[REVIEW] Cleanse & Soothe with Bioderma Sensibio H2O Micellar Water and Sensibio Gel Moussant


Sering banget aku dapet pertanyaan, kalau mau beli skincare kira-kira mesti beli apa dulu? Aku selalu kasih tahu temen-temen yang mau mulai skincare-an untuk beli cleanser terlebih dahulu. Yes, menurut aku tahapan cleansing adalah tahap yang paling penting.

Kalau diibaratkan, kulit kita tuh kayak kanvas gitu. Kalau kanvasnya nggak bersih atau polos, melukis di atasnya juga bakal jadi susah. Begitu juga dengan kulit kita. Hampir setiap hari kulit kita terpapar macem-macem, mulai dari debu, kotoran, polusi, sampai decorative make up. Kulit kotor tuh terkadang nggak kelihatan sama mata telanjang, debu-debu dan kawan-kawannya tuh mikroskopik.

So, kalau kamu merasa kulit kamu bersih-bersih aja meskipun nggak pernah cleansing, you are clearly wrong. 

Tapi kita juga ngga boleh sembarang pilih cleanser, lho. Jadi proses 'membersihkan' kulit dari kotoran ini nggak jarang juga ikut 'mengangkat' minyak alami kulit yang fungsi utamanya memberikan perlindungan dari berbagai macam faktor eksternal yaitu skin barrier.

Nggak cuma itu, di kulit kita juga hidup berjuta-juta mikroorganisme atau skin microbiome. Skin microbiome ini bekerja untuk mempertahankan kesehatan kulit, berkomunikasi dengan sistem imun tubuh, melawan infeksi, dan pokoknya melindungi kulit kita jgua deh. Nah, kalau kita nggak menggunakan gentle cleanser, bisa-bisa si skin mikrobiome ini terganggu kestabilannya sehingga perlindungan pada kulit kita juga nggak efektif.


That's why aku selalu menyarankan untuk invest ke cleansing product yang memang punya kualitas baik karena cleansing itu fundamental banget.

Beberapa waktu yang lalu aku dapat kesempatan untuk mencoba dua produk cleanser yang memang sudah teruji terbaik di kelasnya, yaitu Bioderma Sensibio H2O Micellar Water dan Bioderma Sensibio Gel Moussant. Aku sendiri sudah cukup lama menggunakan Bioderma sebagai micellar water sehar-hari karena memang sebagus itu. Reviewnya juga sudah pernah aku tulis di blog ini, lho!


Tapi biar sudah perna pake micellar waternya, aku belum pernah pake Sensibio Gel Moussant. Bagaimana jadinya jika kedua produk ini dipakai untuk double cleansing? Yuk, baca review Bioderma Sensibio H2O Micellar Water & Sensibio Gel Moussant dan hasil pemakaiannya berikut ini.

Review Bioderma Sensibio H2O Micellar Water & Sensibio Gel Moussant


Packaging


As you know, packaging Bioderma Sensibio H2O Micellar Water nggak berubah selama beberapa tahun terakhir. Ada beberapa size dari micellar water Bioderma ini, yaitu yang mini di ukuran 100ml, 250ml seperti yang aku gunakan ini, dan 500ml di dua jenis botol yang berbeda - satu botol tutup flip top biasa dan satu lagi yang dilengkapi dengan pump.


Karena botolnya yang 250ml ini cukup bulky, menurut aku sih nggak terlalu travel friendly. But you can always depot it to a smaller bottle atau botol skincare khusus traveling. PAO-nya sendiri 12 bulan atau 1 tahun yang bisa dibilang cukup lama - mengingat produk micellar water cukup boros juga dan kalau dipakai setiap hari kira-kira beberapa minggu aja udah habis.


Next, Bioderma Sensibio Gel Moussant ini dikemas dalam botol pump dengan isi 200ml. Botolnya sendiri berwarna pink dan kita bisa lihat isi produk di dalam botolnya dengan mudah. Pumpnya juga bisa dikunci untuk menjaga supaya produknya nggak tumpah jika dibawa-bawa. Menurut aku botol dari Sensibio Gel Moussant ini cukup ramping, berbeda sama micellar waternya yang agak bulky.


Di bagian belakang botolnya kalian bisa lihat ada product information yang cukup lengkap. Mulai dari product knowledge dalam bahasa Perancis dan Inggris, kemudian ingredient list, dan karena Bioderma ini sudah resmi masuk ke Indonesia ada petunjuk pemakaian dalam bahasa Indonesia juga. Nggak perlu khawatir juga karena sudah teregistrasi di BPOM juga.

PAO untuk Bioderma Sensibio Gel Moussant ini hanya 6 bulan saja. Selain itu, produk ini juga unfragranced, non comedogenic, dan sudah teruji oleh dermatologis secara klinis.

Ingredients


Bioderma Sensibio Gel Moussant Ingredient List - Aqua/Water/Eau, Sodium Cocoamphoacetate, Propanediol, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Citric Acid, Coco-Glucoside, Glyceryl Oleate, Sodium Citrate, PEG-90 Glyceryl Isostearate, Mannitol, Xylitol, Laureth-2, Rhamnose, Fructooligosaccharides, Tocopherol, Hydrogenated Palm Glycerides Citrate, Lecithin, Ascorbyl Palmitate

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, Bioderma Sensibio Gel Moussant ini punya nilai EWG Health Rating yang sempurna yaitu 100%. Tidak ada satupun dari komposisinya yang memilik potensi sebagai irritant, dan tergolong ramah untuk sensitive skin.

Gel Cleanser ini termasuk dalam produk dengan minimal ingredient, SLS free, no alcohol - no paraben, dan mengandung dua bahan yang bekerja sebagai anti aging yaitu Vitamin E dan Citric Acid.

Yang menariknya, ada kandungan Fructooligosaccharides yang termasuk prebiotics sugar yang dapat membantu membersihkan kulit dari mikroba sekaligus menjaganya tetap terhidrasi dan ternutrisi.


Bioderma Sensibio H2O Micellar Water Ingredient List - Aqua/Water/Eau, PEG-6 Caprylic/capric Glycerides, Fructooligosaccharides, Mannitol, Xylitol, Rhamnose, Cucumis Sativus (cucumber) Fruit Extract, Propylene Glycol, Cetrimonium Bromide, Disodium Edta

Sama seperti Bioderma Sensibio Gel Moussant, Bioderma Sensibio H2O Micellar Water ini juga memiliki 100% EWG Health Rating. Micellar water ini juga masuk dalam kategori fungal acne safe dan bebas paraben, alkohol, sulfate, dan silicone.

Micellar water yang hits ini juga mengandung Cucumber Extract yang sangat ramah untuk kulit kering dan dapat memperbaiki tekstur kulit.

Oh iya, kalian udah tahu belum sih kalau Bioderma Sensibio H2O Micellar Water ini adalah produk micellar water pertama di dunia? Yah, jadi si Sensibio ini adalah OG micellar water yang menjadi cikal bakal dari ratusan micellar water lain di dunia, lho.

Berdasarkan uji klinis, penggunaan Bioderma Sensibio H2O Micellar Water sebagai cleanser dapat membersihkan hingga 99% sisa make up, debu, kotoran, dan polusi pada permukaan kulit sambil tetap mempertahankan 95% dari skin microbiome.

Diformulasikan menggunakan highly purified water degan 9 step purification, kualitas dari air yang menjadi komposisi Bioderma ini punya kualitas sama dengan air khusus injeksi medis (WFI), yaitu air yang paling murni dan aman untuk kesehatan.

Texture & Fragrance



Micellar water dari Bioderma ini punya tekstur watery, without artificial color & fragrance which is very good for sensitive skin. Pokoknya tiap menggunakan produk ini tuh aku kerasanya ya kayak pake air biasa aja karena bener-bener nggak ada wangi-wangi yang mencolok. Aku sendiri memang prefer cleansing product yang unscented.



Untuk Bioderma Sensibio Gel Moussant, teksturnya lebih thick - aku bisa bilang ini semacam lightweight gel gitu deh yang runny. Sama seperti micellar waternya dia juga nggak mengandung fragrance/colorant jadi nggak ada wanginya. Busa yang dihasilkan sebenarnya nggak terlalu banyak, tapi menurut aku pas banget sih untuk mencuci muka.


Verdict


Setelah aku mencoba untuk menggunakan kedua produk ini untuk double cleansing, aku bisa simpulkan perpaduan keduanya sangat recommended untuk dry & sensitive skin. Hapus make up dan mencuci muka pakai Bioderma Sensibio H2O Micellar Water dan Sensibio Gel Moussant ini nggak bikin kulit keset atau licin, tapi tetap lembap.

Emang sih lembapnya tuh nggak selembap kalau aku double cleansing pakai cleansing oil + gel cleanser/facial wash, tapi masih tetap tergolong lembap kok untuk kulit aku yang notabene memang kering.

Yang aku suka dari Bioderma Sensibio H2O Micellar Water ini dia bisa membersihkan make up dalam waktu singkat, cuma sekali swipe aja complexion dan segala decorative make up yang aku pakai terangkat dengan sempurna.

Selain itu juga nggak perih di mata kalau dipakai membersihkan eyeshadow, cuma sayangnya dia belum bisa mengangkat mascara aku yang waterproof dan smudgeproof. Aku masih harus pakai eye remover lagi buat bersihin mascara.

Overall, kedua produk ini bekerja dengan baik membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya jadi kering setelah proses pembersihan. Kalian sudah pernah coba juga Bioderma Sensibio H2O Micellar Water dan Bioderma Sensibio Gel Moussant?  Komen di bawah, ya!

Get to know more about Bioderma Indonesia

Price:
Bioderma Sensibio H2O Micellar Water 250ml: Rp205.800
Bioderma Sensibio Gel Moussant: Rp196.990
Where to buy: Official Store Shopee
This is a sponsored post. Bioderma Indonesia and Clozette Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


15 komentar

  1. Kira-kira 1 botol gel moussant bisa buat berapa lama yaa? Kepo banget ^^

    ReplyDelete
  2. Maju mundur nih cobain facial gel nya, kalau micellar waternya sih udah pernah coba

    ReplyDelete
  3. emang terdabessst sih micellar waternya bioderma, ga pernah skip dan wajib nyetok! :D

    ReplyDelete
  4. Aduhh, pgn coba juga ih, 4.4 aku kepoin deh

    ReplyDelete
  5. Suka banget double cleansing pake 2 Produk bioderma ini kulit tuh jadi calming sama bersih banget! Ga iritasi juga

    ReplyDelete
  6. Wajib coba duo iji buat double cleansing ya, kulit ku ini dry sensitif soalnya

    ReplyDelete
  7. Soal kulit sensitif aku lbih milih pake bioderma sih apalagi di combo in begini,šŸ–¤

    ReplyDelete
  8. dari kmrn skincare ini seliweran terusss, penasaranšŸ„ŗ

    ReplyDelete
  9. micellar waternya belum ada lawannya inii, paling bersihhh

    ReplyDelete
  10. Penasaran banget sama produknya bioderma, aku belum pernah coba produknya sama sekali huhuhu

    ReplyDelete
  11. Menarik banget buat dicoba, aku pake varian ijonya. jadi penasaran juga sama yg ini

    ReplyDelete
  12. Penasaran sm brand bioderma ini pengen coba micellarnya byk yg blg bagus

    ReplyDelete
  13. Auto penasaran sama produknya deh kak jadi pengen coba

    ReplyDelete
  14. pengen banget cobain produknya nih pas banget miccelar aku lagi habis

    ReplyDelete
  15. Micellar waternya terbaik! Aku juga pakai bahkan udh berkali² repurchase. Cocok di kulit aku

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)