Tips Bisnis Kosmetik: Mulai dari Jualan Online Hingga Jadi Brand Owner

Tips Bisnis Kosmetik: Mulai dari Jualan Online Hingga Jadi Brand Owner

Hai! Menyambung beberapa post aku sebelumnya tentang peluang bisnis kosmetik, kali ini aku mau bahas beberapa tips yang mungkin berguna jika kamu ingin berkecimpung ke dalam dunia bisnis kosmetik. Aku sendiri memang bukan brand owner (tapi mudah-mudahan suatu hari nanti), perlu diingat aku bukan ahli di bidangnya so sebagai disclaimer it's purely based on my experience as a beauty enthusiast.

Berdasarkan pengamatan aku tentang dinamika dunia kecantikan di Indonesia, Inilah Beberapa Tips Memulai Bisnis Kosmetik yang patut kamu lakukan.

1. Start Small

Source: Freepik


Kalau kamu bener-bener nggak ngerti sama sekali dengan bisnis kosmetik tapi punya ketertarikan di bidang ini, aku sarankan untuk coba jualan online dulu.

Why? Karena ada banyak sekali yang bisa kita pelajari soal bisnis kosmetik kalau kita turun jualan lho. Nanti selengkapnya akan aku bahas ya.

Terus bagaimana kalau nggak punya modal? Sekarang udah gampang banget yang namanya dropship. Mau jualan di e-commerce? Banyak pilihannya.

Bingung menentukan produk apa yang mau dijual?

Menurut aku sih bisa mulai dari jualan produk-produk yang udah pernah kamu coba sebelumnya, karena paling enggak kamu udah pernah merasakan hands-on produk tersebut dan sudah tahu sedikit banyak tentang product knowledge.

Kalau aku sendiri nggak jualan tapi jadi affiliate. Karena aku suka banget produk-produk Korea, aku affiliate produk dari Korea dan dapat komisi dari setiap produk yang terjual melalui link aku.

Nah, aku review produk tersebut, bener-bener dicobain sendiri dan tahu seperti apa produknya, baru share link pembeliannya gitu.

Sebenernya affiliate ini juga bisa dicoba sih selain dropship karena menurut aku lebih cocok dengan background aku sebagai blogger. Kalau kamu demen share-share link atau ngeracun gitu affiliate juga bakalan cocok deh sama kamu.

Aku sendiri jujur ga begitu rajin share link hahaha karena ini ya cuma sambilan aja. Tapi kalau serius, aku punya deh kenalan creator yang bisa beli rumah dari hasil affiliate ini. Gilsss keren banget pokoknya.

2. Get Familiar with The Market

Source: Freepik

Salah satu keuntungan jualan online seperti yang aku sebutkan di atas adalah kita bakalan bisa 'membaca' market atau tahu deh ya selera pasar tuh yang seperti apa.

Produk apa sih yang lagi hype? Kenapa produk tersebut hype? Apa yang membedakan produk tersebut dari produk sejenis?

Kita juga bisa tahu demand market. Apa yang dibutuhkan dari sebuah produk? Produk yang seperti apa yang lagi orang cari-cari nih, mulai dari designnya, range harganya, ingredientsnya, dan lain lain sebagainya.

Nah, data-data perihal market yang kita dapatkan dari jualan dan mencoba berbagai produk ini nantinya bisa banget lho digunakan untuk membuat produk or brand kita sendiri.

 

3. Creating a Business Plan

Source: Freepik

Setelah cukup familiar dan punya 'bekal' knowledge tentang dunia kecantikan, kamu bisa deh start membuat business plan. Data-data yang sudah kita peroleh ini bisa diolah lagi, diproses menjadi sebuah business plan.

Oh iya, kebetulan aku sendiri nggak punya background di bidang ini dan nggak bisa kasih tahu banyak soal ini, maap yak.

 

4. Making Your Own Brand

Terus gimana cara buat produknya? Kan ga mungkin kita racik sendiri di rumah terus kita jual kan? Ada banyak prosesi yang harus kita lalui untuk membuat brand kita sendiri, guys.

Selain membuat produk yang memang harus memenuhi standar, kita juga harus mengurus izinnya segala macem gitu. Prosesnya nggak singkat dan bisa memakan waktu, biaya, dan tenaga yang nggak sedikit.

Untuk itu aku merekomendasikan untuk start membuat brand kamu sendiri lewat PT ADEV Natural Indonesia yang merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa maklon kosmetik dan personal care.

Nggak cuma sekedar jasa maklon, ADEV ini kayak asisten pribadi + pabrik kosmetik pribadi dalam satu paket deh buat kamu yang pengen bisnis kosmetik.


Jadi untuk membuat brand kita bersama ADEV ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Yang pertama adalah konsultasi bersama Business Consultant ADEV terkait produk yang ingin kita buat.

Nah, kalau kamu udah fix nih pengen bikin bisnis beauty product tapi nggak punya background bisnis kayak aku, bisa banget memanfaatkan jasa konsultan yang memang udah ahli di bidangnya ini.

Berbekal data yang sudah kita dapatkan dari 'pengalaman' sebelumnya di dunia kecantikan, kita bisa bikin produk yang terbaik bersama ADEV.

Business Consultant ADEV juga siap memberikan referensi berdasarkan data tren produk kosmetik yang sedang diminati di industri kecantikan Indonesia.

Tahapan selanjutnya setelah konsultasi dengan konsultan bisnis ini adalah pembuatan sampel produk sesuai konsep yang sudah ditentukan. Tim Research and Development ADEV siap membantu kamu untuk menemukan formula produk kosmetik yang tepat sebelum diproduksi secara massal.


Nggak perlu ragu karena PT ADEV Natural Indonesia memiliki pabrik kosmetik golongan A dan selalu mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB.

Untuk informasi lebih lanjut bisa banget cek Instagramnya ADEV @adev.official ya!


Usai proses produksi sampel kosmetik ini, ADEV juga bakal bantu untuk pengurusan izin dan legalitas produknya. Mulai dari HKI (Hak Kekayaan Intelektual), BPOM, hingga label halal.

Sesudah itu baru ke pembuatan desain kemasan produk. Tentunya desainnya juga nggak bisa sembarangan karena harus sesuai dengan ketentuan klaim dan standar BPOM.

Setelah tahapan-tahapan di atas terpenuhi, barulah pabrik akan mulai proses produksi. Dari situ, kamu bisa mulai proses pengiriman. Produk dan brand kamu pun siap untuk dipasarkan.

***

Itulah beberapa tips dari aku yang mungkin bisa berguna untuk kamu yang ingin memulai bisnis di dunia kecantikan.

Menurut aku yang paling penting sebenernya bekerja dengan pabrik kosmetik yang memang sudah tersertifikasi hingga produk yang diproduksi juga sesuai standar dan tentunya bermutu tinggi. Semoga bisa bermanfaat, ya!





This is a sponsored post


24 komentar

  1. klo untuk jadi brand owner kayaknya masih jauuhhhh banget deh aku. Walau sebenenrya sih pengen. Tapi butuh modal gede dan harus punya "nama" dulu supaya "dilirik".

    ReplyDelete
  2. aku jadi penasaran sama PT adev ini hihi 😍

    ReplyDelete
  3. ternyata cukup mudah ya untuk memulai ngumpulin niatnya yang susah

    ReplyDelete
  4. Tips yang bermanfaat, Nis. Aku sendiri jualan online juga timbul tenggelam. Tp somehow ya tulisan ini jd mengingatkanku jg supaya tetep berjalan dg usaha yg skrg.

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget ya kalau bisa punya brand sendiri. Jadi pengen deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya, aku juga jadi pengen deh punya brand sendiri

      Delete
  6. kapan punya brand sendiri ya nis wkwkwkk pengen bener dah ngeluncurin skincare yang bener2 kita banget

    ReplyDelete
  7. Bismillah semoga ada rezekinya buat buka usaha kosmetik

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas tips nya ka, memang mau mulai bisnis nih tapi bingung awalnya, setelah baca jadi termotivasi

    ReplyDelete
  9. Pengen banget nih punya beauty brand sendiri

    ReplyDelete
  10. Berguna banget tips nya, kebetulan emang lagi mau belajar membangun bisnis

    ReplyDelete
  11. Sekarang udah lebih kejangkau yah bisnis kosmetik krna pasar tentunya udah banyak, tinggal kuat2in di modal n strategi marketing aja ya

    ReplyDelete
  12. Thann you tipsnya kak. Sejauh ini masih afiliasi aja sih, pgn deh bikin brand sendiri

    ReplyDelete
  13. Aku lagi membangun usaha olshop, semoga lancar deh...tp untuk jd brand owner semoga bisa kedepannya hihiiii

    ReplyDelete
  14. Wah thank you tipsnya kak. Semoga kedepannya bisa jadi pengusaha yg sukses

    ReplyDelete
  15. udah tersertifikasi jg ya. aman dan lebih lancar deh pakai jasa PT ADEV

    ReplyDelete
  16. Making my own brand is my dream mas.. not hers

    ReplyDelete
  17. Dari dulu pengen banget punya brand sendiri, mau make up, skin care, atau sepatu. Tapi kayaknya butuh modal besar juga ya, teh, hehehe.
    Cukup tertarik juga sih sama PT. ADEV ini 😍

    ReplyDelete
  18. Baru denger nih ttg ADEV, ku kirain perusahaan kyk gni cmn ada di luar negeri. Jadi kalau mau merintis produk cocok banget si ini ya

    ReplyDelete
  19. Impian semua beauty reviewer nih punya brand kosmetik sendiri ^^

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)