[BEAUTY DIARY] 2019 Skincare Routine for Normal to Dry Skin

11:39:00 PM



Rasanya aku udah lama juga nggak share skincare routineku di blog ya? Terakhir tahun 2017 pas lagi rajin-rajinny ngeblog, hehehe. Mudah-mudahan di sisa 2019 ini & 2020 nanti makin rajin ngeblognya deh. Dulu sih waktu nulis skincare routine 2017 kulit aku kombinasi, nah dari 2017 sampe sekarang itu aku pakai produk-produk yang berfungsi untuk melembabkan dan juga beberapa produk untuk perawatan pori-pori.
Beberapa kali juga visit dokter kulit sebelum treatment di klinik kecantikan, aku punya beberapa concern lainnya seperti pori-pori yang agak besar, sedikit berminyak di T-Zone, dan uneven skintone.
Beberapa kali juga di tahun 2019 ini aku puasa skincare sebelum nyobain produk baru dan pada masa puasa skincare itu, masalah kulit yang bener-bener kerasa itu dry patches di daerah jawline. So, aku simpulkan tipe kulit aku sekarang adalah normal to dry.


Oke, sekarang aku mau bahas produk yang sedang aku gunakan sekarang ya. Aku pisah 3 jadi untuk morning & night routine sama weekly routine. Semua produk yang aku pakai rata-rata dari PR Package atau Gift (Perks of being blogger!). Beberapa juga mungkin mereknya kurang familiar di Indonesia, dan aku jarang sekali beli produk yang sedang hype. Di Indonesia menurut aku banyaknya produk yang hype itu ya untuk kulit berminyak sedangkan untuk kulit kering jarang. Oh iya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, aku masih setia dengan 10 step skincare routine & skincare layering.

So here's my skincare routine!

Morning Routine




1. Cleanser
Soon+ 5.5 Cleansing Foam
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp 197.000

Cleansing Foam ini formulanya weak-acidic & mengandung probiotik. Busanya banyak & lembut, selain itu juga setelah aplikasi kulit tetep lembab dan nggak kering. Wanginya juga nggak overwhelming.

2. Toner
Ultima II Specialized Milky Toner
PR Package / Review Giveaway | Beli di Ultima II Webstore
Rp250.000

Ini sebenernya jatohnya ngabisin, hahaha. Punya ini dari tahun 2018, dikit lagi abis. Sebenernya produk ini does nothing special on my skin, tapi aku suka aplikasi toner ini pake kapas & kotoran di kulit wajah bisa ikut keangkat. Jadi bisa bantu ngebersihin juga.

3. Essence/Booster
Ultima II Advanced Activator
PR Package / Review Giveaway | Beli di Ultima II Webstore
Rp770.000

Sama kayak tonernya, ini juga ngabisin. Sebenernya jatohnya booster sih ya karena produk ini bisa membantu produk selanjutnya bekerja dengan lebih optimal.

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence Special Edition
PR Package | Beli di Avostore
Rp199.000 (harga PHTE biasa bukan yang special edition)

Ini masih masa trial, baru dicoba beberapa kali. So far oke buat kulit kering meskipun ada alkoholnya, gak bikin breakout juga.

4. Serum
Ultima II Procollagen Extrema Complex for Face and Neck
PR Package / Review Giveaway | Beli di Ultima II Webstore
Rp475.000

Serum buat muka & leher. Suka banget karena bikin kulit jadi lebih soft and plump!

5. Moisturizer
Benton Aloe Real Cool Soothing Gel
PR Package

Karena produk-produk sebelumnya kalau dilayer udah cukup moisturizing banget, jadi aku pake soothing gel aja yang ringan untuk pagi hari. Ini soothing gel terbaik yang pernah aku coba, ada cooling sensationnya tapi nggak ada alkoholnya. Kadang aku pake juga buat hair mask sebelum keramas, lumayan oke buat rambut rontok lho!

6. Sunscreen
Althea Korea Petal Velvet Sunaway
Angel PR Package | Beli di Althea
Rp202.000

Ini ngabisin karena tinggal dikit lagi, rencananya abis ini mau coba pake sunscreen spray dari Kose. Wanginya kalo nggak biasa dan idungnya sensitif pasti kerasa aneh karena mirip-mirip wangi jahe. Teksturnya sih enak karena agak encer, aku kurang suka sunscreen yang teksturnya thick kayak cream gitu.

Night Routine




1. Cleanser
Masih sama kayak cleanser yang aku pakai pagi-pagi. Oh iya, biasanya kalo habis makeup yang agak berat itu ada cleansing routinenya lagi, nanti aku bahas di post terpisah ya.

2. Toner
Avoskin Miraculous Exfoliating Toner
PR Package | Beli di Avostore
Rp169.000

Exfo toner ini nggak dipake tiap hari, paling 3 hari sekali & diselang-seling sama exfoliating mask. So far selama pake exfo toner ini jerawat jarang banget mampir! Kandungannya 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA.

Glowberry Moist Vitafresh Essence Toner
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp302.000

Ini produk 2in1 gitu, toner udah sekaligus essence. Karena teksturnya agak kentel, aku pake sebagai hydrating toner kalau habis pake exfo toner.

3. Essence/Booster
Sama kayak pagi, aku masih pake PHTE dari Avoskin sebagai first essence lalu dilanjut menggunakan Emulsion.

SOON+ 5.5 Balancing Emulsion
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp318.000

Kadang kalau lagi males skincare-an, biasanya aku stop sampe sini, nggak sampe pake moisturizer lagi karena emulsion ini udah cukup moisturizing buat aku.

4. Serum
Steambase Roseherb Perfect Serum
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp499.000

Serum ini punya tekstur yang agak light, which is i love. Produk ini juga concernnya lebih ke anti aging (karena mengandung peptide) dan melembabkan juga.

5. Eye Cream
Innisfree Green Tea Seed Eye Cream
PR Package | Beli di Althea
Rp237.000

Udah beberapa bulan pake produk ini, so far cuma kerasa melembabkan aja, does nothing to eye bags & dark circle.

6. Moisturizer
Borntree Gold Milk Steam Cream
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp242.000

Selain buat muka, aku pake ini juga sebagai body cream. Suka banget wanginya kayak wangi permen White Rabbit!

Weekly Routine



Pastinya maskeran. Udah setaunan ini aku pakai metode Triple Masking yaitu menggunakan 3 jenis masker secara berurutan, yaitu exfoliating mask, detoxifying mask, dan hydrating mask. Nanti aku bahas terpisah juga ya mengenai Triple Masking ini. Produk yang aku pakai sekarang adalah sebagai berikut

1. Exfoliating Mask
Althea Korea Milk Peel Cream Mask
Angel PR Package | Beli di Althea
Rp189.000

Ini bubble mask pertama yang aku coba, nah dia exfoliatingnya tipe mild gitu kayaknya. Nggak ada rasa menyengat di kulit dan lembut banget.

2. Detoxifying Mask
Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask Hydrating
Angel Gift Reward | Beli di Althea
Rp112.000

Biasanya clay mask bikin kulit kering, tapi ini clay mask yang dry skin friendly. Waktu dipakai juga kulit nggak kerasa ketarik gitu.

3. Hydrating Mask
Maybena Multiple Intensive Moisturizing Mask
PR Package Charis Celeb | Beli di Charis Shop
Rp272.000

Sebenernya untuk tahap ini bisa pakai sheet mask apa aja, kebetulan yang aku lagi pakai sekarang adalah produk ini. Dalam 1 kemasannya ada 30 sheet mask, bisa buat sebulan kalau pake 1 sehari.



Nah, itu tadi produk-produk yang aku pake buat skincare routine aku sekarang. Sebagian besar fragrance-less atau no fragrance karena aku kurang suka skincare yang wangi semerbak gitu. Terus rata-rata juga teksturnya light, gak ada yang terlalu rich atau thick gitu. Aku pribadi kurang nyaman sama produk yang selesai dipake meninggalkan rasa lengket di kulit, nggak nyaman pokoknya.

Kira-kira gitu deh skincare routine untuk kulit normal to dry aku. Ada produk yang kamu lagi pakai juga nggak sekarang? Share di kolom komentar ya!




This is not a sponsored post. I don't have any special connection with the brands i mentioned above

For any inquiries you can send me an e-mail at

You Might Also Like

2 komentar

  1. Avoskin Miraculous Exfoliating Toner.. Ku penasaran ingin coba.. Mba cocok ya pakai itu?

    ReplyDelete
  2. Wah aku suka banget pake essence Avoskin! Tapi sekarang lagi istirahat dan ke brand lain dulu :3

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)