[BEAUTY DIARY] Skincare Routine 2017 - 10 Step Skincare Routine for Combination Skin

2:46:00 AM


Kali ini aku mau share skincare routineku tahun ini. Aku menggunakan cukup banyak produk karena masih berpegang teguh sama 10 step skincare routine, hahaha. Tapi belakangan aku udah mulai capek sih karena kadang malem pengennya langsung tidur aja abis cuci muka, males nunggu skincare layer demi layer terserap. Lagian masalah kulitku udah nggak terlalu banyak dan biarpun skincarenya bolong-bolong kulitku masih baik-baik aja. Mungkin tahun depan skincare routineku bakal aku persingkat lagi dengan menggunakan produk-produk yang kalau bisa natural based & vegan, gitu. Tapi untuk sekarang aku tetep bertahan dengan 10 step skincare, sekalian ngabisin produk-produknya :)

Tipe kulitku adalah kombinasi. Kering di bagian pipi & rahang dan sedikit oily di bagian T-Zone. Nggak acne prone juga, yang biasa muncul paling jerawat hormonal yang seringnya ada di area dagu.
Mungkin ada dari kalian yang tipe kulitnya sama dengan aku dan lagi cari rekomendasi produk skincare. Aku sertakan juga tempat aku belinya buat jadi acuan yaa.

Cleansing Routine



Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Green Tea | bisa beli di madamedonna.com
Skinlife Cowstyle Cleansing Foam | dapet dari giveaway wkwk
Cold Pressed Sweet Almond Oil | beli di tokopedia, tokonya klik disini
Calmia Rooibosh No Wash Cleansing Water | beli di althea

Kalau menggunakan heavy makeup biasanya aku mengoleskan minyak (aku pakai Cold Pressed Sweet Almond Oil) di wajah, digosok-gosok sebentar sampai semua makeupnya luntur, habis itu aku lanjut dengan menggunakan micellar water/cleansing water (aku pakai Calmia Rooibosh No Wash Cleansing Water). Setelah itu aku lap wajah dengan washlap yang sebelumnya dicelup di air hangat untuk mendissolve minyaknya. Penting untuk membersihkan wajah dengan air hangat supaya minyak yang dipakai untuk cleansing sebelumnya tidak menyumbat pori-pori.

Habis itu dilanjutkan dengan cleanser, aku pakai Skinlife Cowstyle Cleansing Foam. Cleanser ini bisa menghapus makeup juga, aku selalu memastikan semua sisa makeup bener-bener terangkat setiap memakai makeup.
Untuk hari-hari gabut yang aku biasa di rumah aja, aku cuma membersihkan wajah pakai Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Green Tea. Cleanser ini lembut, ringan, dan mildReviewnya menyusul ya!

Morning Routine



Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Green Tea
Real Skin Healthy Vinegar Skin Toner | beli di althea
Onsaemeein Perfect Moisture Cream | beli di althea
Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 | ini di supermarket juga ada, gampang nyarinya.

Untuk morning routine nggak terlalu ribet, karena biasanya aku pergi ngampus pagi-pagi dan nggak punya banyak waktu buat pakai skincare, aku cuma cleanse-tone-moisturize-sunblock. Malah kadang moisturizernya suka ke skip karena Onsaemeein Perfect Moisture Cream ini nyerepnya agak lama. Tapi sunblock yang aku gunakan yaitu Skin Aqua UV Mild Milk ini udah cukup melembabkan karena mengandung hyaluronic acid. Next time aku mau beli yang spfnya lebih tinggi, kalau nggak salah ada yang spfnya sampai 50.

Night Routine



Skinlife Cowstyle Cleansing Foam
Real Skin Healthy Vinegar Skin Toner
Onsaemeein Galactomyces 100% | beli di althea
Its Skin Power 10 Formula VE Effector (Vitamin E) | beli di althea
Etude House Honey Cera Priming Eye Serum | dulu beli preloved 90%
Nuxe Reve de Miel Lip Moisturizing Stick | beli di sociolla , pake kode SBNLAFSL biar diskon yaa
Onsaemeein Perfect Moisture

Untuk tiap layer skincare aku kasih interval waktu 15 menit (literally, karena aku biasa pake timer) supaya bener-bener terserap, kecuali saat pemakaian serum, biasanya tambah 10 menit lagi. Jadi total waktu aku pake skincare sebelum tidur sekitar 1 jam lebih. PR banget apalagi kalau udah ngantuk. Hahaha.

Weekly Routine


Daiso Japan Almond Peeling Gel | dulu beli nitip temen di SG. Kalo ga salah harganya 2 SGD
Neogen Dermalogy Bio Peel Lemon | beli di madamedonna.com
Sensatia Botanical Acne Clarifying Facial Scrub | beli di sensatia.com
Sensatia Botanical Acne Clarifying Charcoal Mask | beli di sensatia.com
Secret Key Black Out Pore Minimizing Pack | beli di Tokopedia. tokonya klik disini
Zoya Cosmetics Lip Scrub Matcha | beli di zoyacosmetics.com

Untuk weekly routine ada exfoliator dan masker. Biasanya aku pake ganti-gantian sih. Kadang pake Daiso Almond Peeling Gel, belakangan lagi nyoba Neogen, unik sih produk ini, perpaduan physical & chemical exfoliator. Reviewnya menyusul yaa!

Nah kalau lagi jerawatan saat periode menstruasi biasanya aku pake line Acne Clarifyingnya Sensatia Botanica. Scrubnya enak banget mild buat kulit yang lagi jerawatan & charcoal masknya ampuh banget buat ngempesin jerawat dalam waktu singkat.

Untuk masker sebenernya aku punya banyak dan kadang dipakai ganti-gantian, tapi yang sekarang lagi mau diabisin ya Secret Key ini. Ini masker oke banget buat ngilangin komedo dan juga milia. Believe it or not, milia aku yang tadinya cukup banyak di daerah hidung ilang sejak aku rutin pake masker ini 2 hari sekali. Tentunya dengan konsumsi air putih yang banyak juga ya, minimal 2 liter sehari.
Lip treatmentnya aku lagi nyobain lip scrub terbaru dari Zoya. Masih baru beberapa kali pake, nanti bakalan ditulis reviewnya jugaa. Tunggu ya.


Nah, segitu aja mungkin skincare routine yang bisa aku share kali ini. Kadang aku juga pake sheet mask, tapi ganti-ganti brandnya, jarang beli satu brand terus pake ituuu terus. Selain itu aku juga suka steam wajah pake uap air panas selama 8 menit sebelum pakai masker atau skincare.


Seperti yang udah aku bilang sebelumnya kalau aku mau ganti skincare routine dengan yang lebih simple (cleanse-tone-moisturize aja). Mungkin ada rekomendasi dari kalian untuk produk naturalnya yang harganya nggak begitu mahal kah? Let me know dengan komen di bawah ini ya!


For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

6 komentar

  1. Produk korea emang the best, tapi sayang wajahku gak cocok sama satupun produk skincare korea :'(

    ReplyDelete
  2. Aku kebetulan lagi gila-gilanya skincare dan alhmdulillah cocok banget sama skincare korea :D kalo versi simpel ku bisanya cuman pake lotion dari COSRX yang oil-free itu karena lembab bgt wajah kita habisnya, aku pake habis bersihin wajah pake facial wash

    ReplyDelete
  3. salut sama cleaning routinenya.. pasti kulitnya bersih pol <3

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  4. Kamu termasuk orang yg rajin bersihin wajah ya karena step cleansingnya lumayan banyak. kalo aku cukup micellar water aja karena males >.<
    http://waynblog.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Wiii banyak juga ya skincarenya. Btw ditunggu review neogen bio peel nya kak, aku udh kepo bgt ama produk itu wkwk

    kaniarda.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Aku mupeng sama produk di weekly routine-nya. Penasaran sama sensatia tapi belum beli-beli haha. Thanks for sharing ya Tiwi. mampir ke blogku juga yuk!

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)