[REVIEW] KiKuKo Body Mist, Find Your Signature Scent!

Ngomongin fragrance, kalian punya signature scent gak sih? Signature scent itu wangi khas dimana kalau orang lain mencium aroma tertentu yang jadi signature scent kita, pasti otomatis langsung teringat sama kita. Aku sendiri pernah baca kalau nggak salah, panca indera penciuman itu lebih kuat ke memori dibandingkan panca indera lainnya, jadi mengingat orang lewat signature scent itu sebenernya scientifically-based sih.

By the way, kalau urusan fragrance aku tuh cukup banyak maunya. Sebenernya aku suka aroma gourmand yang manis, tapi aku nggak suka kalau ada campuran spiciness atau terlalu warm. Aku lebih suka yang light, tapi lingering gitu. Selain gourmand aku juga suka aquatic atau white floral. Karena banyak maunya ini, aku jadi suka gonta-ganti fragrance deh.

Oh iya, belakangan ini aku lagi nyobain serangkaian body mist dari KiKuKo Body Mist yang punya rangkaian 6 varian body mist dengan aroma yang berbeda-beda.

Selain itu, KiKuKo Body Mist juga diformulasikan dengan Anti-Bacterial Technology yang dapat membunuh virus dan bakteri. Cocok banget kan untuk masa pandemi ini dimana kita dituntut untuk lebih aware dengan kebersihan?

Anyway, KiKuKo Body Mist sudah teregistrasi resmi di BPOM dan sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI. So, nggak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Yuk intip review KiKuKo Body Mist berikut ini!

Review KiKuKo Body Mist

Packaging

Aku sendiri memang prefer menggunakan body mist untuk sehari-hari dibandingkan Eau de Toilette atau Eau de Parfume, simply karena rata-rata packaging body mist itu lebih travel friendly jadi mudah dibawa kemana-mana.

Begitu pula dengan KiKuKo Body Mist ini yang dikemas dalam botol spray berukuran mungil yang bisa diselipkan ke dalam tas atau traveling pouch dengan mudah.

Masing-masing variannya memiliki color image yang berbeda-beda dan nggak perlu takut tertukar. Di botolnya ini tercantum product knowledge sekaligus penjelasan mengenai wanginya.

Fragrance

Karena bahas body mist, aku nggak bahas ingredients seperti review make up atau skincare ya guys. 

Nah, seperti yang kita ketahui komponen 'aroma' dari parfum itu ada tiga jenis. Ada top notes, yaitu wangi yang tercium segera setelah parfum disemprotkan, kemudian middle notes yaitu wangi yang tercium setelah top notes mulai memudar, terakhir ada base atau bottom notes yang merupakan aroma yang akan tercium hingga seterusnya.

Jadi kalau kalian mau menilai aroma parfum tuh jangan cuma pas disemprot terus sniff-sniff doang, mesti ditunggu sampai si base notes nya muncul karena base notes itu biasanya adalah 'identitas' dari si wewangian tersebut.

Sepengetahuan aku, body mist keluaran lokal biasanya jarang mengeluarkan aroma dengan 'piramida' ini. Kebanyakan hanya mencantumkan satu jenis aroma saja di kemasannya dan nggak membahas lebih dalam mengenai top, middle, dan bottom notesnya. 

KiKuKo Body Mist ini berbeda dengan beberapa produk sejenis karena mencantumkan informasi mengenai piramida notesnya. Berikut aku bahas satu-satu untuk semua variannya ya.

Comforting Vanilla

Top : Pear, Blackcurrant, Rhubarb, 

Middle : Neroli, Lily-of-the-Valley, Caramel, Sandalwood 

Bottom : Musk, Vanilla, Raspberry

Kalau kalian suka aroma vanilla yang manis dan bland mungkin akan menemukan body mist vanilla dari KiKuKo ini sedikit berbeda. Menurut aku wanginya lebih ke musky dengan campuran floral dan sedikit citrusy. Wangi ini bakalan cocok kalau kamu mencari aroma yang fresh. 

Cheer Me Up Cherry

Top : Apple, Lemon, Orange, Raspberry 

Middle : Rose, Violet, Jasmine 

Bottom : White musk, Peach, Vanilla

Ini salah satu wangi favorit aku dari keenam varian KiKuKo Body Mist selain yang vanilla. Wanginya cenderung fruity, fun, dan segar. You can definitely smell the floral notes, tapi fruitynya lebih overpowering sih. Cocok untuk kamu yang suka aroma fruity.

Coconut Passion

Top : Coffee, Coconut, Pink pepper 

Middle : Orange blossom, Jasmine 

Bottom : Vanilla, Cedarwood, Patchouli 

Coconut Passion dari KiKuKo ini tergolong aroma Unisex alias bisa digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Tapi menurut aku sih wanginya lebih ke maskulin gitu, ya. Kalau biasanya coconut itu manis, bener-bener manis, ini tuh coconutnya spicy. Menurut aku Patchouli-nya malah yang paling kenceng diantara ketiga bottom notesnya. 

Sophisticated Rossie

Top : Apple, Plum, Ozone, Bergamot 

Middle : Freesia, Lily-of-the-valley, Rose, Orchid 

Bottom : Amber, Musk

Nah, kalau Sophisticated Rossie ini sesuai dengan namanya punya aroma yang lebih 'calm' dan bukan tipe floral yang semerbak gitu. Rosenya paling noticeable, dengan sedikit fruity twist. Wanginya bener-bener sophisticated dan nggak 'berisik'... gimana ya mendeskripsikannya? Pokoknya wanginya tuh kalem banget deh.

Georgeous Gardenia

Top : Pink Pepper, Kiwi, Rhubarb, 

Middle : Watermelon, Cyclamen, Gardenia 

Bottom : Citrus Wood, Musk, Sandalwood

Biasanya aku suka banget Gardenia yang tergolong white floral, tapi aku kurang cocok dengan Gardenianya KiKuKo ini. Jadi ini tuh tipe Gardenia yang agak woody gitu. Kebetulan aku memang kurang suka woody and earthy notes. Aroma Georgeous Gardenia ini lebih cocok dipakai untuk malam hari. Oh iya, sama seperti Coconut Passion, Gardenia ini juga diperuntukkan sebagai aroma Unisex. Tapi menurut aku sih wanginya nggak terlalu maskulin ya, malah cenderung lebih ke feminim.

Energyze Saffron

Top : Jasmine, Saffron 

Middle : Amber wood 

Bottom : Fir resin, Cedar wood 

Menurut aku Energyze Saffron ini yang paling maskulin di antara keenam variannya. Wanginya cenderung spicy dan woody. It's warm but soft... somehow unik sih ya. Menurut aku ini juga lebih cocok untuk malam hari karena cenderung lebih 'berat' dibandingkan varian lainnya.

Verdict

Kalau ditanya yang mana wangi favoritku dari keenam varian KiKuKo Body Mist, aku paling suka yang Comforting Vanilla dan Cheer Me Up Cherry. Comforting Vanilla ini mengingatkan aku dengan wangi white floral yang fresh, sementara Cheer Me Up Cherry ini wanginya fun dan cocok kalu lagi butuh semacam energy boost!

Karena ini body mist, tentu wanginya nggak setahan lama EDT or EDP. Wanginya sendiri bisa tahan sekitar 1 hingga 2 jam sebelum harus di re-apply. But again, packagingnya sangat memudahkan untuk reapply terutama jika sedang bepergian.

Oh iya, dibandingkan EDP atau EDT, body mist kebanyakan hanya mengandung sekitar 2% konsentrat minyak essensial dan lebih banyak mengandung air dan alkohol. Semakin besar kadar konsentrat minyak essensial ini biasanya semakin long-lasting wanginya. Ini pula yang menyebabkan wanginya nggak begitu tahan lama. Tapi menurut aku sih KiKuKo Body Mist ini udah cukup banget untuk pemakaian daily, dengan sillage yang nggak begitu 'kenceng'.

Anyway, kalau kamu tertarik untuk membeli KiKuKo Body Mist, produk ini bisa dibeli di berbagai marketplace/e-commerce dengan harga Rp38.500 aja. Hemat banget kan untuk ukuran 100ml yang notabene bisa tahan untuk beberapa minggu atau bulan, tergantung frekuensi pemakaiannya. 

Pembelian all variants juga akan mendapatkan gift KiKuKo Pouch limited edition yang multifungsi. Pouch ini bisa untuk menyimpan barang-barang kamu supaya lebih rapih dan terorganisir, lho!

Nah, kalau kamu, apa signature scent kamu? Kira-kira ada nggak signature scent kamu di keenam varian KiKuKo Body Mist? Yuk, komen di bawah ya!

Get to know more about KiKuKo


This is a sponsored post. KiKuKo send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

7 komentar

  1. Banyak variannya paling penasaran yang vanilla

    ReplyDelete
  2. Aku juga punya all variant nih, paling duka coconut

    ReplyDelete
  3. Banyak banget pilihan variannya, harganya juga terjangkau

    ReplyDelete
  4. lucu banget warna-warni.. aku belum coba sama sekali.. penasaran wanginya 😍

    ReplyDelete
  5. Menarik yg saffron, belum pernah nemu body mist varian ini hahaha aku juga penggemar hody mist, tapi utk brand ini belum pernah coba

    ReplyDelete
  6. kok gemes, aku tuh suka body mist tapi belum pernah denger brand ini hehee yang pink saru ya nis, kudu baca dan liat dulu sebelum semprot hahaa soalnya warnanya sama semua

    ReplyDelete
  7. Pas banget lagi butuh body mist jadi tertarik untuk ngeborong dan ini kemasannya bagussss haha! Varian Sandalwood kayaknya enak nih hehe

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)