[BEAUTY DIARY] Late 20s Skincare Routine


Nulis ini karena baru sadar tinggal hitungan minggu bakalan udah masuk tahun 2022. It means it's my last year of being 20s is approaching fast! Time to step up my skincare game. Sebenernya di rentang usia teen sampe 20s ini aku nggak ngerasa banyak problem di kulit aku yang bener-bener susah dihandle gitu karena emang dari dasarnya kulit aku badak. Tapi dari beberapa artikel yang aku baca tuh, begitu udah masuk 30s kondisi kulit bisa berubah drastis, mulai dari hydration loss sampai adult acne.

Soooo... jadi sebaiknya emang prepare dulu sebelum masuk usia 30s. Sekarang aku mau share beberapa 'recipe' skincare routine yang lagi aku terapkan memasuki tahun-tahun terakhir usia 20. Padahal aku sendiri gak ngerasa lho kalau udah usia segini, soalnya pikiran aku tuh kaya stuck sekarang masih 2013 or 2014. Time is paused on my mental state.

Without further ado, so here's my skincare recap on welcoming the mighty 30s.

Late 20s Skincare Routine

Source: Freepik

Mengutip dari Women's Health Magazine, pada usia 30-an kadar hormon di dalam tubuh akan mulai menurun, tingkat produksi kolagen dan elastin juga akan menurun. Pergantian sel-sel bakalan jadi lebih lambat dan pemulihan gak akan secepat pada usia 20an.

Jadi ada beberapa ingredients yang jadi fokus aku untuk skincare routine di akhir 20s ini. Produknya sebenernya apa aja bisa, cuma yang jadi fokus tuh ingredientsnya. Bahkan aku baru nyoba retinol sekarang-sekarang ya ampun kemana aja. Aku breakdown satu-satu dan list produk yang lagi aku pakai sekarang ya.

Retinol


Seperti yang aku tulis sebelumnya, di usia 30-an tuh pergantian sel-sel kan mulai melambat. Jadi sel baru bakalan muncul setelah 30 hari pada awal usia 30-an, dan memasuki pertengahan 30s bakal lebih lambat lagi mulai dari  50, 60, sampai 70 hari. Regenerasi sel yang lebih lambat ini yang menyebabkan munculnya kerutan, wajah kusam, dan kering.

Menurut Dr. Tina Alster dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, ketika retinol dioleskan, ia berubah menjadi asam retinoat oleh enzim khusus yang ditemukan di kulit. Nantinya dia bakal meresap ke dalam kulit dan mempercepat proses pergantian sel. So there's no doubt retinol is a staple for anti aging.

Karena selama ini aku cocok-cocok aja sama retinol, aku belum sempet nyobain bakuchiol yang katanya 11-12 effectnya sama retinol tapi cenderung lebih mild. Nanti bakal aku share kalau aku sudah coba hehehe.


Retinol yang lagi aku pakai sekarang adalah Anti-Aging Serum dari NBRS Beauty. Sebelumnya aku sempet pakai retinol tonernya Avoskin, ini sudah pernah aku review juga. Tapi Anti-Aging Serumnya NBRS beauty ini supeeeer mild, bener-bener ga ada cekit-cekit sama sekali tapi hasilnya lumayan. Avoskin aja masih ada cekit-cekitnya dikit.


Next aku pengen cobain The Ordinary atau Somethinc, tapi ini juga kalau retinol yang lagi aku pake sekarang udah habis. Kan sustainable beauty, ceunah. Jadi sebisa mungkin #PakaiSampaiHabis hehe.


Collagen + Hyaluronic Acid


Seperti dikutip dari Glamour Magazine,  Alexis Granite, dokter kulit di Mallucci London  menjelaskan bahwa collagen sendiri adalah protein yang paling melimpah dalam tubuh dan sangat penting untuk membangun otot dan perbaikan sel. Ini adalah protein struktural yang panjang, berserat, dan memberikan kekuatan dan elastisitas kulit,

Kalau diibaratkan, collagen seperti trampolin yang menyediakan struktur dasar yang mendukung kulit yang tampak sehat dan kenyal.

Karena produksi kolagen dan HA alami kulit bakalan ikut menurun, makanya penting banget pakai skincare yang mengandung Collagen dan Hyaluronic Acid. Kedua ingredients ini bekerja dengan baik jika dipakai berbarengan dan terbukti efektif pada regenerasi jaringan,

Source: ecosmeticworld

Aku sekarang lagi coba Dermarssance Highprime Collagen Film Full Set, Ini tuh tipe masker collagen yang soluble, jadi dia ditempel di kulit yang basah, terus disemprot lagi pakai face mist nanti maskernya baklaan dissolve ke kulit gitu, canggih banget sih. Sebenernya aku pernah pakai produk sejenis dari brand yang berbeda yaitu Ceramine tapi dia bentuknya masker full face gitu. Kalau Dermassance dia kecil-kecil gitu bisa buat targeted areas.

Terus dia udah include face mist yang juga mengandung collagen. Baik masker sama mistnya punya kadar collagen tinggi sampe 90% lebih.

Bisa beli Dermarssance Highprime Collagen Film Full Set di Charis Shop aku ya gengs hehehe.


Kalau untuk Hyaluronic Acidnya aku sekarang lagi pakai Soothing Moisturizer dari Aysi Hydra Glow Series. Dia mengandung Hydrolyzed Hyaluronic Acid yang partikel molekul HA-nya lebih kecil jadi bisa lebih efektif gitu.

Aysi ini produk lokal dan available on Shopee yaa... bisa pakai kode voucher aku juga OFFIPRTW biar dapet diskon 10%.

Source: Shopee

Selain itu aku juga pakai HA toner dari The Lab By Blanc Doux yang massa molekulnya super kecil. Nah ini toner cocok banget buat 7 skin method karena bener-bener super lightweight serasa nemplokkin air aja di muka. Beli The Lab By Blanc Doux Oligo Hylauronic Acid 5000da Toner ini juga bisa di Charis Shop aku.

Peptide

Source: Shopee

Last but not least, eye cream udah ga boleh ketinggalan. Selama ini aku coba beberapa merek eye cream yang paling nampol buat aku adalah Skintific 360 Crystal Massager Lifting Eye Cream yang mengandung Peptide dan Caffeine. Peptida adalah asam amino yang merupakan bahan penyusun protein tertentu yang dibutuhkan oleh kulit, seperti kolagen dan elastin.

Cuma yang bikin si Skintific ini special dia punya massager special yang bisa geter dan dipakai buat pijat di area mata sambil apply creamnya. Ini rencananya bentar lagi naik reviewnya di Instagram so stay tune yaa hihihi. Jadi ngebocorin dulu di sini deh.

Lifestyle


Sudah setahun belakangan ini aku lebih fokus untuk ubah lifestyle jadi lebih sehat. Trust me, skincare alone won't do the job properly! Apalagi sekarang aku full remote working di rumah jadi ya emang seharian tuh duduk aja depan laptop and it's definitely not very healthy.

Sarapan pagi, karena aku punya GERD jadi nggak makan yang terlalu macem-macem. Biasanya aku makan oatmeal. Sekali-kali makan mi yum-yum kalo ga mi sedaap singapore laksa oh my love. Sejak nikah aku emang udah gak pernah makan nasi pagi-pagi.

Oh ya, jangan lupa juga minum vitamin. Konsumsi suplemen kalsium terbaik supaya tulang tetap kuat. Jujurly setelah melahirkan dua bocah-bocah itu aku ngerasa tulang aku ga sekuat dulu. Gampang banget pegel sama mudah capek.

Berhubung aku juga darah rendah jadi wajib banget minum suplemen penambah darah. Gini emang deh kalau penyakitan mesti disupport segala macem.

Aku kerja weekday start jam 9 sebenernya, tapi aku udah stand by dari jam 8 lebih. Sebelum mulai kerja olahraga dulu tipis-tipis. Aku usahain olahraga 3 atau 2 kali seminggu sekarang, masing-masing sesinya 15-25 menit tergantung mood. Dulu pas lagi usaha banget naikkin berat badan bisa hampir tiap hari 30 menit lebih olahraga, tapi sekarang sih karena bentrok jadwal juga jadi ya menyesuaikan lah.

Pakai aplikasi olahraga apa? Bisa baca di postingan aku sebelumnya ya.


Aku juga udah mulai ngurangin begadang nonton netflix, drakoran, or baca komik. Pokoknya minimal jam 10 udah harus tidur, maksimal banget sekali-sekali boleh lah jam 12 tapi nggak tiap hari. 

***

Itu dia beberapa skincare ingredients dan lifestyle changes yang jadi fokus aku untuk usia akhir 20 tahun ini. Mudah-mudahan jelang 30s nanti kulitnya udah siap. Aging emang nggak bisa dilawan karena emang proses alamiah kan, cuma kita bisa aging gracefully dengan persiapan yang tepat.


7 komentar

  1. Produk Retinol emang kecintaanku sejak 2 tahun belakangan ini

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran sm NBRS nya, kayaknya bole ni dicobain ada bakuciolnya sm retinolnya jg

    ReplyDelete
  3. dari skincare sampai supplement kamu merawat diri dengan baik ya (carnellin)

    ReplyDelete
  4. Ahh paling suka sama eyecream nya skintific ciamik banget

    ReplyDelete
  5. Rasanya tersentil, uhuhuhu... aku sampai sekarang masih aja belum terlalu peduli sama kesehatan kulit T_T Thank you udah ngingetin, yaaa :)

    ReplyDelete
  6. The content you've posted here is fantastic because it provides some excellent information that will be quite beneficial to me. Thank you for sharing that. Keep up the good work. certified organic anti aging Serum

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)