Bisnis Produk Skincare dan Peluangnya, Seperti Apa?

Kalau dibandingkan sama beberapa tahun lalu, bisnis skincare sekarang ini punya peluang yang sangat besar, setuju nggak sih? Belakangan ini bisnis produk kecantikan tuh lagi gencar-gencarnya banget, apalagi setelah era-nya influencer dan media sosial dimana orang-orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.

Beberapa waktu lalu aku sempat bahas sedikit mengenai kehaluan beauty brand seperti apa yang mau aku bikin seandainya punya kesempatan untuk merealisasikannya. dengan jasa maklon kosmetik.

Baca Juga: Seandainya Punya Beauty Brand Sendiri

Sekarang aku coba lanjutin bahas tentang bisnis produk skincare dan peluangnya. Sebenernya bukan kapasitas aku banget sih untuk bahas ini karena aku ga punya biz background yang mumpuni, tapi kita asyik-asyikan aja deh. Yuk?

Peluang Bisnis Skincare di Indonesia

Kategori Produk yang Bermacam-Macam


Source: Unsplash

Jadi menurut aku peluang bisnis produk skincare tuh luas banget lho guys. Secara skincare itu kan kategorinya banyak ya. Sebagai contoh nih, aku sekali skincare routine aja itu produknya udah macem-macem banget. Dari step cleasing aja pertama aku pakai cleansing oil or balm dulu, baru lanjut ke facial wash. Kalau pakai makeup sebelumnya, aku bersihin makeupnya dulu pakai eye/lip remover, micellar water.

Terus baru lanjut ke step-step selanjutnya, exfo toner dulu, hydrating toner, essence, hydrating serum, serum with active ingredients, moisturizer, sunscreen. Belum weekly routinenya kayak masker, itu kan jenis produknya banyak. Mulai dari sheet mask, clay mask, charcoal mask, peel off mask, wash off mask, sleeping mask, dan kawan-kawannya.

Untuk masing-masing bagian wajah aja udah banyak banget lho jenis produknya. Misalnya Buat alis ada brow serum, buat bibir ada lip balm, lip butter, lip oil.

Terus kan nggak mungkin kita skincare-an tuh cuma pake satu atau dua produk aja. Meskipun udah diminimalisir banget misalnya CTMP doang itu kan nggak cuma 1 produk, pasti lebih lah dari dua atau tiga.

Karena konsumen juga butuhnya lebih dari satu produk tentu peluang bisnisnya jadi lebih luas. Ya nggak sih?

Baca Juga: Menerapkan Skin Minimalism

Loyalitas Konsumen

Source: Unsplash

Dari pengalaman aku sendiri sih, kalau sudah cocok sama satu produk, besar kemungkinannya aku bakal repeat order atau terus menerus menggunakan produk tersebut. Nah, jika produk kita diformulasikan dengan baik sehingga cocok, user experiencenya bagus, dengan sendirinya angka repeating customer-nya bakal naik.

Cuma mesti diperhatikan juga karena skincare ini sifatnya trial and error. Cocok di satu orang belum tentu cocok juga di orang lain. Tiap individu punya jenis kulit yang berbeda-beda, masalah yang beragam, dan toleransi yang beda-beda juga. Nah, dari sini mungkin bisa diambil peluang untuk menciptakan beberapa jenis produk untuk jenis kulit yang berbeda, dengan bahan aktif yang berbeda untuk tingkat toleransi yang berbeda.

Market Share yang Besar


Source: Unsplash

Sepengamatan aku, market share bisnis kosmetik terutama skincare juga sekarang cukup besar. Anggaplah 10 tahun yang lalu dimana internet masih belum semasif sekarang, yang pakai skincare paling usia remaja akhir hingga dewasa. Kalau sekarang kan udah beda banget, anak-anak remaja awal usia 13 tahun aja udah pada pinter-pinter make up dan grooming.

Jaman aku SMA dulu mana tau step-step skincare. Aku cuma beli facial wash (itupun scrub lagi dan dipake tiap hari! bener-bener jahiliyah) terus langsung ditimpuk bedak. Ya ampun, sesat banget.

Sekarang kan anak-anak SMP SMA juga pasti udah tau dong soal skincare routine. Di age range yang lebih besar apalagi, demandnya juga bakal jadi semakin meningkat. 

Baca Juga: Harapanku Untuk Brand Kecantikan Lokal Indonesia

Sustainable Trend

Source: Unsplash

Masyarakat terutama para beauty enthusiast tentunya bakal ngikutin trend kecantikan terus. Dan trend ini aku perhatikan selalu ada aja deh yang baru. Jadinya peluang bisnis skincare semakin banyak, ya kan?

Misalnya nih, sekitar 3 atau 4 tahunan yang lalu tuh lagi trend lip cream, hampir semua brand lokal punya lip cream. Muncul juga brand-brand baru yang ngeluarin produk lip cream. Dan sekarang juga kita masih tetep pakai lip cream kan meskipun trendnya udah lewat? Apalagi kalo cewek udah urusan perlipenan pasti maunya koleksi apapun jenisnya, mulai bullet lipstick, lip cream, lip tint, dan kawan-kawannya. Nggak mungkin tuh cewek punya lipstick cuma satu biji doang, hahaha!

Contoh lain, waktu baru-baru muncul trend exfoliating toner. Dari yang awalnya cuma tau toner itu cuma satu jenis aja ya toner, jadi beli exfoliating toner kan karena trendnya. Dan setelah dicoba memberikan impact yang oke untuk kulit, jadilah terus dibeli, meski sekarang trendnya mungkin udah bergeser ke retinol or bakuchiol. 

Terus lagi sekarang lagi ngetrend sunscreen stick deh kayaknya. Karena menurut aku ini adalah inovasi yang lebih praktis dibandingkan sunscreen type cream atau lotion, aku prediksikan sunscreen stick ini akan terus diproduksi karena pasti akan banyak banget peminatnya sampe beberapa tahun ke depan.

Solusi Bisnis Kosmetik dari PT. ADEV Natural Indonesia

Kalau kamu memutuskan untuk terjun ke bisnis kosmetik, terlebih skincare, ada solusinya yang sangat praktis yaitu menggunakan jasa maklon kosmetik. Nah, dengan jasa maklon, kita nggak perlu pusing mikirin proses produksi yang rumit dan exhausting, cukup fokus aja dengan strategi penjualan dan pemasaran produk kamu.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa maklon dari PT. ADEV Natural Indonesia, seperti berikut ini;

  • Produk akan selalu tersedia dan memenuhi demand yang ada
  • Bebas menentukan harga dan branding dari produk, fully customized!
  • Membuat jalur pemasaran sendiri misalnya melalui reseller, agen, MLM, dan lain-lain
  • Sudah punya standar sendiri dan tercatat di BPOM dan LPPOM Halal MUI

Apalagi di ADEV ada business consultant yang bisa membantu kita untuk menentukan seperti apa produk yang akan diproduksi hingga strategi pemasarannya. Pokoknya udah paket lengkap banget.

Nah, melihat peluang bisnis skincare yang sangat luas ini, apa kamu jadi tertarik untuk terjun ke bisnis produk kecantikan? Jika iya, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa maklon terbaik seperti yang ditawarkan ADEV agar makin cuan makin terjamin juga kesuksesannya.



This is a sponsored post







17 komentar

  1. bisnis kosmetik emang menjanjikan ya soalnya kepeluan yang dipakai berulang dan juga kebanyakan orang sering explore skincare

    ReplyDelete
  2. Bisnis skincare skg lg berkembang pesat bgt sih skg...

    ReplyDelete
  3. Bener nih, emang oaling gak ribet tinggal pake maklon aja. Kita tinggal pilih formulasi yg kita inginkan mendekati merk A B C,krn aku pernah ditawarin temenku.

    ReplyDelete
  4. Adev membantu banget yaa buat yang mau mulai bisnis produk kecantikan

    ReplyDelete
  5. Semoga suatu saat kesampaian punya beauty brand sendiri

    ReplyDelete
  6. hampir tiap hari ada brand baru dalam dunia skincare dan iya proses serta kualitasnya pun bagus (carnellin)

    ReplyDelete
  7. *mulai menghalu bikin produk skincare sendiri*

    ReplyDelete
  8. Kapan ya nis kita punya brand skincare sendiri hahaa *mari menghalu bersama

    ReplyDelete
  9. Duh impian banget punya brand skincare sendiri, semoga semogaaa...

    ReplyDelete
  10. emang menjanjikan bgt ya bisnis skincare sekarang, klo ada modal jg pgn nyoba :D

    ReplyDelete
  11. Keren banget sih bisnis skincare ini, semua bisa memulai usaha ya!

    ReplyDelete
  12. Yuhuu thank you ka,artikel nya bermanfaat bgt🤤

    ReplyDelete
  13. Betul bgt, bisnis skin care sekarang itu sangat menjanjikan. Aku juga pengen suatu saat nanti punya bisnis skin care brand aku sendiri. Aamiin.. hehe

    ReplyDelete
  14. Bisnis skincare dan makeup di Indo emang bagus banget sih, tahun ini aja entah berapa ribu atau puluhan ribu yaa yang launching. Keren!

    ReplyDelete
  15. Ide bisnis yg hits saat ini tp juga butuh modal dan teamwork yg bagus ya hihiy

    ReplyDelete
  16. Impian akuuuu, ternyata bisa juga pake jasa maklon kalo mau bikin skincare. Aku baru tau huaaaa. Jadi ntar tinggal terima jadi aja ya kak

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)