[REVIEW] Rivera Skin Barrier Relief Serum & Exfopower Skin Treatment Serum

Hai! Kali ini aku bakalan review dua produk skincare terbaru dari Rivera, ini masih anget banget karena baru launching tanggal 6 Desember 2021 kemarin. Yup, Rivera baru aja ngeluarin tiga produk serum terbaru dan aku sudah icip-icip dua di antaranya yaitu Rivera Skin Barrier Relief Serum & Exfopower Skin Treatment Serum. Satu lagi yang aku belum coba adalah Rivera Acne & Dark Spot Corrector Serum, tapi berhubung jenis kulit aku bukan acne prone jadi kayanya kurang cocok.

Rivera sekarang udah mulai merambah ke skincare nih gengs. Padahal dulu kayaknya identik dengan decorative make up ya? Aku pernah coba beberapa makeupnya dan favoritku adalah loose powdernya.

Baca Juga: Mini Review Rivera Cosmetics

Well, aku sudah menggunakan dua produk ini selama beberapa kali. Jadi review kali ini masuknya ke first impression ya. Next mungkin bakal aku update lagi hasil pemakaiannya selama dua minggu sampai satu bulan.

Review Rivera Skin Barrier Relief Serum
& Exfopower Skin Treatment Serum

Packaging


Dua produk ini dikemas dalam box berukuran medium. Menariknya di salah satu sisi boxnya terdapat ilustrasi botol serumnya. Untuk Skin Barrier Relief Serum warnanya pink tua, sementara Exfopower Serum-nya warna ungu. Di boxnya ini terdapat cara pemakaian, ingredient list, dan juga product knowledge.


Serum ini bisa dibilang ukurannya ga kecil-kecil amat. Nettonya sendiri 25ml. Packagingnya berupa botol kaca tebal dengan pipet yang menyatu di tutup botolnya. Pipetnya ini tipe yang besar gitu bukan pipet serum konvensional yang kecil. Kalian bisa lihat lebih jelasnya di foto di atas.

Di dasar botolnya ada expiration date, dan di bagian body botolnya tercantum ingredient list. So, nggak perlu susah-susah lagi cari boxnya untuk lihat ingredients kalau kamu simpennya nggak pakai box. Mengingat ukurannya nggak terlalu besar, serum ini nggak makan terlalu banyak tempat. Namun dari materialnya serum ini punya bobot yang agak berat.

Ingredients

Rivera Skin Barrier Relief Serum Ingredient List - Aqua, Glycerin, Dimethicone, Propylene Glycol, Acrylates Copolymer, Ceramide NP, Ceramide AP, Cholesterol, Ceramide EOP, Caviar Extract, Centella Asiatica Leaf Extract, Gluconolactone, Sodium Hyaluronate, Allantoin, Phenoxyethanol, Sodium Lauroyl Lactylate, Phytosphingosine, Calcium Gluconate, Potassium Hydroxide, Celullose Gum, Polysorbate 20, PEG-8 Caprylic/Capric Glycerides, Sodium Benzoate, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Carbomer. Citric Acid, Potassium Sorbate, Fragrance

Kita bahas satu-satu mulai dari Rivera Skin Barrier Relief Serum dulu ya. Jadi klaimnya serum ini dapat menenangkan kondisi kulit yang sensitif, memperbaiki skin barrier, mengembalikan elastisitas kulit sekaligus menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

Key Ingredientsnya ada tiga, yaitu Triple Ceramide Complex 2%, Caviar Extract 2%, dan Pure Bio-Hyaluronic Acid.

Nah, Ceramide sendiri adalah jenis asam lemak yang disebut dengan lipid dan secara alami ditemukan di sel kulit membentuk sekitar 50% dari lapisan luar kulit.

Ceramide akan membantu menciptakan 'penghalang' yang mencegah permeabilitas sehingga mengunci kelembapan kulit dan mencegah kekeringan serta iritas. Meskipun kulit manusia secara alami terdiri dari ceramide, asam lemak ini hilang seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan kulit kusam dan kering.

Terdapat 6 jenis Ceramide, dan tiga diantaranya adalah Ceramide NP, Ceramide AP, dan Ceramide EOP yang terkandung dalam Rivera Skin Barrier Relief Serum. Ketiganya memiliki struktur kimia yang berbeda.

Kandungan Triple Ceramide Complex ini dapat melindungi skin barrier, meningkatkan sistem pertahanan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit.

Pure Bio Hyaluronic Acid yang berperan penting dalam menjaga hidrasi kulit sebagai humektan. Bekerja melembapkan kulit hingga 24 jam dan membantu menyamarkan pori-pori, ingredients ini cocok banget buat tipe kulit dry skin seperti aku.

Rivera Exfopower Skin Treatment Serum Ingredient List - Aqua, Propylene Glycol, Glycerin, Lactic Acid, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Salicylic Acid, Centella Asiatica Leaf Extract, Caviar Extract, Sodium Hyaluronate, Aloe Barbadensis Leaf Water, Tocopheryl Acetate, Allantoin, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Amylopectin, Cellulose Gum, Dextrin, Xanthan gum, Disodium EDTA, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Fragrance

Untuk Rivera Exfopower Skin Treatment Serum, klaimnya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Serum ini juga dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit baru dan menjaga kulit tetap lembap.

Key ingredientsnya adalah AHA 5%, BHA 1%, Caviar Extract 2%, Centella Asiatica 2%, Pure Bio Hyaluronic Acid.

Yang aku notice dari produk-produk skincare Rivera adalah penggunaan Caviar Extract. Sebelumnya aku pernah coba Rivera Youth Expert Fortifying Serum yang juga mengandung Caviar Extract.

Ekstrak dari kaviar ini adalah emolien yang dapat meningkatkan hidrasi dan tingkat kelembapan kulit, membantu menjaga elastisitas kulit dan merevitalisasinya. Bahan ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dari kandungan vitamin E dan seleniumnya. 

Mengacu pada Skincarisma Ingredient Analyzer, kedua produk ini punya EWG Health Rating yang cukup baik yaitu 89% untuk Rivera Skin Barrier Relief Serum dan 78% untuk Exfopower Skin Treatment Serum.

Oh iya, keduanya juga nggak mengandung alkohol, paraben, dan silikon.

Baca Juga: Review Rivera Youth Expert Fortifying Serum

Texture & Fragrance

Kalau dibandingkan, Rivera Skin Barrier Relief Serum punya viscosity yang sedikit lebih besar dari Exfopower Skin Treatment Serum. Menurut aku yang Skin Barrier Relief Serum sedikit lebih kental dibandingkan Exfopower Skin Treatment Serum yang lebih watery.

Keduanya jika diperhatikan punya warna yang berbeda. Untuk Exfopower warnanya bening, colorless. Sementara yang Skin Barrier agak putih susu.

Untuk scentnya keduanya masih mengandung fragrance. Wanginya apa ya... semacam perpaduan musky dan floral gitu. Wanginya ini sama persis dengan Rivera Youth Expert Fortifying Serum dan Rivera Youth Expert Balancing Softener yang pernah aku coba sebelumnya. So i guess ini adalah fragrance khas dari Rivera?

Verdict

Sebelum ke verdict, kita bahas soal cara penggunaannya terlebih dahulu ya. Untuk Rivera Skin Barrier Relief Serum digunakan 2-3 tetes setelah membersihkan wajah dan applying toner, di pagi hari dan malam hari.

Kalau Exfopower Skin Treatment Serum-nya agak tricky. Produk ini diaplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan, ditunggu maksimal 10 menit, baru dibilas dengan menggunakan air hangat.

Penggunaannya juga lebih baik di malam hari, hanya 1 atau 2x seminggu, dan jangan lupa pakai sunscreen di pagi harinya. Jangan dibarengi dengan produk yang mengandung vitamin C atau retinol ya guys untuk menghindari risiko iritasi.

Awal pakainya aku tuh lupa kalau harus dibilas jadi langsung aku timpa aja pakai moisturizer, Hasilnya lumayan kerasa cekit-cekit dan kulit aku langsung merah-merah, hahaha. Pokoknya inget aja kalau pakai serum ini tuh mesti dibilas dulu.

Karena aku baru pakai Exfopower Skin Treatment Serum-nya beberapa kali aja. Aku masih belum bisa komentar banyak. But so far blackhead banyak yang terhempas. Tekstur kulit juga terasa sedikit lebih smooth.

On the other side, hasil pemakaian Rivera Skin Barrier Relief Serum-nya sih oke banget. Serum ini cocok banget sama kulit aku yang dry and sensitive. Terasa banget kulit tuh jadi 'menul-menul' dan hidrasinya longlasting dari pagi sampai malem. Teksturnya yang ringan juga bikin nyaman untuk dilayer dengan moisturizer cream yang lumayan rich.

Satu lagi yang aku suka dari dua serum terbaru Rivera ini adalah designnya yang sleek dengan warna putih. Tipografinya clean dan botolnya sturdy. Tipe-tipe yang timeless dan cantik banget buat menghiasi vanity.

Overall, Rivera Skin Barrier Relief Serum & Exfopower Skin Treatment Serum sangat worth to try, apalagi jika kamu punya kulit kering dan juga sensitif kayak aku. Aku juga merekomendasikan Skin Barrier Relief Serum untuk kamu yang punya masalah seputar skin barrier atau iritasi. Sedangkan Exfopower Skin Treatment Serum-nya cocok buat treatment mingguan, dan bakalan oke kalau diikuti dengan pemakaian sheet mask yang calming.

Kamu bisa beli serum Rivera ini di Official Shopee-nya dengan harga yang terjangkau. Dapatkan juga promo beli 1 serum gratis sheet mask dan beli 2 serum gratis Youth Expert Night Cream worth Rp278.000. Best deal banget kan?

Apa kamu sudah pernah coba skincare dari Rivera? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya.

Get to know more about Rivera



This is a sponsored post. Jakarta Beauty Blogger & Rivera Cosmetics send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


17 komentar

  1. Wuih keknya wishlist nih. Saya lom pernah pakek produk rivera

    ReplyDelete
  2. Aku udah coba Barrier Relief Serumnya bagus banget di wajah aku.

    ReplyDelete
  3. wah rivera ini selalu sukses inovasinya ya di skincare dan make up juga

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau ini klo rivera ada skincarenya jg jdi penasaran mau cobain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw aku penasaran sm bentuk aplikatornya ga keliat di bagian mana yg dipencet ahahaha..

      Delete
    2. Yg dipencet bagian atasnya kaak hehehe

      Delete
  5. kok samaan kak kita lupa exfo serumnya dibilas πŸ˜†πŸ‘
    eh tapi iya kak hasilnya mantul sih combo serum rivera ini πŸ₯ΊπŸ€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya aduh parah bener untung ga breakout sihh

      Delete
  6. Skin barrier nya fav aku donk, dipake sehari 2x sekarang tinggal dikit πŸ˜†

    ReplyDelete
  7. belum pernah pakai rivera nih kak, hihi. dua produk ini langsung masuk wishlistkuu 😍

    ReplyDelete
  8. Kalo dipake combo makin mantul ya aku paling penasaran sama barrier serumnya

    ReplyDelete
  9. Nice info, I am very thankful to you for sharing this important knowledge. This information is helpful for everyone. Read more info about HIFU face lift jakarta. So please always share this kind of information. Thanks.

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)