[Event Report] Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan - Boleh Tidak Memakai Makeup dan Skincare saat hamil?

1:16:00 AM



Buat yang kenal aku dari dulu pasti tahu kalau 'masa muda' aku emang ala-ala rebel gitu, hahaha. Tapi alhamdulillah setelah aku menikah dan punya anak di usia 20 tahun perlahan-lahan aku bisa berubah jadi pribadi yang lebih baik lagi. Aku bersyukur banget dikasih kesempatan untuk merasakan yang namanya motherhood, mulai dari hamil, melahirkan, ngASI sampai 2,5 tahun, weaning, toilet training, sampai sekarang lagi pusing mikirin sekolah anak. Motherhood is a lifetime job, huh?

Dulu waktu hamil anak pertama aku masih polos dan lugu :)) Belum ngerti apa-apa dan sekarang sesudah 5 tahun berlalu, aku sudah punya lumayan banyak pengalaman dan Insya Allah siap untuk kehamilan berikutnya karena sudah punya bekal dari kehamilan sebelumnya.



Kemarin aku diundang oleh Clozette Indonesia dan Parenting Club Indonesia untuk menghadiri sharing session Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan, yang menghadirkan juga Dr. Dinda Derdameisya, Sp. OG dan Nina Zatulini.

Ada yang belum tahu Parenting Club Indonesia? Aku sendiri sudah menjadi member Parenting Club Indonesia sejak tahun lalu dan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh para mommies di websitenya.
Salah satu tools yang pernah aku coba di website Parenting Club Indonesia adalah Smart Strength Finder, yaitu sebuah tools untuk menganalisis kepintaran anak diantara bidang Word, Picture, Music, Body, Nature, People, Self, dan Number. Diberikan juga informasi mengenai cara menstimulasi si kecil supaya ia tumbuh dengan optimal. Informasi-informasi ini membantu sekali khususnya bagi para ibu muda seperti aku. Selain itu penggunaannya juga mudah dan dapat diakses dimana saja, baik melalui smartphone atau laptop.

Untuk yang belum memiliki anak, ada juga tools-tools lainnya untuk para mom-to-be, seperti Smart Ovulation Calendar dan Pregnancy Due Date Calculator.


Dengan Smart Ovulation Calendar, moms dapat mengetahui siklus masa subur yang akan datang.


Sedangkan dengan menggunakan Pregnancy Due Date Calculator, moms dapat mengetahui perkiraan hari lahir bayi dan milestone-milestone apa saja yang harus dicapai setiap bulannya. Berguna banget untuk para moms & mom-to-be yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan.

Acara yang digelar di restoran The White Clover, Jl.Dr Cipto Bandung ini bertujuan untuk membantu para moms & mom-to-be untuk mengetahui mitos-mitos yang beredar di Indonesia seputar kehamilan dan faktanya.




Melalui Dr. Dinda yang memang kompeten di bidangnya, kita bisa membahas mitos-mitos tersebut dari segi keilmuan. Dibahas juga mengenai beberapa mitos yang terkenal di Indonesia, contohnya:

Minum air es dapat menyebabkan bayi lahir besar.
Faktanya yang membuat bayi lahir besar adalah jumlah konsumsi gula. Jika ingin menambah berat badan janin sesuai dengan berat yang harus dicapai bisa dilakukan dengan mengkonsumsi protein.

Ibu hamil dilarang makan nanas karena dapat mengakibatkan keguguran.
Faktanya nanas mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil. Batasi saja jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan.

Jika ingin mengandung anak perempuan, harus banyak makan sayur. Jika ingin mengandung anak laki-laki, harus banyak makan daging.
Faktanya hal ini tidak berpengaruh karena jenis kelamin janin dipengaruhi oleh gen dari kedua orang tuanya.

Ibu hamil tidak boleh memakai makeup atau skincare.
Faktanya ibu hamil juga mau glowing dong sist! Penggunaan skincare dan makeup dibolehkan, asal menggunakan produk yang dijual bebas dan tentunya sudah mendapat ijin dari BPOM.
Untuk  krim-krim racikan dokter sebaiknya dihindari. Penggunaan hair tonic untuk rambut rontok dan obat jerawat yang mengandung retinoid juga harus dalam pengawasan, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya. Untuk makeup juga sebenarnya produk apapun aman, selama sudah ada ijin BPOMnya. Hamil atau nggak hamil jangan gunakan produk makeup KW karena kita tidak tahu apa saja yang terkandung di dalamnya.

Stretch mark juga bisa dicegah dengan menggunakan produk-produk pencegah stretch mark atau oil dari awal trimester pertama. Jadi pencegahan stretch mark sebaiknya dilakukan sedini mungkin ya ibuibuu, jangan udah muncul stretch marknya baru diobatin :(

Wah, jadi dapat banyak ilmu baru dari sharing session kali ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan melukis plushie yang kemudian hasil karyanya bisa dibawa pulang. Aku dapet gambar jumper yang aku warnai dengan warna merah dan hijau dengan polkadot warna kuning.



Acara ditutup dengan foto bersama dan pembagian goodie bag. Overall, aku sangat happy dan dapet banyak banget ilmu dari acara hari ini. Semoga ilmu yang aku dapatkan bisa aku aplikasikan untuk kehamilan berikutnya. Thank you Clozette Indonesia & Parenting Club Indonesia for having me. See you in the next event!







For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nis, kadang gw kalo liat muka lu berasa kayak bukan emak2 dahhhh wkwk.

    Tapi emg ada kalany bumil ogah2an skinker dan mekapan yakk wkwk.

    Btw, lama amat dah ga maen kemari --" maapkan nis.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)