[BEAUTY TALKS] Tips Memilih Skincare + Rekomendasi Produk Lokal & Drugstore

1:42:00 AM



Memilih skincare adalah sesuatu yang cukup rumit sebenarnya, karena tidak semua skincare akan cocok di kulit kita dan hasil dari pemakaian skincare tersebut akan berbeda di kulit setiap orang. Dan hasilnya juga tidak akan langsung terlihat alias instan, kecuali kamu memakai skincare yang komposisinya tidak jelas atau bahkan mengandung merkuri. Ada proses trial dan error dalam memilih skincare. Kamu juga harus telaten dan rajin dalam mengaplikasikan skincare.


Berikut aku berikan tips untuk memilih skincare yang cocok untuk kulit kamu, yuk langsung disimak aja!

Kenali Jenis Kulitmu

Ya, tak kenal maka tak sayang. Sebelum memilih skincare yang tepat, pastikan kamu membeli skincare yang cocok untuk tipe kulit kamu. Apabila kamu memiliki kulit kering, pilihlah produk yang memberikan efek hydrating. Lain dengan kamu yang memiliki kulit berminyak, pilihlah produk yang memiliki tekstur liquid atau gel yang biasanya mengandung kadar minyak lebih rendah.

Bagaimana cara mengetahui jenis kulit?
Cara termudah untuk mengetahuinya adalah melihat kondisi kulit saat bangun tidur, tanpa menggunakan skincare atau make-up apa-apa, tunggulah sekitar beberapa jam dan blot wajah dengan oil paper. Lihatlah minyak yang terserap di oil paper
Berikut adalah jenis-jenis kulit beserta ciri-cirinya.

Kulit Berminyak - Pemilik kulit berminyak biasanya berminyak di area T, dagu, dahi, dan pipi. Pori-pori wajah juga biasanya terlihat besar dan wajah terlihat mengkilap. Kulit Kering -  Jenis kulit ini biasanya bebas minyak dan pori-pori tidak terlihat besar. Akan tetapi kulit bagian rahang biasanya ketika diraba terasa kasar dan flaky. Kulit Kombinasi - Tipe kulit ini biasanya hanya berminyak bagian area T dan dahi, sedangkan bagian pipi kering. Kulit Sensitif - Orang dengan kulit sensitif biasanya susah menemukan skincare yang cocok dengan kulitnya. Gejala breakout, purging, bahkan iritasi sering dialami oleh orang dengan jenis kulit seperti ini.

Ketahui Masalah Kulitmu

Setelah mengetahui jenis kulit, kamu juga harus mengetahui masalah yang dimiliki oleh kulitmu. Apakah pori-pori besar? Sensitif terhadap bahan tertentu? Kemudian hal ini dapat dijadikan acuan dalam memilih skincare. Contohnya untuk si pori-pori besar kamu bisa memilih produk yang mengandung witch hazel yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.
Kamu juga bisa membaca bagian product description yang tertera di kemasan skincare untuk mengetahui masalah kulit apa yang dapat diatasi oleh produk tersebut

Sesuaikan dengan Budget

Yang ini krusial banget nih, hahaha. Sebenernya kamu nggak perlu memaksakan diri untuk membeli skincare dari high-end brand. Karena ingat, hasil dari tiap skincare berbeda untuk tiap orang. Kalau produk merek A cocok untuk temanmu, belum tentu produk tersebut cocok untukmu.
Tapi tetap kembali kepada pribadi masing-masing sih, kalau memang mampu untuk membeli skincare high-end, silahkan. Apalagi kalo cocok, bahagia banget kan, hehehe.

Oh iya, mengaplikasikan skincare juga ada urutannya lho.
Untuk basicnya sendiri kamu membutuhkan cleanser, toner, dan pelembab. Yang lain-lain seperti serum atau eye cream adalah additional, yang paling basic adalah tiga itu.
Berikut aku tulis urutan-urutannya dan rekomendasi produk untuk setiap stepnya yang kamu bisa beli di Sociolla.com ya :)

Membersihkan Wajah

Pastikan sebelum tidur atau memakai produk skincare apapun wajah kamu bersih ya. Kamu bisa menggunakan teknik double cleansing untuk memastikan wajah kamu bersih dari make-up dan kotoran sebelum mengaplikasikan skincare.


Maybelline Micellar Water
Rp 99.000


Utama Spice Virgin Coconut Oil
Rp 45.000


Pertama kamu membersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover atau cleansing water. Produk yang aku rekomendasikan adalah Micellar Water dari Maybelline. Selain menggunakan micellar water kamu juga bisa menggunakan minyak alami untuk membersihkan wajah lho! Kamu bisa mencoba menggunakan Virgin Coconut Oil dari Utama Spice.


Dove Beauty Moisture Facial Foam
Rp 33.000


Setelah itu kamu bisa mencuci wajah dengan sabun pencuci muka. Dove Facial Foam yang mengandung moisturizer ini bisa jadi pilihan. Ada 3 varian yang bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu yaitu Inner Glow untuk kulit kusam, Deep Pure untuk kulit berminyak dan kombinasi, dan Beauty Moisture untuk kulit normal, sensitif, atau kering.

Memakai Toner

Toner dibutuhkan untuk mempersiapkan kulit kita ke tahap skincare selanjutnya. Selain itu toner juga bisa membantu membersihkan wajah dari sisa residu sabun cuci muka dan mengembalikan PH kulit setelah terkena sabun dan air.

Wardah Hydrating Toner
Rp 23.000



Wardah Pore Tightening Toner
Rp 30.000


Toner yang bisa dicoba adalah Toner dari Wardah yang memiliki beberapa varian. Ada Purifying Toner untuk kulit berminyak, Hydrating Toner untuk kulit kering, Pore Tightening Toner untuk masalah pori-pori besar, dan Lightening Toner untuk mencerahkan kulit.

Menggunakan Pelembab



Emina Moist in a Bottle
Rp27.500


Selanjutnya menggunakan pelembab, rekomendasi produknya adalah Emina Moist in a Bottle. Aku sudah pernah mereviewnya di blog. Moisturizer ini melembabkan, ringan, dan cepat menyerap karena teksturnya yang tidak terlalu heavy.


Nah berikut adalah tips untuk memilih skincare beserta rekomendasi produknya yang bisa kamu beli di Sociolla.com.
Kamu juga bisa menggunakan kode voucher SBNLAFSL untuk tambahan diskon Rp50.000 dari minimal pembelian Rp250.000 saat check out di Sociolla ♥




This is a post related to my affiliate network

Instagram | Facebook | Twitter

For any inquiries you can send me an e-mail at

all pictures are courtesy of Sociolla.com
title pic from freepik.com

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku pemilik kulit kering yang melenceng dari kaidah-kaidah. Demen banget sama yang gel-gel gak tau kenapaaa hahaha~ btw baru tau wardah punya hydrating toner, abis packagingnya mirip2 sih :))


    www.khhrnisa.com

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tidak meninggalkan link hidup ya :)