[REVIEW] d'Alba White Truffle First Spray Serum, Korea's No.1 Spray Serum

5:58:00 AM

Jika mendengar kata serum, pasti yang ada di bayangan kita adalah produk yang dikemas dalam botol pipet berukuran kecil, dan memiliki tekstur yang kental dan rich. Tapi ternyata serum nggak selalu berbentuk seperti itu, lho. Buktinya ada serum yang berbentuk spray, yaitu d'Alba White Truffle First Spray Serum. Penasaran?

Jadi seperti yang sudah aku share di Instagram Story, kali ini aku bekerjasama dengan Jakarta Beauty Blogger nyobain skincare dari d'Alba Piedmont. Brand skincare dari Korea ini punya produk-produk dengan ingredients berkualitas premium, lho. Salah satu yang aku coba adalah d'Alba White Truffle First Spray Serum yang merupakan spray serum terlaris nomer 1 di Korea Selatan dan merupakan best seller dari d'Alba.

d'Alba White Truffle First Spray Serum ini adalah produk multifungsi. Nggak cuma bisa jadi 'serum' dalam tahapan skincare routine kamu, tapi juga bisa digunakan untuk setting spray, face mist, atau skin prep sebelum menggunakan make up. Penasaran dengan hasil pemakaiannya? Yuk langsung kita lihat reviewnya.

Review d'Alba White Truffle First Spray Serum

Packaging

 

                

d'Alba White Truffle First Spray Serum dikemas dalam box berukuran sedang. Warna boxnya putih dengan sedikit aksen gold. Di boxnya sudah tercantum ingredient list, cara pemakaian, penyimpanan, dan beberapa hal yang harus diperhatikan terkait penggunaan produk ini dalam bahasa Inggris. Sisanya tertulis dalam bahasa Korea. PAO-nya adalah 12 bulan dan sejak produk ini dibuka.

 

Soal packagingnya, botol spray yang digunakan d'Alba White Truffle First Spray Serum ini cukup memberikan kesan mewah dengan perpaduan aksen gold pada leher botolnya. Meskipun terbuat dari plastik, material packagingnya cukup tebal dan kokoh. Serum ini sangat travel-friendly dan bisa kita bawa kemana-mana dengan aman tanpa takut pecah.

Ingredients


d'Alba White Truffle First Spray Serum Ingredient List - Water, Dipropylene Glycol, Neopentyl Glycol Diheptanoate, 1,2-Hexanediol, Niacinamide, Sorbitol, Hydroxyethyl Urea, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Salvia Hispanica Seed Extract, Ocimum Basilicum (Basil) Flower/​Leaf/​Stem Extract, Betaine, Avena Sativa (Oat) Kernel Extract, Butylene Glycol, Tuber Magnatum Extract, Glycerin, Fragrance, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Vegetable Oil, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Dipotassium Glycyrrhizate, Adenosine, Sodium Palmitoyl Proline, Bifida Ferment Lysate, Nymphaea Alba Flower Extract, Sodium Hyaluronate, Alcohol, Glycine Soja (Soybean) Oil, Veronica Officinalis Extract, Primula Veris Extract, Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract, Melissa Officinalis Leaf Extract, Malva Sylvestris (Mallow) Extract, Alchemilla Vulgaris Extract, Achillea Millefolium Extract, Saussurea Involucrata Extract, Panax Ginseng Root Extract, Nelumbo Nucifera Flower Extract, Morus Alba Bark Extract, Lilium Candidum Flower Extract, Leontopodium Alpinum Extract, Houttuynia Cordata Extract, Freesia Refracta Extract, Carbomer, Bellis Perennis (Daisy) Flower Extract, Arginine, Potassium Sorbate, Bixa Orellana Seed Extract, Sodium Hydroxide, Tocopherol

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, d'Alba White Truffle First Spray Serum ini sangat cocok untuk kulit kering seperti aku, namun kandungan beberapa jenis oil di dalamnya memiliki comedogenic rating di level 3 sehingga pemilik kulit berminyak mungkin bisa mempertimbangkan hal ini. Produk ini bebas alkohol, paraben, sulfate, dan juga silicone. EWG Health Ratingnya bisa dibilang sangat baik yaitu di angka 94%.

Oh iya, d'Alba White Truffle First Spray Serum sudah lulus uji coba iritasi kulit dari Korea Dermatology Research Institute (KDRI) dan BPOM jadi aman untuk digunakan kulit yang sensitif juga.


Key Ingredients dari d'Alba White Truffle First Spray Serum adalah ekstrak White Truffle dari Italia yang bermanfaat untuk mempercepat metabolisme kulit, memulihkan, serta membantu melindungi kulit.

Mengutip dari The Klog, truffle putih adalah jenis truffle paling langka dan mahal di seluruh dunia. Sebagai anggota keluarga jamur, white truffle kaya akan berbagai mineral dan vitamin yang membantu proses regenerasi sel kulit kita.

Tak hanya itu, kandungan asam lemak esensial di dalamnya dapat menjadi anti aging properties yang baik untuk mencegah dan menghilangkan garis halus dan kerutan di wajah. Asam lemak ini bekerja sebagai emolien untuk memperkuat skin barrier kita dengan cara menutup celah-celah di antara sel untuk menjaga hidrasi kulit.

White truffle memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga merupakan salah satu bahan yang efektif untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi.

d'Alba White Truffle First Spray Serum juga mengandung Avocado Oil. Minyak alpukat ini membantu menjaga kelembapan kulit dan meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas.

Dilansir dari Byrdie, banyak ahli dermatologi menyarankan untuk menggabungkan pemakaian minyak alpukat dengan retinol karena penyerapan retinol terbanyak terjadi pada kandungan yang larut dalam lemak. Dengan menggabungkan avocado oil dan retinol, maka akan meningkatkan penyerapannya pada kulit sekaligus mengurangi iritasi yang disebabkan oleh retinol. Avocado oil juga baik dikombinasikan dengan Hyaluronic Acid untuk menarik air ke dalam kulit  dengan lebih baik.

Kandungan BIFIDA Ferment Lysate yang merupakan bahan probiotik yang berasal dari fermentasi bakteri Bifida di dalamnya ini dapat memberikan elastisitas kulit dengan meningkatkan kepadatan dermis kulit dan memperbaiki DNA yang rusak. Menurut penelitian, probiotik yang difermentasi ini terbukti membantu mengurangi perkembangbiakan mikroorganisme berbahaya di permukaan kulit sehingga dapat membantu memperbaiki masalah-masalah kulit umum, seperti dikutip dari Paula's Choice.

Texture & Fragrance

Bisa kalian lihat pada awalnya ada dua lapisan di dalam botol d'Alba White Truffle First Spray Serum ini yaitu lapisan terpisah antara produk cair dan minyaknya. Oleh karena itu cara penggunaannya yang tepat adalah jangan lupa dikocok terlebih dahulu sebelum disemprotkan ke kulit. Oh iya, pastikan juga mata tertutup saat memakai produk ini ya.

Ketika sudah dikocok, warna serumnya akan terlihat berubah menjadi kekuningan. Menurut aku semprotan dari botol d'Alba White Truffle First Spray Serum ini nggak yang halus banget, malah cenderung bisa keluar banyak dalam sekali semprot. Kalau aku sih pribadi lebih suka hasil semprotan botol aerosol gitu karena lebih halus dan bisa lebih merata di wajah.

Karena aku agak barbar kalau pakai face mist atau produk skincare yang disemprotkan kayak gini, untuk satu wajah aku membutuhkan beberapa kali semprot sampai akhirnya bisa tercover semua dengan sempurna.

Produk ini masih mengandung Fragrance ya, wanginya sebenernya nggak yang strong banget malah cukup subtle. Tapi yang jelas produk ini fragrancenya noticeable. Kalau aku deskripsikan wanginya floral dengan sedikit soapy dan musky notes. Not really my cup of tea, tapi wanginya bisa cepet hilang kok kira-kira dalam waktu sekitar 1-3 menit aja.

Verdict


Karena ada kandungan oilnya, setelah disemprotkan d'Alba White Truffle First Spray Serum kulit rasanya jadi sedikit tacky. Nggak yang lengket banget sih, tapi ada aftermathnya gitu. Jadi kalau aku deskripsiin sih ini teksturnya memang watery, tapi setelah kena kulit rasanya kayak habis pakai serum yang teksturnya cukup rich. Makanya namanya spray serum, iya nggak sih?

Bareface, no filter hasil penggunaan D'Alba White Truffle First Spray Serum

Nah, karena ada oilnya ini juga d'Alba White Truffle First Spray Serum bisa digunakan sebagai setting spray dengan hasil fresh dewy. Tapi tentu tergantung juga dengan finishing complexion yang kamu pakai sebelumnya, ya. Aku sih merekomendasikan kamu untuk pakai cushion atau foundation yang nggak terlalu matte sebelum memakai spray serum ini as setting spray. Hasilnya tuh ala-ala korean glow look gitu, lho!

Setelah hampir dua minggu menggunakan produk ini, aku mendapatkan hasil lembap yang sama seperti kalau menggunakan serum dengan tekstur thick. Padahal awalnya cukup underestimate karena produk tipe spray ya biasanya kurang nampol lembapnya. d'Alba White Truffle First Spray Serum ini cocok banget kalau kamu pakai di bulan puasa untuk mencegah kulit dehidrasi karena kering.

Seperti yang aku tulis di awal, nggak cuma d'Alba White Truffle First Spray Serum aja yang aku cobain tapi ada dua produk lainnya, yaitu Peptide No Sebum Mild Gel Cleanser dan UV Essence Waterfull+.


Peptide No Sebum Mild Gel Cleanser ini adalah cleanser yang menurut aku cocok dijadikan second cleanser. Ini kali pertama aku coba cleanser tipe gel, dan surprisingly bekerja dengan baik untuk membersihkan kotoran dari permukaan kulit wajah tanpa membuat kulit terasa kesat. Tapi produk ini sebaiknya digunakan setelah kamu membersihkan make up menggunakan remover/cleansing oil ya supaya bersihnya lebih pol.


Kalau mau jujur, aku tuh sebenernya kurang betah pake sunscreen apalagi yang punya tekstur 'tebel' dan 'berat' di kulit. Makanya aku sering banget skip pake sunscreen, hahaha. Jangan ditiru ya. Kebetulan banget ketemu sama sunscreen UV Essence Waterfull+ dari d'Alba ini. Teksturnya sesuai dengan nama produknya, ringan dan juga mudah dibaurkan ke seluruh wajah.

Warna dari sunscreen d'Alba ini sendiri agak kekuningan dan nggak meninggalkan whitecast yang terlalu bikin muka kelihatan ashy setelah digunakan. SPFnya udah 50 PA+++ jadi udah mantep banget lah, apalagi buat aku yang memang banyaknya stay di dalem ruangan aja.

Overall, d'Alba White Truffle First Spray Serum ini punya premis yang unik yaitu serum dalam bentuk spray dan aku belum nemu produk sejenis seperti ini. Kinerjanya dalam melembapkan kulit perlu diacungi jempol! Produk yang multifungsional seperti ini sangat praktis dan kemasannya yang travel friendly semakin menambah nilai plus. Makanya nggak salah dinobatkan jadi spray serum nomer 1 di Korea.

Sekarang d'Alba sudah tersedia resmi di Shopee Indonesia, lho! Produknya dikirim langsung dari Korea ke Indonesia tanpa ribet dan pastinya bakal ada banyak promo dan diskon menarik. Apa kamu sudah pernah coba juga produk dari d'Alba? Produk apa yang jadi favorit kamu?

Get to know more about d'Alba Indonesia

Score: 8/10
Price: Rp220.000



This is a sponsored post. d'Alba Piedmont & Jakarta Beauty Blogger send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)