[CLINIC EXPERIENCE] Marcks Venus Aesthetic Clinic

7:10:00 PM


Pada hari Rabu, 23 Agustus 2017, aku dan teman-teman dari Bandung Beauty Blogger dan blogger lainnya diundang untuk menghadiri acara Soft Launching dari Marcks Venus Aesthetic Clinic by Kimia Farma. Pastinya pada tau dong Marcks Venus yang bedaknya melegenda itu. Kimia Farma juga adalah salah satu perusahaan kimia terbesar di Indonesia, jadinya aku penasaran dong, gimana ya kalau mereka membuka klinik kecantikan?

Marcks Venus Aesthetic Clinic sendiri berlokasi di Jl. Ir. H. Djuanda No 69 Bandung, persis di seberang Butik Dukomsel. Kliniknya sendiri ada di lantai 2, sedangkan lantai 1-nya adalah apotik Kimia Farma.




Desain interior dari kliniknya sendiri modern dan homy banget, ada tempat untuk menunggu di depan resepsionis, ada ruang konsultasi dengan dokter, ruang tindakan, dan ruang laser. Ada juga fasilitas bagi pengunjung seperti musholla, toilet, dan ruang ASI. Wah, thumbs up buat Marcks Venus dengan menyediakan fasilitas yang woman-friendly banget!


Pada saat Soft Launching kami diberikan informasi mengenai Marcks Venus Aesthetic Clinic seperti treatment apa saja yang ada dan service seperti apa yang akan diberikan. Dan para Blogger juga mendapatkan kesempatan untuk free trial treatment pada waktu yang sudah ditentukan dan tentu saja goodie bag yang isinya produk-produk Marcks Venus.



Jadi di Marcks Venus Aesthetic Clinic ada banyak pilihan treatment yang dapat dilakukan. Ada Laser Rejuvenation, Chemical Peeling, Microdermabration, Radio Frequency Treatment, Dermaroller, Brightening Injection, Botox, Filler, Electrocauter, dan ICT.

Apa sih ICT itu? ICT adalah singkatan dari Intradermis Cleansing Therapy. Sebenarnya prosedurnya kurang lebih sama dengan facial di klinik kecantikan biasa, tapi yang membedakannya adalah proses peeling atau pengangkatan kulit mati yang lebih efektif dibandingkan peeling biasa dan hasilnya bisa langsung terlihat dalam satu kali treatment saja.


Nah, hari Selasa tanggal 29 Agustus aku datang kembali ke Marcks Venus Aesthetic Clinic untuk melakukan treatment.
Sebelumnya aku berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk treatment apa yang akan dilakukan. Konsultasi dengan dokter adalah salah satu tahap yang penting untuk menentukan treatment yang cocok untuk masalah kulit yang dialami. Aku juga memberitahu dokternya bahwa masalah kulitku adalah spider vein yang cukup visible dan juga milia.

Dokternya ramah dan informatif sekali, nggak memaksakan pasien harus melakukan treatment atau memakai produk dari Marcks Venus. Ini yang aku salut karena kebanyakan dokter di klinik kecantikan suka kekeuh agar kita memakai produk dari mereka, padahal belum tentu bisa mengatasi masalah kulit kita.

Menurut dokter, spider vein tidak bisa dipulihkan dengan laser biasa melainkan harus memakai laser vascular, karena spider vein bukan masalah kulit, melainkan pembuluh darah yang terlalu dekat posisinya dengan kulit.

Sedangkan untuk milia, meskipun dibersihkan akan tetap muncul lagi karena itu adalah bagian dari proses alami kulit. Tapi milia dapat dicegah dengan cara meminum air putih yang banyak. Konsumsi air putih sangat penting lho, karena berhubungan dengan metabolisme tubuh. Ibaratnya milia adalah gajih atau lemak, dengan kulit yang terhidrasi dengan baik akan mudah untuk dibersihkan. Dokter juga menyarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per harinya untuk kamu yang memiliki berat badan sekitar 50kg seperti aku.


Treatment yang aku lakukan adalah ICT, karena kulitku nggak memiliki masalah yang terlalu berat seperti jerawat sehingga nggak memerlukan tindakan khusus.

Prosedur dari ICT adalah sebagai berikut,

Membersihkan wajah – karena sebelumnya aku memakai make up (sunscreen & bedak) maka wajah dibersihkan terlebih dahulu. Proses ini dilakukan dalam dua tahap (double cleansing) yaitu dibersihkan menggunakan cleanser dan dilanjutkan dengan menggunakan facial foam.

Peeling – proses pengangkatan kulit mati ini juga dilakukan dalam dua tahap yaitu menggunakan physical exfoliator atau scrubbing, setelah itu menggunakan chemical exfoliator, suster mengoleskan cairan peeling dan ditunggu selama 10 menit setelah itu dibersihkan kembali. Saat proses peeling dengan chemical exfoliator ini rasanya cekit-cekit, itu tandanya peeling sedang bereaksi. Setelah proses ini aku merasa kulit wajahku lebih glowing, karena sel kulit matinya sudah terangkat.

Penetralan – Setelah peeling, wajah dioleskan cairan penetral. Ini penting sih menurutku karena setelah kena chemical exfoliator yang umumnya adalah bahan kimia yang bersifat keras, perlu adanya penetralan untuk kulit wajah agar siap ke tahap selanjutnya.

Massage - Ini yang paling aku sukaa♥ Kulit wajah dipijat secara halus dan lembut agar peredaran darah lancar dan membuat kulit lebih sehat juga.

Masker – Tahap terakhir adalah pengaplikasian masker. Maskernya sendiri wash-off yang teksturnya mirip mud mask dan rasanya ada cooling effectnya. Setelah masker dibersihkan menggunakan spons, treatment selesai.


Hasilnya bagaimana? Aku sendiri merasa kulit wajahku lebih glowing dan sehat, juga lembab. Tapi aku juga mengalami purging yaitu keluarnya jerawat, mungkin ini proses detox yang biasa dialami setelah perawatan. Tapi purgingnya nggak parah kok, cuma jerawat kecil-kecil aja.
Harga treatment di Marcks Venus juga nggak mahal dan terjangkau lho, start from Rp70.000 aja!
Untuk sekarang juga Marcks Venus Aesthetic Clinic belum buka untuk umum, masih coming soon

Thank you Marcks Venus & Kimia Farma sudah memberikan kesempatan untuk kita para blogger icip-icip treatment dari Marcks Venus.


Marcks Venus, melindungi cantikmu kini dan nanti :)

Get to know more about Marcks Venus

This is a sponsored post. Marcks Venus offered me free treatment to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)