[MINI REVIEW] Nyobain Produk-Produknya PAC Martha Tilaar!

6:29:00 AM



Pesona dari brand lokal memang nggak ada yang ngalahin, deh. Apalagi belakangan ini brand-brand lokal mulai berinovasi dan mengeluarkan produk-produk yang kualitasnya nggak kalah dengan international cosmetics brand lainnya.
Pastinya udah pada tahu Martha Tilaar dan kosmetik-kosmetiknya kan? Yup, Martha Tilaar ini merupakan salah satu produsen kosmetik kebanggaan Indonesia yang tertua dan masih populer hingga saat ini.
Beberapa waktu yang lalu aku dapat kesempatan untuk mencoba produk-produk dari PAC (Professional Artist Cosmetic) Martha Tilaar. Produk dari brand PAC ini menyasar target market para professional make up yang membutuhkan produk berkualitas tinggi. PAC ini sendiri bisa dibilang luxury, premium, high-end product-nya Indonesia.

Produk yang aku dapatkan sendiri cukup banyak dan sudah pernah aku bahas sedikit sebelumnya di postingan sebelumnya yaitu One Brand Tutorial menggunakan produk-produk dari PAC.
Jadi kali ini Beautiesquad bekerjasama dengan PAC untuk membuat one brand makeup dengan tema two face makeup. Produk yang digunakan semuanya disponsori oleh PAC.


Sekarang aku mau kasih tahu ke kalian mini review atau pendapat aku mengenai produk-produk ini. Mungkin nggak akan selengkap review aku biasanya kali ini karena produknya sendiri cukup banyak tapi bakal aku usahain untuk tulis sedetail mungkin tapi tetap singkat supaya kalian juga nggak pusing bacanya.

PAC Liquid Foundation

 

Kita bahas mulai dari complexion ya. Jadi PAC Liquid Foundation ini diklaim dapat menyamarkan noda-noda di wajah serta mengandung antioksidan, sunscreen agent, dan chamomile extract untuk melindungi kulit wajah. Shade lengkapnya ada 01, 02, 03, dan 04. Yang aku dapatkan ini adalah shade nomer 03, yang sebenarnya agak kegelapan sih menurut aku karena aku biasanya menggunakan foundation satu atau dua shade diatas skintone aku.

Packagingnya berupa botol berukuran tidak terlalu besar yang dilengkapi dengan pump. Botolnya terbuat dari kaca dan kita bisa melihat warna foundationnya. Oh iya, meskipun tidak ada tutupnya, pump dari PAC Liquid Foundation ini dapat dikunci dengan cara memutar pumpnya ke arah kiri agar tidak tertekan apabila kita menaruhnya di pouch makeup.

before

after
Warna foundationnya sendiri menurut aku lebih ke arah neutral ya, karena nggak terlalu pink dan nggak terlalu kuning juga. Sebenernya ini pas sih buat kulit aku tapi aku ngerasa agak pucet aja kalau nggak pake foundation yang lebih terang.
Produk ini juga memiliki extra coverage (medium to full coverage) dan bisa banget dibuild up sesuka kamu. 
Finishing dari foundation ini matte, super matte malah. Nggak ada glowy-glowynya sama sekali dan bakalan cocok banget untuk kalian yang punya kulit oily. Karena kulit aku sendiri cenderung kering, biasanya aku campur dulu menggunakan aloe vera gel supaya lebih moisturizing di kulit. Menurut aku juga PAC Liquid Foundation ini cukup long lasting dan bisa dipakai selama 4 hingga 5 jam dengan tetap nyaman tanpa touch up.
Foundation ini juga cukup ringan dan cocok untuk digunakan daily.

Score: 9/10
Price: Rp160.600

PAC Loose Powder


PAC Loose Powder ini diklaim sebagai transparent loose powder yang bisa menyerap excess oil. Selain itu produk ini juga mengandung moisturizer, antioxidant, dan sunscreen agent untuk melindungi kulit. Shadenya ada 5, dan yang aku dapatkan ini adalah nomer 03.
Dengan netto 25hr, ukuran dari PAC Loose Powder ini cukup besar dan bulky. Bentuknya kotak dan cukup unik juga karena aku belum pernah lihat produk dengan packaging seperti ini.



Kekurangan dari packaging PAC Loose Powder ini menurut aku selain ukurannya yang terlalu besar dan tidak travel friendly, tidak terdapat kaca di dalamnya sehingga kurang praktis. Selain itu wadahnya juga cepat kotor oleh produk yang ada di dalamnya sehingga aku lebih merekomendasikan produk ini untuk ditaruh di rumah saja.


Tekstur dari bedak tabur ini menurut aku agak kurang halus dan partikel bedaknya sendiri agak besar-besar mirip dengan bedak bayi.
Warna PAC Loose Powder shade 03 ini terlalu orange juga untuk kulit aku yang memang kuning langsat dan kurang cocok untuk skintone aku. Berhubung produk sebelumnya yaitu Liquid Foundationnya sudah mempunyai finishing yang matte, penggunaan bedak ini digabungkan dengan PAC Liquid Foundation kurang cocok untuk kulit kering karena akan memperjelas kerutan-kerutan di wajah karena produk-produk ini termasuk Ultra HD Makeup.
Saran aku cukup sapukan tipis dengan brush apabila kamu memiliki kulit kering supaya riasan tidak terlihat cakey, no cracky, dan terlalu 'dempulan'.

Score: 4/10
Price: Rp176.000

PAC Eyeliner White


Sebenarnya aku bukan tipe yang suka pakai eyeliner pensil konvensional seperti ini, aku lebih prefer eyeliner matic karena nggak perlu repot-repot ngeraut dan warnanya pun biasanya lebih pigmented.
Menurut product knowledge yang aku dapatkan, PAC Eyeliner White ini dikhususkan untuk membentuk garis mata sekaligus menjadikan mata yang kecil tampak lebih besar.


Menurut aku eyeliner ini cukup empuk dan pigmentasinya lumayan oke, dan ketika dipakai di waterline tidak membuat mata perih. Tapi ketika diaplikasikan di waterline juga perlu sedikit tekanan lebih dan beberapa kali swipe supaya warnanya terlihat jelas.

Score: 6/10
Price: Rp119.900

PAC District-X Eyeshadow


Melanjutkan untuk produk daerah mata, PAC District-X Single Eyeshadow ini diklaim memiliki hasil akhir yang intense, lembut dan mudah dibaurkan. Pilihan warna untuk produk ini cukup banyak, ada 10 warna dan kalau nggak salah juga tersedia palette kosongnya yang bisa diisi oleh produk-produk dari seri District-X ini.


Yang aku dapat adalah warna V.F. Violet (ungu), dan L.Night (blue). Menurut aku sendiri memang produk ini sesuai dengan klaimnya, yaitu lembut dan mudah dibaurkan. Tapi lembutnya lebih ke soft saja ya, tidak benar-benar buttery. Produk ini cocok untuk kamu yang membutuhkan Intense Makeup dengan Pigmented Formula. Selain itu eyeshadow ini juga memiliki longlasting formula, which is kamu bisa menggunakannya tanpa primer dan warnanya tetap bisa tahan lama.

Score: 8/10
Price: around Rp120.000 each

PAC Mascara


PAC Mascara diklaim sebagai maskara yang waterproof dan dapat membuat tampilan bulu mata lebih lentik, panjang, dan tebal. Produk ini tersedia dalam 2 shade yaitu 01 Black dan 02 Blue. Meskipun yang aku dapat ini nomer 01 Black, aku tetap lebih penasaran sama nomer 02nya karena belom pernah nyobain maskara yang berwarna. Bakalan kayak gimana ya?


PAC Mascara ini adalah produk yang paling aku suka dari produk-produk PAC yang aku cobain kali ini. Jika diperhatikan tipe applicatornya adalah wand berukuran medium yang cocok untuk mataku karena mataku sendiri kecil, apabila menggunakan sikat maskara yang terlalu besar maka biasanya maskaranya suka beleberan di mataku.


Bisa dilihat di foto berikut ini perbandingan bulu mataku sebelum dan sesudah menggunakan PAC Mascara. Aku suka hasilnya karena membuat bulu mata tampak lebih panjang dan lentik, tanpa menggumpal. Tapi sayang setelah beberapa jam pemakaian bagian bawah mataku jadi sedikit menghitam. Kalau primer buat maskara ada nggak sih gengs? Beneran serius nanya.
But overall, i love this mascara karena hasil akhir yang diberikan sesuai dengan selera aku.

Score: 8/10
Price: Rp151.100

PAC Intense Color Eyeshadow Pencil


Produk ini juga termasuk salah satu produk yang unik karena bentuknya, yaitu eyeshadow dalam bentuk pensil. Tidak hanya itu, dalam PAC Eyeshadow Pencil ini terdapat dua warna yang berbeda pada masing-masing ujungnya. Produk yang aku dapatkan ini adalah warna shimmery bronze dan hitam matte.

sebelum

sesudah diblend
Berikut adalah swatch untuk masing-masing warnanya. Menurut aku sih produk ini cukup enak dipakai, empuk, pigmentasinya bagus, tapi sayang agak susah diblend karena cepet banget setnya, beda dengan produk eyeshadow berbentuk powder. Beberapa teman aku yang mempunyai produk yang sama juga berpendapat kalau produk ini sedikit rapuh alias gampang patah. Tapi aku sendiri pakenya pelan-pelan banget juga supaya nggak patah (karena aku nggak punya rautan untuk produk pensil yang besar kayak gini, hahaha) dan sejauh ini untungnya belum ada kejadian patah.
Pada makeup tutorial sebelumnya aku pakai warna hitam di produk ini sebagai pengganti eyeliner, dan cukup oke juga dipakai sebagai eyeliner pencil karena mudah membuat garisnya dan warna yang dihasilkan pun hitam pekat.

Score: 7/10
Price: Rp176.000

PAC Satin Matte Lip Cream


Produk lip cream terbaru dari PAC ini memiliki satin finish, which is berbeda dengan produk-produk sebelumnya yang ada di pasaran yang memiliki hasil akhir matte. PAC Satin Matte Lip Cream ini terdiri dari 7 shade dan yang aku dapatkan ini adalah nomer 01 Silk Cherry dan 03 Misty Chocolate.



Packaging dari produk ini berupa botol akrilik ramping dengan design khas PAC. Aplikatornya adalah tipe doe-foot dan fragrance dari produk ini cukup kuat, wanginya seperti wangi bubble gum.
Nomor dan nama shadenya terdapat pada stiker yang ada di bagian dasar botol. Botolnya juga berwarna bening sehingga kita bisa melihat warnanya tanpa harus diswatch terlebih dahulu.


Berikut adalah swatches dari PAC Satin Matte Lip Cream shade 01 Silk Cherry dan 03 Misty Chocolate. Keduanya cukup kontras, dimana shade Silk Cherry adalah warna merah berry dengan hint warna ungu yang agak kuat dan bisa dibilang warna ini cukup bold. Sedangkan warna yang satunya lagi yaitu shade Misty Chocolate adalah warna pinky beige yang cenderung lebih cool dan termasuk warna nude.
Keduanya cocok untuk dipadukan dengan gaya ombre lips, kamu bisa memakai shade Silk Cherry di bagian dalam bibir dan shade Misty Chocolate pada bagian luar bibir.

Tekstur PAC Satin Matte Lip Cream ini sangat ringan, sesuai dengan klaimnya yaitu weightless sensation dan bisa diblend dengan mudah karena membutuhkan waktu yang cenderung agak lama untuk bisa set dengan baik. Penggunaan produk ini sebagai eyeshadow juga bisa dicoba karena bisa dibaurkan terlebih dahulu ujung-ujungnya dengan mudah supaya tidak terdapat harsh line dan ditimpa dengan warna lainnya.
Tidak seperti matte lip cream biasa yang biasanya susah dibersihkan kecuali menggunakan cleansing oil, PAC Satin Matte Lip Cream bisa dengan mudah dibersihkan karena teksturnya yang ringan ini. Lip cream ini juga cukup longlasting dimana bisa bertahan dengan baik di bibir setelah 5 hingga 6 jam pemakaian tanpa makan makanan yang berminyak. Tapi apabila produk ini digunakan ketika minum dan makan, tentunya perlu touch up lagi supaya warnanya tidak pudar.

Score: 8/10
Price: Rp110.000



Overall, produk-produk dari PAC ini memang sesuai dengan klaimnya yaitu memiliki kualitas yang bagus dan setara di level high-end make up untuk brand lokal. Design dan brandingnya juga cukup bagus dan konsisten, dimana hampir semua produknya memiliki design yang sama sehingga memiliki ciri khas dan mudah untuk dikenali.
Produk PAC Martha Tilaar ini juga cocok untuk kamu yang menginginkan bold and expressive looks karena produk-produknya pigmented dan warna-warnanya cenderung berani. Cocok juga untuk membuat stage make up atau make up panggung. Oh iya, pada setiap kemasan produk PAC sudah tertera bahwa produk-produk ini cruelty-free dan juga termasuk Halal Cosmetics karena sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Get to know more about PAC Martha Tilaar



This is a sponsored post. PAC Martha Tilaar & Beautiesquad sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

Instagram | Facebook | Twitter

For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)