[REVIEW] Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Kering - Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen


Menurut aku, cari sunscreen yang cocok untuk kulit kering tuh susah. Jadi kulit kering tuh emang butuh sunscreen yang moisturizing, tapi karena sunscreen dipakainya di akhir skincare routine dan kalau dilayer dengan produk-produk hydrating lainnya bisa aja jadi overmoisture dan hasilnya jadi lengket-lengket pengap nggak nyaman gitu.

Anyway, beberapa waktu yang lalu aku pernah review moisturizer yang lagi jadi favorit aku banget yaitu Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel. Ini produk yang udah viral banget dan emang banyak banget yang suka termasuk aku. Cuma masalahnya karena dia mengandung dimethicone, agak susah cari sunscreen yang bisa dilayer dengan oke di atasnya.



Ternyata Skintific juga ngeluarin sunscreen di lini 5X Ceramide ini! Happy banget! Mengingat kandungannya ada Ceramide yang cocok banget buat kulit kering aku SPFnya tinggi (SPF50+ PA++++) aku penasaran banget dong jadinya!

Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini adalah real protection sunscreen dengan fungsi double protection, yaitu melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Menariknya, produk ini menggunakan UV filter teknologi terbaru yaitu Tinosorb S/M (yang telah dipatenkan oleh BASF Germany) dan terbukti meminimalisir iritasi pada kulit. Nggak cuma perlindungan dari sinar matahari aja, sunscreen ini juga memberikan Blue Light protection alias perlindungan dari sinar biru yang berasal dari gadget. Canggih!

So, apakah Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen ini cocok untuk kulit kering? Yuk, baca reviewnya berikut ini.

Review Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen

Packaging


Sunscreen ini hadir dengan kemasan box berwarna biru muda, color image yang sama dengan produk dari lini 5X Ceramide lainnya. Bisa kalian lihat perbandingannya dengan tangan aku, ini ukurannya cukup mungil ya, guys.


Di boxnya ini ada product information yang lengkap, mulai dari ingredient list, cara pemakaian, product knowledge, hingga note mengenai TTE Patented Technology yang digunakan pada setiap formulasi produk Skintific. By the way, ini semuanya ditulis dalam bahasa Inggris. Oh iya, nggak perlu khawatir karena Skintific ini sudah resmi masuk Indonesia dan tentunya sudah teregistrasi di BPOM juga ya.


Next, kita lanjut ke packagingnya. Botolnya berupa tube berbentuk oval, ukurannya mungil. Bisa dilihat ini tuh nettonya cuma 30ml aja. 30ml for a sunscreen? Seriously? Skintific tuh kayaknya emang demen bikin packaging yang mungil-mungil atau gimana ya, soalnya moisturizernya sendiri juga cuma 30ml dan bener-bener habis ga nyampe sebulan.


So, tutupnya dibuka dengan cara diputar. Tutupnya ini rapet banget ya, nggak perlu takut tumpah-tumpah juga karena emang bener-bener 'klik' gitu. Botolnya terbuat dari material plastic yang doff, fits nicely on my small palm. Menurut aku packagingnya travel friendly, sih.

Ingredients Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen


Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen Ingredient List - Aqua, Pentylene Glycol, Coco-caprylate/caprate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Dimethicone, Butylene Glycol, Caprylyl Methicone, C12-15 Alkyl Benzoate, C14-22 Alcohols, Ceramide Eop, Ceramide Ns/ceramide Ng, Ceramide Np, Ceramide As, Ceramide Ap, Hyaluronic Acid, Centella Asiatica Extract, Bis-ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Glycereth-26, Triacontanyl Pvp, Methylene Bis-benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Ethylhexyl Triazone, Decyl Glucoside, Sorbitan Caprylate, Steareth-21, Tocopheryl Acetate, C12-20 Alkyl Glucoside, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/vp Copolymer, Ectoin, Aluminum Starch, Octenylsuccinate, Allantoin, Bisabolol, Bifida Ferment Filtrate, Disodium Edta, Acrylates/c10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Portulaca Oleracea Extract, Sodium
Hyaluronate, Maris Aqua, Xanthan Gum, 1,2-hexanediol, Hydroxyacetophenone, Phormidium
Persicinum Extract, Hydrolyzed Rhodophyceae Extract, Pancratium Maritimum Extract

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, sunscreen ini punya EWG Health Rating yang cukup baik yaitu di angka 87%. Dilihat dari komposisinya, produk ini bebas SLS, Paraben, Alcohol, Mineral Oil, dan juga vegan friendly serta cruelty free.

Oke, sekarang aku bahas key ingredientsnya ya. Jadi ada 3 Hero Ingredients yaitu:
  • 5X Ceramide
    Ceramide adalah emolien yang dapat mengembalikan dan membentuk skin barrier serta mencegah hilangnya kelembaban pada kulit.
  • Tinosorb S/M
    Seperti yang aku bahas di atas, ini adalah UV Filter yang memberikan proteksi dari sinar UV tanpa membuat kulit iritasi, so aman dong ya buat kulit sensitif.
  • Hyaluronic Acid
    Untuk mengembalikan dan mengunci kelembaban pada kulit.
UV Protection-nya berasal dari Ethylhexyl Triazone, Ethylhexyl Methoxycinnamate
Methylene Bis-Benzotriazolyl, Tetramethylbutylphenol, dan Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine. Selain itu, ada juga ingredients yang memberikan efek anti aging seperti Ceramide dan Vitamin E, serta efek brightening yaitu Alpha-Bisabolol.

Menariknya, sunscreen ini memang cocok banget untuk kulit kering dengan 3 moisturizing ingredient yaitu Butylene Glycol, Hyaluronic Acid, dan Glycerin. Kandungan Allantoin-nya juga soothing jadi kamu yang acne prone juga bisa pakai.


Texture & Fragrance


Bisa kalian lihat dari foto di atas kalau teksturnya tuh cukup light ya. Sepengamatan aku sih nggak yang runny or watery banget, tapi juga nggak yang rich and thick banget. Ini tuh menurut aku adonan yang pas khususnya untuk pemilik kulit kering yang rewel nggak mau pakai skincare yang terlalu rich kayak aku. Sama seperti nama produknya yaitu Serum Sunscreen, produk ini tuh teksturnya memang kayak serum yang hydratin

Warnanya sendiri putih susu, dan sangat mudah dibaurkan ke seluruh bagian wajah dan leher tanpa piling. 

Dilihat dari ingredient listnya sih enggak ada artificial fragrance tambahan ya, menurut aku wanginya tuh agak 'chemicaly' gitu tapi subtle kok dan nggak ganggu banget di hidung.

Cara Pemakaian

Seperti yang kita tahu ya, sunscreen dipakai di bagian akhir skincare routine. Gunakan sunscreen setelah 'mengunci' semua kelembaban dengan menggunakan moisturizer.

Untuk takarannya sendiri adalah dua jari. Sebenarnya, menurut beberapa sumber yang pernah aku baca sih kita perlu mengaplikasikan sunscreen sebanyak 2 miligram untuk setiap sentimeter persegi kulit wajah. Tapi ya nggak mungkin juga dong kita ukur secara presisi, jadi in general dua jari sunscreen udah cukup. Ada juga beberapa beauty guru yang menyarankan apply sunscreen pakai sendok takar, kira-kira ukurannya tuh 1/4 atau 1/3 sendok teh gitu.

Hasil Pemakaian Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen




Overall, aku sangat puas dengan hasil yang dideliver oleh Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen ini! Menurut aku teksturnya bisa dibilang ringan, mudah dibaurkan, dan moisturizing juga. Dan ini cocok banget dilayer sama moisturizernya!

Kalian bisa lihat juga before dan after pemakaian sunscreen ini di foto di atas. Menurut aku sih hasilnya cukup glowing, tapi nggak yang terlalu lebay gitu jadi kelihatannya lebih sehat. Aku tes menggunakan flash di handphone juga nggak ada whitecast atau flashback yang biasa menjadi problem untuk sunscreen dengan SPF tinggi seperti ini.


So, aku mengumumkan kalau Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen ini adalah sunscreen yang terbaik untuk kulit kering dan sensitif!

Penasaran? Sobat kulit kering mesti banget cobain sih guys. Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen ini bisa kalian beli di official store Shopee Skintific Indonesia dengan harga Rp116..000 ya!

Get to know more about Skintific



This is a sponsored post. Skintific Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


1 komentar

  1. Spfnya mantep banget, suka sama after pemakaian nya kulit jd keliatan glow sehat gt. Jadi pengen coba juga

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)