[REVIEW] Radiance Package dari Terra Beaute - Nggak Cuma Sekedar Packaging Aesthetic

3:37:00 PM


Sadar nggak sih kalau sampah produk skincare tuh termasuk salah satu jenis limbah rumah tangga yang persentasenya cukup besar? Kalau aku sendiri dalam rangka less waste, aku reuse beberapa sampah packaging skincare yang masih bisa dipakai. Misalnya nih botol face mist atau toner yang semprot gitu aku pakai buat wadah desinfectant dan hand sanitizer. Beberapa model jar juga aku pakai buat tempat cincin atau aksesoris yang kecil-kecil gitu.

Makanya penting juga buat pilih produk yang packagingnya tuh recyclable. Jadi kalau udah habis, botol atau packagingnya kita kirim ke bank sampah buat didaur ulang. Selain itu kalau bisa materialnya yang eco friendly juga jadi meminimalisir dampak buruk untuk lingkungan.

Contohnya Terra Beaute ini! Jadi aku baru aja nyobain Radiance Package dari Terra Beaute. Nah, Terra Beaute ini adalah brand lokal BPOM certified yang berasal dari Bandung. Satu paket yang aku coba ini terdiri dari Radiance Facial Cleanser, Radiance Facial Toner, Aurum Serum, Daylight Radiance Cream, dan Moonlight Radiance Cream.

First impression aku dari produk-produk ini adalah kemasannya tuh aesthetic dan instagramable banget deh. Eh, tapi ternyata gak cuma sekedar cakep doang. Packagingnya Terra Beaute ini recyclable alias bisa didaur ulang, plus material tutupnya yang terbuat dari bambu ini ramah lingkungan.

Oke, biar nggak penasaran, kalian bisa langsung baca aja review hasil pemakaian dari Radiance Package Terra Beaute ini, ya!

Review Radiance Package Terra Beaute

Packaging

Kayaknya nggak perlu dibahas panjang lebar ya, intinya packaging cakep! Untuk Radiance Facial Cleanser dan Toner material botolnya terbuat dari plastik berwarna amber, sementara untuk kedua cream dan serumnya terbuat dari kaca.

Warna gelap kayak gini tuh sebenarnya bermanfaat juga untuk melindungi isi produk dari paparan sinar UV, lho. Seperti yang kita ketahui, paparan sinar matahari tuh bisa banget merusak kandungan suatu produk. Makanya disarankan untuk menyimpan produk skincare di tempat yang nggak terkena matahari langsung atau kalau bisa botolnya berwarna gelap seperti ini

Produk serumnya satu-satunya yang dilengkapi box, lengkap dengan product information dan ingredientsnya. Kalau cleanser dan toner pas baru dateng disegel plastik, sementara kedua creamnya ada semacam kertas pelindungnya gitu (Eh apa sih namanya? sleeve?).

Nah, ini logo dari produk Terra Beaute. Bisa kalian lihat juga material dari tutupnya ini dengan lebih jelas. Eh, ini beneran bambu lho yaa bukan plastik yang bermotif bambu. Pokoknya dari pertama aku pegang aja udah ada aroma bambu yang khas dan buildnya juga kokoh dan terkesan mewah.


Ingredients

Aku nggak bahas terlalu dalam soal ingredientsnya ya kali ini. Tapi aku bakal bahas sedikit soal key ingredients dari masing-masing produknya. Oh iya, setau aku package ini tuh untuk kulit normal atau kering. Ada lagi produk lain yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kita ulas satu-satu ya.


Radiance Facial Cleanser - Key Ingredientsnya adalah Alpha Arbutin, Aloe Vera, dan Carica Papaya Extract. Alpha Arbutin sendiri memang sudah terkenal sebagai brightening ingredients, sementara Aloe Vera umum ditemukan dalam produk yang bersifat hydrating.

Carica Papaya Extract atau ekstrak pepaya adalah ingredients yang bermanfat untuk eksfoliasi kulit mati. Enzim dari buah pepaya yaitu Papain, dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran sekaligus mengangkat kulit mati (sumber).


Radiance Facial Toner - Move into next product, untuk produk tonernya ini key ingredientsnya adalah AHA, Niacinamide, dan Licorice Extract. Karena mengandung AHA yang tergolong chemical exfoliant, aku menyarankan untuk menggunakan produk ini dengan kapas supaya sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna.

Niacinamide, bentuk dari vitamin B3 ini terkenal sebagai brightening agent sepert Alpha Arbutin di produk sebelumnya. Tapi nggak cuma itu, mengutip dari Healthline, Niacinamide dapat membantu memperkuat skin barrier dengan kandungan protein keratin di dalamnya. Dengan aplikasi Niacinamide secara topikal, kulit akan membentuk lapisan lipid atau ceramide di permukaan kulit yang dapat membantu mempertahankan kelembaban. Selain itu, Niacinamide juga berfungsi untuk meredakan kemerahan karena inflamasi dan memperbaiki tekstur kulit.

Licorice atau akar manis efektif untuk menenangkan kulit dari gejala iritasi seperti kemerahan dengan kandungan Glabridin di dalamnya. Glabridin sendiri adalah salah satu jenis antioksidan, dikutip dari Paula's Choice.



Aurum Radiance Serum - Kita semua tahu dong ya kalau serum adalah produk dengan konsentrasi paling tinggi dibanding produk lainnya. Nah, kandungan utama dari Aurum Radiance Serum ini adalah Swiss Licorice, Alpha Arbutin, Vitamin B3, Golden Collagenine & Colloidal Gold.

Aku sendiri baru kali ini coba produk dengan kandungan Golden Collagenine. Jadi Golden Collagenine ini (menurut sumber) adalah sejenis peptide yang berupa gabungan dari logam mulia, platinum, dan emas. Peptide, as we know, adalah ingredients yang bersifat anti aging. Golden Collagenine ini berfungsi sebagai penguat kolagen (i assume ini di dalam kulit, ya) dengan menempelkan partikel pembawa emas dan platinum. Dibandingkan peptide konvensional, Golden Collagenine jauh lebih efektif dan stabil.

Sementara itu Colloidal Gold, menurut penelitian, dapat menembus jauh ke lapisan kulit yang lebih dalam sebagai carrier untuk active ingredients lain di dalam skincare kamu. Dalam kata lain, Colloidal Gold ini dapat meningkatkan efisiensi bahan lainnya.

Oh iya, kedua bahan ini dapat berfungsi juga sebagai base make up untuk tampilan riasan yang lebih awet.


Daylight Radiance Cream - Day cream ini dilengkapi dengan UVA dan UVB filter, Niacinamide, dan Swiss Licorice Extract. Dari informasi yang aku dapatkan dari Terra Beaute, produk ini mengandung SPF 35 PA+++, tetapi aku menyarankan sebaiknya biarpun pakai skincare dengan UV filter tetap pakai sunscreen secara terpisah. Untuk efek moisturizingnya, ada kandungan aloe vera, vitamin E, dan Chamomile Extract.

Chamomile Extract sendiri mengandung senyawa anti-inflamasi, dan cocok untuk kulit kering, sensitif, dan kasar.


Moonlight Radiance Cream - The retinol craze is hyped up the local market, too. Krim malam dari Terra Beaute ini Key Ingredientsnya Niacinamide, Alpha Arbutin, Tranexamic Acid, dan Retinol.

Tranexamic Acid adalah derivatif sintetis dari Lysine. Melansir dari Byrdie, bahan yang satu ini bermanfaat untuk meratakan warna kulit dan mencerahkan. Cuma dari yang aku baca sih, Tranexamic Acid ini sebaiknya pemakaiannya nggak dibarengi dengan jenis acid lainnya, kalau bisa cuma satu atau dua aja untuk menghindari efek samping seperti kulit jadi kering.


Oke, jadi bisa kita simpulin kalau Radiance Package dari Terra Beaute ini diformulasikan untuk mencerahkan kulit. Dari bahan-bahannya juga lebih ke normal to dry skin-friendly.


Texture & Fragrance




Seperti bisa dilihat di foto di atas, kalau dijabarkan tekstur keseluruhan dari Terra Beaute ini cukup ringan. Untuk tonernya watery, sementara day creamnya agak sedikit thick dengan warna kekuningan dan night creamnya lebih condong ke tekstur seperti gel dibandingkan cream. Ini menarik, soalnya night cream biasanya cenderung lebih thick dan rich dibandingkan day cream. Apa mungkin karena ini retinol cream ya?

Menurut aku setelah diaplikasikan, semuanya (dari toner) cukup cepat menyerap dan nggak meninggalkan rasa oily lengket gitu di kulit, cuma aku bilang sih masih agak greasy dan tacky sedikit gitu...

Kalau cleansernya sendiri emang nggak mengandung SLS, tapi busanya cukup banyak dan nggak bikin kesat juga. Kandungan Aloe Veranya bikin kulit tetap lembab biarpun habis dicuci pakai sabun.

Untuk fragrancenya, agak unik juga. Sebelumnya aku memang prefer skincare non fragrance sama sekali atau just a little faint smell. Skincare dari Terra Beaute ini memang masih mengandung artificial fragrance atau perfume, tapi wanginya nggak terlalu mencolok dan cenderung low-key gitu sih kalau menurut aku.

I smell woody and earthy notes, dan probably sedikit sekali citrusy notes. Wanginya khas dan soothing, bukan yang semerbak wangi gitu. Kebetulan aku memang suka wangi seperti ini yang nggak terlalu 'lebay'. Menurut aku wanginya ini sesuai banget sama konsepnya deh.


Verdict


Setelah menggunakan Radiance Package dari Terra Beaute ini selama kurang lebih 14 hari, aku cukup puas dengan performanya memberikan kelembapan yang cukup bertahan lama tanpa rasa oily yang berlebihan.

Aku juga merasa kulit jadi jauh lebih kenyal dan lembut, berkat Retinolnya juga rasanya tekstur kulit aku jadi lebih halus dan lebih baik. Cuma sayang aku masih belum tahu pasti kandungan Retinolnya berapa persen.

Oh iya, aku juga belum lihat perubahan skintone menjadi lebih cerah yang signifikan. Mungkin penggunaannya perlu diperpanjang lagi untuk mendapatkan hasil yang aku inginkan.

But so far, aku suka dengan hasilnya untuk melembapkan kulit aku yang normal to dry. Overall, aku juga suka banget dengan konsep dan designnya. Aku bakalan recommend Radiance Package ini kalau kalian nyari skincare dengan active ingredients tapi gentle & mild di kulit. Tertarik untuk mencobanya? Yuk komen di bawah, ya.

Get to know more about Terra Beaute



This is a sponsored post. Terra Beaute send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

You Might Also Like

3 komentar

  1. Pengen, tapi utk toner, aku udah dipastikan ga bisa pake. Krn ada AHA yg mna aku alergi. Utk night cream juga hrs hati2 Krn ada retinolnya itu.

    Padahal kalo baca ini sepertinya baguuuuus, apalagi packagingnya memang keren sih. Baru kali ini aku liat pake bambu gini :). Jd terlihat mewah.

    ReplyDelete
  2. Dari awal tau Terra Beauty aku kira itu brand western, ternyata local brand. Proud. Ada local brand secakep ini😍.

    ReplyDelete
  3. gemas sekali tutupnya beneran bambu yah

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)