How Do I Get Rid of My Whiteheads - Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Ampuh!

Punya kulit normal to dry, aku cukup struggle dengan komedo terutama komedo putih atau whiteheads. Jadi kulit aku tuh nggak tau gimana cukup gampang muncul komedo putih, misalnya kalau habis make up pakai foundation nggak bersih cleansingnya atau pakai produk skincare yang terlalu 'berat' gitu.

Sudah beberapa lama juga aku ngulik-ngulik skincare routine yang tepat supaya bisa menghilangkan whiteheads yang sering banget muncul di kulit. Mulai dari jaman jahiliyah dulu, nyoba DIY Skincare pake bahan-bahan kayak baking soda, odol, dan lain-lain gitu sampai kulit jadi iritasi dan tipis udah pernah aku alamin.

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan aku seputar ilmu perskincare-an nambah juga . Jadi pertama kita harus tahu dulu apa itu komedo putih, guys. Setelah paham apa itu, apa penyebabnya, baru kita bisa tahu cara menghilangkan komedo putih yang ampuh.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Apa Itu Komedo Putih?

Source: Freepik

Mengutip dari Alodokter, komedo putih atau whiteheads adalah komedo yang berwarna putih karena terperangkap di dalam pori-pori. Bedanya sama komedo hitam, kalau dia adanya di luar, tumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati ini akan teroksidasi udara luar dan warnanya akan jadi menghitam.

Komedo putih sendiri adalah bentuk ringan dari jerawat, dan penyebabnya adalah minyak berlebih, kotoran, sebum, sel kulit mati, kotoran, dan lain-lain yang menumpuk di pori-pori.

Cara Aku Menghilangkan Komedo Putih

Source: Freepik

Oleh karena itu, cara yang paling tepat untuk menghilangkan komedo putih ini adalah dengan membersihkan penumpukan yang terjadi di pori-pori ini. Tapi karena dia adanya di 'dalem', tentu lebih tricky membersihkannya dibandingkan komedo hitam.

Nah, sekarang aku mau share cara menghilangkan komedo putih ala aku. Ini udah aku coba selama beberapa bulan dan hasilnya di aku sih oke banget. Tapi disclaimer dulu nih sebelumnya, yang berhasil di aku belum tentu juga berhasil di kamu, and vice versa. Tapi secara konsep sih harusnya cara ini bisa bekerja untuk semua jenis kulit, cuma kamu harus menemukan produk yang tepat yang memang berhasil bekerja di kulit kamu.

1. Wajib Double Cleansing

Sebuah lifehack, simpen cleansing oil di kamar mandi supaya gak lupa double cleansing

Pertama kita breakdown ke daily routine dulu ya. Double cleansing itu wajib hukumnya gengs kalau kamu nggak mau punya komedo. Aku sendiri melakukan double cleansing satu atau dua kali sehari. 

Pertama, setiap hari di pagi hari sebelum mulai rutinitas untuk morning skincare. Kedua bisa sambil bersihin make up kalau aku pakai make up atau malam hari.

Gimana cara melakukan double cleansing? Aku bahas cara couble cleansing ala aku, ya.

  • Gunakan oil-based cleanser seperti cleansing oil atau cleansing balm
  • Balurkan ke seluruh permukaan wajah
  • Pijat perlahan dengan gerakan memutar, sampai semua make up terangkat kalau kamu pakai make up
  • Jangan dibilas dulu, basahi tangan dengan air terus pijat memutar lagi sampai oilnya teremulsifikasi jadi teksturnya lebih tebal dan warnanya putih gitu
  • Baru bilas dengan air. Kalau bisa pakai air yang suhunya hangat-hangat kuku

Untuk double cleansing saat ini aku lagi pakai Hayejin RiceFila Cleansing Oil. Cleansing oilnya Hayejin ini agak kentel/rich, tapi tetep ringan dan bikin wajah lebih lembap setelah dibilas. Cocok banget buat kulit kering kayak aku. BTW, Hayejin RiceFila Cleansing Oil ini bisa dibeli di Charis Shop aku ya geng. Ada diskon spesial juga hehehe.

Beli Hayejin RiceFila Cleansing Oil

Setelah wajah bersih, kamu bisa pakai face cleanser favorit kamu. Aku pakai d'Alba Peptide No-Sebum Gel Cleanser, ini isinya 500ml awet banget dan botolnya cakep. Cuci muka seperti biasa aja kalau kamu cuci muka.

2. Weekly Routine untuk Perawatan Pori-Pori

Selain dicuci setiap hari, aku juga ada weekly routine alias seminggu sekali menggunakan masker yang memang diformulasikan untuk masalah pori-pori. Kamu bisa pakai masker apa aja sebenernya, tapi aku nggak merekomendasikan peel off mask atau pore pack karena malah bisa bikin kulit merah-merah (ini case aku sih yang kulitnya agak sensitif, tapi kalau kamu lebih suka tipe masker seperti ini ya it's ok).

Untuk masker saat ini aku lagi pakai dua masker dari SOME BY MI, yaitu Charcoal BHA Pore Clay Bubble Mask dan Super Matcha Pore Clean Clay Mask. Reviewnya bisa dibaca di blog aku gengs.

Aku pilih masker yang clay-based atau bahan utamanya tanah liat seperti Kaolin. Kaolin ini bekerja efektif untuk menyerap impurities dari pori-pori yang menyebabkan komedo putih.

Sehabis pakai wash off mask, aku pakai sheet mask lagi untuk mengembalikan kelembapan kulit. Soalnya clay-based mask itu sifatnya cenderung drying dan agak kurang bersahabat untuk kulit kering. Again sheet masknya bisa merek apa aja. Kalau aku sih tergantung yang ada di drawer (Dan yang udah mau deket expired! Harus cepet-cepet dihabisin haha).

Sisanya untuk skincare routine aku pakai semua seperti biasa, include AHA toner dan Retinol toner sesekali.

Kalian bisa lihat hasilnya pada foto di atas. Komedo putih aku yang ada di ujung hidung itu bisa terhempas manja cuma dengan double cleansing dan maskeran. Hasilnya ini aku dapatkan setelah menerapkan dua cara di atas selama kurang lebih 3 minggu hingga sebulan.

Memang hasilnya nggak instan dan kalau aku gak rajin bersihin muka lagi pasti bakal muncul lagi, tapi setidaknya aku udah tahu cara menghilangkan komedo putih yang membandel kayak gini.

BTW, kalian struggle juga nggak nih sama komedo? Cara apa yang kalian pakai untuk mengatasi komedo? Share di bawah ya!



1 komentar

  1. Aku rutin sih pakai matcha masker itu mba, jadi so far ga terlalu ngalamin masalah komedo.

    Kalo utk double cleansing, aku udh dari dulu. Selalu bersihin wajah dulu dengan susu pembersih, baru kemudian mandi dan bersihin lagi pakai facial wash. Mungkin Krn udh kebiasaan juga, jadi berasa banget kalo sampe skip. Apalagi kalo pakai makeup berat. Duuuh, itu bikin ngerasa kulit blm bersih maksimal kalo ga double cleansing sebelumnya

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)