[REVIEW] Smooto Indonesia - Skincare Travel-Friendly yang Imut-Imut!

1:24:00 AM



Sebenernya aku paling anti pakai produk dalam kemasan sachet, apalagi skincare. As you know, muka aku ini ukurannya kecil dan butuh produk yang nggak terlalu banyak. Biasanya kalau aku pakai misalnya masker sachetan, produknya bakalan sisa banyak dan aku jadi bingung nyimpen dimana. Jadinya aku iket pake karet :))

Oh iya, beberapa minggu kemarin aku dapet produk skincare dari Smooto Indonesia. Jadi Smooto ini adalah produk dari Thailand, kalau dilihat dari packagingnya sih, karena dominan huruf Thailand gitu. Tapi dia brandingnya ala-ala jepang, bisa dilihat dari logonya yang mencantumkan bendera Jepang.
Produknya Smooto juga lumayan banyak, yang aku dapat adalah Tomato Series yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Selain Tomato Series, ada juga Aloe Series, Egg Series, Fruit Series, dan Vampire Series. Design packagingnya mengambil konsep cute dan hampir semuanya dikemas dalam bentuk sachet.



Eits, kemasan Smooto Indonesia ini berbeda dari kemasan sachet biasa. Di bagian atas sachetnya terdapat semacam corong yang berfungsi menjadi tempat keluarnya produk serta dilengkapi dengan tutupnya. Kemasan seperti ini praktis banget karena kamu nggak perlu lagi memindahkan isi sachet ke dalam wadah apabila masih ada sisa produknya. Kemasnnya juga travel-friendly karena didesain untuk pemakaian jangka pendek saja jadi bisa menghemat ruang di dalam pouch skincare kamu.

Nah, produk yang aku dapatkan ada tiga buah yaitu Smooto Tomato Bulgaria Yogurt Whitening Soothing Gel, Smooto Tomato Collagen White Serum, dan Tomato Collagen White & Smooth Mask.
Langsung kita bahas satu-satu aja ya!

Smooto Tomato Bulgaria Yogurt Whitening Soothing Gel

Produk ini adalah produk multifungsi yang tidak hanya bisa digunakan untuk wajah saja, namun bisa juga digunakan untuk badan. Terbuat dari 99% jus tomat yang dicampur dengan bulgarian yogurt, produk ini diklaim dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, mengencangkan pori-pori, dan melembutkan kulit.

 

Packaging produk ini adalah yang paling besar diantara ketiga produk yang aku terima. Netto dari produk ini adalah 40gr. Cukup banyak juga mengingat tipe kemasannya adalah sachet. Di bagian belakang terdapat product information yang cukup lengkap, tapi sayangnya menggunakan bahasa Thailand. Yang ditulis dengan bahasa Indonesia hanya product description, cara pemakaian, dan keterangan nomer BPOM.
Produk-produk Smooto semuanya sudah memiliki nomer BPOM dan terdapat logo cruelty free. Akan tetapi belum ada logo halalnya, mengingat ini adalah produk impor. Untuk period after opening-nya hanya 1 bulan saja, jadi sebaiknya harus segera dihabiskan.

Ingredients - Solanum Lycopersicum Fruit Water, Niacinamide, Butylene Glycol, Yogurt Powder, Snail Secretion Filtrate, Phenoxyethanol, Carbomer, Triethanolamine, Allantoin, Chlorphenesin, Disodium EDTA, CI 77891, Fragrance, CI 16255

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. Dilihat dari urutan komposisinya juga Smooto Tomato Bulgaria Yogurt Whitening Soothing Gel ini mengandung Niacinamide yang cukup banyak dibandingkan produk sejenis karena berada di urutan ke dua.


Teksturnya berupa gel yang tidak runny dan mudah dibaurkan. Sebelum dibaurkan warnanya agak putih dan setelah dibaurkan tidak ada warnanya. Wanginya segar seperti wangi minuman yogurt dan ada sedikit sensasi cooling saat diaplikasikan. Produk ini juga tidak meninggalkan rasa lengket.
Untuk kelembapannya menurut aku so-so sih, nggak yang hydrating banget, sehingga produk ini kurang cocok untuk super dry skin.

Aku sudah mencoba produk ini sekitar 1 minggu lebih tapi belum terlihat perubahan pada skintone kulitku. Next akan aku update ya untuk pemakaian setelah 1 bulannya.

Smooto Tomato Collagen White Serum

Menurut keterangan yang tertera di kemasannya, satu sachet Smooto Tomato Collagen White Serum setara dengan 10 buah tomat. Serum pencerah wajah ini berkonsentrasi tinggi dan mampu memulihkan kulit yang dehidrasi agar terlihat cerah merona.

 

Packaging dari produk ini sedikit lebih kecil dari produk sebelumnya dengan netto 10gr. Di bagian belakangnya ada product information dalam bahasa Thailand dan stiker bertuliskan product description serta cara pemakaian dalam bahasa Indonesia.

Ingredients - Aqua, Niacinamide, Glycerin, Propylene Glycol, Sodium Polyacrylate, Ethylexyl Stearate, Trideceth-6, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Caprylic/Capric Triglyceride, Phenoxyethanol, Allantoin, Methylparaben, CI 77891, Mica, Triethoxycaprylylsilane, Ethylparaben, PVP, Fragrance, Propylparaben, Solanum Lycopersicum Fruit Exract, Collagen, Arbutin, Glutathione, Oligopeptide-1, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Panthenol, Retinyl Palmitate, Sorbitol, Tocopherol, Hydrogenated Lecithin, CI 16255

Menurut Skincarisma Ingredient Analyzer, produk ini mengandung cukup banyak brightening agent seperti Niacinamide, Glutathione, Arbutin, dan Ascorbly Tetraisopalmitate. Untuk anti aging agentnya juga lumayan banyak seperti Niacinamide, Collagen, Tocopherol (Vitamin E), dan Retinyl Palmitate (Vitamin A). Berdasarkan ingredientsnya, produk ini cocok juga untuk mature skin.
Berbeda dengan soothing gel-nya, produk ini masih mengandung paraben.


Teksturnya mirip dengan soothing gelnya, hanya saja wanginya agak berbeda, kalau soothing gel wanginya lebih manis, Smooto Tomato Collagen White Serum ini wanginya lebih fresh. Wanginya tidak menyengat dan justru aku suka karena terkesan segar, seperti jus tomat dengan banyak susu. Kalau diperhatikan, ada butiran-butiran kapsul kecil berwarna merah di dalamnya.
Serum ini cukup melembabkan dan cepat sekali menyerap. Biasanya aku menggunakan toner, essence, serum ini lalu diikuti dengan eye cream dan soothing gel dari Smooto.

Sama seperti soothing gel, aku pun belum merasakan banyak perubahan setelah pemakaian 1 minggu lebih. Aku akan update setelah masa pemakaian 1 bulan, ya!

Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask

Masker tomat ini diformulasikan khusus untuk memberi nutrisi pada kulit. Masker ini diklaim dapat melembabkan, mengencangkan pori-pori dan mengontrol minyak yang berlebih pada wajah.

 

Packagingnya berbeda dengan kedua produk sebelumnya. Masker ini dapat digunakan untuk 2 kali pemakaian. Untuk satu pemakaian nettonya 5gr, dan untuk keduanya adalah 10gr.
Cara penggunaan masker ini tercetak pada stiker di bagian belakang kemasan menggunakan bahasa Indonesia. Setelah cuci muka atau scrub, gunakan masker ini dengan agak tebal selama 5 hingga 10 menit lalu bilas menggunakan air.

Ingredients - Aqua, Glycerin, Hydroxy Ethyl Cellulose, Niacinamide, Chlorphenesin, Methylisothiazolinone, Urea, Carbomer, Triethanolamine, Allantoin, Disodium EDTA, Prunus Armeniaca (Apricot) Seed Powder, CI 16255, Fragrance, CI 14720, CI 15985, Solanum Lycopersicum Fruit Extract, Arbutin, Collagen, Glutathione Ascorbyl Tetraisopalmitate, Panthenol, Retinyl Palmitate, Sorbitol, Tocopherol, Hydrogenated Lecithin.

Masker ini alcohol-free dan baik untuk dry skin karena mengandung bahan-bahan yang powerfully moisturizing seperti Panthenol dan Glycerin, serta bahan-bahan yang melembabkan dan membantu merawat elastisitas kulit seperti Collagen, Tocopherol (Vitamin E), dan Retinyl Palmitate (Vitamin A).


Untuk teskturnya sendiri mirip dengan jelly, mirip dengan selai strawberrry. Di dalamnya ada butiran-butiran apricot seed.

Berikut adalah foto saat menggunakan produk ini:


Masker ini tidak mengering di kulit dan melembabkan, jadi dia tergolong hydrating mask sih sebenernya. Karena saat pemakaiannya agak tebal, saat membilasnya juga harus sambil digosok agar benar-benar bersih.
Setelah dibilas, rasanya wajah lebih lembut, tapi bagian pori-pori masih sama seperti sebelum maskeran, jadi sebaiknya masker ini digunakan setelah maskeran menggunakan clay mask atau mud mask agar wajah bersih dan lembab.


Overall, produk-produk dari Smooto ini unik banget dari segi kemasan dan designnya cute banget. Aku lumayan cocok menggunakan Tomato Series dari Smooto ini, nggak ada reaksi purging atau breakout. Harga-harganya juga terjangkau dan cocok untuk pengguna skincare pemula yang ingin mencoba trial skincare baru tanpa harus menguras dompet berlebih, tanpa meninggalkan banyak sisa produk karena netto produk-produk ini tergolong rendah,mirip dengan sample size.

Get to know more about Smooto Indonesia

Score: 7/10
Where to Buy? Smooto Website
Price:
Soothing Gel - IDR45.000
Collagen White Serum - IDR35.000
Collagen White Mask - IDR35.000



This is a sponsored post. Smooto Indonesia sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)