[FIRST IMPRESSION] Azalea Deep Hydration Rose Water

Apa kalian masih menggunakan rose water atau air mawar dalam skincare routine? Mungkin udah jarang ya. Tapi air mawar ternyata punya banyak manfaat untuk kulit yang sayang jika dilewatkan, lho.

BTW, aku pernah baca-baca kalau kita bisa bikin air mawar sendiri from scratch lho. Caranya juga cukup mudah, cukup rebus beberapa kelopak bunga mawar dalam air mendidih hingga airnya berubah warna. Tapi prosesnya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu minimal 30 menit hingga beberapa jam. Kan nggak praktis ya, kita juga mesti keluar gas yang nggak sedikit, hahaha.

Nah, kayaknya lebih gampang kalau kita beli aja air mawar yang ada di pasaran. Selain udah terjamin kehigienitasannya, air mawar yang dijual di pasaran diformulasikan dengan beberapa bahan pendukung lainnya yang tentunya dapat bekerja dengan baik dan efektif di kulit dibandingkan kalau kita DIY.

Meski kayaknya sekarang udah nggak hype lagi, salah satu brand lokal Indonesia yaitu Azalea mengeluarkan produk terbarunya yaitu Azalea Deep Hydration Rose Water. Kebetulan dulu before corona aku sempat beberapa kali ikut event Azalea dan tahu banget seluk beluk brand yang satu ini. Jadi Azalea ini masih sister brand-nya dari Natur Hair Care. Target marketnya lebih segmented ke muslimah karena brandingnya adalah skincare/haircare yang dijamin halal.

Kali ini aku mau share sedikit mengenai first impression aku mengenai Azalea Deep Hydration Rose Water. Mungkin nanti kedepannya aku bakal tulis in depth reviewnya juga kalau memang cocok. So, without further ado, here's my two cents about this product!

Baca Juga: Review Azalea Hijab Shampoo & Hair Hijab Mist

Review Singkat Pemakaian Azalea Deep Hydration Rose Water

Packaging

Azalea Deep Hydration Rose Water ini dikemas dalam botol berukuran mungil. Nettonya hanya 75ml saja, dan tidak ada boxnya. Ketika produknya datang, tutup botolnya hanya disegel menggunakan tape plastik.

Di bagian belakang botolnya ada product knowledge, cara pemakaian, dan daftar komposisinya. Expiration date juga tercantum di bagian bawahnya.

Produk terbaru dari Azalea ini jenis tutup botolnya adalah flip-top. Ketika dibuka, isi produknya juga tidak langsung tumpah banyak melainkan setetes demi setetes. Hanya saja pastikan tutupnya sudah benar-benar rapat supaya tidak tumpah kalau dibawah di dalam tas.

Kandungan & Manfaat Azalea Deep Hydration Rose Water

Jadi Azalea Deep Hydration Rose Water ini mengandung ekstrak bunga mawar asli, Zaitun Oil, Allantoin, dan Niacinamide yang berfungsi untuk menyejukkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu Azalea Deep Hydration Rose Water juga No Alcohol, No Paraben, No Fragrance, Halal, dan sudah BPOM.

Mengutip dari Healthline, manfaat dari ekstrak bunga mawar yang terkandung di dalam rose water atau air mawar sendiri cukup banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi
  • Mengurangi kemerahan pada kulit
  • Membantu mencegah dan mengobati infeksi
  • Mengandung antioksidan
  • Memiliki sifat anti-penuaan (anti-aging)

Source: Bloom Nation

Menurut penelitian dari tahun 2011 , air mawar kaya akan vitamin C dan fenolik, sehingga mengandung anti-inflamasi alami untuk jerawat yang meradang. Air mawar juga kaya akan tanin yang memiliki efek mengencangkan kulit. Penggunaan air mawar sebagai toner tidak akan membuat kulit kering seperti astringen berbasis alkohol lainnya.

Studi lain pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa minyak mawar adalah antibakteri yang sangat efektif, membunuh Propionibacterium acnes, bakteri yang terkait dengan jerawat.

Air mawar juga ternyata dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. pH alami kulit berkisar antara pH 4,1 hingga 5,8. Sementara pH air mawar biasanya 4,0 hingga 4,5.

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Current Problems in Dermatology menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan tingkat pH 4,0 hingga 5,0, karena dapat “meminimalkan iritasi dan intoleransi kulit.”

Selain berpengaruh kepada kesehatan dan kecantikan kulit, air mawar juga memiliki manfaat lainnya yaitu meredakan stres. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus. Hal ini mengakibatkan efek antidepresan dan antianxiety.

Sementara untuk key ingredients lainnya yaitu Allantoin dan Niacinamide berfungsi sebagai moisturizing agent dan mengatasi hiperpigmentasi. Komplit deh!

Cara Pemakaian Azalea Deep Hydration Rose Water

Rose Water dari Azalea ini bisa gunakan sebagai toner. Cara pakainya cukup diteteskan ke kapas dan aplikasikan ke wajah secara merata. Kalau dari Azaleanya sendiri merekomendasikan untuk diusap secara perlahan ke arah atas untuk penyerapan yang lebih maksimal dan jangan lupa digunakan secara rutin setiap pagi dan malam hari.

Selain sebagai toner, Azalea Deep Hydration Rose Water ini juga bisa dijadikan mist. Kamu bisa saja memindahkan isinya ke bottle spray dan produk ini bisa digunakan kapan saja kulit wajah membutuhkan hidrasi ekstra.

Nggak cuma itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai campuran mask jenis powder atau dituang ke sheet mask yang berbentuk tablet. Manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan berbagai macam cara.

Aftermath

Menurut aku, Azalea Deep Hydration Rose Water ini sangat ringan dan juga refreshing. Teksturnya yang berupa air sangat cepat menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket ataupun berminyak usai diaplikasikan.

Mengingat ini adalah air mawar, aku berekspektasi akan mencium wangi mawar yang segar dari produknya. Akan tetapi, menurut aku wanginya tidak terlalu kuat dan malah cenderung cukup subtle. Hal ini wajar karena produk ini tidak mengandung artificial fragrance atau parfume lagi.

Sebagai toner, Azalea Deep Hydration Rose Water ini cocok untuk dijadikan 'base' produk serum atau cream yang rich karena super lightweight. Karena baru sempat mencobanya beberapa kali, aku belum bisa berkata banyak soal hasil pemakaiannya di kulit.

Overall, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya 9000 rupiah saja Azalea Deep Hydration Rose Water ini sangat worth to try. Produk ini bisa kalian beli di e-commerce seperti Shopee dan di toko kosmetik/supermarket lainnya.

Kalian sudah pernah coba produk Azalea sebelumnya? Komen di bawah, ya!

Get to know more about Azalea


This is a sponsored post. Azalea & Jakarta Beauty Blogger send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


15 komentar

  1. Wow! Setelah baca sampai akhir, lihat harganya, langsung tertarik untuk beli. Udah lama nggak pernah stok air mawar lagi. Biasanya air mawar selalu aku pakai untuk penggunaan face mask yang bubuk. Btw, aku juga pernah ikutan datang ke acaranya Azalea sebelum pandemi. Kangen dateng ke event huhuhu

    ReplyDelete
  2. So far, ini rose water favorit aku dan harganya murah banget. Bisa bantu angkat kotoran dan debu di wajah juga kalau menggunakan kapas ❤️

    ReplyDelete
  3. Wah ini yang terbaru nya dari azalea yaa... Maukkin wishlist ah

    ReplyDelete
  4. akupun pakai rose water ini dan aromanya enak ya (carnellin)

    ReplyDelete
  5. Aku juga pakai ini kak, enak, nyegerin banget. Biasanya aku pakai as face mist, bikin kulit seger + lembap

    ReplyDelete
  6. aku juga pake ini nis, enak deh wanginya ga nyegrak kayak brand sebelah hehehee

    ReplyDelete
  7. Btw aku baru mau nyobain dan suka deh sama wanginya

    ReplyDelete
  8. aku pernah bikin air mawar, tp kaget sama warna cairannya dan ga jd dipake deh wkwk tbh, aku belom pernah pakai air mawar. mungkin bs beli ini buat campuran masker

    ReplyDelete
  9. aku juga baru cobain nih kak, wanginya enak bangt packingnya unyuuu puol harganya juga murah

    ReplyDelete
  10. Ulasannya menarik dan lengkap bgt 🥰🥰 awalnya aku pikir teksturnya agak oily trnyta bner2 watery dan gmpng meresap. Enak bgt dipake nya

    ReplyDelete
  11. Ini aromanya pasti bikin relax banget nih, packagingnya juga mungil travel friendly

    ReplyDelete
  12. Samaan kita kak. Aku juga pakai. Langsung coba pas produknya baru launching. Soalnya emang rose water selalu diperlukan. Yang ini enak banget karena no fragrance.

    ReplyDelete
  13. multifungsi juga ya ini bisa dipake buat apa aja kalo aku suka buat semprot semprot ala ala face mist kalo rose water

    ReplyDelete
  14. Menarik juga produk ini multifungsi ya, kemasannya juga ga terlalu besar bisa dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah cobain azalea, menarik nihhh

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)