[REVIEW] Duo Day & Night Serum dari Scarlett Whitening - Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Halo! Kayaknya aku tuh emang jodoh banget sama skincare-nya Scarlett Whitening deh. Jadi beberapa minggu ini aku baru aja nyobain dua serum terbaru (sebenernya nggak baru-baru amat sih itungannya) dari Scarlett yaitu Skin Smoothing Retinol Serum dan  Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Penasaran nggak sama reviewnya?

Aku sudah coba beberapa serum dari Scarlett. Pertama ada yang Brightly Serum dan Glowtening Serum. Aku sendiri personally cocok sih sama keduanya, apalagi yang Glowtening karena sesuai namanya emang bener-bener bikin glowing.

Baca Juga: Review Scarlett Whitening Glowtening Serum

Oke, kali ini aku nyobain Skin Smoothing Retinol Serum yang mengandung Retinol sebagai key ingredientsnya & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Untuk yang Skin Smoothing Serum bisa dipakai mulai dari usia 18 tahun dan nggak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui, sementara untuk yang Niacinamide Serum remaja mulai usia 13 tahun juga boleh pakai, lho.

Aku sendiri saat ini sedang punya skin concern yaitu bekas jerawat yang menghitam alias bekas jerawat PIH (Post Inflammatory Hiperpigmentasi). Selain itu juga aku merasa tekstur kulit aku lagi nggak bagus, kerasa geradakan gitu terutama di bagian under eye atau di pipi atas.

Berikut review aku untuk produk Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening.

Review Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Packaging

Semua serum Scarlett memiliki jenis dan bentuk packaging yang sama, hanya saja yang membedakan diantaranya adalah color imagenya. Untuk Skin Smoothing Retinol Serum, warnanya biru turquoise sedangkan untuk Niacinamide Serum warnanya ungu.

Keduanya sama-sama dikemas dalam box, packagingnya botol dengan   pipet, dan ukurannya 15ml.

Di boxnya ini ada stiker hologram yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian atau keoriginalitasan produknya ya guys, cukup discan aja nanti kamu akan diarahkan ke website verifikator-nya Scarlett dan input serial numbernya.

Di boxnya juga ada penjelasan mengenai cara pemakaian, penyimpanan, ingredient list, dan active ingredient list. Di bagian dasar alias bawahnya tercantum expiration date.

Semua skincare dari Scarlett Whitening termasuk kedua serum ini juga sudah resmi BPOM.

Ingredients

Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum Ingredient List -  Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodiu Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl. Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone

Ada 5 active alias key ingredients dari Skin Smoothing Retinol Serum ini yaitu:

  • Retinol: Turunan dari Vitamin A yang membantu menyamarkan garis halus, meningkatkan proses regenerasi sel kulit, dan membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin.
  • Hexapeptide-8: Ini termasuk ke dalam humektan yang bekerja menarik air dan kelembapan ke kulit. Manfaatnya sendiri banyak, mulai dari menghidrasi kulit, membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini,  menenangkan kulit (soothing), dan meningkatkan produksi Hyaluronic Acid dan kolagen alami pada kulit.
  • Pomegranate Extract: Ekstrak dari buah delima ini kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang bekerja mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, kandungannya juga bersifat anti-aging dan anti-bakteri.
  • Vitamin C: Vitamin C pada serum ini ada di ingredient list dengan nama Ascorbyl Glucoside, yang menurut penelitian lebih stabil dan gentle di kulit dibandingkan vitamin C murni. Kandungan ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencegah penurunan produksi kolagen.
  • Allantoin: Termasuk dalam protective dan conditioning agent,Allantoin dapat membantu menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan menghaluskan tekstur kulit.



Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum Ingredient List - Aqua, Niacinamide, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaris
Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Allantoin, Camellia
Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hydantoin,
Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oil, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract,
Disodium Edta, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/Acrylic
Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate,
Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl
Betaglucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP.
Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol,
Ceramide EOP

Ada 6 active ingredients dari serum Niacinamide ini yaitu:
  • Niacinamide 5%: Bentuk dari vitamin B3 yang dapat membantu memperbaiki skin barrier dan mencerahkan. Niacinamide juga membantu mengontrol produksi sebun dan menyamarkan hiperpigmentsi.
  • Beta Glucan: Beta Glucan adalah semacam serat larut yang berasal dari bakteri, jamur, dan ragi. Kandungannya dapat membantu merevitalisasi kulit dan mencegah kerusakan DNA.
  • Tego cosmo C100 (Creatine): Creatine sebenarnya diproduksi secara alami oleh kulit kita, dan bekerja sebagai reservoir (penghemat) energi dan penting untuk suplai energi dan fungsi sel pada kulit. Bila digunakan secara topikal, manfaatnya adalah membantu regenerasi atau perbaikan sel kulit yang meminimalkan garis halus dan kerutan pada kulit.
  • Allantoin: Sudah aku jelaskan di atas, manfaatnya adalah melembabkan sekaligus mempercepat penyembuhan luka.
  • Triple Ceramide Complex: Ceramide termasuk dalam emolien yang membentuk lapisan di atas permukaan kulit untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak berkurang. Ada 3 jenis Ceramide yang terkandung dalam serum ini dan bermanfaat untuk mengunci kelembaban kulit, memperbaiki skin barrier, dan juga anti-inflamasi.
  • 7 Phyto Extract: Terdiri dari 7 jenis ekstrak tanaman yaitu Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida Ferment, Pomegranate, Lotus, dan Centella Asiatica Extract. Bermanfaat untuk menenangkan kulit, melindungi kulit, menyamarkan bekas luka, dan mencegah kerusakan sel kulit.

Texture & Fragrance


Kedua serum ini memiliki warna yang berbeda. Untuk Skin Smoothing Retinol Serum teksturnya cukup watery dengan warna putih, sementara Niacinamide Serumnya berwarna bening dan teksturnya kurang lebih sama, agak watery dan light.

Wangi keduanya juga berbeda. Niacinamide Serum punya wangi yang lebih ke floral notes tetapi agak subtle, kemudian Retinol Serumnya menurut aku fragrance-less sih, nggak ada wangi yang noticeable. Mengingat ini produknya Scarlett yang punya bodycare dengan wangi semerbak, justru untuk line skincarenya ini wanginya lebih tone-down dan lebih nyaman dipakai khususnya untuk yang punya hidung sensitif seperti aku.

Cara Pemakaian


Untuk pagi hari, kalian bisa pakai Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum setelah penggunaan toner dan sebelum menggunakan moisturizer. Serum Niacinamide-nya ini juga bisa dipakai untuk malam hari. Dilayer dengan exfoliant atau vitamin C juga nggak masalah.


Nah, untuk malam hari Retinol Serum bisa digunakan. Cuma aku nggak rekomen penggunaannya setiap hari ya, bisa diselang-seling dengan Niacinamide-nya. Sebenernya aku juga kurang tahu ya ini persentase retinol-nya berapa, tapi untuk amannya sebaiknya nggak dipakai setiap hari. Anyway, karena ini Retinol sebaiknya nggak dibarengi dengan penggunaan exfoliant. Aku sarankan dilayer dengan hydrating toner/essence khususnya kalau kamu punya kulit yang kering.


Hasil Pemakaian Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum


Kalian bisa lihat perbandingan setelah dan sebelum penggunaan Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening ini. Menurut aku combo keduanya cucok banget untuk mencerahkan kulit, dan memperhalus tekstur kulit.

Cuma sayangnya untuk bekas jerawat PIE dan PIH masih belum ada perubahan yang signifikan setelah penggunaan kedua produk ini untuk jangka waktu 2 minggu.


Menurut aku, kedua produk ini bekerja dengan cukup baik. Khususnya untuk Retinol Serum menurut aku cukup gentle karena selama pemakaiannya nggak ada reaksi negatif seperti breakout atau purging, tingling sensation juga nggak ada. Keduanya punya tekstur ringan yang nyaman dipakai tanpa terlalu terasa extra-oily atau lengket.

Overall, kalau kamu cari Niacinamide atau Retinol Serum dengan harga terjangkau (under 100k), produk serum dari Scarlett Whitening ini sangat worth to try. Menurut aku kalau dikombinasikan dengan pemakaian basic skincarenya (ada seri Acne dan Brightly) hasilnya juga bakalan lebih bagus. Anyway, kamu sudah coba produk yang mana saja dari Scarlett Whitening?

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ini bisa kamu order melalui Whatsapp resmi dan Official Store Scarlett Whitening, ya!



10 komentar

  1. Ngiler banget sama retinolnyaa. Tapi harus sabaar karena lagi ga boleh dulu huhu

    ReplyDelete
  2. aku udah lama ga ngikutin per-skincare-an, baru tau scarlett ngeluarin serum retinol :D keliatan kulitnya lebih bening :D

    ReplyDelete
  3. Teksturnya bagus jadi tertarik untuk cobaiin

    ReplyDelete
  4. Penasaran, di kulit sensitif saya bisa gak ya?

    ReplyDelete
  5. Scarlett lagi lagi punya varian baru 🤤

    ReplyDelete
  6. Scarlet kyk baru trz yaa aq cobain yg whitening cakepp

    ReplyDelete
  7. Makin banyak aja ya varian serumnya Scarlett

    ReplyDelete
  8. aku penasaran sama retinolnya, makin lengkap aja ya scarlett

    ReplyDelete
  9. Wah, aku jadi penasaran nih sama produknya. Scarlett makin kesini makin menarik

    ReplyDelete
  10. Jadi penasaran serum scarlett yg Niacinamide gara2 baca ini

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)