[REVIEW] Softlens Freshkon Alluring Eyes, Bigger and Brighter Eyes

9:51:00 PM


Aku baru menggunakan softlens sekitar 2-3 tahun kebelakang ini. Dan nyesel juga kenapa baru coba sekarang karena setelah hampir 20 tahun pakai kacamata, nyobain softlens untuk pertama kalinya tuh rasanya seperti dilahirkan kembali.
Mataku minus 6.00 dan ada silindris juga. Kebayang nggak sih yang biasanya ngeliat ngeblur semua tiba-tiba semua jelas terang benderang? Kan happy banget tuh. Pengennya sih lasik aja sekalian, cuma kan mehong juga, hehehe.

Dalam memilih softlens, aku nggak mau pilih yang sembarangan. Aku selalu pilih yang memang tersedia di optik dan sudah dijamin oleh Kemenkes RI juga jadi pastinya aman. Habisnya kan softlens tuh langsung menclok di mata, langsung kontak sama bola mata kan, kalau softlensnya abal-abal kan bahaya bisa buta.


Nah, beberapa waktu lalu aku dapat kesempatan untuk nyobain softlens dari Freshkon yaitu Alluring Eyes. Aku memang sebelumnya belum pernah pakai softlens dari Freshkon, tapi aku pengguna setia solutionnya karena isinya banyak dan murah.

Berikut aku tulis review penggunaan softlens Freshkon Alluring Eyes ini di mataku yang cenderung agak kering dan sensitif. Siapa tahu bisa jadi acuan kamu untuk membeli softlens yang sama? Yuk langsung dibaca aja.

Review Freshkon Alluring Eyes


Packaging



Sepengetahuan aku, produk ini ada dua varian kemasan yaitu yang isi 2 pair seperti ini dan yang isi 30 pair. CMIIW, yang isi 2 pair ini penggunaannya untuk 30 hari atau monthly, sedangkan yang isi 30 pair adalah daily lenses yang sekali pakai buang.

Sebenernya aku lebih suka daily lens karena lebih higienis, tapi semenjak pandemi aku sama sekali nggak pernah keluar jadi sayang juga kalau pakai daily lens cuma buat foto-foto ngonten jadinya aku udah jarang pakai daily lens lagi.

Oh iya, kita bahas kemasannya dulu ya. Jadi kemasannya berupa box kecil dengan color image warna ungu tua dan muda. Freshkon Alluring Eyes ini nggak include lens case ya, so make sure kamu beli juga lens casenya.

Untuk keterangan expiration date, warna, dan power ada di bagian dasar kotaknya. Nggak perlu takut juga memakainya karena Freshkon Alluring Eyes yang diimpor PT Oculus Indonesia ini sudah mendapatkan ijin edar dari Kemenkes RI.

Color and Specification



Jadi Freshkon Alluring Eyes ini terdiri dari beberapa warna, yaitu yang ada di foto aku ini, Mystical Black, Winsome Brown, dan Magnetic Grey. Ada juga warna lainnya seperti Majestic Brown dan Mesmeric Black.

Warna-warna yang disediakan semuanya tergolong natural, jadi kalau kamu cari softlens yang natural bukan yang gonjreng, bakalan cocok banget sama Freshkon Alluring Eyes.

Freshkon Alluring Eyes ini tipe softlens yang ada ringnya, ya. Jadi kalau pakai softlens ini akan memberikan efek mata terlihat lebih besar dan bulat.

Patternnya sendiri menurut aku cukup simple. Tipe yang bikin mata terlihat bersinar karena coraknya. Aku pribadi sebenernya lebih prefer softlens tanpa ring karena mata aku sipit, kalau pakai softlens yang ada ringnya, apalagi yang tebel, bakalan gede banget keliatannya mata aku.


Foto di atas adalah perbandingan mata aku sebelum dan sesudah memakai softlens Freshkon Alluring Eyes. Kelihatan banget kan bedanya jadi lebih besar dan lebih 'hidup'?

Untuk spesifikasinya sendiri, softlens ini terbuat dari material Methafilcon A 45% dengan kadar air 55%. Menurut aku Freshkon Alluring Eyes ini cocok buat mata yang normal atau produksi air matanya cukup banyak.

Nah, menurut Food and Drugs Administration (FDA), softlens dengan kadar air di atas 50% seperti ini tergolong yang kadar airnya tinggi. Semakin tinggi kadar airnya, semakin banyak pula softlens menyerap air dari mata kita. Sayangnya mata aku sendiri tergolong agak kering sehingga kurang cocok menggunakan softlens yang memiliki kadar air tinggi.



Diameternya tergolong normal yaitu 14.2mm. Nggak tahu kenapa aku tuh nggak bisa pakai softlens yang diameternya di atas 15mm karena selain susah banget nempelin ke matanya, si softlensnya bakal gerak-gerak gitu di mata aku jadi nggak nyaman.

Next, base curvenya 8.6mm. Ini juga tergolong bisa masuk ke semua mata karena nggak terlalu longgar dan nggak terlalu ketat juga 'mencengkram' mata kita.

Mengutip dari website resmi Freshkon, perbedaan dari varian monthly dan daily Freshkon Alluring Eyes ini selain jangka waktu penggunaan adalah ketipisan lensanya. Untuk yang monthly, ketipisan bagian tengahnya (center thickness) adalah 0,07mm sedangkan yang daily 0,08mm.

Verdict



Jika ditanya, nyaman nggak menggunakan Freshkon Alluring Eyes? Menurut aku yang matanya emang agak kering dan sensitif ini, jawabannya cukup nyaman.

Tapi ada beberapa hal yang bikin aku kurang nyaman memakainya, misalnya beberapa kali setelah mata aku ngedip, softlensnya berasa geser atau kaya mau ngelipet gitu.

Terus aku ngga tahu istilahnya apa ya, memang penglihatan aku jadi jelas, tapi di bagian pinggir atau sudut mata rasanya agak ngeblur gitu. Nah, ini juga mungkin karena diameternya yang 14,2mm. Ini tergantung kondisi mata kalian sendiri ya, kalau aku sih lebih nyaman menggunakan yang 14,5mm.


Tapi overall, aku pakai selama 3 jam-an masih cukup nyaman tanpa pakai eye drops tambahan. Inget jangan pakai softlens lebih dari 8 jam ya karena mata juga butuh 'bernafas' dan istirahat.

Proses masukkin lensanya ke mata juga menurut aku gampang banget, cukup sekali tempel aja terus ngedip-ngedip dikit udah terpasang dengan sempurna. Selain itu lensnya juga cukup tipis jadi gak kerasa ganjel.

So will i repurchase this? Menurut aku sih nggak dulu, karena aku lebih nyaman dengan softlens yang kadar airnya rendah dan diameternya agak sedikit lebih besar dari Freshkon Alluring Eyes ini.

Apa kalian pernah coba Freshkon Alluring Eyes? Gimana pengalaman pakainya, apakah beda atau sama dengan aku?

Get to know more about Freshkon

Price: around IDR145.000, price may vary





This is a sponsored post. Freshkon sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

1 komentar

  1. Waah warnanya cantik banget! I wish I could wear softlens!

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)