[BEAUTY TALKS] Did You Check Your Cosmetic's Ingredient List?

1:04:00 AM



Hai, kayaknya udah lama nggak nulis di section Beauty Talks ya? Bosen nggak sih di blog ini isinya review melulu? Hehe.
Anyway, Beauty Talks section is back!
And our theme today is... Did you check your cosmetic's ingredient list?

Kenapa harus merhatiin ingredient list? Karena produk kecantikan itu kan otomatis langsung ditemplokkin ke muka ya, dan nggak membatasi kemungkinan bahwa kamu punya alergi atau intolerant dengan suatu bahan.




Biasanya ingredient list tercantum di bagian belakang kemasan atau box.

Dengan membaca review yang mencantumkan ingredients, kamu bisa menghindari untuk membelinya karena kamu sudah tahu ingredients apa saja yang ada didalam produk incaranmu itu,
Oleh karena itu mulai beberapa bulan yang lalu aku memutuskan untuk menulis ingredient list di dalam setiap review produk yang tayang di blog ini.

Banyak juga lho blogger yang concern dengan ingredients di dalam sebuah produk kecantikan baik make-up atau skincare. Salah satunya teman bloggerku mbak Rahayu Savitri, you can check her blog here, dimana dia seringkali membahas tentang ingredient sebuah produk dengan cukup lengkap.

Hasil gambar untuk chemical ingredient cosmetics

Selain itu kamu juga mesti tahu apa sih yang kamu templokkin di mukamu itu. Butylene Glycol itu apa? Phenoxyethanol itu apa? Fungsinya buat apa sih?

Sebenernya aku sendiri juga nggak punya pengetahuan yang mumpuni tentang cosmetic ingredients karena memang nggak ada background di bidang itu,

Tapi setidaknya kita mesti tahu, sekali lagi, apa sih yang kita templokkin di muka itu?

Jadi aku nemu sebuah website, yaitu www.cosdna.com, dimana kita bisa ngecek ingredients yang ada di produk kecantikan kita itu fungsinya apa aja. Selain itu disana kita bisa tahu bahan apa saja yang memicu jerawat atau iritasi dan levelnya dalam skala 1-10.
Aku tahu website ini dari instastory-nya @Lippielust, suhu dunia pergincuan.


Cara ngeceknya kamu bisa langsung buka websitenya dan klik di bagian Analyze Cosmetics, dan langsung aja copy paste ingredientsnya.


Nih contohnya aku masukkin ingredient list dari produk yang diclaim sebagai natural skincare, yaitu Sensatia Botanicals Lemon Meringue Cream Cleanser, dimana ingredientsnya adalah;

Water (Aqua), Decyl Glucoside, Vegetable Glycerin, Cetearyl Glucoside & Sorbitan Olivate, Honey, Aloe Barbadensis (Aloe) Leaf Extract, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Oil, Rosa Rubiginosa (Rosehip) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Xanthomonas Campestris (Xanthan) Gum, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Sodium Citrate, Tocopherol (Vitamin E), Averrhoa Carambola (Star Fruit) Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Citric Acid, Hippophae Rhamnoides (Seabuckthorn) Oil.

Oke, setelah langsung dicopas di www.cosdna.com, hasilnya adalah sebagi berikut





Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa produk ini kalau dilihat dari level safetynya termasuk oke ya, cuma ada beberapa bahan yang memang ada di mid-level (warna kuning), tapi sebagian besar termasuk safety (warna hijau).
Ada beberapa bahan juga yang berpotensi memicu jerawat dan iritasi seperti Benzoic Acid, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, dan Tocopherol.
Selain itu banyak bahan yang berfungsi sebagai moisturizer juga, makanya setelah memakai produk ini kulit jadi terasa lebih moist.

Oh iya, hasil analisa ini tidak bisa dijadikan acuan satu-satunya ya, karena sebenarnya diperlukan penelitian yang lebih lanjut yang tentunya dilakukan oleh orang yang memiliki kapasitas.
Dan juga kondisi kulit orang berbeda-beda, kita nggak bisa ngejudge sebuah bahan sebagai pemicu jerawat atau iritasi karena reaksi bahan tersebut di kulit masing-masing orang pasti bakal berbeda.
Kita juga nggak tahu pasti berapa % bahan yang digunakan. Misalnya di ingredients tercantum ada Paraben, kita langsung skeptic. Padahal kan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga pasti punya standar tersendiri, makanya produk itu bisa ada di pasaran dan diberi nomer registrasi POM-nya. Kalau Parabennya melebihi batas yang dianjurkan pasti nggak akan lolos uji BPOM dong?

Tapi buat kita-kita yang awam ingredients boleh lah ceki-ceki website ini sekedar sebagai pengetahuan aja, misalnya bahan ini fungsinya apa dan lain-lain.

Jadi, kalau saranku sih sebaiknya kamu mulai perhatikan deh ingredients yang ada di produk kecantikan kamu. Sederhananya misal apabila kamu menggunakan produk X yang mengandung bahan Y bakalan jerawatan, mungkin kamu bisa menghindari produk sejenis yang juga mengandung bahan Y. Kamu juga harus aware dengan apa saja yang kamu templokkin di kulit wajah kamu, ya kan?



This is my honest personal thoughts. I don't have any special connection to brands and website i mentioned above.


For any inquiries you can send me an e-mail at



You Might Also Like

11 komentar

  1. Aku cek dong sebelum membeli. di web yang sama juga kak hehe.
    Harus dibiasain emang, siapa lagi yang mau aware dengan kulit kita, selain kita sendiri ;)

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. sekarang gw juga lebih concern ke ingredients, Nis ^^ Juga tau cosdna itu dari temen beauty blogger juga. Hm kalo paraben yang ada di list ingredients sih.... gw ga parno an. Soalnya mikir kayak lo bilang, kalo udah lolos BPOM ga mungkin bahaya yekannn???


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. baru tauuu ada web kaya gitu~ web itu bisa analisis ingredients aja yang cocok atau engga buat kita. Berguna banget nih artikelnyaa :3

    khhrnisa.com

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk orang yang ga merhatiin ingredients sih karena kulitku termasuk yang jarang breakout/ga cocok sama suatu produk (Alhamdulillah ya). Baru tau ada web itu, kapan-kapan coba cek ingredients ah. Sangat membantu tulisannya kakk!

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Aku gak begitu merhatiin ingredients sih, tapi lagi berusaha. Thank you nisa cantik~

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. Waah baru tau ada web yang bisa bantu cek ingredient gitu. Makasih udah share ya kak nisa. Aku lagi belajar banget nih soal ingredient :)


    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
  7. Wow, informatif banget blog post kali ini. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  8. Ingredients itu uda jd yg paling utama kalo masalah produk kosmetik. Iya cosdna mungkin bisa jadi salah saru referensi buat cek kandungan bahan serta apa saja sih fungsi dr tiap" ingredients. Karena ralam kosmetik mayoritas insyaAllah ada pengawetnya kalau enggak paraben dan turunannya pasri phenoxiethanol. Setahuku loh mbak, kalo cosdna itu unruk produk Asia (jepang,korea). Ada beberapa produk us sih tp kalo produk indo belum deh mbak dimasukkan di cosdna.

    Btw artikelnya inspiratif sekali😆

    ReplyDelete
  9. Ini nih yang perlu diperhatiin saat beli produk kecantikan. Kadang kita cuma liat review produk yang ternyata belum tentu cocok sama jenis kulit kita. Makasih banyak yaaa udah share 😍

    xoxo, Hanifa
    http://honeyvha.com

    ReplyDelete
  10. Wah thank you Annisa...for reference aku suka ambil di Paula's Choice, Cosmeticsinfo(dot)org, atau truthinaging(dot)com karena dilengkapi penjelasan daripada COSDNA yang lebih menekankan fungsi suatu bahan. Apalagi suatu bahan memang sering kali aman tapi belum tentu baik bagi kulit :)

    ReplyDelete
  11. Iya bener, aku juga tahu dari kak Lippielust sih soal ngecek-ngecek ingredients. Aku sendiri bukan yang terlalu teliti sampai ke setiap ingredientsnya sih, cuma kalo ada yang aneh dan bikin penasaran, baru kucari. Hahaha. Lain kali mau lebih hati-hati, ah!

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)