Pengalaman Menaikkan Berat Badan dan Hidup Sehat! Part 2 - Udah Kurus Ngapain Olahraga?

Baca Part 1 disini: Pengalaman Menaikkan Berat Badan dan Hidup Sehat! Part.1 - Konsul ke Dokter Gizi

Gak nyangka tulisan Part 1 tentang pengalaman menaikkan berat badan aku cukup oke juga pageviewsnya. Banyak juga yang komentar senasib sama aku, susah gendut padahal udah makan segala macem. Akhirnya sempet juga nih nulis part 2 di tengah kehectican ngurus anak dan kerja huehehehe.

Oke jadi aku lanjut ya, setelah konsul ke dokter gizi buat memperbaiki pola makan aku, aku coba ikutin selama kurang lebih 1 bulan. Pokoknya makan harus ada protein nabatinya double, plus sayur dan buah juga.

Setelah 4 mingguan, aku ngerasa nggak ada perubahan apa-apa di badan aku. Sempet aku mau nyerah aja dan kembali ke pola makan aku sebelumnya yang nggak beraturan.

Nah, berhubung kerjaan aku sebagai jurnalis di bidang health & lifestyle, mau nggak mau aku jadi banyak baca-baca soal bagaimana sih menerapkan pola hidup sehat yang gampang dan kalau bisa murah, nggak perlu keluar banyak biaya? Kan kalau misalnya kita healthy lifestyle ala-ala yang makannya quinoa, chia seeds, gym pake personal trainer, endesbre endesbre itu kan mehong ya...

Ternyata kalau dilihat-lihat lifestyle yang Indonesia banget itu tuh udah sehat banget lho. Misalnya makan tahu tempe, itu tuh udah sehat banget dan bisa jadi sumber protein yang murah meriah cihuy. Makan makanan Indonesia kayak lotek, karedok, pecel, itu juga udah sehat karena sayur-sayuran kan, bumbu kacangnya juga lemak sehat tuh cocok buat yang mau gemukin badan.

Source: Freepik

Akhirny aku mutusin buat gak jadiin bulking jadi satu-satunya target aku, tapi aku juga mau hidup lebih sehat. Aku tuh penyakitan, apalagi pandemi kayak gini bikin aku was-was karena memang daya tahan aku lemah sama semua penyakit.

Setelah aku baca-baca lagi, ternyata emang ada satu hal yang aku nggak lakuin selama ini padahal krusial banget, olahraga. Pokoknya kita tuh direkomendasikan untuk olahraga atau bergerak aktif paling nggak 30 menit sehari. Ini aku baca dimana ya... panduan Kemenkes kalau gak salah.

Aku tuh anaknya rebahan banget, pokoknya kalau lagi off kerja aku ga mau nyentuh laptop, maunya tiduran main hp, baca komik, nonton netflix or drakor, pokoknya yang rebahan deh. Aku jarang banget olahraga karena emang gak suka olahraga.

Di pikiran aku tuh olahraga ya lari pagi, jogging, maen basket, berenang... lah aku lari 5 menit aja udah kalikiben, gimana ga males olahraga. Berenang juga ga bisa, yang ada cuma gaya batu terus tenggelem.

Mana lagi pandemi gini kan, mau olahraga gimana?

Ternyata aku ketinggalan tren banget, sekarang tuh home workout lagi hits banget. Banyak banget video di Youtube or aplikasi olahraga di rumah yang bisa kita pake buat olahraga murah meriah di rumah. Olahraga yang nggak pake equipment apa-apa juga banyak banget ternyata dan memang se effortless itu.

Aplikasi Olahraga di Rumah yang Pernah Aku Coba

Aku coba bahas beberapa aplikasi yang sempet aku pake buat olahraga di rumah ya.

1. Workout For Women

Source: rexdl.com

Ini aplikasi pertama yang aku coba buat olahraga. Jadi waktu itu aku kedapetan tugas dari kantor buat ngelist aplikasi buat olahraga di rumah yang cocok buat ibu-ibu. Aku masukkin aplikasi ini ke list karena dia punya fitur olahraga 7 menit yang cocok buat hectic lifestyle.

Penasaran kan, aku coba sendiri aplikasinya. Nah, menurut aku aplikasi ini tuh cocok buat pemula yang pengen nyoba olahraga, tapi nggak punya waktu banyak buat olahraga. Kalian bisa pilih tuh programnya mau buat cutting, bulking, atau sekedar physically active aja.

Cuma akhirnya aku uninstall aplikasi ini karena ngerasa monoton. Soalnya ini tuh cuma sekedar petunjuk gambar aja gerakannya mesti ngapain dan ada timernya. Aku jadi nggak tahu gerakannya tuh udah bener atau gimana karena kalau mau lihat videonya mesti pause dulu.

2. FitOn

Source: Forbes

Awalnya aku tuh males olahraga yang sama ada videonya gitu karena aku pikir lama durasinya, nanti kebanyakan ngomong doang. Tapi akhirnya aku penasaran juga, apa sih bedanya aplikasi olahraga yang memang ada instructor-nya via video gitu sama yang enggak.

Nah, FitOn ini juga enak dipakainya karena ada banyak banget workout yang free, dan banyak pilihan olahraganya. Mau yoga, pilates, stretching, cardio, HIIT, sampe meditation juga ada. Kalau kita pake yang pro cuma ada tambahan meal plan-nya gitu. Meal plan aplikasi luar suka nggak make sense gitu sama lifestyle Indo menurutku.

Awalnya aku memang penasaran sama yoga, tapi kok aku coba susah-susah ya, mana badan aku tuh kaku gak yang flexible gitu. Akhirnya aku coba pilates. Salah satu instructor Pilates favorit aku di FitOn tuh Cassey Ho, soalnya dia instruksinya jelas & bikin workout jadi fun dan semangat banget.

Ternyata aku memang cocok pilates karena olahraga ini tuh bisa bantu benerin postur tubuh kita. Aku selama ini memang agak bungkuk gitu posturnya. Udah gitu, gerakan pilates tuh nggak sesusah yoga jadi aku masih bisa banget ngikutin.

3. Body By Blogilates

Source: Medium

Dari awal aku suka ngikutin workoutnya Cassey di FitOn, aku follow Instagramnya kan. Ternyata dia punya aplikasi sendiri namanya Body By Blogilates. Dia juga punya blog gitu dan tertata rapih banget, bahkan dia bikin program-program gratis ada yang buat 1 minggu, 2 minggu, atau 3 bulan yang bisa kita ikutin gratis. Videonya juga bisa diakses free di aplikasi dia or di channel Youtubenya.

Menurut aku Cassey ini salah satu fitness influencer yang oke sih, dia punya background instructor Pilates juga jadi ini tuh bukan program ala-ala doangan.

Jadilah aku sekarang rutin olahraga pake aplikasinya Blogilates. Atau kadang aku random aja pilih video dari Youtubenya dia buat olahraga, tergantung aku lagi pengen olahraga apa atau berapa lama.


Tapi sekarang belakangan aku pake FitOn lagi sih. Soalnya dia bisa dishare ke Instagram story, kan lumayan buat flexing flexing hahahhaa.

Kan Udah Kurus, Ngapain Olahraga?

Nah, ini tuh yang sering banget jadi pikiran aku. Orang-orang Indo tuh nganggep olahraga tuh buat bikin kurus, buat ngurusin badan. Lah kan aku udah kurus, ngapain pake olahraga segala?

Jadi... aku olahraga tuh bukan buat ngurusin badan tapi buat maintain metabolisme tubuh. Supaya lebih sehat dan daya tahan aku juga jadi lebih bagus.

Ternyata memang olahraga supaya kita jadi gemuk, or bulking ya istilahnya, bukan gemuk lemak tapi padat otot tuh memang ada. Kalian bisa coba olahraga yang jenisnya strength training buat perkuat otot. Aku sendiri masih belum begitu paham jenis-jenisnya apa aja, kalian bisa googling deh.

Aku juga jadiin workout sebagai bagian dari morning routine aku. Aku tuh memang kerja remote dari rumah, jam 9 sampai jam 5. Salah satu alesan dulu aku males olahraga ya mikirnya selain nggak ada waktu, jadwal aku juga padet harus beberes dulu pagi-pagi, ngurusin anak-anak, terus lanjut kerja.

Aku juga mikir kalau olahraga dulu terus kerja, ntar jadi lemes terus ga kuat kerja gimana?

Ternyata salah banget gengs, justru kerja setelah olahraga tuh jadi berasa lebih fresh, lebih bisa konsentrasi lho. Gak yang langsung tepar keringetan gitu langsung kerja depan laptop, tapi aku mandi dulu, cuci muka, skincare-an. Moodnya udah oke, langsung kerja dan surprisingly memang jadi lebih semangat dan performanya lebih oke.

Atau bisa juga kadang-kadang aku balik, kerja dari pagi sampe sore, habis kerja workout sebentar, mandi, udah fresh tinggal istirahat deh! Dijamin tidurnya juga lelap nyenyak enak banget pokoknya di badan.

Gemukin Badan Nggak Cukup Cuma Makan Aja!

Source: Freepik

Kalau kamu mau gemukin badan, aku saranin gak cuma makan aja, tapi juga olahraga. Analisa sotoy aku nih, dengan metabolisme tubuh yang bagus penyerapan nutrisi dari makanan juga bisa lebih optimal lho. Home workout juga udah cukup kok, nggak perlu yang serius-serius amat mesti ke gym lah atau gimana.

Asupan air putihnya juga  jangan lupa gengs! Karena aku nggak punya botol gede dan memang kurang nyaman minum di botol besar, aku pakai tumblr dari McD ukuran 500ml.

Jadwalnya tuh pagi sampe sebelum olahraga harus udah habis 1 botol, jam 9 sampe jam 12 1 botol lagi, istirahat maksi sampe jam setengah 2, terus lanjut kerja lagi sampai jam 5 tuh itu harus habis 1 botol. Malemnya, 1 botol lagi sampai sebelum tidur. Jadi aku total sehari kurang lebih 2 liter gitu minumnya.

Oh iya, aku juga mau bahas sedikit soal vitamin. Aku pernah lihat di tiktok apa di twitter gitu katanya kalau mau gemukin badan minum vitamin B IPI yang murah itu. Karena gak berani banyak-banyak (ada yg bilang minum 1 setiap habis makan) jadi ya aku cuma minum 1 tablet aja per hari. Itu juga kemarin-kemarin aku combo sama multivitamin yang lain, aku minum Blackmores Pregnancy & Breastfeeding, terus setelah habis gak aku lanjut, aku minum Enervon C aja yang murah meriah.

Baca Juga: Review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Terus Hasilnya Gimana? Update Pengalaman Menaikkan Berat Badan

Jadi aku nulis part 1 kemarin tuh bulan Januari ya, sekarang udah bulan Agustus berarti udah sekitar 8 bulan. Aku pakai aplikasi FatSecret buat ngitung kalori makanan & catet record berat badan aku (tapi sekarang sih udah gak ngitungin kalori lagi, mager haha). Dan ini adalah grafik hasil program menaikkan berat badan aku selama 8 bulan.

Sebenernya aku udah masuk ke berat badan ideal ya kalau dilihat dari tinggi badan. BMI aku juga udah masuk normal. Per Agustus 2021, aku udah 46kg dari berat aku sebelumnya (Januari 2021) cuma 39kg. Tapi aku penasaran aja pengen lebih dikit jadi target aku tuh 50kg. 

So far memang naiknya nggak yang cepet banget. Pokoknya perlahan tapi pasti, nggak turun-turun lagi stabil, dan prosesnya juga nggak menyakitkan. Aku enjoy banget ngejalaninnya dan yang jelas badan aku jadi lebih sehat, gak gampang sakit pusing-pusing lagi.

Kira-kira habis ini ada lagi yang harus dibahas nggak ya soal program gemukin badan? Yuk komen di bawah ya gengs!



6 komentar

  1. Hi mbaakk thankyouu udah nulis artikel ini... bener2 sama banget sm kondisi aku sekarang :') aku emang dari kecil kurus dan susah naik bbnya, ditambah aku lg full breastfeeding & ada gerd jg.

    Yg aku mau tanya, mbak sekarang bb nya sudah berangsur naik sesuai anjuran dokter gizi padahal anjuran dokter sama seperti apa yg mba sudah lakukan sebelumnya. Contohnya makan banyak dan sering. Perbedaannya apa ya mba?? Kok skrg bisa naik tapi dulu enggak?

    Thankyouu mba🥰

    ReplyDelete
  2. Hai thank you sudah mampir yaaa... tosss aku juga masih menyusui nih sekarang hehehe.

    Iya mba aku awalnya pas gak dibarengin olahraga tuh beratnya gak naik, padahal udah makan banyak bgt.

    Setelah rajin pilates seminggu 3 kali mulai naik beratnya. Jadi aku simpulin emang harus olahraga sih mba untuk menaikkan massa otot & metabolisme tubuh juga.

    Oh iya, minum air putih jg mba ngaruh banget.

    Hope it helps yaaa👌

    ReplyDelete
  3. Haii Kak apa selama 8 bulan dari awal itu konsumsi makanannya tetep ? Sama dokter setelah 4 bulan gak dievaluasi lagi Kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kaa, terima kasih sudah mampir. Iya selama 8 bulanan ini aku konsumsi sama, nasi + double prohe + sayur setiap makan. Cuma kadang bolong2 juga sih seadanya aja yang ada di rumah. Kebetulan aku ga konsul lagi karena ngerasa sudah mencapai target juga kak, hehehe.

      Delete
  4. Nice sharing mba... aku pun sejak lahir selalu dibawah BMI. Selama 10 tahun terakhir BB di kisaran 41-42Kg aja. Nah, pas awal 2020 aku coba medical check up, dan hasilnya ternyata kolesterolku di atas 200 alias tinggi yes.
    Langsung deh ditarget sama dokter utk olahraga minimal 3x seminggu @30menit dan batasi makanan yg gak sehat biar kolesterol normal (aku mager banget buat olahraga).
    Surprisingly, ternyata setelah rutin jalan pagi 2x seminggu (nawar dikit lah ya) selama setahun ini beratku naik jadi 46kg. Sedikit sih ya naiknya tapi amazed banget karna udah lama banget berat badan ga pernah naik..
    Karena baca postingan mba, menginspirasiku buat mulai nambah home exercise biar makin lancar menuju 49Kg.. makasih ya Mba atas sharing dan sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kaa... terima kasih sudah mampir ya. Toss dulu, memanng buat orang kaya kita susah banget yaa mau naik sekilo dua kilo aja. Aku ikut senang kakaknya bisa naik juga dengan olahraga, memang ternyata olahraga tuh banyak banget manfaatnya yaaa :) yuk semangat lagi kak workoutnya!

      Delete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)