[REVIEW] Westcare Endoskin Overnight Beauty Patch

12:17:00 AM

Sejak memasuki usia mid 20's, aku merasa ada beberapa perubahan yang bener-bener visible di kulit aku. Salah satunya adalah kerutan di wajah, terutama smile lines. Sebenernya tanda-tanda penuaan di kulit seperti ini memang normal dan pasti bakalan kelihatan seiring dengan usia, apalagi kulit aku termasuk yang kering dan kulit kering tuh cenderung lebih mudah muncul kerutan dibanding yang berminyak.

Maka dari itu aku udah mulai pakai perawatan anti aging di skincare routine aku, tapi memang smile lines sendiri agak susah untuk disamarkan karena on a daily basis kita pasti sering banget gerakkin mulut dan senyum. Ya masa harus cemberut gitu biar smile linesnya nggak keliatan? Hahaha.

Apa Penyebab Smile Lines dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengutip dari Healthline, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya smile lines. Di antaranya adalah kekurangan elastisitas kulit atau kandungan collagen di dalam kulit, kondisi kulit yang dehidrasi, faktor genetik, merokok, dan kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Seperti yang aku tulis di atas, smile lines yang muncul di bagian antara bibir dan hidung bawah ini adalah kondisi yang sangat normal dan alami seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan proses penuaan kulit ini.

Pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga gaya hidup yang sehat, termasuk di antaranya menggunakan sunscreen setiap hari jika beraktivitas di luar rumah (dan jangan lupa re-apply ya gengs), menjaga kulit tetap terhidrasi dari luar dan dalam - minum air minimal 2 liter sehari dan pakai skincare yang melembabkan kulit, jaga pola makan dengan konsumsi makanan yang bernutrisi, dan sebisa mungkin hindari konsumsi alkohol serta kafein yang berlebihan karena dapat menimbulkan efek diuretik.

Baca Juga: 6 Tips untuk Mengoptimalkan Penggunaan Skincare

Meskipun begitu tentu hasilnya nggak akan terlihat hanya dalam waktu sebentar saja. Perlu konsisten menerapkan gaya hidup sehat selama bertahun-tahun untuk meminimalisir tanda-tanda penuaan pada kulit.

Jika smile lines sudah dirasa benar-benar mengganggu penampilan, kalian bisa mempertimbangkan untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Biasanya treatment yang dilakukan seperti filler, botox, laser, dan collagen induction theraphy.

Endoskin Overnight Beauty Patch

Beberapa waktu yang lalu aku dapat kesempatan untuk mencoba salah satu produk dari Westcare, yaitu Endoskin Overnight Beauty Patch. Produk ini diklaim dapat menyamarkan kerutan hanya dalam waktu beberapa jam saja pasca aplikasi dengan zat aktif Cross Linked Hyaluronic Acid (CLHA) yang terkandung di dalamnya, too good to be true ya?

Produk ini sudah diimpor secara resmi di Indonesia di bawa PT. LAPI Laboratories dan sudah memiliki nomer. Manfaat Endoskin Overnight Beauty Patch ini diklaim dapat dirasakan dalam waktu 4 jam saja setelah pemakaian, yaitu mengembalikan kelembapan kulit dan menyamarkan kerutan di wajah.

Aku sendiri sudah mencoba menggunakan produk ini untuk mengatasi smile lines yang ada di wajah. Kira-kira seperti apa hasilnya? Yuk intip dulu reviewnya berikut ini.

Review Endoskin Overnight Beauty Patch

Packaging


Aku unboxing dulu dari packagingnya ya karena boxnya ini sayang banget kalau nggak dipost, hehehe. Kalau kalian beli produk dari Westcare, kalian bakal dapat box berwarna pinky beige ini untuk mengemas barang yang kalian beli. Ada tulisan 'Best things are worth waiting for' jika kita buka boxnya.

Untuk kemasan Endoskin Overnight Beauty Patch sendiri berupa box yang berukuran cukup besar, mengingat isi di dalamnya ukurannya kecil. Di bagian belakang boxnya ini tercantum product knowledge, cara pemakaian, cara menyimpan, dan komposisi produknya.

Ingredients

Endoskin Overnight Beauty Patch Ingredient List - Sodium Hialuronat, Sodium Hialuronat Crosspolimer-2

Uniknya, produk ini hanya terdiri dari dua macam bahan saja. Aku pribadi memang sangat cocok dengan Hyaluronic Acid karena membuat kulit aku lembap dalam waktu yang cukup lama dan kulit pun terasa supple setelah pemakaiannya.

Jadi apa bedanya Hyaluronic Acid biasa dan Cross-Linked Hyaluronic Acid ini? Dari sebuah jurnal penelitian yang aku baca di sini, berdasarkan studi difusi dan penetrasi, pembentukan partikel Hyaluronic Acid yang lebih kecil melalui ikatan silang (CLHA) ini menghasilkan difusi yang lebih baik melalui membran sintetis dan penetrasi yang lebih baik melalui epidermis manusia dan kulit hewan dibandingkan dengan HA yang bersifat linear. Dalam bahasa sederhananya, CLHA akan bekerja lebih efektif untuk menembus lapisan kulit dibandingkan HA biasa.

Berdasarkan keterangan dari Endoskin sendiri, CLHA ini adalah teknologi yang lebih optimal untuk mengikat Hyaluronic Acid karena sifat Hyaluronic Acid mudah mencair dan sulit untuk diserap kulit. Dengan teknologi Cross-Linked, HA akan lebih mudah diserap kulit dalam durasi yang lebih panjang.

Endoskin Overnight Beauty Patch ini diformulasikan dengan metode Self-Filling Hyaluronic Acid Patch yang efektif menghantarkan CLHA ke dalam kulit sehingga dapat menghilangkan kerutan serta garis-garis di wajah. Metode ini dianggap lebih efektif dibanding perawatan klinis lainnya karena sangat simpel dan sederhana, yaitu hanya menempelkan patchnya saja di bagian kulit yang mengalami kerutan. Bebas rasa sakit, luka, dan juga risiko infeksi, tidak seperti metode injeksi.

Jenis kulit yang cocok untuk Endoskin Overnight Beauty Patch ini sesuai dengan ingredientsnya adalah semua jenis kulit.

Tekstur & Fragrance

Manfaat Endoskin Overnight Beauty Patch

Kalian bisa lihat bentuk patchnya di foto di atas. Ukurannya menurut aku kecil dan dapat dengan mudah ditempelkan secara horizontal atau vertikal di bagian kerutan wajah. Endoskin Overnight Beauty Patch ini isinya hanya 3 buah patch saja, ya.

Di permukaan patchnya ini terdapat microneedle yang ukurannya sangat kecil sampai tidak kasat mata dan tidak menimbulkan rasa sakit maupun iritasi ketika diaplikasikan. Microneedle ini dapat membantu penyerapan CLHA pada kulit dengan lebih cepat hingga 80% dan memberikan efek lembap yang paling baik dibandingkan dengan needle biasa. Manfaat Endoskin Overnight Beauty Patch pun bisa dirasakan dalam waktu minimal 4 jam atau semalaman.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, pertama bersihkan wajah sampai benar-benar kering dan bersih dari air dan minyak. Kemudian ambil patch dan lepaskan lapisan pelindung transparan dan stiker putihnya. Ingat, jangan sentuh bagian tengahnya yang mengandung HA, ya.

Tempelkan patch di bagian kerutan kemudian tekan-tekan dan tepuk patch dengan lembut selama 2 hingga 3 menit. Hindari menggosok patch saat ditempelkan. Nah, hasilnya bakal bisa langsung terlihat sejak 4 jam penggunaan dan akan lebih baik lagi kalau kamu pakai Endoskin Overnight Beauty Patch sebelum tidur dan dilepas di pagi hari saat bangun.

Baca Juga: Tips Memilih Skincare + Rekomendasi Produk Lokal & Drugstore


Menurut aku patchnya ini cukup elastis, tapi menempel dengan kuat di kulit. Karena aku pakai dua, di bagian smile lines kiri dan kanan, mulut jadi agak susah digerakkan karena patchnya cukup menempel erat di kulit. Setelah beberapa menit pemakaian aku merasa kulit agak gatal tapi normal sih, kayak kalau kita pakai acne patch aja gitu kan kadang suka terasa gatal. Mungkin juga ini tanda kalau CLHA-nya sedang bekerja?

Saat pertama ditempelkan, terasa bagian tengahnya padat kalau diraba dengan jari. Setelah aku bangun di pagi harinya, bibir sudah mulai bisa digerakkan dengan mudah dan rasanya sudah nggak 'ketat' banget lagi.

Of course, Endoskin Overnight Beauty Patch ini sama sekali nggak ada wanginya jadi sangat aman untuk kamu yang punya kulit atau hidung sensitif.

Verdict

Endoskin

Menurut aku Endoskin Overnight Beauty Patch ini sangat praktis dan mudah serta bebas ingredients yang berisiko menimbulkan iritasi (meskipun nggak menutup kemungkinan di luar sana ada yang alergi HA atau CLHA, ya). Design packagingnya sebenarnya not really my cup of tea, dan ukuran boxnya terlalu besar jadi agak bulky kalau mau disimpan. Pemakaian patchnya yang sangat gampang ini cocok untuk kamu yang nggak punya banyak waktu luang untuk melakukan perawatan kulit, khususnya anti aging treatment. Kulit kering adalah jenis kulit yang cocok untuk Endoskin Overnight Beauty Patch ini.

Jenis kulit yang cocok untuk Endoskin

Kalian bisa lihat di foto berikut hasil penggunaan Endoskin Overnight Beauty Patch. Ini aku cuma pakai satu kali saja, masing-masing di bagian smile lines kiri dan kanan. Apa kalian bisa lihat perbedaannya? Menurut aku ada sedikit sheer difference, alias ada bedanya tapi nggak kelihatan-kelihatan banget. Tapi bisa dimaklumi karena nggak ada skincare ajaib yang bisa mengatasi masalah kulit cuma dengan sekali pakai aja. Mengingat aku cuma satu kali pakai saja menurut aku ini udah oke banget lho untuk mengatasi smile lines. Aku yakin kalau aku pakai secara telaten dan rutin smile lines bisa berangsur-angsur hilang, kulit jadi lebih cerah, dan juga lebih elastis. Next akan aku update lagi hasil pemakaian berikutnya dengan satu patch yang tersisa, ya.

So overall, patch dari Endoskin ini memang bekerja sesuai dengan klaimnya. Harganya menurut aku nggak murah, ya, tapi worth the price kalau memang hasilnya bagus seperti ini. Nah, kurang lebih seperti itu review Endoskin Overnight Beauty Patch. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya juga? Komen di bawah, ya!

Get to know more about Endoskin

Score: 9/10
Where to Buy? Official Store Shopee Westcare/Lapi
Price: Rp250.000




You Might Also Like

2 komentar

  1. Weeehhh hasilnya langsung keliatan bangettt. Smile lines ini juga salah satu concern ku sih karena makin keliatan dan cukup PR kalo harus edit2 hahahaha

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)