[REVIEW] Raiku Beauty Anti Aging Series

8:10:00 PM



Produk kosmetik lokal Indonesia bisa dibilang lagi jaya-jayanya tahun ini. Banyak banget brand baru bermunculan dan juga produk-produk yang semakin inovatif dan bervariasi. Pokoknya nggak kalah deh sama brand luar.

Nggak cuma produk decorative make up aja, produk skincare juga sudah mulai banyak dan beragam. Salah satunya yang mau aku review kali ini, yaitu Raiku Beauty.

Jadi Raiku Beauty ini termasuk pendatang baru di brand lokal dan produk utamanya untuk saat ini adalah skincare. Raiku juga punya 2 seri untuk produk skincarenya yaitu Brightening Series dan Anti Aging Series. Selain itu ada juga produk cleanser yaitu Cleansing Cream dan Cleansing Foam.
Oh ya, Raiku ini sudah BPOM Registered & Halal (MUI approved) lho! Selain itu untuk semua produk Raiku paraben-free.


Aku sudah mencoba Raiku Beauty Anti Aging Series ini selama kurang lebih dua minggu dan langsung kita lihat reviewnya satu-satu ya!

Raiku Beauty Cleansing Cream & Cleansing Foam


First step, always sleep with a clean face!
Kalau kalian pernah baca skincare routineku. pasti tahu banget kalau aku ini cleansing freak, aku selalu bersihin muka setiap hari soalnya dulu aku pernah suffer sama milia yang membandel banget karena jarang bersihin muka. Jaman dulu aku baru suka make up ya aku beli make up aja, tapi nggak beli skincare masa kan jahiliyah banget ya :(

 
 

Pertama kita bahas dulu packaging dari kedua produk cleanser-nya Raiku ini, ya. Keduanya dikemas dalam tube berwarna putih dengan ukuran yang sama. Yang membedakan adalah tulisan di bagian depan dan juga pada pattern yang digunakan. Meskipun begitu warna watercolor patternya sama, yaitu hijau dan biru. So make sure sebelum kamu ambil ya, takutnya tertukar.
Pada bagian belakangnya terdapat product knowledge, ingredient list, dan cara pemakaian. Untuk netto keduanya sama persis, yaitu 60gr.

Raiku Cleansing CreamIngredients - Aqua, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Ricinus Communis Seed Oil, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, PEG-20 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Cross Polymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Glucose.

Raiku Cleansing FoamIngredients - Glycerin, Aqua, Stearic Acid, Sodium Laureth Sulfate, Propylene Glycol, Cocamidopropyl Betaine, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium Cocoyl Alaninate, Cocamide DEA, Acrylates Copolymer, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Oryza Sativa Bran, Inositol, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Fragrance.

Menurut Skincarisma Ingredient Analyzer, kedua produk ini cocok untuk tipe kulitku yaitu dry skin. Keduanya mengandung bahan-bahan yang moisturizing seperti Sodium PCA, Glycerin, dan Propylene Glycol.


Tekstur dari Raiku Cleansing Cream ini berupa cream berwarna putih susu. Cleansing cream ini mirip dengan milk cleanser tapi konsistensinya lebih kental. Oh iya, meskipun tidak ada artificial fragrance yang ditambahkan ke dalam produk ini, tapi ada sedikit wangi manis mirip dengan wangi madu yang sheer.
Sedangkan untuk Raiku Cleansing Foam teksturnya lebih kental lagi dan sama seperti cleansing creamnya, tidak ada additional fragrance. Raiku Cleansing Foam juga tidak mengandung SLS.

Urutan pemakaiannya dimulai dari Cleansing Cream terlebih dahulu untuk menghapus make up dan kotoran yang menempel di wajah. Cara pemakaiannya dengan dioles secara merata pada wajah lalu di hapus menggunakan kapas. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan penggunaan Raiku Cleansing Foam sebagai second cleanser atau sabun pencuci muka.

Bagaimana kesan setelah menggunakan kedua produk ini? Super love! Aku sebenernya anak Micellar Water dan agak males kalau harus menggunakan milk cleanser karena biasanya bikin muka lengket dan nggak nyaman. Tapi nggak dengan Cleansing Cream dari Raiku ini, rasanya ringan dan mudah dibersihkan juga menggunakan kapas. Cleansing Foamnya juga nggak bikin muka keset dan ketarik which means produk ini nggak strip off minyak alami kulit.

Raiku Beauty Anti Aging Toner

 

Setelah membersihkan wajah menggunakan cleansing cream dan foam, dilanjutkan dengan penggunaan toner untuk menyeimbangkan pH alami kulit wajah dan juga menghapus sisa-sisa kotoran yang masih belum terangkat.
Kita bahas dari packagingnya dulu ya, packaging Raiku Anti Aging Toner ini berupa botol flip-top kecil dengan netto 100ml.
Untuk seri Anti Aging, warna watercolor patternnya adalah perpaduan dari pink muda dan ungu. Di botolnya ini juga tercantum beberapa product information seperti cara pemakaian dan ingredient list.

Ingredient: Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Sodium PCA, Phenoxyethanol, Niacinamide, Coceth-7, Imidazolidinyl Urea, PPG-1-PEG-9 Lauryl Glycol Ether, Allantoin Bisabolol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Benzotriazolyl Dodecyl P-Cresol, Tromethamine, Caprae Lac, Chrondus Crispus Extract, Maltodextrin, Collagen, Gluconolactone, Sodium Benzoate, Sodium Hyaluronate.

Produk ini mengandung beberapa bahan yang memiliki fungsi anti-aging seperti Gluconalactone, Niacinamide, dan Collagen. Selain itu ada cukup banyak juga bahan yang suitable dengan kulit kering seperti Glycerin, Collagen, dan Sodium Hyaluronate.


Teksturnya sendiri berupa air tanpa warna dan additional fragrance. Yang aku suka toner ini nggak mengandung alkohol sehingga tidak ada rasa stingy saat menggunakannya.
Setelah menggunakannya juga kulit terasa lembab dan lembut tanpa ada rasa kesat sama sekali.

Raiku Beauty Anti Aging Serum

 
 

Berbeda dengan produk-produk lainnya, Anti Aging Serum dari Raiku ini ada boxnya. Boxnya memiliki pattern dan warna dasar yang sama dengan produk dari line anti aging lainnya. Sayang waktu pengiriman boxnya ini agak penyok :(
Nah, di boxnya ini ada product information seperti produk yang lainnya, sedangkan di botol packagingnya nggak ada.

Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Niacinamide, Carnellia Oleifera Seed Oil, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Sodium PCA, Phenoxyethanol, Bisobolol, C20-22 Alkhyl Phospate, Cyclohexasiloxane, Ceteareth 33, Allantoin, Caprae Lac, C20-22 Alcohols, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, Tromethamine, Disodium EDTA, Dimethicone Crosspolymer, Chondrus Crispus Extract, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Maltodextrin, Collagen, Glucose, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol, Gluconolactone, Sodium Benzoate, Sodium Hyaluronate.

Produk ini memiliki EWG Rating yang cukup baik, ada di angka 93%. Selain bahan-bahan yang berfungsi untuk anti aging, ada juga yang dapat membantu mencerahkan kulit seperti Niacinamide dan Alpha Bisobolol.
Packagingnya berupa botol pipet berukuran sedang dengan netto 30ml. Di bagian dasar botolnya ada batch code dan expiration date.



Tekstur dari serum ini unik, berbeda dengan serum biasa yang seperti gel, serum ini cukup kental dan agak susah untuk mengambil produknya dengan menggunakan pipet. Akan tetapi sedikit saja sudah cukup untuk seluruh wajah.

Raiku Beauty Anti Aging Morning Cream SPF15 & Night Cream


Untuk tahap terakhir dari rangkaian skincare Raiku Beauty adalah cream yang berfungsi sebagai moisturizer. Ada dua jenis cream yaitu Anti Aging Morning Cream SPF 15 yang digunakan pada pagi hari dan Anti Aging Night Cream yang digunakan pada malam hari.

 
 

Active ingredients kedua produk ini juga sama dengan skincare lainnya dari seri anti aging, ada Collagen, Milk, Hyaluronic Acid, dan Niacinamide.

Raiku Anti Aging Morning Cream SPF15Ingredients: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Butylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Camellia Oleifera Seed Oil,Stearic Acid, Cyclopentasiloxane, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzoate, Silica, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Bisabolol, Phenoxyethanol, Allantoin, Sodium PCA, Caprae Lac, Tromethamine, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, Acrylates/C-10 30 Alkyl Acrylate Cross Polymer, Disodium EDTA, Chondrus Crispus Extract, Maltodextrin, Collagen, Fragrance, Glucose, Gluconolactone, Sodium Benzoate, Sodium Hyaluronate.

Raiku Anti Aging Night CreamIngredients: Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Niacinamide, Cyclopentasiloxane, Camellia Oleifera Seed Oil, Sodium PCA, Bisobolol, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Phenoxyethanol, Tromethamine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acetate Crosspolymer, Cyclohexasiloxane, Allantoin,Caprae Lac, Hydrogenated Polydecene, Imidazolydinyl Urea, Dimethicone Crosspolymer, Disodium EDTA, Benzotriazoyl Dodecyl P-Cresol, Trideceth-10, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer,Chondrus Crispus Extract, Maltodextrin,Collagen, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol, Gluconolactone, Sodium Benzoate, Sodium Hyaluronate.

Dari line Anti Aging Series ini kalau diperhatikan ada satu bahan yang selalu muncul dan aku baru pernah dengar, yaitu Chondrus Crispus Extract. Chondrus Crispus sendiri adalah nama latin dari lumut Irlandia atau biasa disebut dengan carrageen moss. Lumut Irlandia ini adalah sejenis ganggang merah yang menurut sumber disini dapat membuat kulit lebih lembut.


Tekstur kedua krim ini berbeda, dimana Raiku Anti Aging Morning Cream cenderung lebih thick dan creamy sedangkan Raiku Anti Aging Night Cream bertekstur seperti lotion.
Yang membedakannya juga adalah wanginya. Dilihat dari komposisinya, Raiku Anti Aging Morning Cream mengandung Fragrance dan wanginya sweet dan subtle, seperti perpaduan antara susu dan madu. Wanginya termasuk unik karena aku belum pernah menemukan wangi seperti ini di produk skincare lainnya. Untuk Raiku Anti Aging Night Cream tidak ada Fragrancenya dan wanginya juga tidak sekuat Morning Cream.

Apakah kedua produk ini memberikan kelembaban yang cukup untuk ukuran kulit aku yang agak kering? Jawabannya iya. Keduanya membuat kulit lebih lembab dan juga plump setelah pemakaian kontinyu selama dua minggu. Setelah pengaplikasian juga kulit tidak terasa lengket dan creamnya mudah meresap.



Bagaimana dengan anti-aging effectnya? Well, untuk fine lines menurut aku dia sedikit ada pengaruh tetapi butuh lebih dari pemakaian selama 2 minggu. Untuk flek hitam karena aku nggak ada jadi aku nggak bisa berkomentar. Yang jelas untuk treatment dry skin, produk Raiku Anti Aging ini lebih dari cukup karena melembabkan kulit dengan baik.




Overall, aku cukup suka produk dari Raiku Beauty ini. Dari sisi design, aku suka konsepnya. Formula oke, ingredients juga menurut aku menarik dan dia kayak yang all-in-one gitu. Komplit pokoknya. Nah, yang terpenting harganya terjangkau! Untuk satu produknya under 100rb kecuali serumnya dia diatas 100rb gitu tapi nggak sampai 200rb. Untuk satu paket Anti Aging Series ini kalau nggak salah sekitar 350rb-an. Raiku Beauty bisa jadi pilihan yang baik untuk kamu yang nggak mau splurge terlalu banyak di skincare tapi bisa dapat hasil yang memuaskan dan worth it. Nggak lupa juga dia sudah BPOM dan Halal, serta paraben-free.

Get to know more about Raiku Beauty

Score: 8/10
Where to Buy? Raiku's Tokopedia, Shopee, Lazada, check their Instagram Account!
Price:
Cleansing Cream - IDR68.000
Cleansing Foam - IDR68.000
Anti-Aging Toner - IDR98.000
Anti-Aging Serum - IDR148.000
Anti-Aging Morning Cream - IDR98.000
Anti-Aging Night Cream - IDR98.000



This is a sponsored post. Raiku & Beauty Blogger Indonesia sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

2 komentar

  1. Pertama kali lihat Raiku, sempet ngira itu brand Jepang gitu :p Saya ngiler nih lihat review-nya. Udah nggak berparaben, ternyata tanpa alkohol juga ya? Jadi tertarik mau coba, soalnya lagi nyari skincare affordable yang ringan tapi bekerja. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  2. namanya unik ya , kan udah ada yg nmanya body shop , face shop ini yang dalam negri namanya raiku, siiip dah

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)