#CeritaIbuJuara: Tips Hidup Sehat yang Mudah dan Murah - Jalan Kaki!

Sebagai seorang ibu aku tentu memastikan agar anak-anak aku tetap sehat setiap harinya. Penasaran sama tips hidup sehat ala aku?

Mengutip dari website resmi CDC, jumlah aktivitas fisik yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada usia mereka. Anak-anak usia 3 sampai 5 tahun perlu aktif sepanjang hari. Anak-anak dan remaja usia 6 hingga 17 tahun perlu aktif selama 60 menit setiap hari.

Aku sendiri punya dua anak, yang pertama usia 9 tahun sedangkan yang kedua usia 3 tahun. Nah, untuk memastikan mereka tetap aktif sekaligus menghabiskan quality time bersama mereka, aku mengusahakan kami melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan tapi tidak melelahkan. 

Kenapa Aktivitas Fisik Penting untuk Anak?

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Source: Freepik

Faktanya, aktivitas fisik atau bergerak itu merupakan kegiatan yang fundamental banget sih buat anak, malah hampir sama pentingnya dengan makan.

Olahraga atau aktif bergerak membantu anak mengembangkan otot dan tulangnya. Fisik yang baik dan terjaga sejak dini ini investasi jangka panjang sih karena bakal berpengaruh sama masa depannya juga.

Dan olahraga tuh nggak cuma bermanfaat buat fisik aja tapi juga perkembangan otak buat anak-anak. Mengutip dari Activehealth.sg, saat seorang anak sedang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, Sel-sel saraf di hipokampus dan korteks prefrontal otak dipicu untuk berkembang biak dan membentuk koneksi baru. Ini menghasilkan peningkatan konsentrasi dan memori yang lebih baik.

Aktivitas fisik juga membantu menghilangkan stres dan kecemasan, dan aliran hormon yagn terjadi dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Mengontrol Berat Badan dan Menjaga Kesehatan Secara Keseluruhan

Source: Freepik

Mungkin beberapa menganggap anak-anak tuh harus gendut, harus gemuk. Harus kasih makan ini itu supaya gemuk, pokoknya gemuk = sehat. Kurus = penyakitan. Tapi sebenernya ini anggapan yang salah lho.

Mengontrol berat badan agar tetap ideal sebaiknya dilakukan sejak dini. Sebagai orangtua, kita harus pastiin supaya anak nggak underweight, tapi nggak overweight juga karena obesitas adalah cikal bakal banyak penyakit kronis.

Cara terbaik dan paling menyenangkan untuk membakar kalori untuk anak adalah aktif bergerak melakukan aktivitas fisik.

Kegiatan ini juga meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas, sekaligus memperbaiki postur tubuh anak dengan meningkatkan kekuatan inti dan tulang belakang dan mencegah anak mengembangkan postur yang buruk karena kurang bergerak.

Tips Hidup Sehat yang Menyenangkan, Jalan Kaki!

Jadi keluarga aku punya kebiasaan untuk jalan kaki. 'Sesi' jalan kaki ini jadi aktivitas fisik yang menyenangkan buat aku dan anak-anak.

Kebiasaan jalan kaki ini sebenernya nggak sengaja sih kami mulai. Pertamanya aku tuh emang nggak bisa nyetir kendaraan apapun (bisa sih naik otopet, tapi diitung nyetir ga?) jadi sejak si sulung mulai sekolah aku anter jemput dia ke sekolah jalan kaki.

Untungnya sekolahnya nggak begitu jauh dari rumah, tapi ya nggak begitu deket juga jadi kita harus effort jalan kaki. Untungnya lagi, lingkungan di kompleks perumahan aku juga mendukung untuk jalan kaki sih.

Ada banyak pohon, jalannya gede-gede dan terhitung sepi juga jadi cukup aman lah buat jalan kaki bareng anak-anak. Terus ada beberapa taman juga di kompleks aku jadi kita bisa istirahat duduk ngadem dulu bentar kalau capek. Nah, dari situ, jalan kaki jadi kebiasaan kami deh!

Sekarang si kakak udah sekolah di SD yang jaraknya cukup jauh dan naik jemputan sekolah, kegiatan jalan kaki masih jadi kebiasaan kami. Aku dan suami meluangkan waktu untuk ajak anak-anak jalan pagi di weekend. Entah itu sekedar muter-muter aja, mengunjungi saudara yang tinggal satu kompleks dengan kami, melipir ke minimarket, atau jalan-jalan kasih makan kucing liar alias street feeding.

Sambil jalan santai juga kita bisa ngobrol, aku bisa tanya si kakak kegiatan dia di sekolah ngapain aja. Main apa aja, sama siapa aja. Terus aku juga bisa ngobrol apaan aja deh sama si adik. Sambil ngobrol ini juga bikin kita bonding sekaligus lupa kalau lagi jalan. Tau-tau nyampe aja ke tujuan, hehehe.

Namanya anak-anak mungkin bosen ya kalau kegiatan fisiknya tuh olahraga yang monoton. Buat aku, jalan kaki bareng sama keluarga ini jadi tips hidup sehat yang menyenangkan, gratis lagi! Ternyata ada untungnya juga ya nggak bisa nyetir, hahaha.

Selain bergerak dan berkeringat, jalan kaki di pagi hari juga banyak manfaatnya. Kita bisa sekalian berjemur di bawah sinar matahari, menghirup udara pagi hari yang masih segar, sosialisasi dengan tetangga, dan lain sebagainya.

Ini aku juga beruntung banget sih tinggal di lingkungan yang masih asri dan sejuk. Kebetulan aku tinggal di kabupaten, jauh dari kota, tepatnya di kaki gunung jadi udaranya juga masih bersih.

Yes, itu dia tips hidup sehat ala aku yang mudah, murah, dan praktis. Kalau kalian punya kegiatan keluarga yang bikin sehat juga nggak nih?


0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)