[EVENT REPORT] Wardah Beauty Moves You - Bergerak Membawa Manfaat

Hello! Menyambung postingan aku di Instagram, aku sempet ada pertanyaan sebenernya cantik itu apa sih? In my humble opinion (also as someone who studied humaniora), tergantung konteksnya sih. Cantik secara fisik, ada. Cantik secara 'inner beauty' juga ada. Pokoknya tergantung kita lihatnya dari sudut pandang mana sih.

Kalau menurut aku sendiri, cantik itu nggak cuma sekedar fisik aja tapi we must do something impactful dengan 'kecantikan' yang kita punya. Nah, pas banget tuh sama tema campaign Wardah tahun ini yaitu Beauty Moves You - Bergerak Membawa Manfaat. Suka banget deh sama campaign Wardah di tahun 2021 ini.

Oh iya, tahun kemarin aku juga ikut menyemarakkan acara tahunan Wardah yaitu Wardah Beauty Fest 2020. Barangkali ada yang mau baca event reportnya bisa langsung klik di bawah ini, hehehe.

Baca Juga: Event Report Wardah Beauty Fest 2020 - Women Empower Women

Alhamdulillah tahun 2021 ini aku kembali dipercaya oleh Wardah dan Muslima Beauty untuk jadi salah satu KOL acaranya. Ini sebenernya bukan tentang project or job aja sih, tapi aku pribadi seneng banget ikutan acara-acaranya Wardah karena emang banyak banget insight yang bisa aku dapet dari banyak perempuan yang inspiring.

So, Wardah Beauty Moves You ini hadir di tanggal 30 dan 31 Oktober 2021, seperti tahun kemarin yang masih di tengah suasana pandemi acaranya online. Kita bisa nonton di websitenya Wardah Beauty Moves You atau streaming di beberapa platform seperti YouTube dan Vidio.

Rangkaian acaranya sendiri banyak banget dan hampir setiap jam ada. Aku ikut dua sesi talkshow kali ini, dan bakal aku bahas sedikit satu-satu ya.

Wardah Beauty Moves You - Beauty Moves The Changes For Environment

Aku excited banget ikut sesi ini karena aku memang lagi dalam proses untuk menerapkan 'sustainable beauty' dalam keseharian aku. Sebagai seorang content creator, aku menghasilkan sangat banyak sampah terkait produk kecantikan. Mulai dari yang remeh temeh kayak kapas dan cotton bud, sampai packaging bekas skincare dan makeup, skincare dan makeup yang sudah expired, dan kardus serta bubble wrap bekas pengiriman or PR Package.

Buat aku ini PR banget! Biasanya aku beres-beres vanity dan studio aku tuh setahun sekali dan suka jadi kaget sendiri karena sampahnya bener-bener segunung. Aku tuh jujur aja blank soal persampahan gini dan gatau mesti ngapain ngurusin sampah ini yaudah langsung aja aku buang atau kasih ke tukang sampah. Padahal harusnya bisa dipilah-pilah dulu kan ya? Maaf ya hiksss.

Nah, di sesi talkshow Beauty Moves The Changes For Environment ini hadir Cynthia Lestari dari LyfeWithLess - Minimalist Community Indonesia, Maurilla Imron dari Zero Waste Indonesia, dan juga Dewi Sandra selaku brand ambassador Wardah.

Jadi dari talkshow ini aku jadi tahu kalau sampah dari beauty industry ini makin tahun makin meningkat. Hal ini wajar aja sih menurut aku karena belakangan beauty industry khususnya local brand emang lagi masif banget. Hampir setiap minggu atau bulan tuh ada aja kabar launching produk baru.

Source: Freepik

So the question is, how do we contribute to a better environment, amidst those massive beauty trends?

Cynthia Lestari dan LyfeWithLess sendiri punya campaign yaitu #PakaiSampaiHabis. Ini... aku agak triggered juga karena aku jarang banget pakai satu produk sampai habis, malah cenderung udah expired duluan sebelum bener-bener habis. Ya, namanya kerjaan aku nyobain produk baru terus kan mau ga mau ya ganti-ganti produk terus *alesan*.

Sudah beberapa bulan ini aku coba untuk menerapkan #PakaiSampaiHabis ini. Aku bener-bener usaha deh ngabisin skincare aku yang udah menggunung itu. Tentunya aku pilih-pilih juga yang sekiranya ga akan aku pakai pribadi secara berkelanjutan, ga cocok, dll, aku sisihkan entah buat aku kasih ke teman, saudara, atau mungkin giveaway. Mudah-mudahan konsisten yaaa, amiiiin.

Aku juga sudah mulai mengurangi penggunaan kapas sekali pakai dengan beralih ke reusable pads. Ini aku sempat share juga di Instagram.

Nah dari talkshow ini aku juga dapat insight untuk menerapkan gaya hidup minimalis dan zero waste. Disini aku posisinya sebagai konsumen dan aku berupaya untuk menjadi konsumen yang bijak. Salah satunya ya dengan cara find what you need, not what you want, seperti kata Dewi Sandra yang cantik jelita seperti aku.

Jadi jangan dulu gatel untuk nyobain produk or shade lain, pokoknya manfaatkan dan gunakan yang ada dulu aja secara maksimal. Yes! It's a very small step but i hope can do a great impact to a bigger scale.

Wardah Beauty Moves You - Beauty Moves Global Halal Lifestyle

Onto the next session, ini adalah sesi di hari ke dua (31 Oktober) dengan tema seputar gaya hidup halal. As a moslem, aku ya dari lahir sudah menerapkan gaya hidup halal ini sih (meskipun kadang yang harom lebih menggoda gimana dong bunda? hahaha, alhamdulillah sudah tobat dari jaman jahiliyah *IYKWIM)

Menariknya di sesi ini Wardah mengundang narasumber yang tinggal di luar negeri seperti Ana Octarina yang menetap di Australia dan Noor Tagouri, seorang jurnalis berhijab di Amerika. As a journalist myself, i found Noor really are inspiring!

Di sini aku dapet insight seperti apa sih kehidupan sebagai seorang minoritas, yang harus menerapkan gaya hidup halal di tengah-tengah kaum non-muslim? But it really warms my heart mendengar cerita dari Ana dimana teman-teman dan lingkungannya yang non muslim mendukung halal lifestylenya.

Source: Pinterest

Menurut Ana, halal lifestyle itu bukan ya sekedar syariat doang, tapi udah menjadi way of life. Karena tanpa kita sadari juga, dengan menerapkan gaya hidup halal bisa berpengaruh ke aspek-aspek lain kehidupan, misalnya kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan yang halal, kesehatan kita juga dengan sendirinya bisa terpelihara dengan baik.

Noor juga bercerita dimana ia ingin dipandang sebagai dirinya sendiri, yaitu seorang Noor Tagouri, bukan seorang jurnalis yang berhijab. Your appearance doesn't define who you are, isn't it? Bekerja di media, apalagi menggunakan hijab bukanlah hal yang mudah. Jangankan di Amerika sana, di Indonesia aja kayanya susah-susah gampang ya?

Denger cerita mereka, i hope suatu saat aku bisa berkunjung ke luar negeri juga dan melihat sendiri seperti apa sih komunitas halal lifestyle ini di luaran sana. Karena jujur, di Indonesia tuh jadi muslim udah zona nyaman banget. Sekali-sekali aku pengen ngerasain keluar dari zona nyaman ini dan challenge diri aku sendiri. Mudah-mudahan tercapai ya, mari kita nabung dulu *cek portofolio reksadana*.

***
Anyways, i'm so happy bisa ikut dalam campaign terbarunya Wardah yaitu Wardah Beauty Moves You. Ini menyadarkan aku bahwa perempuan itu adalah sosok yang hebat, lho. Segelintir perempuan aja bisa membawa perubahan yang cukup besar dalam skala yang besar juga, bagaimana kalau semua perempuan di dunia ini sama-sama bergerak untuk membawa kita semua ke arah yang lebih baik? Pastinya keren banget dong, dan itu dimulai dari kita sendiri.

Yuk, sebagai perempuan Indonesia, kita mulai bergerak untuk membawa manfaat!

Get to know more about Wardah Cosmetics






For any inquiries you can send me an e-mail at

14 komentar

  1. Wahh lucky you mba bisa ikutan acara ini.

    Iya bener bgt sih mba, perempuan itu hebat, bisa membawa perubahan yg berdampak besar, tinggal mau atau nggak. Semoga kita sebagai perempuanpun bisa membawa manfaat baik, minimal bgt untuk lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  2. Wah seru nih bisa ikutan event wardah. Aku masih belum bisa ngurangi sampah kapas,tapi memang sudah ada niatan pakai produk yg bisa dipakai terus2an.semoga kedepannya bisa lebih aware terhadap lingkungan

    ReplyDelete
  3. Lucky banget bisa ikut keseruan event dari wardah ini, sama nih aku masih belum bisa mengurangi sampah kapas :"( semoga kedepannya kita semua bisa lebih bijak menggunakannya yaa dan juga peduli lingkungan

    ReplyDelete
  4. Asik bangeeet bisa join acara kaya gini, bisa sharing2 juga 🥰

    ReplyDelete
  5. Wah seru nih bisa ikutan event wardah. Aku masih belum bisa mengurangi sampah kapas. Walaupun masih sedang berusaha mengurangi

    ReplyDelete
  6. Asik bgt nih bisa ikutan event yaa wlpn online ttp seru bgt

    ReplyDelete
  7. Semakin terbiasa dengan event online dan makin meresapi keseruannya, apalagi jadi lebih bisa fokus juga pas dengerin pembicaranya

    ReplyDelete
  8. Keren bgt slogannya pakaisampaihabis, aku jg gitu si dipilahin dikasi ke org yg ga dipakai, kapas jg diganti ke cottonpad

    ReplyDelete
  9. Seru banget sih bisa ikutan event ini

    ReplyDelete
  10. Seru yaa, aku juga ikutan via online di web wardah kmarin. Pembicaranya banyak plus keren-keren.

    ReplyDelete
  11. aku juga nih udh jarang beli, karena harus pakai sampai habis karena sedih bgt lihat tumpukan skincare dan makeup terbuang gitu aja

    ReplyDelete
  12. Asikk banget bisa sharing2 kaya begini, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Rame banget yaa acaranya, beruntung banget bisa ikutan event wardah ini, semoga next event aku bisa ikutan juga,, 😍😍

    ReplyDelete
  14. Wah seru juga acaranya menarik dan nambah ilmu juga

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)