[REVIEW] YOU HydraRescue Glacier Water Essence & 6X Prebiotics Skin Serum

Kalian tau nggak sih dehydrated skin itu apa? Sama nggak sih sama kulit kering?

Mengutip dari Healthline, kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang terjadi ketika kulit kekurangan air. Kondisi dehidrasi ini bisa terjadi pada jenis kulit apa saja, termasuk kulit yang berminyak dan dehidrasi.

Ciri-ciri utama kulit dehidrasi biasanya terlihat kusam dan dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti permukaan keriput dan hilangnya elastisitas kulit.

Sedangkan kulit kering adalah jenis kulit, bukan kondisi kulit. Kulit kering adalah jenis kulit yang kekurangan minyak atau lipid sehingga terlihat lebih kering dan bersisik.

Terus gimana caranya membedakan kulit kering dan kulit dehidrasi?

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kulitmengalami dehidrasi adalah mencubit kulit.

Jepit sedikit kulit di pipi, perut, dada, atau punggung tangan dan tahan selama beberapa detik. Jika kulit kembali ke keadaan semula dengan mudah/cepat, maka kemungkinan besar kulit tidak dehidrasi. Tetapi jika perlu beberapa saat untuk kulit kembali, kemungkinan besar kulit mengalami dehidrasi.

Penyebab kulit dehidrasi itu sendiri ada banyak, mulai dari paparan sinar UV, penggunaan air conditioner, mandi menggunakan air panas, pola makan yang kurang sehat, hingga salah penggunaan produk skincare.

YOU HydraRescue Series, Rekomendasi Skincare untuk Kulit Dehidrasi

Untuk kalian yang punya kulit dehidrasi, nggak bisa sembarangan pilih skincare ya karena salah-salah kondisi kulitnya bisa jadi lebih parah.

Nah, kalian bisa coba skincare terbaru dari YOU yaitu HydraRescue Series!

HydraRescue Series dari YOU ini bekerja 'melepas dahaga' kulit dengan booster hidrasi kulit serta mempertahankan kelembapan kulit. Cara kerjanya sendiri ada 3 tahap yaitu refreshing skin atau menyegarkan kulit, kemudian menyeimbangkan kadar kelembapan kulit, serta replenish moisture alias 'mengisi' kembali kelembapan tersebut.

Key ingredients utamanya adalah Hyaluronic Acid yang dapat memberikan kelembapan sekaligus menjaganya dan Calendula Extract yang membantu untuk menenangkan kulit.

Aku sendiri sudah coba 2 produk dari HydraRescue Series yaitu Glacier Water Essence & 6X Prebiotics Skin Serum. Yuk, baca reviewnya sampai habis berikut ini ya.

Review YOU HydraRescue Glacier Water Essence & 6X Prebiotics Skin Serum

Packaging

Keduanya dikemas dalam box dengan color image biru, yaitu warna khusus untuk seri HydraRescue ini. Ukurannya sebenernya slightly different, dan akan kelihatan jika disejajarkan. Untuk essencenya 60ml (which is menurut aku dikit banget untuk ukuran essence hahaha) sementara serumnya 30ml (ukuran standar yah).

Di boxnya ini ada product information yang cukup lengkap, malah bisa aku bilang lengkap banget ya. Mulai dari key ingredient, brand knowledge, product knowledge, ingredients list lengkap, cara pemakaian dan apa yang perlu diperhatikan. Cuma ya karena ukuran boxnya sendiri juga nggak terlalu besar, tulisannya kecil-kecil jadi harus dibaca dalam jarak dekat.

Next kita lanjut ke packagingnya. YOU HydraRescue Glacier Water Essence packagingnya berupa botol plastik yang agak mungil (untuk ukuran essence/toner). Malah menurut aku kalau yang nggak tahu ini disangkanya travel size kali ya - padahal ini tuh full sizenya (cmiiw).

Kalau untuk 6X Prebiotics Skin Serum-nya dikemas dalam botol plastik dengan pipet. Nah ini menurut aku juga botolnya tuh ringan dan slim gitu, jadi keduanya nih travel friendly banget.

Untuk masing-masing botolnya cuma ada nama produk dan sedikit product knowledge juga ya. So you better keep the boxes in case suatu saat perlu cari ingredients lengkapnya.

Ingredients

YOU HydraRescue Glacier Water Essence Ingredient List - Water, Butylene Glycol, Glycerin, Propylene Glycol, PEG/PPG-17/6 Copolymer, Glycereth-26, Hydroxyacetophenone, Carbomer, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Maris Aqua, Glyceryl Glucoside, Caprylhydroxamic Acid, Disodium EDTA, Sodium Hydroxide, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Calendula Officinalis Flower Extract, Glyceryl Caprylate, 1, 2-Hexanediol, Methyl Diisopropyl Propionamide, Fragrance, Xanthan Gum, Caprylyl Glycol, Glucose, Sodium Hyaluronate, Propanediol, Chondrus Crispus Extract, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Dimethylsilanol Hyaluronate, Sodium Benzoate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Potassium Hyaluronate

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, YOU HydraRescue Glacier Water Essence ini cocok banget untuk kulit kering.

Essence ini bebas paraben, sulfate, alcohol, dan silicone, serta termasuk dalam kategori minimal ingredient skincare yang cocok untuk kulit sensitif.

EWG Health Ratingnya sendiri sangat baik yaitu ada di angka 94% untuk low-risk ingredients.

Produk ini punya 3 key ingredients yaitu:

  • 9D Hyaluronic Acid
    Hyaluronic acid adalah humektan yang bekerja menarik serta mengikat molekul air dan meningkatkan kadar air pada kulit. Hyaluronic acid dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit, dan mempertahankan kelembaban kulit untuk membuat kulit lebih plumpy dan elastis.

  • Canadian Glacier Water
    Glacial water adalah salah satu bentuk air paling murni dan paling alami di bumi. Air ini berasal dari hujan dan salju yang perlahan-lahan disaring dari waktu ke waktu melalui lapisan batu dan sedimen. Proses ini menghasilkan air yang secara alami tinggi mineral dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kulit.
    Manfaat dari glacier water adalah meningkatkan hidrasi kulit dan menyegarkan kulit

  • Calendula Officinalis Extract
    Minyak atau ekstrak dari bunga calendula memiliki sifat antifungal, antiinflamasi, dan antibakteri. Ada juga penelitian yang menunjukkan calendula berpotensi meningkatkan produksi kolagen.
    Karena calendula kaya akan asam lemak (lipid), bahan ini dapat membantu melembabkan kulit dan membantu menutrisi kulit. Sebagai antioksidan, calendula juga dapat menetralkan radikal bebas berkat kandungan flavonoidnya yang tinggi.

YOU HydraRescue 6X Prebiotics Skin Serum Ingredient List - Water, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Propylene Glycol, Arginine, Dimethicone, PEG/PPG-17/6 Copolymer, Glycereth-26, Hydroxyacetophenone, Dipotassium Glycyrrhizate, Carbomer, Acrylates/ C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Polymethylsilsesquioxane, Xanthan Gum, Glyceryl Glucoside, Sodium Acrylate/ Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Caprylhydroxamic Acid, Isohexadecane, Disodium EDTA, Polysorbate 80, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Calendula Officinalis Flower Extract, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Sorbitan Oleate, 1, 2-Hexanediol, Glyceryl Caprylate, Methyl Diisopropyl Propionamide, Fragrance, Trehalose, Inulin, Fructose, Caprylyl Glycol, Alpha-Glucan Oligosaccharide, Ólea Europaea (Olive) Leaf Extract, Glucose, Sodium Hyaluronate, Hexylene Glycol, Pentylene Glycol, Propanediol, Beta-Glucan, Chondrus Crispus Extract, Tremella Fuciformis Polysaccharide, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Dimethylsilanol Hyaluronate, Sodium Benzoate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Potassium Hyaluronate.

Kalau untuk serumnya, ini juga sangat cocok untuk dry skin. Selain ingredients yang melembapkan seperti Beta-Glucan dan Sodium Hyaluronate, 6X Prebiotics Skin Serum ini juga mengandung Niacinamide yang merupakan anti-aging dan brightening agent.

Oh iya, kalau kamu ngerasa kulit jadi lebih smooth dan mulus kalau pakai serum ini, itutuh karena mengandung Dimethicone ya sebagai skin conditioning dan skin protectingnya.

Sama seperti essencenya, serum ini mengandung 9D Hyaluronic Acid dan Calendula Officinalis Extract sebagai key ingredientsnya. Namun, yang membedakan adalah kandungan 6X Prebioticsnya.

Sebelumnya kalian udah tahu perbedaan prebiotics dan probiotics belum?

Probiotik mengandung mikroorganisme hidup yang dimaksudkan untuk mempertahankan atau meningkatkan bakteri baik (mikroflora normal) di dalam tubuh. Di sisi lain, prebiotik berfungsi sebagai makanan bagi mikroflora tersebut. (Sumber)

Saat digunakan dalam produk skincare, prebiotik membantu menyeimbangkan bakteri baik dan jahat pada kulit. Keseimbangan tersebut memperkuat skin barrier dan melindungi kulit dari patogen eksternal yang menyebabkan masalah kulit seperti radang, alergi, ruam, jerawat, dll. Selain itu, prebiotik juga menjaga tingkat pH kulit.

Texture & Fragrance

Kalian bisa lihat dari foto di atas, kalau YOU HydraRescue Glacier Water Essence ini punya tekstur yang watery sementara 6X Prebiotics Skin Serum teksturnya lebih kental dengan viscosity yang jauh lebih tinggi.

Jika dilihat dari ingredient listnya, keduanya masih mengandung fragrance. Tapi menurut aku tipe fragrancenya bukan yang strong, justru cukup subtle dengan aroma floral yang agak soapy, mild dan lembut. Buat aku yang punya hidung sensitif sama wangi-wangian aman sih aerna wanginya juga hilang dalam waktu beberapa menit dan subtle banget.

Cara Pemakaian

Untuk YOU HydraRescue Glacier Water Essence bisa dipakai setelah cleansing dan toning, serta bisa diaplikasikan menggunakan tangan atau juga kapas. Selain itu, essence ini juga bisa dipakai sebagai mask pack/CSM. Caranya dengan membasahi kapas tipis dengan essence ini dan dipakai sebagai masker di wajah untuk hidrasi yang lebih optimal.

Untuk 6X Prebiotics Skin Serum digunakan setelah penggunaan essence dan sebelum moisturizer, cukup teteskan beberapa drop ke telapak tangan kemudian aplikasikan dengan circular motion di wajah.

Hasil Pemakaian YOU HydraRescue Glacier Water Essence & 6X Prebiotics Skin Serum

Aku pakai kedua produk ini untuk morning skincare routine, dilayer dengan hydrating toner dan juga moisturizer + sunscreen.

Menurut aku keduanya sangat ringan dan mudah menyerap. Nggak butuh waktu lama sampai wajah siap untuk step skincare selanjutnya dan nggak meninggalkan rasa lengket. Meskipun sebaiknya produk dengan hydaluronic acid diaplikasikan ke kulit saat kulit dalam keadaan lembab (tidak kering) ya.

Untuk kulit kering aku bisa bilang cocok banget karena lembapnya cukup longlasting tanpa rasa terlalu oily atau lengket, super nyaman banget menggunakannya karena jujur aku kurang suka skincare untuk kulit kering yang bikin terlalu minyakan atau lengket gitu.

Overall, kalau kamu punya kulit dehidrasi atau kering YOU HydraRescue ini bisa banget dicoba. Terlebih lagi harganya terjangkau banget yaitu Rp60.000 untuk essencenya dan Rp89.000 untuk serumnya. Best deal banget sih untuk skincare yang harganya di bawah 100k ini. Selain itu setahu aku ada bundle juga di Official Store Shopee YOU jadi harganya jatuhnya lebih murah + bonus juga.

Get to know more about YOU


This is a sponsored post. YOU send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

0 komentar

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)