2024 Hair Goals - Yuk Kenali Ciri-Ciri Rambut yang Mulai Menua!

Memasuki usia 30, harus terima kenyataan kalau rambut menua juga bisa terjadi

Eh telat nggak sih kalau ngomongin resolusi tahun 2024 di bulan Februari? Nggak apa-apa lah ya, kan katanya bulan Januari itu free trial month, jadi semua goals dan plans baru bisa jalan di bulan berikutnya hehehehe.

Anyway, aku mau sharing nih kalau salah satu goals aku untuk tahun 2024 adalah mau lebih fokus lagi ke haircare. Sudah beberapa tahun rasanya rambut patah sering banget kejadian di aku dan akibatnya rambut aku sekarang tuh jadi lebih tipis dibandingkan sebelumnya.
 

Bisakah Rambut Menua?

Aku cerita dikit ya, jadi jaman sekolah dulu tuh rambut aku bagus-bagus aja. Helaian rambutnya lumayan tebal, cuma karena dulu belom paham haircare jadi sering banget gonta-ganti gaya rambut, styling rambut, tapi nggak dirawat dengan benar. Akibatnya dulu tuh rambut aku sempet ngembang parah dan kusut.

Makin lama, helaian rambut aku rasanya jadi makin tipis, terus makin ke sini juga kalau panjang dikit aja rambut aku jadi rontok. Udah gitu aku juga ngerasa kalau tekstur rambut aku berubah, dari yang pas masih kecil straight - jaman sekolah wavy bervolume - sekarang jadi lebih lemes, kayak yang wavy tapi lebih loose.

Belakangan aku baru sadar jadi perubahan rambut, mulai dari tekstur sampai ketebalan ini juga mungkin tanda dari rambut yang menua. Rambut menua tuh bukan hanya terjadi di usia lanjut ya kayak 60s and up gitu, tapi di usia 20-an juga bisa lho kalau kita nggak ngerawat rambut dengan baik.

Seiring dengan bertambahnya umur kita, semua proses biologis yang ada di tubuh kita juga ikut mengalami perubahan. Begitu juga rambut. Untuk bisa tumbuh dan akhirnya rontok, setiap folikel rambut akan mengalami yang namanya hair growth cycle.

Hair growth cycle - source: Watermans


Siklus ini terdiri dari 4 tahap yaitu:
  • anagen (fase pertumbuhan aktif helai rambut)
  • catagen (fase transisi)
  • telogen (fase istirahat)
  • exogen (fase kerontokan/shedding)

Nah, semakin tua usia kita, semakin tua juga dong ya sel-sel yang ada di tubuh kita dan hormon-hormon kita juga ikut berubah. Mau nggak mau, si hair growth cycle ini juga bisa ikut terpengaruh.

Selain itu juga, faktor-faktor eksternal kayak polusi, sinar UV, iklim di Indonesia yang tropis ini juga berpengaruh. Apalagi kalau kalian sering styling rambut pakai hair tools kaya catokan atau hair curler, semuanya bakal ngaruh ke kondisi rambut kita.

Ciri-Ciri Rambut Menua

Semakin Tipis

Mengutip dari Healthline, semakin bertambahnya usia, fase anagen rambut menjadi semakin pendek durasinya. Selain itu beberapa folikel rambut bisa jadi berhenti untuk memproduksi helai rambut jadi rambut bisa terlihat lebih tipis.

Kerontokan

Tingkat hormon di tubuh kita bakal berubah seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa hormon ini bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut, contohnya hormon kortisol yang merupakan hormon stress bisa merusak folikel rambut. Makanya, kalau kita stress juga rambut wajar ikut rontok. Dan kayanya bener nggak sih semakin bertambah umur, makin banyak yang dipikirin, makin stress juga hahaha.


Rambut Beruban

Kenapa sih rambut bisa beruban? Semakin tua usia, produksi melanin dari sel-sel di tubuh kita semakin berkurang. Helai rambut yang memutih ini adalah dampak dari berkurangnya kadar melanin saat pertumbuhan rambut.

Perubahan Tekstur Rambut

Rambut kering dan rambut kusam juga terjadi karena produksi minyak alami dari tubuh akan semakin menurun terutama setelah menginjak usia 40 tahun.

Jenis rambut juga bisa berubah secara bertahap. Kalau kamu punya rambut lurus, mungkin rambut akan menjadi semakin keriting. Kalau kamu punya rambut keriting, bisa jadi rambut malah jadi lurus atau lebih keriting lagi.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan ini, mulai dari perubahan hormon seperti menopause, hingga faktor eksternal seperti gravitasi, iklim, dan polusi.

Perawatan Rambut untuk Rambut Menua


Menyisir

Sering dianggap sepele, ternyata menyisir juga bisa bantu merawat rambut lho. Menyisir rambut dengan lembut akan mendukung sirkulasi darah di kulit kepala yang baik untuk pertumbuhan rambut. beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pijat kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut.
 

Perawatan Dari Dalam

Sama kaya kulit, untuk perawatan rambut juga nggak cukup cuma pakai produk perawatan aja. You need to watch what you eat! Dikutip dari WebMD wajib hukumnya untuk konsumsi Protein, Zat Besi, Zinc, dan Antioksidan yang cukup untuk merawat kesehatan rambut dan mencegah kerontokan rambut.


Moisturize Hair

Nggak cuma kulit yang perlu pelembab, rambut juga perlu pelembab. Nggak, bukan pakai krim moisturizer wajah gitu diolesin ke rambut.

Yang direkomendasikan untuk rambut adalah rich conditioning treatments untuk melembabkan setiap helai rambut, dan kamu bisa pakai produk yang mengandung oil (yang recommended adalah moroccan oil), antioksidan, dengan kandungan UV & heat protection.

***

Jadiiii intinya, perawatan rambut atau haircare juga nggak boleh dilewatkan ya. Aku sendiri udah mulai terapin beberapa tips perawatan rambut kaya rutin pakai hair vitamin setiap hari dan pake scalp massager tiap keramas,

Anyway, kamu sendiri udah spend extra time belum buat rambut kamu? Yuk, share haircare routines kamu juga ya.

8 komentar

  1. aku sekarang udah mulai pakai hair serum biar ga kering lagi 👍🏻

    ReplyDelete
  2. Bener nih kadang perawatan buat rambut sering di-skip padahal penting juga yaa

    ReplyDelete
  3. moisturizer hair itu kayak conditioner bukan?

    ReplyDelete
  4. aku banget iniii, sekarang udah pakai hair serum soalnya ngeri botak wkwwkk

    ReplyDelete
  5. Huhu rambut aku juga yang diwarnain sekarang mulai mau fokus ke cari produk hair care

    ReplyDelete
  6. Aku nih semenjak melahirkan yang kedua rambut rontok terus lagi concern numbuhin rambut

    ReplyDelete
  7. Meskipun berhijab, sampe sekarang masih suks was-was menjaga rambut biar tetap sehat dan kuat huhu

    ReplyDelete
  8. Setuju banget nih aku juga rajin perawatan rambut, dulu di salon sekarang treatment sendiri di rumah biar telaten.

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)