[REVIEW] Sunscreen Rasa Kelapa! Collaboration YOU x Hydro Coco Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen

YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen - Aku pernah sih curhat di Instagram kalau nyari sunscreen yang pas di kulit aku tuh agak susah, karena aku emang agak picky soal sunscreen. Pokoknya kriteria sunscreen idaman aku tuh adalah yang teksturnya ringan, gampang diblend, nggak seret, nggak terlalu oily juga, dan yang penting harganya affordable hahaha.

Oh iya, kalau ada temen atau followers aku yang minta rekomendasi skincare, pasti yang pertama aku bilang adalah wajib pakai sunscreen. Sepenting itu sih emang sunscreen, kalau diibaratkan, sunscreen itu tuh kayak pagar pelindung yang terbuat dari bata. Sekokoh-kokohnya dinding rumah yang terbuat dari kayu, tetep mesti dilindungi juga oleh pagar. Jadi meskipun kita udah pakai skincare berlapis-lapis, kalau nggak pakai sunscreen ya percuma. 

Anyway, aku lagi nyobain produk terbaru dari YOU yaitu Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen! Produk ini merupakan hasil kolaborasi YOU bersama merek minuman air kelapa murni Hydrococo.

Sunscreen ini diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan acne prone. Untuk UV protectionnya ada SPF50 PA++++ dengan 8x perlindungan terhadap UVA, UVB, dan yang sering luput dari perhatian kita, Blue Light dan Infrared. Yup, nggak cuma dari sinat matahari aja, tapi paparan sinar dari gadget kita juga ternyata berpengaruh dengan kesehatan sel kulit. Selain itu juga melindungi kulit dari polusi, Photoaging, Dehidrasi, dan kulit kusam. Komplit banget kan?

Produk-produknya YOU juga diformulasikan tanpa bahan-bahan yang kontroversial yess seperti Alcohol, Mineral Oil, Paraben, BHA/BHT, Phthalates, Triclosan, Formaldehyde.

Penasaran nggak nih gimana jadinya kalau YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen ini dipakai di kulit kering seperti kulit aku? Terus karena ini collab bersama Hydrococo, kira-kira ada rasa-rasa air kelapanya nggak ya? Yuk kita simak dulu reviewnya berikut ini!

Review YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen

Packaging

Satu hal yang aku notice dari YOU ini, kebetulan aku juga pernah coba varian sunscreen lainnya yaitu Tripe UV Elixir, mereka nggak pakai box sebagai kemasan luarnya melainkan kemasan pouch plastik gitu. Nah, di bagian belakang plastiknya ini tercantum product knowledge yang lengkap. Sementara di packaging tube-nya mereka jarang nulisin ingredients lengkap gitu.

YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen ini designnya kayak ala-ala pantai gitu, dengan gambar kelapa yang jadi ciri khasnya Hydrococo. Color imagenya adalah dominan putih dan aksen biru.

Next, kita langsung bahas packagingnya ya. Sunscreen ini dikemas dalam bentuk tube yang cukup rampng dan travel friendly. Cuma bagian tutupnya tuh agak bulky gitu bentuk kotak, tapi aku suka sih soalnya jadi unik gitu bentuknya.

Netto dari sunscreen ini adalah 30ml. Sebenernya standar sih, tapi berhubung sunscreen itu adalah produk skincare yang paling cepet habis karena dipakai setiap pagi dan ada reapplynya setiap 2 jam sekali, kayanya ini sih paling last sekitar 2 minggu - 1 bulan kalau pakainya agak diirit-irit.

Anyway, produk YOU ini cruelty-free alias nggak diujicobakan pada hewan dan packagingnya recycleable. Period after openingnya sendiri 12 bulan.


Ingredients YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen

YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen Ingredient List - Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propylene Glycol, Polymethyl Methacrylate, Glycerin, Dibutyl Adipate, PPG-24-Glycereth-24, Octocrylene, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Potassium Cetyl Phosphate, Coco-Caprylate/Caprate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Dimethicone, Ethylhexyl Triazone, Cetyl Phosphate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cyclopentasiloxane, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Sodium Stearoyl Glutamate, Dimethicone Crosspolymer, Aminomethyl Propanol, Phenoxyethanol, Hydroxyacetophenone, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ammonium
Acryloyldimethyltaurate/Beheneth-25 Methacrylate Crosspolymer, Butylene Glycol, Caprylyl Methicone, Allantoin, Cetearyl Methicone, Steareth-21, Undecane, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Tridecane, PEG-9 Dimethicone, Isododecane, Caprylyl Glycol, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Ethylhexylglycerin, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Sodium Surfactin, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Isopropyl Palmitate, Decyl Glucoside, Sodium Benzoate, Astragalus Membranaceus Root Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Peel Oil, Citrus Tangerina (Tangerine) Peel Oil, Michelia Alba Flower Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil,
Saposhnikovia Divaricata Root Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Albizia Julibrissin Flower Extract, Gastrodia Elata Root Extract, Propanediol, Ectoin, Xanthan Gum, Zea Mays (Corn) Starch, Hydrogenated Lecithin, Hydrolyzed Corn Starch, Hydrolyzed Corn Starch Octenylsuccinate, Limonia Acidissima Extract, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Cocamidopropyl Dimethylamine, Buddleja Officinalis Flower Extract, Phenylethyl Resorcinol, Moringa Oleifera Seed Extract, Ceramide NP, Lactic Acid, 1,2-Hexanediol, Hydrated Silica, Palmitoyl Tripeptide-5, Ceramide AS, Ceramide NS, Ceramide AP, Ceramide EOP

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, sunscreen ini ternyata cocok juga untuk dry skin karena ada beberapa bahan yang moisturizing seperti Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Glycerin, dan Propylene Glycol.

Terus aku agak shock juga karena ternyata ingredient yang bersifat UV Protectionnya banyak banget! Ada Ethylhexyl Triazone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine. Hampir semuanya merupakan chemical sunscreen kecuali Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol yang adalah hybrid sunscreen.

Chemical sunscreen sendiri bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar UV agar tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Pada umumnya, sunscreen jenis chemical ini tidak meninggalkan whitecast tetapi tidak direkomendasikan untuk anak-anak dan ibu hamil.

EWG Health Rating dari YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen ini mencapai 91% which means hampir semua ingredientsnya ramah untuk kulit dan lingkungan. Oh iya, ada beberapa bahan alami yang bersifat calming dan soothing juga seperti Thanaka (Tree Bark) Extract, Buddleja Officinalis (Butterfly Bush Flower) Extract dan Moringa Oleifera (Moringa/daun kelor) Seed Extract.

Texture & Fragrance

Nah ini yang menarik untuk dibahas. Seperti kita ketahui kan nama produknya sendiri sudah diklaim watery sunscreen ya. Jadi awalnya ekspektasi aku teksturnya tuh bakal yang cair banget gitu.


Kalian bisa lihat dari foto di atas ya, tekstur dari YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen menurut aku nggak watery banget sih. Tapi nggak creamy juga juga. Jadi kaya somewhere in between gitu. Kalau aku deskripsikan sih kaya lotion gitu, medium viscosity.

Klaimnya sendiri ini mudah diblend dan nggak meninggalkan white cast. Emang bener sih, sunscreen ini gampang banget diblend dan nggak pektay. Kalian bisa lihat di foto berikut ini perbedaan sebelum dan sesudah aku menggunakan sunscreen ini, bisa dibilang nggak ada perubahan di skintone sama sekali.


Aku bisa bilang finishingnya agak powdery. Kerasa matte yang powdery gitu... gimana ya deskripsiinnya hahaha. Yang jelas ini cucok sih buat oily skin karena keraasa mattifying gitu. Untuk kulit aku yang kering nggak yang drying banget sih, tapi kalau mau kamu bisa pakai face mist lagi di atasnya untuk melembabkan.

Terus wanginya gimana? Awalnya juga aku expect wanginya tuh ala-ala kelapa. Tapi ternyata aku salah hahaha wanginya ya wangi sunscreen kayak biasa. Anyway kalau dilihat dari ingredient listnya sih nggak ada fragrance tambahannya ya jadi emang cucok banget buat kulit sensitif.

Verdict


YOU Sunbrella Intensive Care Watery Sunscreen ini menurut aku cukup oke sih, dia samsek nggak bikin whitecast atau pektay, udah gitu super ringan, lightweight gak berasa pakai apa-apa. Aku pribadi emang prefer sunscreen yang light gini sih apalagi kalau ditimpa makeup lagi karena jadinya nggak berat.

Menurut aku juga ini lebih cocok buat acne/oily skin yang sensitive. Kulit kering sebenernya bisa banget pake, tapi kalau yang extra dry seperti yang tadi aku bilang di atas, perlu hidrasi ekstra. Kalau bisa juga pakainya barengan dengan produk lain yang melembabkan kayak hydrating toner/essence ya.

Tapi menurut aku sih ini oke banget dipakai daily. Cukup pake ini, translucent loose powder, alis, tinted lip balm, udah siap menaklukkan dunia.

Overall ini recommended banget kalau kamu cari sunscreen ringan yang nggak whitecast. SPFnya sendiri juga tinggi tapi nggak bikin flashback, cakep banget deh. Cumaaa... kurangnya itu aja sih. Kurang moisturizing kalau buat kulit kering dan kayak nggak ada identitas si Hydrococo-nya. Padahal kan kalau wanginya wangi kelapa gitu lucu hahaha.

Oh iya, harganya sendiri affordable yaa yaitu 99 ribu doang! Kalian bisa beli di official store Shopee YOU Beauty Indonesia

Get to know more about YOU


This is a sponsored post. YOU send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)