[REVIEW] Sweet & Shine Body Serum, Sensasi Wangi Semerbak Sepanjang Hari!

Jujur sih sebenernya body care aku tuh nggak yang heboh gimana-gimana, beda sama skincare. Aku tuh paling jarang pake body lotion (tapi seneng belinya doang) karena kayak gimana ya, mager aja gitu soalnya rata-rata body lotion kan lengket terus lama gitu menyerapnya. Kalau kata orang Sunda mah, cepel.  Anyway, aku baru tau dong kalau sekarang tuh ada produk pelembap kulit juga tapi lebih ringan dari body lotion, namanya body serum!

Mengutip dari Halodoc, body serum ini berbeda dengan body lotion. Perbedaan body serum dan body lotion ini adalah kalau body lotion dia masih mengandung minyak komposisinya (dimana si minyak itu yang bikin sensasi lengket setelah diaplikasikan) dan juga bahan pengental sehingga teksturnya kental. 

Sedangkan kalau body serum tidak mengandung minyak dan kandungan bahan pelumas atau pengentalnya cenderung lebih sedikit. Selain itu, body serum juga dapat menutrisi kulit dengan lebih baik karena kandungan bahan aktif dan vitamin di dalamnya.

Body serum sendiri memiliki molekul yang lebih kecil sehingga lebih cepat menyerap ke dalam kulit dibandingkan body lotion. Selain itu, setelah diaplikasikan body serum dapat membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit untuk memperbaiki skin barrier.

Marketnya sendiri juga sebenernya berbeda. Kalau body lotion lebih ditujukan untuk kulit normal, body serum lebih fokus untuk perbaikan dan nutrisi sehingga lebih cocok untuk kulit yang ekstra kering atau bermasalah.

Belakangan ini aku mencoba produk body serum baru dari Sweet & Shine. Sweet & Shine ini baru saja launching dan mengeluarkan produk body serum dengan tiga varian, yaitu Independent, Charming, dan Cheerful. Masing-masing memiliki wangi yang berbeda-beda, dan key ingredientsnya adalah Coenzyme Q10, Niacinamide, Hyaluronic Acid, dan Ceramide.

Yuk intip review Sweet & Shine Body Serum berikut ini!

Review Sweet & Shine Body Serum

Packaging

Pertama kita bahas packagingnya dulu ya. Jadi Sweet & Shine Body Serum ini dikemas dalam botol pump yang ramping, masing-masing dengan color imagenya sendiri. Untuk varian Independent warnanya hijau melon, varian Charming soft yellow, varian Cheerful pink pastel. Semuanya warna-warna soft yang feminim banget.

Di bagian belakang botolnya tertera product knowledge, cara pemakaian, dan komposisi. Body Serum ini juga sudah resmi teregistrasi di BPOM serta tersertifikasi halal.

Untuk period after opening-nya sendiri hanya 6 bulan saja dan kemasannya recyclable. Netto-nya 150ml dan tergolong cukup banyak ya isinya.

Menurut aku, tutup botolnya ini sangat rapat dan cukup kokoh. Perlu sedikit effort untuk membuka tutupnya. Tapi dengan begini isinya jadi aman sih nggak gampang tumpah apalagi jika disimpan di pouch atau tas.

Ingredients

Sweet & Shine Body Serum Charming Ingredient List: Aqua, Fragrance, Cyclopentasiloxane, Cetyl Alcohol, Glycerin, Isopropyl Myristate, Methyl Propanediol, Paraffinum Liquidum, Tributyl Citrate, Titanium Dioxide, Glyceryl Stearate, Neopentyl Glycol Diheptanoate, Niacinamide, Steareth-20, Betaglucan, Tocopheryl Acetate, Hydrolyzed Collagen, Lactobacillus/Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Glutathione, Glycine Max Oil, Lecithin, Citric Acid, Carrageenan, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phytosphingosine, Ubiquinone, Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide EOP, Cholesterol, Carbomer, Hydroxyethylcellulose, Polyacrylamide, Triethanolamine, Bisabolol, BHT, C13-14 Isoparaffin, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Laureth-7, Butylene Glycol, Polyglutamic Acid, Sodium Sulfate, 1,2-Hexanediol, Sodium Lauroyl Lactylate, Caprylyl Glycol, Dextrin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, CI 47005, CI 15985, CI 45410, CI 14720, CI 42090, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin.

Sweet & Shine Body Serum Cheerful Ingredient List: Aqua, Fragrance, Cyclopentasiloxane, Cetyl Alcohol,Glycerin, Isopropyl Myristate, Methyl Propanediol, Paraffinum Liquidum, Tributyl Citrate, Titanium Dioxide,Glyceryl Stearate, Neopentyl Glycol Diheptanoate, Niacinamide, Steareth-20, Betaglucan, TocopherylAcetate, Hydrolyzed Collagen, Lactobacillus/Collagen/Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Glutathione, Glycine Max Oil, Lecithin, Citric Acid, Carrageenan, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phytosphingosine, Ubiquinone, Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide EOP, Cholesterol, Carbomer, Hydroxyethylcellulose, Polyacrylamide, Triethanolamine, Bisabolol, BHT, C13-14 Isoparaffin, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Laureth-7, Butylene Glycol, Polyglutamic Acid, 1,2-Hexanediol, Sodium Lauroyl Lactylate, Caprylyl Glycol, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, CI 45410, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin.

Sweet & Shine Body Serum Independent Ingredient List: Aqua, Fragrance, Cyclopentasiloxane, Cetyl Alcohol, Glycerin, Isopropyl Myristate, Methyl Propanediol, Paraffinum Liquidum, Tributyl Citrate, Titanium Dioxide, Glyceryl Stearate, Neopentyl Glycol Diheptanoate, Niacinamide, Steareth-20, Betaglucan, Tocopheryl Acetate, Hydrolyzed Collagen, Lactobacillus/Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Glutathione, Glycine Max Oil, Lecithin, Citric Acid, Carrageenan, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phytosphingosine, Ubiquinone, Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide EOP, Cholesterol, Carbomer, Hydroxyethylcellulose, Polyacrylamide, Triethanolamine, Bisabolol, BHT, C13-14 Isoparaffin, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Laureth-7, Butylene Glycol, Polyglutamic Acid, Sodium Sulfate, 1,2-Hexanediol, Sodium Lauroyl Lactylate, Caprylyl Glycol, Dextrin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, CI 47005, CI 15985, CI 45410, CI 14720, CI 42090, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin. 

Kita bahas sedikit soal Key Ingredients dari Sweet & Shine Body Serum ini, yuk. Ada 4 ingredients utama yaitu:

  • Coenzyme Q10: Mengutip dari Mayo Clinic, Coenzyme Q10 adalah senyawa antioksidan. Senyawa ini dapat diproduksi secara alami oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, Coenzyme Q10 (CoQ10) dalam tubuh kita juga akan berkurang.
    Dalam produk skincare (dalam konteks ini bodycare), cara kerja CoQ10 kurang lebih sama seperti vitamin C. Senyawa ini menetralisir radikal bebas dan bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel kulit, mengurangi kerusakan dari sinar UV, memudarkan noda hitam dan hiperpigmentasi, serta menstimulasi produksi kolagen dan elastin.

  • Niacinamide: Niacinamide dapat membantu 'membangun' protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan sel dan lapisann-lapisan kulit. Senyawa ini dapat mengatur produksi minyak, mengobati hiperpigmentasi, meminimalkan garis halus dan kerutan, dan juga melindungi sel kulit dari stres oksidatif.

  • Hyaluronic Acid: Asam hialuronat atau Hyaluronic Acid adalah molekul gula yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Hyaluronic Acid bekerja untuk menjaga hidrasi kulit dengan membantu mengikat air ke kolagen, menjebaknya di dalam kulit, sehingga kulit lebih lembab dan lebih terhidrasi. Selain itu, senyawa ini juga membantu menjaga elastisitas kulit serta mengurangi kerutan dan garis-garis halus, serta terbukti membantu luka lebih cepat sembuh dan dapat mengurangi bekas luka.

  • Ceramide: Ceramide adalah lipid (lemak) yang ditemukan secara alami dalam konsentrasi tinggi di lapisan kulit kita yang paling atas. Ceramide pada dasarnya seperti 'lem' yang menyatukan sel-sel kulit kita untuk menjaga skin barrier kita tetap utuh dan sehat. Ini tidak hanya menjaga kelembapan kulit tetapi juga melindungi kulit dari alergen dan agresor eksternal.

Texture & Fragrance


Aku bisa bilang tekstur dari Sweet & Shine Body Serum ini sangat ringan, runny, dan sangat cepat menyerap. Kalian bisa lihat pada foto di atas seperti apa tekstur dari body serum ini. Masing-masing memiliki warna yang sama dengan color imagenya masing-masing.

Untuk fragrance dan seperti apa wanginya, berikut aku coba ulas satu-satu ya.

  • Charming: A soft floral fragrance, gentle, and romantic. Menurut product knowledgenya wangi dari varian body serum ini inspired by Victoria Secret Bombshell. In my opinion wanginya tuh lembut, manis tapi ada segernya gitu bukan manis gourmand tapi lebih ke manis floral dan fruity.
  • Cheerful: Fruity and fun. Aku suka banget wanginya! Sweet fruity yang feminim dan lembut, nggak yang nyegrak banget sweetnya tapi lebih ke seger gitu. I definitely can smell some strawberry and cherry notes. Inspired by Chanel Coco Mademoiselle.
  • Independent: Stylishly fresh. Kalau kamu penggemar wangi green tea pasti suka banget. Ya, body serum ini wanginya fresh, a little bit sweet, a little bit musky, tapi nggak bikin pusing karena gentle banget. Body serum ini terinspirasi dari aroma parfum The Body Shop Green Tea dan Jo Malone Silver Needle Tea.

Cara Pemakaian

Sweet & Shine Body Serum ini bisa dipakai dua kali, yaitu di pagi hari dan malam hari. Menurut aku ini bakalan paling pas dipakai sehabis mandi saat kulit masih dalam keadaan lembap. Nah, karena teksturnya yang ringan dan cepat menyerap, meski kita pakai saat dalam keadaan kulit yang kering nggak terasa lengket.

Verdict

Sebagai pemilik kulit kering yang nggak begitu nyaman menggunakan skincare dan body care yang teksturnya rich dan 'berat', Sweet & Shine Body Serum ini adalah savior! Produk ini dapat melembapkan kulit dengan baik tanpa sensasi lengket dan bener-bener kayak praktis banget gitu. Ukuran kemasannya juga nggak terlalu besar jadi nggak makan tempat dan sangat travel friendly.

Untuk aromanya aku suka banget, semuanya ringan-ringan dan nggak bikin pusing. Mengingat hidung aku juga agak sensitif terhadap wewangian, aromanya  Sweet & Shine Body Serum ini semuanya bener-bener lembut dan 'sopan' di hidung.



Oh iya, body serum dari Sweet & Shine ini juga memiliki klaim 1 Sec Brightening yaitu efek instant tone up atau brightening ketika diaplikasikan ke kulit. Menurut aku sih, efek tone upnya ini nggak yang terlalu lebay tapi bener-bener jadi kelihatan 1 tingkat lebih cerah dan tetap natural. Kalian bisa lihat perbedaannya dimana aku mengaplikasikan Sweet & Shine Body Serum di tangan kiri saja dan terlihat bedanya dengan tangan kanan.

Wangi favorit aku yang Cheerful. Duh, bener-bener kayak berasa putri raja di kebun buah cottagecore gitu deh. Anyway, menurut aku ini cukup longlasting juga aromanya dan bisa bertahan sekitar beberapa jam.

Kalau kamu takut wanginya tabrakan sama parfum atau body wash, pakai body wash yang tanpa pewangi dan cari parfum yang notesnya mirip-mirip dengan body serum ini deh.

Overall, produk ini menurut aku sangat recommended kalau kamu cari body serum atau pelembap kulit badan yang lembapnya dapet, wanginya juga soft dan 'sopan'. Selain itu harganya juga super affordable aja yaitu Rp79.000 per botolnya untuk semua varian selama periode launching ini dan harga normalnya ada di Rp89.000.

Get to know more about Sweet & Shine



This is a sponsored post. Sweet & Shine send me the product to test and review and what I wrote is my honest review based on my personal experience


8 komentar

  1. Hmmm aku bingung kalau beli harus coba yang mana dulu🤤

    ReplyDelete
  2. Wah kita samaan nih, kak! Fave saya tuh yang cheerful, wanginya manis ya

    ReplyDelete
  3. Wih ada efek tone up nya ya. Paling suka sama body care yang wanginya soft. Penasaran pengen coba ketiganya.

    ReplyDelete
  4. warna teksturnya lucu-lucu bangeeett hihihi. aku jadi penasaran deh sama ini, kayaknya lebih nampol tapi teksturnya lebih ringan.

    ReplyDelete
  5. Jujur jadi penasaran banget sama semua wanginya aku tuh😍

    ReplyDelete
  6. praktis ya packagingnya, anti rawan tumpah nih :) jadi penasaran pengen nyobain jg wangi-wanginya

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)