Kenapa Kamu Harus Pilih Produk Lokal?

Hi guys! Kayaknya udah agak lama juga ya nggak up postingan baru di blog *bersih-bersih sarang laba-laba*.Anyway hari ini aku mau bahas sedikit tentang kenapa kita harus pilih produk lokal.

Coba deh kamu perhatiin meja rias, vanity, atau rak skincare/makeup kamu. Kira-kira kamu punya lebih banyak produk lokal atau produk luar kayak produk Korea/Western/China/dll gak nih?

Kalau aku sendiri skincare lebih banyak dari Korea, tapi kalau makeup lokal.

Oh iya, kerasa nggak sih sekarang tuh growth produk lokal tuh kenceng banget? Tiap hari, tiap minggu, tiap bulan pasti ada aja produk yang baru launching. Beda banget sama aku baru ngeblog dulu tahun 2017an, dimana produk lokal tuh paling baru ada segelintir aja macam Viva, Sariayu, Wardah.. Jadi dulu tuh apalagi buat makeup orang-orang lebih seneng sama produk luar karena selain tren ya banyak pilihannya. Soalnya kalau produk lokal ya cuma itu-itu doang dan nggak menjawab demand yang ada.

Anyway bangga banget di tahun 2023 sekarang ini udah banyaaak banget produk lokal yang kualitasnya bagus-bagus, packagingnya gemes-gemes, campaign-nya keren-keren. Jadi nggak bingung lagi kalau mau beli makeup dan skincare yang harganya terjangkau, nggak perlu PO-PO-an segala, dan cocok untuk kulit Indonesia.

Kita bahas dikit yuk kenapa sih kita harus pilih produk lokal.

5 Alasan Kenapa Harus Pilih Produk Lokal

1. Bantu Perputaran Roda Ekonomi Negara

Source: Freepik

Kita mulai dari yang paling luas aja gitu kali ya. Disclaimer dulu nih aku dulu SMA emang IPS, tapi itu kaya udah over the decade ago dan pengetahuan ekonomi aku emang masih cetek banget hahaha.

Jadi yang alasan yang pertama adalah dengan membeli produk lokal kita bisa berpartisipasi dalam perputaran roda ekonomi negara. Ya, jadi singkatnya duit kita bakalan tetep muter di dalam negara kita, nggak keluar-luar kayak kalau kita beli produk luar.

Secara gak langsung kita berpartisipasi juga sama pertumbuhan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan lain sebagainya.

2. Jejak Karbon yang Lebih Sedikit

Source: Freepik

Now we talks about the environment! Seperti yang kita tahu kalau kita beli produk dari luar negeri itu sebenernya agak ribet dan panjang juga lho perjalanannya dari pabriknya di negara asal sampai bisa ada di tangan kita.

Dalam proses yang panjang itu, ada jejak karbon yang nggak sedikit. Lagi-lagi secara nggak langsung, kita bisa mengurangi polusi dari proses pengiriman yang super panjang tersebut. We all strive for the better, the greener environment dan sekecil apapun yang kita sumbangsihkan tuh bermakna.

3. Didesain atau Diformulasikan Untuk Orang Indonesia

Aku mau cerita dikit dulu yaaa, aku kan suka beli produk complexion Korea gitu. Dulu lagi hits banget jaman BB Cream dan satu-satunya cara kita mau nyobain BB Cream itu ya beli produk Korea, karena emang belum ada produk lokal yang ngeluarin BB Cream.

Itu tuh susahhhhh banget nyari shade yang pas buat kulit aku. Pernah aku beli salah satu merek, kegelapan. Belum nyerah, beli lagi merek lain, keputihan. Gak nyerah lagi, beli shade lain eh terlalu ngepink banget jadinya ashy.

Dari usaha aku nyari shade yang pas aja, aku udah beli 3 BB Cream dan itu semuanya nggak kepake. Sayang nggak sih?

Nah, ini tuh kasusnya bakal beda cerita kalau aku beli produk lokal yang memang diformulasikan untuk orang Indonesia. Tentunya si brand lokal ini udah research dong, shade apa aja sih yang sekiranya cocok untuk kulit orang Indonesia?

Sama juga dengan skincare nih. Skincare dari brand lokal tentunya dibuat sedemikian rupa untuk mengatasi masalah kulit yang terjadi di orang Indonesia dong. Ada banyak faktor yang berpengaruh misalnya suhu, kelembapan, iklim, dan lain-lain yang tentunya berbeda dengan negara lain.

So, go local if you don't want to gamble on looking for products that suit your skin well.

4. Lebih Mudah Didapatkan

Source: Freepik

Sebenernya jaman sekarang yang udah canggih dengan segala macam e-commercenya sih gampang ya untuk beli produk luar dengan checkout di ecommerce or marketplace. Segampang beli produk lokal.

Tapi kalian pernah nggak sih, liat produk luar yang dijual di minimarket depan komplek tempat kalian tinggal? Pernah nggak sih kalian pake lipstik A dari Korea gitu, terus habis, dan besoknya kalian harus banget pake lipstik itu, let's say it's a part of a dresscode, dan kalian cuma dikasih kesempatan buat cari di toko kosmetik terdekat?

Yes, menurut aku produk lokal dengan segala kepraktisannya dan distribusinya yang lebih luas ini tetap lebih mudah didapatkan daripada produk luar dan itu kelebihannya sih.

5. Nggak Kalah Kualitasnya dari Produk Luar

Seperti yang sudah aku tulis di atas, sekarang tuh produk lokal keren-keren gilaaa! Semuanya tuh cakep-cakep, well-crafted, designnya bener-bener dipikirin dengan sematang itu, dan produknya juga berkualitas.

Aku punya satu lipcream dari brand lokal, yang warnanya sama dengan 1 brand Korea yang aku punya, tapi jauh lebih nyaman di bibir dibandingkan yang Korea punya. Aku nggak paham soal formulasi, apakah emang yang Korea diformulasikan untuk bibir orang Korea lol atau gimana aku nggak ngerti, tapi yang jelas kualitasnya nggak kalah kok.

Dan di Indonesia sendiri ada lembaga uji yang terpercaya kayak Skinproof yang membantu para brand lokal mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis sampai bisa mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.

Skinproof sendiri adalah anak perusahaan dari Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen sejak tahun 2017. 

Kayak misalnya nih salah satu produk skincare by Skinproof yaitu Wardah Perfect Bright Moisturizer yang aku pakai juga, Aku pernah pakai yang mini sizenya, kalian bisa baca review lengkapnya di sini ya. Moisturizer dari Wardah ini mengandung 4X Bright Berries, Zinc, dan SPF30 PA+++. Menurut aku moist ini super pas banget adonannya sama kulit orang Indonesia yang cenderung agak berminyak dan konsistensinya juga nggak yang terlalu oily gitu sehingga tetap nyaman dipakai di iklim yang panas dan lembab seperti di Indonesia.

***

Nah, itu dia alasan kenapa kamu harus pilih produk lokal. Dan tentunya bukan yang lokal sembarang lokal ya, tapi yang sudah teruji keamanannya, terverifikasi, tersertifikasi dan lain-lain karena kulit tuh investasi terbesar kita sih. Paling bener emang pilih produk yang udah teruji sama lembaga yang kredibel juga kayak Skinproof.

Jadi kamu pilih produk lokal atau produk luar nih? Yuk, share di kolom komentar.


7 komentar

  1. apalagi produk lokal sekarang tuh bagus-bagus ya nis, sejak beberapa tahun terakhir aku tuh bangga banget sama produk lokal

    ReplyDelete
  2. Produk lokal sekarang ga kalah sama produk luar yaa, kerennn!

    ReplyDelete
  3. ak juga pake wardah ini, ternyata udah approved by Skinproof 😍😍👍

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau ada yang night cream-nya, kalau day cream-nya bagus, aku udah cobain. Apalagi kalau udah diuji Skinproof🥰

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran mau ngecekin semua produk yang dipake nih

    ReplyDelete
  6. wah udah teruji di skinproof berarti dijamin aman ya

    ReplyDelete
  7. serius, produk lokal sekarang bagus2. gak kalah sama produk luar. bangga banget

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)