Berandai-Andai, Seandainya Punya Beauty Brand Sendiri!

As a beauty blogger, bagian dari pekerjaannku adalah nyobain berbagai macam produk dari berbagai macam brand makeup dan skincare. Dalam memberi review, aku sendiri punya list produk seperti apa sih yang aku suka, apa aja yang aku prefer. Tapi belakangan aku mikir, seru juga kali ya punya brand skincare sendiri?

Soo, let me make a list and here we go.

What Kind of Beauty Brand I Want to Build?

Source: Freepik

1. Beauty in The Outside and Inside

Aku personally suka banget sama beauty brand yang nggak cuma concern sama kecantikan aja, tapi juga bisa memberikan impact untuk lingkungan sekitar. Aku suka produk-produk yang eco-friendly, dan tentunya sustainable. Belum kepikir sih konsepnya seperti apa, tapi yang jelas beauty brand ini bisa merangkul para beauty enthusiast juga untuk turut mencintai lingkungan.

Sampah beauty product itu bisa dibilang persentasenya cukup besar, aku pernah baca dimana gitu... CMIIW. Jadi beauty brand yang akan aku bikin ini harus punya misi untuk berperan mengurangi persentase itu. Gimana caranya? Mungkin dari sisi packagingnya dulu kali ya.

Aku pernah coba beberapa brand Korea yang menggunakan kertas daur ulang sebagai packagingnya dan juga soy ink yang lebih ramah lingkungan. Mungkinkah ide ini bisa diterapkan di Indonesia?

Terus kayaknya seru juga ya bikin campaign yang konsepnya tuh nggak cuma beauty outside aja tapi juga inside.  

2. Make It Simple

Aku juga anaknya banci packaging banget jadi aku tuh liat dulu packaging sebuah produk sebelum akhirnya memutuskan untuk beli (walaupun pada akhirnya berakhir mengendap di cart aja sih nggak di check out-check out, hahaha). Design favorit aku tuh yang simple, nggak banyak hiasan, dengan pemilihan font yang sophisticated, tapi tetep fun dan eye catching.

Aku juga suka warna-warna pastel yang muda, supaya si produk-produknya itu kelihatan cantik kalau ditata di meja rias. Pengen banget designnya ala-ala princess jaman dulu gitu, kayak compact powder dengan puff ngembang gede, botolnya kayak tube-tube kaca gede gitu.

Terus kalau bisa sih produk-produknya minimal ingredient gitu biar sensitive skin friendly. Fragrance-less dan nggak menggunakan colorant yang heboh. Pokoknya yang sophisticated gitu deh konsepnya.

3. 100% Local

Nah, dari situ menuju ingredientsnya. Aku pengen beauty brand ini bekerja sama dengan para supplier lokal dan menggunakan bahan-bahan yang 100% lokal dalam pembuatannya. So, kalau bisa nggak usah impor dulu ke luar negeri.

Tapi lagi-lagi ini aku cuma berandai-andai aja ya, aku kurang mengerti juga soal bahan-bahan baku apakah di Indo lagi-lagi ada semua yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk? Apa ada bahan tertentu yang memang nggak bisa didapatkan di Indonesia?

Terus key ingredients yang digunakan bisa mencerminkan Indonesia banget tuh. Tapi biar menjual gitu pakainya nama ilmiahnya aja, hahaha. Misalnya skincare dengan bahan utama bunga-bunga khas Indonesia gitu kayak Kenanga, Melati, bunga Telang, dan kawan-kawannya. 

Pengalaman Aku Bikin Brand Sendiri

Source: Freepik

Circa tahun 2014-an dulu aku sempet jualan masker homemade gitu yang bikinnya dari oatmeal dan dicampur-campur ala-ala masker DIY gitu. Jujurly emang seru banget ngerjainnya, mulai dari riset bahan-bahan, riset harga, mikirin designnya, sampe dulu tuh pernah hunting-hunting packagingnya dan akhirnya pakai pot lulur gitu dari supplier packaging kosmetik. Seru banget asli!

Profitnya juga lumayan banget sampai aku punya beberapa reseller. Tapi sayangnya aku udah nggak jualan lagi karena mikirnya kalau beauty brand gini kan harus BPOM ya, dan aku nggak punya waktu untuk ngurusnya.

Selain itu aku juga sibuk kuliah dan udah mulai serius ngeblog jadinya usaha aku ini nggak kepegang lagi. Udah gitu reseller aku tiba-tiba berenti order dan jualan produk yang sama persis lollll sebel banget kzl. Akhirnya Avenature resmi gulung tikar, haha.

Kayaknya agak susah juga ya memang kalau handle bikin beauty brand dari awal tuh, terlebih kalau kita nggak punya banyak waktu untuk ngurusnya. Dan nggak mungkin juga kita ngeracik satu-satu kaya skincare DIY karena keefektifan dan keamanannya kan belum tentu terjamin, jadi emang harus dikerjain sama RnD yang bener-bener fasih di bidangnya.

Maaf yaa buat konsumen aku dulu kalau misalnya ada yang ga cocok dengan masker racikan ala-ala aku dulu... Beneran deh itu hitungannya masih jaman jahiliyah karena belum paham bener sama skincare.

How to Build Your Own Beauty Brand

Source: Freepik

Yah, namanya juga berandai-andai doang kan ga ada salahnya ya. Nah, sekarang kan beauty brand local udah menjamur banget ya, bahkan artis-artis dan influencer juga ada yang punya brand sendiri. Tentunya bukan mereka 'personally' yang ngeracik satu-satu dong ya, pastinya ada team di belakang mereka yang memang pada ahli di bidangnya.

Terus gimana ya caranya bikin brand skincare dan makeup sendiri? Aku baca-baca jadi ternyata ada yang namanya maklon kosmetik, guys.

Hasil ngegoogle sih, maklon itu sederhananya misalnya kita mau bikin suatu beauty brand nih, nah untuk manufakturnya kita serahkan kepada pabrik kosmetik yang memang udah mumpuni dan nanti kita pasang brandnya kita sendiri deh. Jadi maklon itu semacam jasa pengerjaan produk kosmetik yang dilakukan oleh pabrik kosmetik.

Untuk urusan formulasi sampai ke perijinan juga tentunya jadi lebih mudah dengan menggunakan jasa maklon kosmetik.

Salah satu maklon kosmetik terbaik yang bisa kamu pilih untuk membuat beauty brand kamu sendiri adalah PT ADEV Natural Indonesia. Maklon kosmetik yang ada di Bogor, Jawa Barat ini bisa membantu kita untuk menciptakan brand kosmetik sendiri, fully customized dengan berbagai benefit menarik.

Kita bisa mewujudkan kosmetik impian kita sendiri dengan aneka macam pilihan bahan aktif yang kita tentukan sendiri. Warna, aroma, dan kemasannya juga bisa disesuaikan dengan keinginan kita dan tentunya yang terbaik, dong.

PT ADEV Natural Indonesia yang memiliki pabrik kosmetik grade A ini mengikuti standar BPOM dan CPKB, jadi udah nggak usah diragukan lagi. Jumlah pemesanan produk maklonnya juga rendah jadi cocok untuk UMKM atau home industry skala kecil.

Kita bisa bikin berbagai macam produk perawatan tubuh, mulai dari sabun, haircare, skincare, bodycare, perawatan khusus pria, sampai kosmetik untuk bibir. Pokoknya lengkap deh.

Proses Membuat Produk Kosmetik Impian dengan PT ADEV Natural Indonesia

Untuk dapat membuat produk impian kita, ada beberapa tahap yang harus dilewati terlebih dahulu di maklon kosmetik.

Pertama kita berkonsultasi terlebih dahulu kepada tim business consultant tentang seperti apa produk yang ingin kita buat. Selain itu juga tim business consultant ADEV punya data-data mengenai tren pemasaran kosmetik di Indonesia sehingga produk kita bisa meet demand dari pasar.

Setelah selesai konsultasi, tahap berikutnya adalah pembuatan sampel produk. Tahap ini bertujuan untuk menemukan formula yang tepat sebelum diproduksi secara massal.

Next, pengurusan perijinan legal seperti BPOM, label halal, dan pendaftaran merk. Karena produk sudah diproduksi sesuai dengan standar yang berlaku, tentunya akan memudahkan kamu untuk mengurus perijinan.

Setelah itu disusul dengan proses design kemasan produk, proses produksi, dan terakhir pengiriman produk untuk didistribusikan. 

***
Seru juga ya ngomongin cara untuk bikin brand kosmetik sendiri. Sekarang sih berandai-andai dulu yaa... kali aja nanti kesampaian bisa punya beauty brand sendiri. Kamu juga jadi tertarik nggak sih untuk menciptakan produk sendiri lewat maklon kosmetik?

Psst... coba nonton dulu video dari ADEV berikut ini yuk.





This is a sponsored post



11 komentar

  1. Naaah kalo kayak mba Tiwi yg memang suka dan paham dengan kosmetik dan skincare cocok nih mba, punya brand sendiri.

    Kalo aku rasanya ga mungkin, Krn walopun suka dan rutin pakai skincare, tapi ga ada knowledge mendalam juga ttg beauty things begini 😄. Lebih suka jadi pemakai ajalaah, drpd punya brand sendiri hahahah

    ReplyDelete
  2. aku juga baru tahu maklon kosmetik ini dari beberapa produk yang aku coba brandnya berbeda tapi tempat produksi sama eh ternyata maklon, seru juga kalo punya brand sendiri

    ReplyDelete
  3. Aah akupun erandai andai xix bolehkan ya .. cuss lah say, ppunya brand sendiri itung itung memperdalam ilmu per skincare-an

    ReplyDelete
  4. wah, nice info banget nih. buat yang pengen bikin beauty brand sendiri jd lebih praktis :D

    ReplyDelete
  5. Wahhh aku juga pgn nih kak suatu saat punya brand skincare sendiri.. diaminin dulu ajalah ya, amin.

    ReplyDelete
  6. Nah aku juga sempet nih pengenn nyabrand sendiri heeh au

    ReplyDelete
  7. waa kayanya itu jadi impian semua wanita sekarang deh hehehe.. keren ini bisa memfasilitasi gitu ya jadinya? kita tinggal pilih nama brand ya? :)

    ReplyDelete
  8. Jadi ikutan berandai-andai dehh 😆 sekarang emg banyak yang pakai jasa makloon gini, krna jd lebih gak repot yaa.

    ReplyDelete
  9. Wah seneng banget kalo bisa punya brand makeup sendiri yah, jadi ikut berandai andai nih hehe

    ReplyDelete
  10. Sama akupun sering mikirin gimana caranya bikin brand kosmetik sendiri, sering baca2 digoogle cuman ya itu butuh biaya banyak juga

    ReplyDelete
  11. kalau bisa punya brand makeup atau skincare sendiri kayaknya happy banget ya :)

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)