[REVIEW] Nyobain ANESSA Perfect UV Sunscreen, Sebagus Itu?

Ngomongin sunscreen, kalau mau jujur sebenernya aku mager banget pake sunscreen. Kenapa? Soalnya rata-rata sunscreen tuh lengket, bikin pengep apalagi kalau pake masker, whitecast bikin muka kelihatan pektay, dan kerasa berat di kulit. Jadi aku lumayan sering skip sunscreen karena belom nemuin aja sunscreen yang pas di hati, hahaha.

Ini nggak boleh ditiru sih sebenernya karena sunscreen tuh vital banget dalam skincare routine. Sunscreen akan melindungi kulit kita dari paparan sinar UV yang memiliki dampak negatif untuk kulit. 

Dikutip dari skincancer.org, kulit kita terdiri dari tiga lapisan: epidermis, atau lapisan terluar; dermis, atau lapisan tengah; dan subkutis, atau lapisan paling bawah.

Dermis mengandung kolagen, elastin dan serat lain yang mendukung struktur kulit. Unsur-unsur inilah yang membuat kulit tampak halus dan awet muda.

Keriput, garis-garis halus dan pigmentasi adalah masalah kulit yang tak terhindarkan yang sering muncul seiring bertambahnya usia, tetapi kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat memperburuknya.

Menggunakan sunscreen setiap hari dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini karena paparan sinar matahari ini.

Kalau kalian gimana? Suka mager juga nggak sih pake sunscreen?

Anyway, belakangan aku lagi nyobain sunscreen yang lagi viral. Yep, it's ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare! Ada 2 jenis yang aku coba yaitu yang Gel dan Milk. ANESSA adalah produk sunscreen no 1 di Jepang yang sudah melalui 100 tahun lebih research dari Shiseido untuk pengembangan produknya

Sebenernya aku udah lama juga penasaran sama ANESSA ini karena banyak banget beauty enthusiast yang ngerave, termasuk kak Affi Assegaf, salah satu skincare guru yang aku ikutin juga memuji sunscreen ini. Aku jadi penasaran dong, emangnya beneran sebagus itu?

Setelah menggunakan sunscreen dari ANESSA ini selama kurang lebih dua minggu, aku menemukan jawabannya. Yuk intip dulu review sunscreen ANESSA berikut ini!

Review ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel & Milk

Packaging

Saat baru datang, kedua sunscreen ANESSA ini berada dalam kemasan plastik berwarna gold dengan aksen biru. Di kemasan plastiknya ini hampir semuanya tertulis menggunakan bahasa Jepang, begitu pula yang tertera di botol produknya.

Oh iya, pouch plastiknya ini sendiri terbuat dari plant-based bioplastic yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan packaging plastik biasa.

ANESSA ini sudah resmi masuk Indonesia ya guys di bawah Shiseido Indonesia dan sudah teregistrasi di BPOM juga. 

Untuk yang tipe gel, packagingnya berupa tube ramping dengan tutup ulir, nettonya 90ml. Sementara yang tipe milk menggunakan botol pendek dengan ukuran 60ml. Setahu aku sih ada beberapa jenis sunscreen ANESSA lagi yang lain, ada yang tone up dan juga ada yang spray.

Menurut aku kemasannya nggak bulky. Keduanya ramping dan bisa diselipkan dengan mudah di traveling pouch dan juga nggak makan banyak tempat di vanity. Packagingnya juga recyclable. Desain botol dan tutup dari ANESSA sunscreen ini didesain dengan memikirkan dampak limbahnya untuk lingkungan. Kudos to ANESSA yang concern dengan masalah lingkungan ini!

Ingredients

ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel Ingredient List - Water (Aqua), Alcohol, Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate 7.49475%, Ethylhexyl Salicylate 5.0%, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine 3.0%, Diisopropyl Sebacate, Silica, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate 2.0%, Ethylhexyl Triazone 2.0%, Titanium Dioxide, Glycerin, Caprylyl Methicone, PPG-17, Acrylamides/​Dmapa Acrylates/​Methoxy PEG Methacrylate Copolymer, Phenoxyethanol, Dextrin Palmitate/​Ethylhexanoate, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, C30-45 Alkyl Methicone, Hydrated Silica, C30-45 Olefin, Carbomer, Triethoxycaprylylsilane, Potassium Hydroxide, Agar, Xanthan Gum, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance (Parfum), Distearyldimonium Chloride, Butylene Glycol, Dextrin Palmitate, PEG/​PPG-14/​7 Dimethyl Ether, Stearic Acid, BHT, Dipotassium Glycyrrhizate, Leontopodium Alpinum Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Potentilla Erecta Root Extract, Sodium Acetylated Hyaluronate, Talc, Soluble Collagen

ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Milk Ingredient List - Water (Aqua), Dimethicone, Zinc Oxide 10.443%, Ethylhexyl Methoxycinnamate 7.49475%, Cyclopentasiloxane, Talc, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Alcohol, Diisopropyl Sebacate, Isododecane, Octocrylene 3.0%, PEG/​PPG-9/​2 Dimethyl Ether, Zea Mays (Corn) Starch, Ethylhexyl Salicylate 2.5%, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate 1.8%, Titanium Dioxide, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Glycerin, Isopropyl Myristate, Silica, Polysilicone-15 1.0%, Sucrose Tetrastearate Triacetate, PPG-17, Dextrin Palmitate, Trimethylsiloxysilicate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine 0.5%, Isostearic Acid, Triethoxycaprylylsilane, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Sodium Chloride, PEG-6, Fragrance (Parfum), BHT, Tocopherol, Trisodium EDTA, Butylene Glycol, PEG/​PPG-14/​7 Dimethyl Ether, Sodium Metabisulfite, Vinyl Dimethicone/​Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Distearyldimonium Chloride, Dipotassium Glycyrrhizate, Leontopodium Alpinum Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Potentilla Erecta Root Extract, Sodium Acetylated Hyaluronate, Soluble Collagen, Phenoxyethanol

By the way, karena ingredient listnya juga tertulis dalam bahasa Jepang, full list di atas aku ambil dari sini dan sini ya.

Sunscreen ANESSA yang aku coba ini memiliki formula baru yang merupakan pengembangan dari formula yang sebelumnya.

Keduanya memiliki Auto Booster Technology yang memperkuat perlindungan untuk kulit dari sinar UV meskipun kita berkeringat dan dalam udara panas dan lembap. Jadi jika sunscreen lain berkurang keektifitasannya dalam lingkungan basah, lembap, dan panas, berbeda dengan sunscreen ANESSA yang justru semakin kuat perlindungannya.


Ultimate UV Protection dari ANESSA ini juga diklaim friction-resistant dan mask-stuffiness resistant. Menurut aku ini inovasi yang keren dong ya, apalagi kita sekarang masih dalam situasi pandemi (Apa pasca pandemi ya? soalnya kayaknya aktifitas sehari-hari udah mulai kembali ke keadaan normal) dimana kita diharuskan pakai masker. Aku relate banget sih pakai sunscreen dan masker itu bikin pengap dan akhirnya keringetan gitu.

Dan nggak hanya sekedar melindungi, sunscreen ANNESA ini memiliki fungsi skincare dengan anti-wrinkle dan moisturizing formula. Komplit deh!

Kedua produk ini juga memiliki SPF 50+ dengan PA++++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA sekaligus UVB.

Texture & Fragrance

Keduanya punya tekstur yang berbeda. Yang milk lebih encer dari yang gel, tetapi keduanya punya warna yang sama yaitu putih gading atau kekuningan.

Menurut aku fragrance dari kedua sunscreen ANESSA ini bisa dibilang tidak terlalu menyengat, tapi masih noticeable. Tapi nggak perlu khawatir karena wanginya sendiri ini akan hilang dalam waktu beberapa menit setelah pemakaian

Cara Pemakaian

Seperti biasa, sunscreen digunakan pada step akhir skincare routine di pagi hari. Untuk takarannya sepanjang 2 jari untuk sunscreen Gel dan 3 jari untuk sunscreen Milk Sepengalaman aku menggunakannya, keduanya cukup mudah diaplikasikan dan diblend, tapi perlu trik tertentu tergantung tipe sunscreennya.

Perfect UV Sunscreen Skincare Gel - Ini favorit aku karena ngeblendnya gampang! Nggak usah nunggu layer skincare sebelumnya set banget, yang Gold Gel ini nggak piling. It sets firmly on the top of the skin.

Perfect UV Sunscreen Skincare Milk - Ini tricky banget makenya! Menurut aku Gold Milk sunscreen ini nggak boleh langsung diaplikasikan segera setelah pakai moisturizer, melainkan harus nunggu dulu selama kurleb 10 menitan sampai moisturizer/cream-nya set. Soalnya, kalo nggak gitu nanti bakalan piling dan susah banget ngeblendnya biarpun teksturnya cair. Ini juga lebih baik diaplikasikan dengan metode tap-tap. kalau digeser-geser, produknya ikutan ngegeser gitu juga.

Nah, aku juga menemukan dia akhirnya jadi piling mendekati dua atau tiga jam pasca pemakaian. So, aku simpulkan kulitku (dan skincare routine sebelumnya) mungkin kurang cocok dengan tipe milk ini dan lebih cocok sama yang gel.

Hasil Pemakaian ANESSA Perfect UV Sunscreen Skincare Gel & Milk


Kalian bisa lihat dari foto di atas hasil sebelum dan sesudah menggunakan sunscreen ANESSA. Karena dia termasuk high spf juga ya, jadi wajar aja kalau ada whitecastnya. Cuma yang aku suka whitecastnya itu nggak medok dan malah jadi kayak tone up gitu. Memang kalau di kamera kelihatan banget sih, tapi kalau di real life aslinya nggak pektay banget. Malah hasilnya tuh glowing paripurna lho!

Menurut aku finishingnya cakep banget. Smooth, halus, ringan, gak berasa 'berat', gak pengep walau pakai masker, dan oke juga dilayer dengan make up. Banyak yang bilang ANESSA ini bisa juga digunakan sebagai primer make up.


Overall, ANESSA sunscreen ini langsung jadi salah satu sunscreen favorit aku! Suka banget dengan tekstur, finishing, dan aftermath pemakaiannya. Kalau kalian punya budget lebih untuk splurge di sunscreen, produk ANESSA ini sangat recommended soalnya pasti nggak bakal nyesel.

Kalian sudah pernah coba sunscreen ANESSA juga belum? Kalau belum, kira-kira tertarik untuk coba nggak?

Get to know more about ANESSA

Score: 9.5/10
Price:
ANESSA Perfect UV Sunscreen Gel - Rp403.000
ANESSA Perfect UV Sunscreen Milk - Rp494.000


This is a sponsored post. ANESSA Indonesia and Clozette Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


6 komentar

  1. Nah, bener.. wajar whitecast tipis2 soalnya emg SPF nya tinggi.. malah jadi tone up hihi tp lama2 hilang sendiri sih yaa..

    ReplyDelete
  2. aku malah suka ada tone up tipis2nya hahaa aku paling suka yang milk nih nis bakal repurchased kayaknya

    ReplyDelete
  3. ini diaa wishlist sunscreenku 😍 sekarang ada 2 varian tekstur yah, gel sama milky. semoga pas dipake di mukaku finishnya ga abu-abu karena ada whitecastnya 🙈

    ReplyDelete
  4. Liat sunscreen ini berseliweran dimana2 jadi penasaran deh terutama sama sunscreen gel-nya hihi

    ReplyDelete
  5. Salah satu wishlist sunscreen aku nih

    ReplyDelete
  6. Yg milk versi lama masih luntur kena keringet, penasaran yg baru ini di aku kek gimana

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)