[BEAUTY TALKS] Make Up Murah dari China, Yay or Nay?

7:54:00 AM



Salah satu tren di kalangan beauty enthusiast Indonesia yang menarik perhatian aku adalah tingginya minat atau hype-nya produk make up murah dari China. Tren ini kalau nggak salah bermula dari awal tahun 2017 kemarin, hingga sekarang juga masih ada aja brand make up murah dari China yang bermunculan.
'Murah' di sini bisa dibilang murahnya keterlaluan, misalnya kita ambil contoh dari brand Focallure, harga untuk satu botol foundation dengan netto 35ml hanya sekitar 30 ribuan aja (di Shopee). Bandingkan dengan contohnya foundation Make Over, yang nettonya 33ml harganya bisa 130 ribuan. Beda 100 ribu, lho. Kalau misalnya kamu lihat dari sisi harga, udah pasti pilih Focallure yang lebih murah kan?

Ngga cuma beauty enthusiast, beberapa bloggervlogger, atau influencer (di sini termasuk makro dan mikro, ya) juga banyak yang memutuskan untuk mencoba menggunakan produk make up murah dari China ini. Ya, selain untuk kebutuhan konten (karena demandnya pasti banyak) juga pastinya penasaran. Coba aja kamu search di youtube atau di google, reviewnya juga udah pasti bertebaran.

Selain harga, bagaimana kualitasnya?

Ada beberapa temen blogger dan influencer aku yang cukup sering posting mengenai make up murah dari China ini dan sebagian besar dari mereka bilang kalau kualitasnya bagus. Eyeshadownya pigmented, highlighternya blinding, lipstiknya transferproof. Kalau aku memposisikan diri aku sebagai followers mereka sih, jujur aku jadi kepengen juga. Duh, udah harganya murah, kualitasnya juga oke nih. Rugi kalo nggak beli.

Tapi sebagian juga ada yang bilang kecewa dengan produk make up murah dari China yang mereka coba ini. Kecewanya kenapa? Produknya ada yang berjamur. No Quality Control dari brand tersebut. Pokoknya ada bad batch yang kurang layak pakai gitu deh. Ada juga yang bilang kalau brand-brand make up murah dari China ini overrated. Ga sebagus yang orang-orang gembar-gemborkan. Ya, emang sih bagus di satu orang belum tentu bagus di orang lain.
Sekali lagi balik kita lihat harga, what do you expect from a cheap product?

Mungkin kamu juga bisa sedikit 'research' mengenai background dari brand tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, misalnya kamu search apakah brand itu punya website resmi? Dimana pabrik brand tersebut, apakah emang bener-bener ada atau pabrik fiktif? Apakah brand tersebut punya ijin edar (misalnya di Indonesia ada BPOM, kalau produk luar biasanya dari FDA)?

Nah, berikut beberapa brand make up murah dari China yang aku tahu dan sempet hype di Indonesia.

1. Focallure

Hasil gambar untuk focallure
pic source: Fimela

Setahu aku asal mula tren make up murah dari China ini ya brand yang satu ini. Tiba-tiba muncul dengan harga super murah yang menggemparkan dunia perbeauty-an. Ya masa sih aduuh eyeshadow lengkap 18 colours aja harganya nggak sampe dua ratus ribu.
Aku sendiri akhirnya mencoba Focallure dan memang kualitasnya oke sih, mengingat harganya murah banget. Aku baru berani coba Focallure karena akhirnya Focallure resmi masuk ke Indonesia, sudah ada BPOMnya, udah dijual juga di Sociolla.
Sebenernya apa Focallure ini benar-benar aman? Siapa manufacturernya? Teh Rissa pernah bahas di blognya, bahwa Focallure ini sendiri diproduksi dari perusahaan OEM/ODM Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd, yang memang dibuat berdasarkan pesanan dalam partai besar untuk didaftarkan atas nama merek dari orang lain (dalam hal ini Focallure) makanya harganya bisa murah. Kalian juga bisa intip-intip di website resmi Focallure.

By the way, kalau mau belanja Focallure di Sociolla kalian bisa pake kode voucherku SBNLAFSL ya untuk tambahan diskon Rp50.000 dari pembelanjaan minimal Rp250.000, hehehe.

2. O.Two.O

Hasil gambar untuk o.two.o
pic source: website o.two.o

Selain Focallure, brand China yang nggak kalah hitsnya adalah O.Two.O.
O.Two.O ini murahnya kebangetan. Pensil alisnya ada yang harga 3 ribu rupiah aja. Waduh, itu pensil alis apa pensil 2B?
Sama seperti Focallure, O.Two.O ini juga berasal dari OEM/ODM. Kalian bisa cek official store O.Two.O di Shopee Indonesia dan juga official website O.Two.O yang dimana secara gamblang mereka menjelaskan kalau produknya adalah OEM/ODM products.
Soal packaging, produknya O.Two.O designnya menurut aku paling bagus di antara produk make up murah dari China lainnya,

3. Sace Lady

Hasil gambar untuk sace lady
pic source: bukalapak
Hasil gambar untuk sace lady deep cleansing nose pore strips
si nose strip yang lagi hits. pic source: shopee

Salah satu produk yang ngehits dari Sace Lady ini adalah Deep Cleansing Nose Pore Strips-nya yang konon bisa menarik komedo paling bandel sekalipun. Harganya? Cuma 7 ribuan aja! Aku sendiri belum pernah coba. Ada yang sudah pernah coba?
Sace Lady ini juga punya website resmi dan official store di Shopee. Sepertinya ini produk OEM/ODM juga, tapi aku nggak nemu statement yang menyatakan bahwa mereka produk dari OEM/ODM sih.

4. Kimuse

Hasil gambar untuk kimuse
pic source: shopee kimuse

Kimuse ini... beberapa produknya meniru design produk high end seperti Dior, Nars, dll. Harganya murah-murah banget, modal 100 ribu aja kayaknya udah bisa bikin one brand tutorial minimalis. Sayangnya aku nggak menemukan website resmi dari Kimuse, cuma ada official storenya di Shopee dan Aliexpress aja. Di official instagramnya Kimuse juga nggak ada keterangan mengenai website resmi Kimuse.

5. Ucanbe

Hasil gambar untuk ucanbe
pic source: aliexpress

Di official store Shopee-nya, produk Ucanbe ini nggak terlalu banyak dan kebanyakan berupa eyeshadow. Malah di storenya ini produknya nyampur sama merek NOVO, Giucami, dan Bioaqua. Oh iya, di official website Ucanbe, email yang dicantumkan masih berupa Gmail dan Hotmail. Nggak ada keterangannya juga manufactured by siapa dan apakah ini produk OEM/ODM atau bukan.

6. Bioaqua & Rorec

Hasil gambar untuk bioaqua
pic source: Jd.Id

Brand yang satu ini sering banget disebut sebagai brand abu-abu atau brand yang nggak jelas, soalnya emang mencurigakan sih. Pas awal-awal muncul, produk-produknya designnya plek ketiplek dengan brand-brand Korea. Oh iya, kebanyakan produk Bioaqua ini skincare sih.
Tapi ternyata Bioaqua punya website resmi dan ada alamat jelas officenya segala. Pas aku googling alamatnya di Google Maps sih, yang muncul semacam ruko-ruko gitu di Street Viewnya.
Terus mereka juga pajang sertifikat dari FDA dan GMP, nggak tahu ya asli apa palsu (Duh, udah negative thinking duluan soalnya designnya yang plek ketiplek itu lho, hahaha). Ada foto-foto pabriknya juga di websitenya yang setelah aku search image di Google, foto pabrik tersebut adalah Guangzhou Oubo Cosmetics Co., Ltd.
So is it another OEM/ODM products?

Hasil gambar untuk rorec
pic source: tokopedia

Selain Bioaqua, konon katanya merek Rorec juga diproduksi di pabrik yang sama. Yah, 11-12 lah sama Bioaqua, design produk-produknya Rorec juga nyontek brand lain. Malah katanya sih nyonteknya sampe ke deskripsi produk dan ingredient list, padahal ingredientsnya nggak sesuai dengan apa yang diklaim. Beda dengan Bioaqua, Rorec nggak punya website resmi dan informasinya di Google juga agak minim.

Biarpun ternyata mereka ini OEM/ODM, aku sih udah ifil duluan soalnya designnya nyontek terus main copas-copas deskripsi produk gitu. Ya kalo bener sesuai sama yang ditulis, kalau nggak?

Segitu aja kali ya beberapa brand make up murah dari China yang populer di Indonesia. Ada yang mau nambahin lagi nggak? Siapa tahu aku skip.

Apa kalian mau mencoba dan menggunakan produk-produk make up murah dari China ini? Apakah brand-brand tersebut memang worth it to buy?
Apakah brand-brand China ini aman untuk digunakan?
Yuk share pendapat kalian mengenai make up murah dari China ini!




This is not a sponsored post. I don't have any special connection with the brands i mentioned above

For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

15 komentar

  1. aku baru berani makai focallure soalnya dia sudah resmi dan ada bpomnya. kalau produk lain nggak berani mending beli produk lokal. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak, aku belom coba yg lain2 selain focallure hahaha

      Delete
  2. Makasih sharingnya mbak .... Udah tua tapi saya belum berani pilah pilih make up soalnya kulit wajah sensitif banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau make up sih kayaknya jarang yg nggak cocok buat kulit sensitif. Tp ya cari aman pilih yg brand lokal yg udah terjamin aja deh, hehehe

      Delete
  3. pernah beli blush focallure dan yaampun patchy bgt, tp pernah nyoba eyeshadownya lumayan ok juga, pnasaran sm cream blush nya o.two.o deh


    https://mondayblushed.blogspot.com/2020/01/elshe-is-she-one-elshe-skin-acne.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun penasaran tuhh cream blushnya secara byk yg blg bagus... tp masih maju mundur sih hehehe

      Delete
  4. Kalo brand china gini sampai sekarang belum tertarik nyoba. Tapi kalaupun nanti aku coba, aku hanya akan beli yg udah punya no bpom aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nyoba selain focallure kok eman eman ya, hahaha. Takut zonk juga tapi kok penasaraaan...

      Delete
  5. untuk Focallure itu menurutku lumayan lho. belanja 100 ribu bisa dapat makeup lengkap. tapi itu belinya di shopee yg dikirim dari luar negri. kalau beli Focallure di seller Indonesia harganya sudah mirip seperti produk lokal sini, mungkin karena ada biaya pajak masuk dsb kali ya.

    ReplyDelete
  6. Pernah beli masker bioaqua goceng dong. Tapi gak pernah dipake juga akhirnya. Takut. Gak ada ingredients nya dalam bahasa Inggris. Web nya juga aku masih ragu.

    ReplyDelete
  7. aku baru coba focallure dan suka banget eyelinernya, ga kalah sama eyeliner jepang favku.

    xoxo,
    piccha

    ReplyDelete
  8. Ga ada yang familier karena ga pernah pakai, hehe. Lumayan tahu jadinya segini banyak alat kecantikan :)

    ReplyDelete
  9. Waaah ternyata emang banyak banget yaa produk dari china yang murah murah giti, tapi bener harus selected dan hati hati ketika beli, yang baru aku coba sih baru produknya focallure aja dan emang lumayan bagus sih produknya..

    ReplyDelete
  10. kalau produk-produk dari China emang murah-murah ya teh.. tapi klo skincare jujur aja takut, klo makeup masih oke lah :")

    ReplyDelete
  11. Bioaqua, One Spring, Rorec, dll yang memang jiplak sebetulnya aman at least secara bahan baku karena dibuat di Guangzhou. Di China juga jatuhnya produk shanzhai 山寨, alias KW. Sales stabil sampai sekarang tandanya ada aja yang beli. Minusnya tetap mereka jiplak.

    Tapi ada brand lain yang punya konsep sendiri dan ingredients bisa dibilang solid. Lanbena, Breylee, Laikou, Mei Yan Qiong, dll keliatan bukan jiplakan. Mereka brand indie model The Bath Box lah atau Everwhite lah. Ini gak usah diragukan.

    Jadi sebetulnya gak perlu takut dengan skin care dan makeup China.

    Untuk yang tukang jiplak, meskipun jiplak tapi effort jiplaknya sendiri aja udah "patut diacungi jempol." Buat apa capek2 jiplak lalu ngoplos produknya. Nggak worth it. Kalo mau buat produk abal, sekalian aja semuanya abal. Contoh: pearl cream ga jelas atau bedak2 aneh di pinggiran mal.

    Shanzhai sudah budaya, jadi susah juga. Tapi untuk yang actually berusaha gak jiplak, kita patut dukung. Madame Gie aja produksi di China.

    Informasi begini gak ada di internet karena kebanyakan in Mandarin. Hope this helps.

    謝謝。

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)