[REVIEW] Teratu Beauty Skin Barrier Serum


Kalau diperhatikan, di tahun 2022 ini produk skincare yang concern untuk perawatan dan perbaikan skin barrier sedang hype banget. Kalian ngeh nggak sih? Atau malah masih bingung karena belum tahu skin barrier itu apa?

Mengutip dari Healthline, kulit terdiri dari berbagai jenis lapisan yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri untuk menjaga tubuh kita.

Nah, lapisan terluar kulit adalah yang kita sebut dengan skin barrier, alias stratum corneum. Jika diibaratkan, lapisan terluar ini seperti tembok bata yang menjadi pertahanan terluar tubuh kita.

'Tembok' ini terdiri dari sel-sel kulit yang disebut corneocytes (anggaplah sebagai batu bata) dan tergabung dengan lapisan lemak atau lipid (anggaplah sebagai semen yang menyatukan batu-batu batanya).

Jika 'tembok' atau skin barrier kita rusak atau kurang kuat, air atau kelembapan yang ada di baliknya dapat menguap keluar sehingga berpotensi menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Selain itu, segala macam debu, kotoran, toksin, patogen, dan lain-lain bisa masuk ke dalam tubuh jika penghalangnya ini tidak kuat dan rapat. Akibatnya bisa berdampak negatif untuk kulit, entah itu kulit yang sensitif, rusak, dehidrasi, kekeringan, iritasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, memiliki skin barrier yang kuat dan sehat adalah kunci kulit yang sehat.

Anyway, saat ini aku lagi mencoba salah satu produk terbaru dari Teratu Beauty yaitu Skin Barrier Serum. Untuk yang belum tahu, Teratu Beauty ini adalah brand skincare lokal yang fokus pada gentle dan minimalist skincare routine, dan foundernya adalah salah satu beauty guru Indonesia yaitu Alifah Ratu.

Serum ini diklaim dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada skin barrier, mengatasi iritasi dan kemerahan, menyamarkan noda hitam, mencerahkan, dan menutrisi kulit tanpa menimbulkan efek berminyak.

Aku sudah menggunakan serum ini selama beberapa minggu dan mau share hasil penggunaannya kepada kalian. So, without further ado, let's jump in to the review!

Review Teratu Beauty Skin Barrier Serum


Packaging


First of all, aku mau cerita dulu nih, jadi ini adalah kali pertama aku menggunakan produk dari Teratu Beauty. Sebelumnya aku udah pernah denger sih brand ini, dan tahu beberapa produknya yang cukup hits di kalangan beauty enthusiast misalnya Miracle Deo-nya yang diklaim sebagai deodoran alami (ini aku penasaran banget sih, soon aku mau cobain juga ah hehehe).


Setelah aku googling-googling dikit dan cek official websitenya Teratu Beauty, ternyata Skin Barrier Serum ini mengalami repackaging, CMIIW. Dulu packagingnya berupa botol pipet gitu, nah sekarang packagingnya adalah botol pump yang menurut aku jauh lebih higienis dibandingkan menggunakan pipet.


Kita bahas aja packaging yang barunya ini yah. Jadi serum ini dikemas dalam box berukuran mungil juga. Boxnya ini berwarna putih, seperti seluruh color image produknya Teratu yaitu putih, dan desainnya juga sangat simple. Salah satu sisi boxnya terdapat gambar siluet wayang dengan tagline Wonderful Indonesia serta ada logo Bangga Buatan Indonesia juga.

Di boxnya ini ada product knowledge, komposisi, serta  cara pemakaian dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sudah resmi teregistrasi di badan POM dengan nomor BPOM yang bisa dicek menggunakan QR scan.

Lanjut ke kemasannya, seperti yang sudah aku bilang tadi ini dikemas dalam botol pump. Isinya sendiri 30ml, standar ya untuk produk serum, dan botolnya terbuat dari material apa ya... semacam kaca gitu yang tebal dan kokoh juga. Oh iya, ini tuh botolnya warna putih nggak transparan dan kita nggak bisa lihat sisa produk yang ada di dalam botolnya.

Untuk expiration date bisa dilihat di dasar botolnya, dan period after openingnya adalah 12 bulan.

Ingredients Teratu Beauty Skin Barrier Serum


Teratu Beauty Skin Barrier Serum Ingredient List - Aqua, Niacinamide, Butylene Glycol, Ceramide NP, Phenyl Trimethicone, Methyl Propanediol, Propanediol, Centella Asiatica Extract, Brassica Olearacea Italica Sprout Extract, Brassica Campestris Sprout Extract, Brassica Olearacea Gemmifera Extract, Helianthus Anuus Sprout Extract, Neem (Melia Azadirachta) Extract, Saccharide Isomerate, Phenoxyethanol, Panthenol, Melaleuca Alternifolia Leaf Extract, Polyacrylamide, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7, Bisabolol, Ethylhexylglycerin, Glycerin.

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, serum ini sangat cocok untuk kulit kering karena mengandung ingredients yang moisturizing seperti Panthenol, Ceramide, dan Glycerin. Kandungan Niacinamide-nya juga berfungsi sebagai anti aging dan brightening active.

Produk ini bebas paraben, sulfate, alcohol, dan termasuk skincare dengan kategori minimal ingredients dan fungal acne safe.

Key Ingredients dari Teratu Beauty Skin Barrier Serum ini adalah Ceramide, Niacinamide, dan Centella Asiatica Extract.

Mengutip dari Insider, Ceramide bekerja 'mengisi' kelembapan yang hilang di kulit dengan dan mengembalikan lipid yang menjadi 'semen' di antara sel-sel kulit yang membantu mempertahankan 'kekuatan' dari skin barrier kita.

Texture & Fragrance


Aku bisa bilang Teratu Beauty Skin Barrier Serum ini teksturnya cukup rich, nggak terlalu runny banget, tapi juga nggak yang kenteeeel banget. Menurut aku sih nyaman dilayer baik dengan hydrating toner yang agak kental dan moisturizer yang thick juga sama sekali nggak bikin lengket dan masih tergolong light lah.

Dilihat dari ingredient listnya, serum ini nggak mengandung artificial fragrance dan colorant juga ya. Warnanya sendiri putih susu, dan nggak ada wangi parfum yang terlalu menyengat. Aku bisa bilang nggak ada wanginya lah jadi aman untuk kulit dan hidung yang sensitif.

Cara Pemakaian


Serum ini bisa digunakan baik di pagi hari maupun malam hari. Selain itu, menurut klaimnya serum ini juga bisa digunakan sebagai pengganti moisturizer. Tapi kalau aku sendiri yang memang punya kulit kering sih prefer untuk layer lagi dengan moisturizer lainnya.

Nah, aku juga kadang pakai serum ini untuk metode sandwich kalau lagi pakai serum retinol, apalagi yang persentasenya besar (aku biasa pake 2% retinol). Jadi metode sandwich ini adalah menggunakan serum yang hydrating sebelum dan sesudah menggunakan retinol untuk meminimalisir risiko timbulnya iritasi.

Hasil Pemakaian Teratu Beauty Skin Barrier Serum


Berikut adalah foto hasil pemakaian Teratu Beauty Skin Barrier Serum di kulit aku yang normal to dry and a little bit sensitive. Kalian bisa lihat di foto before kondisi kulit aku sedang agak kemerahan gitu dan on the result kulit aku jadi jauh lebih kalem dan nggak yang merah-merah banget. Suka!

Overall, menurut aku Teratu Beauty Skin Barrier Serum ini recommended banget untuk kamu yang lagi cari hydrating atau skin barrier repair serum karena hidrasinya cukup baik, calming & soothing banget terutama jika sedang ada redness di kulit wajah dan nyaman digunakan.


Serum ini sama sekali nggak lengket dan cukup cepat menyerap. Kalian juga bisa pakai serum ini untuk sandwich method saat pakai retinol karena aku juga ngerasa pakai retinol jadi lebih nyaman banget tanpa tingling sensation yang berlebihan.

Kalian bisa purchase produknya Teratu terutama Skin Barrier Serum ini di Shopee Mall, LazMall, dan juga TikTok Shop. Selain itu juga bisa lewat reseller resmi ya untuk memastikan produk yang kamu beli original.

Get to know more about Teratu Beauty


This is a sponsored post. Teratu Beauty send me the product to test and review and what I wrote is my honest review based on my personal experience



9 komentar

  1. Wahhh aku juga lagi nyobain skin barrier serum ini, semoga cocok xD

    sweetsourbittersaltyy.com

    ReplyDelete
  2. belum pernah cobain Teratu nis, menarik banget kayaknya, tapi harganya gimana nih hahahaaa intipin e-com dl ah

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama brand punya alifah ratu ini ternyata range skin care nya banyak juga ya

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah cobain skincare dari Teratu. Ternyata hasilnya cukup bagus ya teh. Apa lagi bisa memperbaikin skin barrier

    ReplyDelete
  5. baru denger nih brand Teratu, unik namanya :) bagus jg ternyata hasilnya

    ReplyDelete
  6. suka sama progressnya! redness jadi berkurang gituu

    ReplyDelete
  7. Teratu ini produknya bagus2 yaa, aq kepo ama yang skin barrier ini

    ReplyDelete
  8. Baru denger brand ini sih, menarik kayaknya buat dicoba

    ReplyDelete
  9. Skin barrier ini bener-bener ya pondasi yg harus paling utama dipikirin, apalagi acne prone kyk aku beuuhh, salah langkah sikit rusak lagi dia. Paling bener harus punya produk yg khusus untuk skin barrier.

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)