[REVIEW] #BoostYourGlow with Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion

1:32:00 AM

Kerasa nggak sih kalau lagi bulan puasa kayak sekarang, kulit jadi lebih kering dibandingkan sebelumnya? Buat aku yang memang punya jenis kulit jadi semakin tersiksa deh. Selama puasa memang kita nggak bisa mendapatkan asupan cairan di siang hari, kan. Nah, apalagi tahun ini puasa berbarengan dengan musim kemarau, kulit rasanya jadi kering kerontang.

Sebenernya sih selama puasa kita bisa mencukupi asupan cairan harian dengan memanfaatkan semaksimal mungkin waktu sahur dan juga buka. Kita bisa pake rumus 2-4-2, yaitu minum 2 gelas air putih di waktu sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi sebelum tidur. Pokoknya minimal tuh kita harus minum 2 liter air setiap harinya.

Tapi kan ya, yang namanya siang hari tuh panas... apalagi kalau kita aktivitas keringetan gitu pasti lah kelembapan kulit jadi berkurang. Hati-hati lho sama dehidrasi kulit! Oleh karena itu, selain mencukupi asupan cairan di waktu sahur dan buka, kita juga harus melembapkan kulit dari luar, yaitu menggunakan skincare.

Nggak sembarang skincare, pilih skincare yang bisa memberikan kelembapan ekstra yang tahan lama khususnya di bulan puasa ini. Ada bahan-bahan yang bekerja melembapkan kulit dari dalam, misalnya Glycerin sebagai humektan untuk 'memerangkap' air di kulit, Niacinamide yang bisa memperkuat skin barrier sehingga mencegah kulit kehilangan kelembapan alaminya, atau Salicylic Acid untuk kulit berminyak yang bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih glowing.

Menurut dr. Handrianto Tjio, Sp.KK, FINSDV, penting untuk menjaga skin barrier kita karena merupakan pertahanan pertama dari berbagai faktor eksternal yang bisa merusak kulit kita. Pilih skincare yang mengandung bahan aktif yang menyerupai komposisi alami kulit agar lebih mudah diterima dan diserap kulit dan berfungsi lebih optimal.

Dari hari pertama puasa kemarin, aku pakai Hydrabio Essence Lotion dan Sebium Lotion dari Bioderma. Produk ini aku dapatkan dari kerjasama bersama Clozette Indonesia. Thank you so much!

Keduanya adalah jenis Boosting Toner yang digunakan setelah kita mencuci wajah dan sebelum menggunakan moisturizer dan sunscreen. Seperti apa performanya di kulit aku yang kering? Baca review Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion berikut ini, ya.

Review Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion

Packaging

 
 

Ini adalah kali kedua aku mencoba produk Bioderma. Sebelumnya, aku coba micellar waternya yang hits itu, reviewnya juga ada di blog kalau kalian mau baca. Nah, menurut aku tuh design packaging dari Bioderma ini simpel dan modern.

Baca Juga: Review Bioderma Sensibio H2O & Sebium H2O

Untuk Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion ini dikemas dalam botol sedang berukuran 200ml. Materialnya terbuat dari plastik. Untuk yang Hydrabio, warnanya biru sementara Sebium warnanya hijau kekuningan.

Di bagian belakangnya terdapat product information seperti cara pemakaian, iroduct knowledge, dan cara pemakaian. Semuanya tertulis menggunakan bahasa Perancis dan Inggris. Karena sudah resmi masuk ke Indonesia di bawah PT Dermanesia, ada stiker kecil juga bertuliskan petunjuk penggunaan dalam bahasa Indonesia. Tapi sayangnya stiker ini nutupin bagian ingredient listnya. Tapi nggak perlu khawatir, kamu bisa intip ingredientsnya di bawah ini atau bisa langsung mengunjungi website resminya.

Ingredients

Bioderma Hydrabio Essence Lotion Ingredient List - Aqua/water/eau, Methylpropanediol, Niacinamide, PPG-26-buteth-26, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Sodium PCA, Hydroxyethylcellulose, Disodium EDTA, Salicylic Acid, Mannitol, Sodium Citrate, Tocopheryl Acetate,Xylitol, Hexyldecanol, Cetrimonium Bromide, Benzotriazolyl Dodecyl P-cresol, Rhamnose, Sodium Hydroxide, Pyrus Malus (Apple) Seed Extract, Brassica Campestris (Rapeseed) Sterols, Tocopherol, Fragrance (Parfum)

Bioderma Hydrabio Essence Lotion diformulasikan dengan Aquagenium Patent yang terdiri dari Niacinamide dan Apple Seed Extract. Apple Seed Extract ini dapat membantu mengaktifkan proses hidrasi alami kulit dan memproduksi aquaporins (jalur air) agar air dapat menyebar dengan lebih baik di kulit. Seperti yang aku tulis sebelumnya, Niacinamide bekerja untuk memperkuat skin barrier dengan membatasi jumlah Trans Epidermal Water Loss sehingga kadar air pada kulit tetap terjaga dengan baik.

Produk ini juga dilengkapi dengan formula yang disebut The Physiological Lamellar Emulsion, yang menyerupai lapisan struktur kulit. Karena kemiripan ini pula air dalam hidrolipidik film di kulit dapat terisi dan terkunci dengan sempurna. Selain itu, cadangan air pun dapat dioptimalkan dan bahan-bahan aktif dalam skincare kamu yang lainnya bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Bioderma Sebium Lotion Ingredient List - Aqua/Water/Eau, Peg-11 Methyl Ether Dimethicone, Butylene Glycol, Glycerin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract, Capryloyl Glycine, Polysorbate 20, Sodium Citrate, Zinc Gluconate, Salicylic Acid, Sodium Hydroxide, Mannitol, Sodium Metabisulfite, Xylitol, Rhamnose, Pyridoxine Hcl, Propyl Gallate, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Fructooligosaccharides, Phenoxyethanol, Fragrance (Parfum).

Sementara Bioderma Sebium Lotion mengandung Glycerin yang bisa menjaga kelembapan kulit kombinasi cenderung berminyak hingga 8 jam lamanya. Kandungan Salicylic Acid di dalamnya juga membantu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit.

Kalau kamu punya kulit kering seperti aku, kamu bisa coba Bioderma Hydrabio Essence Lotion, tapi kalau kulit kamu berminyak/kombinasi, bisa pakai yang Sebium Lotion.

Texture & Fragrance

Seperti yang bisa dilihat dari foto di atas, kedua produk ini punya tekstur yang sama yakni watery. Keduanya memang seperti air karena bening dan sangat cair. Segera setelah diaplikasikan keduanya langsung menyerap dengan baik di kulit tak perlu waktu lama. Menurut aku penggunaan boosting toner Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion ini sangat praktis karena cepat menyerap dan kamu bisa langsung lanjut ke tahap skincare routine setelahnya serta lebih optimal lagi.

Sayangnya, Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion masih mengandung fragrance. Kalau aku perhatikan keduanya punya wangi yang berbeda. Bioderma Hydrabio Essence Lotion wanginya lebih kuat sedikit dan lebih soapy, sedangkan Bioderma Sebium Lotion wanginya mirip parfum-parfum yang musky ala cowok gitu deh.

Cara menggunakan produk ini adalah dengan dituang ke kapas dan ditap-tap ke kulit untuk memaksimalkan penetrasinya ke kulit. Tapi kalau aku sih biasanya langsung dituang ke telapak tangan karena kalau pakai kapas tuh kapasnya terlalu banyak menyerap produk, kecuali kamu pakai kapas khusus skincare yang tipis.

Verdict

Aku menggunakan produk ini selama kurang dari 2 minggu. Menurut aku kalau misalnya dipakai single use saja perubahannya nggak akan terlalu terlihat, dan harus dibarengi dengan moisturizer & cleanser yang oke juga. Khususnya untuk kulit kering, harus pakai moisturizer yang rich juga agar lembapnya bisa tahan lama seharian. Tapi sepengalaman aku menggunakan Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion ini, kulit aku bisa tetap terhidrasi dengan baik dan nggak kering kerontang selama puasa.

Aku coba dalam dua keadaan berbeda, satu skincare routine aku yang biasa tanpa produk ini dan satu lagi menggunakan produk ini. Terasa bedanya kelembapan kulit aku lebih longlasting jika aku menggunakan boosting toner ini.

Overall, Bioderma Hydrabio Essence Lotion & Sebium Lotion ini adalah produk yang wajib kamu coba, apalagi di bulan puasa seperti sekarang dimana kulit cenderung lebih mudah dehidrasi dan kering. Nggak ada reaksi negatif juga di kulit aku seperti kemerahan, gatal, atau breakout setelah menggunakannya. Untuk pemilik kulit berminyak, Bioderma Sebium Lotion akan merawat kulit kamu tanpa membuatnya terlalu berminyak karena teksturnya yang ringan seperti air ini.

Kamu sudah pernah coba produk apa dari Bioderma? Komen di bawah, ya!

Get to know more about Bioderma Indonesia
Score: 8/10
Price:
Bioderma Hydrabio Essence Lotion: IDR297.000
Bioderma Sebium Lotion: IDR297.000


This is a sponsored post. Bioderma & Clozette Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)