[REVIEW] Re.Set The Skin - #TimeToReset Your Skin

Hai! Awal tahun 2022 aku udah tumbang aja karena kena DBD dan mesti opname selama semingguan di rumah sakit. Habis itu karena bener-bener bed rest, pipis aja mesti pake kateter, pulang ke rumah aku lemes banget dan baru bisa bener-bener beraktivitas seperti biasa itu setelah dua mingguan.

Jadi ada kali hampir sebulan aku gak skincare-an. Kulit gimana? Ga usah ditanya lagi ngelupas sana sini dan kusem banget. Yaah, habisnya gimana prioritasnya kan sembuh dulu kemarin-kemarin tuh. Mana kerjaan semua keteteran banget, hhh!

Ok, enough with the curcol. Untuk mengembalikan kondisi kulit aku ke semula aku butuh skincare yang tepat. Lucky me, pulang dari rumah sakit aku dapat paket dari Jakarta Beauty Blogger yaitu satu set skincare terbaru dari Re.Set The Skin.

Sesuai dengan taglinenya #TimeToReset, bisa dibilang sesuai banget dengan kondisi aku saat ini yang memang pengen 'restart' kulit aku setelah hampir sebulan terlantar. So, Re.Set The Skin sendiri punya 4 buah produk untuk aku coba yaitu 

  • 2% BHA Pore-Refining Exfoliant
  • 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
  • 1% Actosome Retinol Serum
  • 2% Actosome Retinol Skin Restoring Serum

Penasaran nggak bagaimana hasil pemakaian keempat produk tersebut? Yuk intip review berikut ini sampai habis, ya!

Review Re.Set The Skin

Packaging


Kita unboxing dulu ya karena PR Packagenya super gemes, hihihi. Pertama dateng keempat produk ini dikemas dalam box berukuran cukup besar yang colorful. There is cyan, magenta, and yellow. So stylish!

Saat dibuka, ada PVC Pouch warna magenta yang cantik. Di dalamnya ada empat produk Re.Set The Skin, hand towel, neon-colored scrunchies, dan product knowledge berbentuk cards yang unik.

Jika diperhatikan masing-masing produknya punya color image sendiri. 2% BHA Pore-Refining Exfoliant warnanya hitam, 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum hijau, 1% Actosome Retinol Serum magenta dan 2% Actosome Retinol Skin Restoring Serum orange.

Buat aku yang memang suka produk dengan design minimalis monotone, design kemasan Re.Set The Skin ini bsia dibilang edgy dan fun! Masing-masing produknya dikemas dalam box yang sesuai dengan color imagenya masing-masing.


Oh iya, masing-masing produknya bisa dicek keasliannya menggunakan QR Code dari Shieldtag.co yang ada di bagian segelnya ketika pertama kali diterima. Jadi nggak perlu takut ketipu produk palsu karena bisa dicek dulu.

Kita lanjut ke kemasannya, ya. Untuk liquid exfoliantnya dikemas dalam botol berukuran 100ml, sementara untuk ketiga serumnya berupa botol kecil pendek dengan pump ukuran 30ml. Material botolnya plastik yang cukup ringan.

Serum-serumnya punya semacam segel plastik untuk mulut pumpnya yang dapat menjaga kehigienisan produknya, sedangkan liquid exfoliantnya nggak ada segel apa-apa setelah tutupnya dibuka.

Ingredients

2% BHA Pore-Refining Exfoliant

Re.Set The Skin 2% BHA Pore-Refining Exfoliant Ingredient List - Water, Methylpropanediol, Butylene Glycol, Salicylic Acid, Polysorbate 20, Vincetoxicum Atratum Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen

Tiga hero ingredients dari produk exfoliant ini adalah sebagai berikut:

  • BHA (Salicylic Acid)
    Seperti yang kita tahun BHA adalah exfoliant yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati. Beda BHA dengan AHA adalah BHA dapat larut dalam minyak (oil-soluble) sehingga bisa masuk lebih dalam ke pori-pori untuk mengangkat sel kulit mati dan sebum yang berlebih.

    Selain itu tak seperti AHA, BHA tidak membuat kulit sensitif terhadap matahari. Tapi tetep jangan lupa pakai sunscreen, ya!

    BHA sendiri paling cocok digunakan untuk kulit berminyak dan kombinasi dan dapat digunakan setiap hari. Meskipun begitu, mungkin perlu trial phase dengan memakainya beberapa kali seminggu sampai kulit terbiasa (sumber),

  • Sodium Hyaluronate
    Sebagai turunan (derivatif) dari HA (Hyaluronic Acid), Sodium Hyaluronate memiliki manfaat yang hampir sama dengan HA yaitu melembapkan kulit dan mengurangi kerutan pada wajah. Bahan ini bersifat hidrolifik yang artinya mudah bercampur dengan air sehingga ketika dioleskan pada kulit dapat menarik kelembapan ke dalam sel-sel kulit.

    Dibandingkan HA yang memiliki berat molekul tinggi, Sodium Hyaluronate dapat memberikan efek hidrasi yang lebih besar karena berat molekulnya yang rendah (sumber).

  • Green Tea Extract
    Green tea atau teh hijau kaya akan antioksidan dan dapat menenangkan kulit dari inflamasi dan kemerahan. Selain itu ia juga dapat bekerja untuk mengurangi produksi sebum yang berlebih sekaligus meningkatkan hidrasi kulit.

Menurut Skincarisma Ingredient Analyzer, ini termasuk kategori minimal ingredients dan cocok untuk kulit kering dan juga berminyak. EWG Health Ratingnya ada di angka 80% which is pretty good.

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum

Re.Set The Skin 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum Ingredient List - Water, Niacinamide, Alpha-Arbutin, Pentylene Glycol, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, Xanthan Gum, Chlorphenesin, Tetrasodium EDTA, Citric Acid

Ada 2 key ingredients dari serum pencerah kulit ini yaitu

  • Niacinamide
    Niacinamide merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, dan meratakan warna kulit. Bahan ini mudah diserap oleh lapisan luar kulit tanpa menyebabkan iritasi atau kemerahan. Niacinamide juga membantu membangun keratin, sejenis protein yang membuat kulit Anda kencang dan sehat, serta memperkuat skin barrier (sumber).

  • Alpha Arbutin
    Alpha Arbutin bekerja mencerahkan kulit dengan cara menghambat aktivitas tirosinase dan pematangan melanosom. Ini adalah salah satu bahan pencerah kulit paling populer di dunia saat ini dan telah digunakan dalam pengobatan banyak gangguan hiperpigmentasi (sumber).

1% Actosome Retinol Serum

Re.Set The Skin 10% 1% Actosome Retinol Serum Ingredient List - Aqua, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol, Isopropyl Myristate, Polysorbate 20, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Retinol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Avena Sativa Meal Extract, Cholesterol, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Bisabolol, Octyldodecanol, Black Currant (Ribes Nigrum) Oil, Hydroxypinacolone Retinoate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Jania Rubens Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Cetearyl Alcohol, Phenoxyethanol, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Dimethyl Isosorbide, PEG-75 Stearate, Steareth-20, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Hydrogenated Lecithin, BHT, BHA, Tocopherol, Sodium Carrageenan

Seperti nama produknya, kandungan utama serum ini adalah Actosome Retinol. Berikut adalah beberapa manfaat dari Actosome Retinol

  • Mempercepat pergantian sel kulit
  • Bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Menjaga elastisitas kulit
  • Mengurangi kerutan dan garis halus
  • Mencerahkan kulit yang kusam dan mengurangi tampilan noda hitam
  • Memperbaiki tekstur kulit dan jerawat

Jika dilihat dari ingredient listnya, produk ini mengandung Hydroxypinacolone Retinoate, yang dapat bekerja memproses aktivitas asam retinoat bawaan, mengikat langsung dengan reseptor retinoid tanpa memerlukan pemecahan metabolisme menjadi bentuk yang lebih aktif secara biologis. Hydroxypinacolone Retinoate telah terbukti lebih stabil dan menyebabkan iritasi kulit lebih sedikit daripada retinol (sumber)

2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum

Re.Set The Skin 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum Ingredient List - Aqua, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol, Polysorbate 20, Isopropyl Myristate, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Retinol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Avena Sativa Meal Extract, Cholesterol, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Bisabolol, Octyldodecanol, Black Currant (Ribes Nigrum) Oil, Hydroxypinacolone Retinoate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Jania Rubens Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Cetearyl Alcohol, Phenoxyethanol, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Dimethyl Isosorbide, PEG-75 Stearate, Steareth-20, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Hydrogenated Lecithin, BHT, BHA, Tocopherol, Sodium Carrageenan

Kandungan dua serum retinol dari Re.Set The Skin ini kurang lebih sama, namun jika kamu beginner dan belum pernah sama sekali memakai retinol lebih baik menggunakan yang 1% terlebih dahulu. Begitu pula jika kamu mau coba memakai yang konsentrasi 2% sebaiknya build up skin tolerance-nya lebih dulu dengan memakai yang 1% dulu selama beberapa minggu baru beralih ke yang 2%.

Cara Pemakaian

Untuk 2% BHA Pore-Refining Exfoliant, gunakan setelah membersihkan kulit dan direkomendasikan dituang terlebih dahulu ke kapas untuk mengangkat sel kulit mati dengan lebih efektif. Liquid exfoliant ini dapat dipakai pagi atau malam hari, tapi jika dipakai di pagi hari jangan lupa gunakan sunscreen setelahnya. Jika dipakai di malam hari, lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum bisa dipakai pagi atau malam hari, dan digunakan setelah membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi dengan liquid exfoliant-nya.

Sedangkan 1% Actosome Retinol Serum dan 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum lebih baik dipakai di malam hari dan wajib dilayer lagi dengan moisturizer. Jika baru pertama kali menggunakan retinol, coba satu kali seminggu selama 3 hingga 4 minggu, baru naikkan 'dosis'-nya 2 hingga 3 kali seminggu. Hindari layering dengan produk yang acid-based, so that means jangan pakai retinol serumnya berbarengan dengan liquid exfoliant-nya ya.

Texture & Fragrance

Bisa dilihat di foto di atas tekstur untuk masing-masing produknya. Liquid Exfoliant-nya punya tekstur watery seperti air, kemudian untuk brightening serum-nya teksturnya agak kental dan berwarna bening. Dua serum retinolnya sama-sama teksturnya lebih kental sedikit dari brightening serum dan warnanya putih agak kekuningan, bisa dibilang broken white gitu.

Semua produk Re.Set The Skin ini tidak mengandung artificial fragrance, dan nggak ada wangi khusus yang tercium dari produknya. So aku bisa bilang ini aman banget buat kamu yang punya sensitive nose kayak aku.

Verdict

As you can see, setelah menggunakan produk-produk Re.Set The Skin selama kurang lebih dua minggu aku merasakan ada perubahan yang cukup signifikan pada kulit wajah aku. Aku bahas satu-satu, ya. 

Menurut aku hasil pemakaian produk 2% BHA Pore-Refining Exfoliant ini masih kurang efektif untuk mengangkat whitehead di kulit aku, tapi cukup optimal untuk membersihkan wajah secara keseluruhan.

Lalu untuk 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum aku juga masih belum merasakan perubahan pada skintone, nggak terlalu terlihat lebih jelas apakah kulit aku tambah cerah atau nggak.

Tapi untuk retinol serumnya aku acungi jempol! Jadi aku kan sudah coba beberapa produk dengan retinol, memang it does a really good job untuk memperbaiki tekstur kulit, so does 1% Actosome Retinol Serum dan 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum-nya Re.Set The Skin.

Tapi kedua serum retinol ini juga memberikan efek tightening atau firming/lifting di kulit aku. Aku ngerasa kulit jadi lebih kenceng juga, tapi bukan tightness yang gak nyaman karena kering gitu, tapi kerasa aja kulit tuh kenceng nggak kendur gitu.

Is it what they called botox-like effect? Well, aku sendiri belum pernah botox jadi nggak bisa membandingkan hasilnya, hahaha.

Overall, kalau ditanya produk favorit dari Re.Set The Skin aku pasti akan jawab retinol serumnya dan akan aku rekomendasiin baik untuk kamu yang masih pemula dalam penggunaan retinol atau kamu yang mau coba step up konsentrasi yang lebih tinggi.

Setahu aku kadar 0,3% sampai 1% aja sudah termasuk high strength retinol dan persentase retinol yang lebih tinggi ini memberikan hasil yang cepat untuk masalah perawatan kulit yang mungkin tidak merespons persentase retinol yang lebih rendah (sumber).

Tapi bukan berarti produk yang lainnya jelek, kok. So far nggak ada reaksi negatif di kulitku seperti break out atau purging. Kalau untuk brightening serum mungkin waktu trial 2 weeks memang nggak akan kelihatan langsung hasilnya, ya. Nanti aku coba update untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk liquid exfoliant-nya juga menurut aku cukup mild dan bisa banget dipake setiap hari, cuma mesti perhatikan juga agar tidak 'bentrok' sama active ingredient lain yang potentially irritant atau drying.

Another thing i like adalah design produknya yang cakep! Colorful product seperti ini angin segar di tengah-tengah gempuran skincare lokal yang masif banget seperti sekarang. Harga-harganya juga bisa aku bilang cukup terjangkau dan ada paket bundling juga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

So, tertarik untuk mencoba Re.Set The Skin? Kalian bisa cek juga Official Shopee-nya ya!


This is a sponsored post. Reset The Skin send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience




13 komentar

  1. Desain packagingnya simple tp cukup playful ya

    ReplyDelete
  2. Packagingnya tuh gemes banget banyak warna! Semua orang pasti setuju ^^

    ReplyDelete
  3. aku juga pakai kak, suka bgt sama warna packagingnya yg colourfull
    favorit kakak yg mana

    ReplyDelete
  4. Aku suka sama desain packaging Reset ini, cakep aja gitu lihatnya.. paling cinta sama brightening serum dan retinol 1% nya :D

    ReplyDelete
  5. Emang designnya simple tp warna-warni itu deh yg bikin aku tertarik.
    Paling suka sama liquid exfoliant-nya ❤

    ReplyDelete
  6. designnya simple dan kandungannya juga oke nih jadi penasaran

    ReplyDelete
  7. aku juga habis nyobain RESET ini, dan gemes banget pas pertama liat packagingnyaaa, sukaaa

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama packaging designnya, simple tapi keren. Formula productnya ok banget ternyataa

    ReplyDelete
  9. Tbh I have a crush on first sight pada brand ini. Makin penasaran

    ReplyDelete
  10. Nis, aku pikir ini produk Korea lho awal2nya!

    ReplyDelete
  11. Sebagai yang demen design minimalis, ini bisa jadi skincare yang standout di meja riasku. (Fia)

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)