Ini Dia Cara Menghilangkan Dark Spot Beserta Rekomendasi Produknya

Dark Spot di kulit - Source: Freepik

Tidak hanya kemunculan jerawat dan komedo saja yang membuat kesal, munculnya bintik hitam di wajah juga atau biasa disebut dark spot yang membandel di kulit.

Masalah munculnya bintik hitam sulit untuk dihilangkan, karena bisa menganggu penampilan kita sehari-hari.

Tetapi jangan khawatir, selain bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu juga bisa menggunakan skincare secara rutin dan dipercaya dapat menyamarkan bintik hitam yang dialami.

Mari, kita simak penjelasan lebih lengkap tentang dark spot dibawah ini.

Apa itu Dark Spot?

Dirangkum dari beberapa sumber, dark spot muncul ketika kulit memproduksi lebih banyak melanin dari pada biasanya atau biasa dikenal dengan hiperpigmentasi.

Melanin bukanlah suatu kelainan, namun merupakan pigmen coklat alami yang memberikan warna pada kuit.

Nah, penyebab munculnya dark spot ini karena terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlebihan dan dapat dialami oleh siapa saja.

Dark spot bisa muncul di beberapa area kulit wajah dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah, dark spot tidak menimbulkan gejala lainnya.

Inilah beberapa jenis dark spot yang bisa kamu simak berikut ini:

  • Freckles, yaitu bintik-bintik berwarna kuning atau cokelat muda yang tersebar pada area wajah. Untuk ukurannya kecil, dan umumnya berada di daerah hidung dan kedua pipi. Penyebab freckles bermacam-macam, mulai dari defosit melanin gelap, paparan sinar matahari, sdan faktor keturunan.
  • Melasma, yaitu bercak-bercak kecoklatan yang bisa merata pada wajah, terutama di bagian pipi baik pada pria maupun wanita. Jenis ini disebabkan oleh paparan sinar matahari, faktor keturunan, dan saat kehamilan.
  • Bintik hitam bekas peradangan, misalnya akibat bekas jerawat, penyakit kulit seperti eksim, dan bekas iritasi akibat penggunaan produk kosmetik yang kurang tepat.
  • Noda kopi susu, yaitu jenis tanda lahir yang ditandai dengan bercak datar pada kulit termasuk di area wajah berwarna cokelat muda ataupun lebih gelap karena paparan sinar matahari.

Penyebab Munculnya Dark Spot

Kemunculan dark spot tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlebihan. Tetapi dark spot juga bisa muncul dikarenakan sebab berikut ini. Masalah kulit seperti jerawat, ruam, luka bakar hingga beberapa penyakit kulit lainnya seperti Melasma, Linea Nigra, Melanosis Riehl, Poikilkoderma of Civatte, dan Erythromelanosis Follicularis.

  • Tidak hanya karena paparan sinar matahari, namun pengunaan obat tertentu juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita hamil, pengidap tumor hipofsis, pengidap hemokromatosis, penyakit Addison dan pengidap penyakit hati.
  • Faktor lingkungan, terutama untuk orang-orang yang hidup di daerah tropis dan sering terpapar sinar matahari. Karena proses inilah yang menajdikan lebih umum berwarba cokelat gelap.
  • Faktor genetik, faktor inilah yang membuat dark spot lebih kuat muncul di wajah karena faktor genetik. Terutama untuk pemilik kulit berwarna cerah dan memiliki rambut pirang atau merah.

Cara Menghilangkan Dark Spot

Meskipun sulit untuk dihilangkan, namun jangan sampai khawatir berlebihan karena tetap bisa dihilangkan atau diredakan untuk menyamarkan keluhan bintik hitam pada kulit wajah.

Selain penggunaan dari luar, penggunaan dan perawatan dari dalam juga diperlukan. Inilah cara menghilangkan dark spot yang bisa kamu coba:

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh melalui konsumsi air mineral sebanyak yang disarankan yaitu delapan gelas setiap harinya. Karena jika kekurangan cairan tubuh bahkan sampai dehidrasi, hal inilah yang menjadi pemicu munculnya dark spot dan jarang disadari.
  • Gunakan selalu tabir surya, tidak hanya saat berada di luar ruangan, saat didalam ruangan juga diperlukan. Gunakan sebelum beraktivitas dan secara berulang.

Rekomendasi Produk untuk Menghilangkan Dark Spot

Source: Tokopedia

Merawat kulit dan melakukan perawatan dengan skincare, untuk mengurangi dark spot bisa kamu gunakan dan coba serum dari Naturally Speaking Flawless Guava Dark Spot Serum.

Dengan kandungan bahan alami yang terbuat dari ekstrak jambu yang powerful. Lalu, tidak hanya itu saja, produk ini juga mengandung 6% Active Ingredients untuk menyamarkan flek hitam di wajah serta untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit wajah yang tidak merata.

Selain kandungan bahan dari ekstrak jambu, ada lagi kandungan bahan yang lebih lengkap lagi seperti penjelasan berikut ini.

  • Antioksidan: 5x powerfull natural antioksidan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Ekstrak jambu yang mengandung antioksidan 2x lebih banyak dibandingkan Vitamin C.
  • Anti Aging & Skin Nutrition: 3x menghambat tanda penuaan & menutrisi kulit. Mengurangi garis halus & kerutan sebesar 15% dalam 12 minggu.
  • Brightening Agent: mencegah peningkatan di area hiperpigmentasi & dark spot secara signifikan dalam waktu 8minggu.
Selain kandungan yang kaya akan manfaat dan terbuat dari bahan alami, serum untuk menghilangkan dark spot ini juga sudah memiliki ijin BPOM, sehingga aman digunakan.

1 komentar

  1. Aku butuh banget nih soalnya bekas jerawat suka susah hilang

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)