[CLINIC EXPERIENCE] Treatment Comedo Peeling ERHA Ultimate Acne Cure Comedoless & Poreless Program

Akhirnya pecah telor ke klinik kecantikan pertama kali saat pandemi, hahaha! Awalnya aku memang udah lama pengen perawatan ke klinik, karena udah sekitar 2 tahun aku bener-bener sama sekali ga ke klinik kecantikan ataupun ikut event di luar sejak awal pandemi. Aku memang agak-agak anxiety gitu, keluar rumah aja cuma bisa diitung beberapa kali, boro-boro ke klinik.

Berhubung aku sudah vaksin lengkap, akhirnya aku berani juga ke klinik. Beberapa hari yang lalu aku mengunjungi ERHA Skin Soekarno Hatta Bandung yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta No.575, Gumuruh, Batununggal. Patokannya tuh habis ngelewatin Carrefour Kircon lurus aja terus, dan kliniknya terletak di kompleks ruko yang ada di seberang Rumah Makan Sunda Cibiuk.

Nah, treatment yang bakal aku lakukan adalah Comedo Peeling untuk mengatasi masalah komedo membandel yang ada di kulit wajah aku. Sebenernya aku sendiri sudah cukup rutin eksfoliasi, tapi komedo tetep aja muncul lagi dan lagi. Kamu ngalamin gitu juga nggak sih?

Yuk, baca pengalaman aku melakukan treatment di ERHA Ultimate Acne Cure berikut ini.


Treatment Comedo Peeling, Program Terbaru ERHA Comedoless & Poreless Program

Treatment di ERHA Skin Soekarno Hatta

Jadi sebenernya klinik ERHA Skin Soekarno Hatta ini nggak begitu besar, masih lebih besar yang di Cimanuk sih. Cuma begitu masuk udah terasa cozy kok. Di lantai 1 tempat ruang tunggu ini terdapat meja registrasi dan cashier yang dijadikan satu. Di sini ada sofa untuk duduk sambil nunggu dipangigl, dan ada juga display produk-produk OTC Erha yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Setelah dipanggil, aku langsung ke meja resepsionis. Karena aku baru pertama kali ke sini, mesti registrasi pasien baru dulu. Berhubung masih pandemi, registrasi pasien baru dilakukan dengan scan QR code yang ada di meja ini dan mengisi datanya langsung dari handphone saja. Oh iya, nanti kartu identitas seperti KTP juga diminta, ya.

Selesai registrasi, aku diberikan map yang nantinya akan diisi oleh rekam medis kita. Dari sini aku naik ke lantai dua untuk menuju ruang tunggu ke ruang konsultasi dokter.

Nggak lama menunggu, aku dihampiri oleh seorang perawat dan diminta untuk melakukan tes rapid swab antigen terlebih dahulu. Kalau boleh jujur ini pengalaman pertama aku swab, dong. Secara udah 2 tahun ini aku bener-bener ga kemana-mana dan baru pertama kali melakukan swab. Ternyata rasanya aneh gimana gitu, ya.

Selesai swab, aku diminta buat nunggu lagi karena dokternya kebetulan belum dateng. Tapi nggak lama nunggu, hanya sekitar 10 menitan aja dokternya udah dateng dan kita langsung ke ruang dokter untuk melakukan konsultasi.

Konsultasi Dokter, Seperti Apa Kondisi Kulit Aku?

Dokter yang menangani aku hari itu adalah dr. Nita Rachmawati. Dokternya ramah banget dan suaranya lembut mendayu-dayu. Pertama aku diminta untuk berbaring di kursi periksa dan dr. Nita mengamati kondisi kulit aku terlebih dahulu sebelum menentukan treatment apa yang aku butuhkan.

Menurut dr. Nita kondisi kulit aku bagus, cenderung ke normal dengan beberapa bagian yang kering (normal to dry). Ada bekas jerawat kemerahan dan jerawat aktif, kebetulan aku memang baru selesai menstruasi sehingga timbul jerawat hormonal. Pori-pori juga nggak termasuk yang besar-besar amat.

Di bagian pipi dan hidung terdapat cukup banyak komedo dan di bagian bawah mata ada milia. Milia, atau kelenjar keringat yang tersumbat ini hanya bisa dihilangkan melalui treatment laser atau cauter. Jadi kalau ada yang bilang milia bisa hilang pakai trik atau tips tertentu bisa dibilang itu hoax ya, hahaha.

Setelah itu dr. Nita juga meresepkan krim yang sudah diracik sesuai dengan kondisi kulit aku untuk dipakai sehabis aku menjalani treatment comedo peeling.

Aku juga dapat tips karena hampir setiap hari pakai makeup jangan lupa untuk double cleansing. Tapi double cleansing kalau sudah pakai makeup aja ya, hindari terlalu sering double cleansing karena bakal bikin kulit jadi makin kering.

Prosedur Comedo Peeling dari ERHA Comedoless & Poreless Program

Selesai dari ruang dokter aku langsung menuju ke ruang perawatan. Di sini tempatnya nggak begitu besar, hanya ada tiga tempat tidur pasien saja. Nah, sebelumnya aku diminta untuk mengenakan APD dan hair net terlebih dahulu sebagai bagian dari protokol kesehatan di ERHA Ultimate Acne Cure.

Aku juga mengisi terlebih dahulu surat persetujuan tindakan medis sebelum mulai treatment.

Sedikit penjelasan tentang treatment ini ya, treatment Comedo Peeling yang aku lakukan adalah bagian dari program baru ERHA Ultimate Acne Cure yaitu Comedoless & Poreless Program. Jadi selain menyembuhkan jerawat, kamu juga bisa mengatasi masalah komedo dan pori-pori lewat program ERHA Ultimate Acne Cure ini.

Comedo peeling sendiri adalah proses pengelupasan kulit wajah untuk jenis kulit berminyak dengan kondisi kulit beruntusan serta komedo yang cenderung berjerawat. Comedo Peeling ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menstimulasi collagen. mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan akibat jerawat ringan, beruntusan, dan komedo.

Kulit aku termasuk yang kering, berkomedo, dan sedikit kusam, jadi cocok banget buat treatment ini. Oh iya, setahu aku yang nggak boleh melakukan perawatan ini adalah mereka yang punya kulit mature (lebih dari 60 tahun), ibu hamil, alergi dengan bahan utama peeling, dan punya luka atau infeksi di daerah wajah yang akan di-peeling.

Kira-kira perawatan ini akan memakan waktu sekitar 20 menit, dan biayanya start from Rp518.000. Nah, Comedo Peeling ini termasuk program Basic Plan dengan 1x konsultasi, 1x acne treatment, dan 1 set personalized products.

Selesai pakai APD aku langsung berbaring di tempat tidurnya. Pertama, kulit dibersihkan terlebih dahulu dari make up dan kotoran yang menempel. Kebetulan karena memang cuma mau treatment hari itu aku nggak pakai make up tebal, cuma loose powder dan concealer aja.

Setelah kulit wajah bersih, dr. Nita datang dan mengoleskan cairan khusus untuk peeling-nya ke wajah aku. Dari sini tinggal nunggu sekitar 8 hingga 10 menit saat peeling-nya bekerja. Aku notice ada timer juga dipersiapkan di samping tempat tidur pasien supaya waktunya pas, nggak kurang atau kelebihan.

Saat dioleskan cairan peeling ini rasanya gatel-gatel gitu, tapi nggak yang perih banget dan masih bearable kok.

10 menit selesai, dr. Nita balik lagi dan menyemprot kulit aku dengan semprotan cairan, tapi aku kurang paham ya ini cairan apa. Rasanya lebih gatel dari peeling dan aku disuruh memastikan untuk tetap menutup mata selama proses ini.

Habis itu, kulit wajah dibersihkan menggunakan sponge dan diaplikasikan sunscreen untuk protectionnya. Selesai deh! Nggak makan waktu banyak dan painless.

Pantangan Sehabis Treatment

Karena baru melakukan peeling, ada beberapa pantangan atau hal-hal yang nggak boleh dilakukan setelahnya. Berikut adalah daftarnya.

  • Baru boleh mencuci wajah dengan sabun dalam 2 hingga 4 jam setelah tindakan Comedo Peeling
  • Tidak boleh menggunakan krim malam selama 3 hari setelah tindakan
  • Hindari kegiatan yang mengeluarkan keringat berlebih seperti olahraga atau sauna selama 3 hari
  • Hindari sinar matahari langsung pada wajah dan selalu gunakan sunscreen
  • Hindari mencuci wajah dengan air hangat selama 3 hari
  • Jangan pakai toner dan scrub wajah selama 3 hari
  • Tidak boleh mengorek, mengelupas, atau menggaruk jika ada kulit wajah yang tampak terkelupas

Selain itu aku juga nggak boleh pakai make up dulu selama 3 hari. Oke deh!


Aku membawa pulang 7 item, yaitu sabun pencuci wajah dan 6 jenis cream. Banyak banget ya? Jadi cream-cream tersebut adalah krim anti iritasi, sunscreen, krim pagi, obat totol jerawat, dan 2 jenis krim malam.

Tiga hari pertama yang boleh dipakai hanya krim anti iritasi, sunscreen, dan krim malam hari. Untuk hari keempat dan seterusnya menggunakan krim lain sesuai dengan anjuran. Untuk beberapa krim seperti sunscreen dan krim malam 2 ini harus disimpan di dalam kulkas.

Di kemasannya sendiri ada petunjuk pemakaian dan aku juga diberi daftar urutan pemakaian krimnya sesuai dengan anjuran supaya nggak salah pakai.

Verdict


Kalian bisa lihat pada foto di atas perbandingan kulit aku sebelum dan sesudah treatment Comedo Peeling di ERHA Ultimate Acne Cure. Kalau dari jauh, kelihatan kulit aku jauh lebih cerah dan glowing. Kalau dilihat dari dekat, terlihat kulit aku jauh lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Memang masih ada komedo jenis whitehead yang terlihat, namun overall aku puas banget!

Oh iya, setelah treatment aku nggak merasakan kulit yang sampai kemerahan atau mengelupas gitu, melainkan cuma sedikit kayak tightness di bagian-bagian tertentu di wajah seperti pipi dan dahi di area atas alis. Menurut dokter ini juga normal karena merupakan reaksi pasca tindakan yang nanti akan hilang dengan sendirinya.

So, Untuk mengatasi komedo, dengan menggunakan produk skincare yang dijual bebas perlu konsistensi dan ketelatenan pemakaian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Memang sih untuk mendapatkan hasil yang cepat dan praktis itu paling bener ya perawatan di klinik kecantikan dan di bawah supervisi dokter estetika. Tapi tentunya harus juga pilih klinik yang sudah terpercaya seperti ERHA Ultimate Acne Cure.

Nggak perlu khawatir mengunjungi klinik di masa pandemi karena semuanya sudah dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Di depan kita dicek suhu dulu, ada prosedur swab antigen-nya, dan dokter serta perawat semuanya menggunakan APD, masker, dan juga face shield.

Apa kalian juga pernah melakukan treatment di ERHA? Yuk, komen di bawah ya. Jangan lupa juga cek Instagramnya di @Erha_UltimateAcneCure dan di website ERHA Ultimate Acne Cure.


This is a sponsored post



11 komentar

  1. Kayaknya aku bakal cocok juga sm treatment ini.. sering komedoan dan kusam T.T

    ReplyDelete
  2. Jauh juga kak treatment sampai ke Soekarno Hatta hehe

    ReplyDelete
  3. Suka nih klo treatment ga yg bikin kulit ngelupas

    ReplyDelete
  4. Prokesnya bagus ya kak, tempatnya juga nyaman 🥰 jadi pengen treatment disitu juga

    ReplyDelete
  5. Berawal lihat postingan ini di IG, jadi baca juga lengkapnya di blog. Ah, jadi pengen treatment ke Erha juga, penasaran banget.

    ReplyDelete
  6. Aduh aku jd inget klo punya wishlist di erha buat treatment bopeng

    ReplyDelete
  7. Lengkap bener reviewnya, walau prokesnya ketat tp tetep nyaman

    ReplyDelete
  8. Aku tuh kepo banget sama treatment di erha, baru masuk kesana aja udah ngerasa nyaman apalagi treatment-nya yaa ^^

    ReplyDelete
  9. Interesting post. Thanks for sharing.
    I invite you to visit my last post. Have a good week-end!

    ReplyDelete
  10. penasaran dengan treatment di Erha, sampe sekarang belum cobain

    ReplyDelete
  11. The huge collection of roulette machine on the location is certain to amaze you and with superior, durable qualities. These merchandise are manufactured from plastics and metals for higher sustainability and are resistant to all types of harsh usages. These roulette machine and consoles are available in distinct variations and designs properly with|swimsuit} your|to match your} particular person necessities. The third 다파벳 on our record is Joe Fortune Casino, which was launched in 2016.

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)