusus untuk kalian!



Dari segi packagingnya, tidak ada yang berubah. Designnya masih sama yaitu tube berbentuk kotak bening dengan tutup warna hitam doff beserta sedikit aksen gold, ciri khas khusus untuk line Hydra Series. Beberapa produk lainnya dari seri Hydra Series seperti BB Cream, Two Way Cake, dan Oil Control Powder juga memiliki warna yang sama.


Jadi aku mendapatkan 6 shade baru Purbasari Hi-Matte Lipstick ini sebagai goodie bag khusus tamu VIP di acara Purbasari Influencer Academy Bandung beberapa waktu yang lalu. PIA ini adalah acara workshop mengenai blogging, make up, dan fotografi yang dikemas jadi satu. Mengingat tingginya minat netizen pada bidang influencer jaman sekarang, ini adalah terobosan baru yang cukup inovatif dari Purbasari. Two thumbs up!
Tidak hanya di Bandung saja, PIA juga diadakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Malang, Surabaya, dan Semarang. Mudah-mudahan tahun depan ada acara seperti ini lagi ya, biar generasi muda Indonesia bisa banyak belajar.



Back to topic, kita bahas warna-warnanya dulu ya. Melanjutkan dari 5 shade yang sudah dikeluarkan sebelumnya, shade baru dari Purbasari ini dimulai dari nomer 6. Berikut adalah hand swatchesnya untuk 6 shade tersebut.



Untuk lebih jelasnya, aku juga buat swatch langsung di bibir supaya warnanya terlihat lebih jelas. Tapi beda orang akan beda juga hasil warnanya, karena warna lipstik itu tergantung dari warna dasar bibir kamu dan juga skintone kamu. So, ini sebagai acuan saja seperti apa Hi-Matte Lip Cream ini warnanya di bibir aku.


06 Dahlia - Bright Orange Based Red
Pada 5 warna Hi-Matte Lip Cream terdahulu, warna merahnya hanya ada satu yaitu nomer 05 Freesia yang warnanya adalah blue based red. Shade nomer 06 Dahlia ini instantly brighten up your complexion apabila dipadukan dengan eye make up yang tidak terlalu heavy untuk mengimbanginya.


07 Viola - Deep Violet
Shade nomer 07 ini adalah warna ungu yang cerah.



08 Lunaria - Nude Pink
Pada 5 shade sebelumnya terdapat juga warna yang mirip seperti ini yaitu Azalea yang merupakan warna best seller. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dengan shade nomer 08 ini yaitu Lunaria lebih pink sedangkan Azalea ada sedikit hint brownnya.



09 Ixia - Chocolate
Tren lipstik cokelat sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu, tapi pamornya masih belum turun juga hingga saat ini. Lipstik berwarna cokelat seperti ini sebenarnya agak tricky ketika dipakai karena apabila makeupnya nggak pas, wajah bisa terlihat washed out atau pucat.



10 Ayanna - Brown with a Hint of Red
Agak susah untuk mendeskripsikan warna shade nomer 10 ini. Warnanya agak tua dan cenderung deep.



11 Magnolia - Red with a Hint of Brown
Berbeda dengan warna nomer 10 sebelumnya, warnanya lebih tua lagi dan lebih kemerahan.


As you can see from the hand swatches above, pigmentasi dari shade terbaru Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini agak... mengecewakan. Yes, you read it right. Formulanya sedikit berbeda dengan 5 warna sebelumnya. Beberapa warna teksturnya super thick sehingga susah untuk diblend khususnya untuk shade nomer 10 dan 11. Dan butuh lebih dari dua swipe untuk menghasilkan warna yang intens seperti shade nomer 06 dan 07, menurut aku ini berbeda dengan 5 shade sebelumnya yang lebih mudah diaplikasikan dan diratakan warnanya juga.Why Purbasari why?



At the first glance juga, kelihatan dari botolnya ada bagian lipcream yang seperti mengering di dalam tubenya. Memang dari 5 shade sebelumnya dulu masalah paling utama dari lip cream Purbasari ini adalah teksturnya yang sangat creamy, dan seperti isinya cuma sedikit karena saking kentelnya itu. Malah sampai harus direndam air hangat dulu tube lipcreamnya supaya sisa-sisa produk di dalamnya bisa diambil.


Overall, warna-warna baru yang disediakan Purbasari memang menarik, apalagi dia cukup bisa membaca tren juga dengan mengeluarkan warna-warna deep, chocolate yang sedang hype saat ini.
Sangat disayangkan formula untuk shade baru ini agak mengecewakan karena pada shade sebelumnya formulasinya menurut aku sudah cukup baik.

Score: 5/10
Where to Buy: Purbasari Counter, Any Cosmetics Store, Drugstore
Price: around IDR45.000

This is a sponsored post. Purbasari send me the products but i don't obligated to write a review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

1 komentar

  1. Warna-warna terbaru ini somehow lebih masyuk daripada yang keluaran pertama. Aku pribadi suka hasil warnanya di bibir. Palingan yang masih jadi PR tetep formulanya. Masih sekering yang kemaren :(

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)