[REVIEW] Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Mau bahas skincarenya Skintific lagi nih! Kali ini aku nyobain Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask. Melihat dari klaim dan ingredientsnya, clay-based mask dengan mugwort sebagai key ingredientsnya ini mungkin lebih cocok untuk kulit berminyak atau acne prone. Tapi bagaimana ya hasilnya untuk kulit kering?

Karena kulit aku kering, biasanya aku lebih milih masker yang 'moisturizing' kayak gel mask. Soalnya, biasanya clay-based mask itu cenderung drying dan juga tightening gitu aftermath-nya, jadi terasa kurang nyaman gitu. Tapi setelah ceki-ceki review dari beberapa temen beauty enthusiast, clay masknya Skintific ini termasuk ringan jadinya aku penasaran dong buat nyobain.

Nah, berikut adalah review aku untuk hasil pemakaian Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask, baca sampai habis ya!

Baca Juga: Review Skintific Barrier Booster Facial Oil with 9 Seeds Energy and 5X Ceramide

Review Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Packaging

Skintific Mugwort Clay Mask ini dikemas dalam box berwarna hijau. Sama seperti produk-produk lainnya, desainnya simple dan sleek. Setahu aku, Skintific punya dua varian clay mask yaitu Mugwort dan Volcano Clay. Di boxnya ini tertera product information yang cukup lengkap mulai dari product knowledge, cara pemakaian, ingredient list, key ingredients, hingga cara penyimpanan dan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Untuk expiration date tercantum di bagian dasar boxnya, dan kalian juga bisa lihat PAO (Period After Opening)-nya adalah 12 bulan alias satu tahun.

Next, packagingnya adalah jar yang terbuat dari material plastik tebal. Netto-nya sendiri 55g, dan menurut aku cukup banyak lah untuk masker yang jadi weekly treatment. Oh iya, produk ini sudah include spatula juga ya untuk aplikatornya

Ingredients Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask Ingredient List - Aqua, Montmorillonite, Glycerin, Artemisia Vulgaris(Mugwort) Extract, Cetearyl Alcohol, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Methylpropanediol,. Ethylhexyl Palmitate, Ci 77891, Magnesium Aluminometasilicate, Glyceryl Stearate, Volcanic Soil, Peg-100 Stearate, 1, 2-hexanediol, Hydroxyace-Tophenone, Xanthan Gum, Cetearyl Glucoside, Allantoin, Chlorphenesin, Niacinamide, Centella Asiatica Extract, Ceramide As, Ceramide Eop, Ceramide Ap, Sodium Hyaluronate, Alchemilla Vulgaris Extract, Bisabolol, Silica, Ethylhexylglycerin, Disodium Edta, Pentylene Glycol, Sophora Flavescens Root Extract, Trehalose, Opuntia Ficus-indica Stem Extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Hydrogenated Lecithin, Butylene Glycol, Glucose, Lactobacillus Ferment, Parfum, Ceramide Np, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Gentiana Scabra Extract, Amylopectin, Dextrin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract, Phenoxyethanol, Methylparaben, Viola Tricolor Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Ceramide Ns/ceramide Ng, Propylparaben, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Royal Jelly Extract, Ci 77492

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, produk masker ini mengandung bahan-bahan yang cukup komplit, mulai dari Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Salicylic Acid, dan Willow Bark Extract yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan jerawat. Kemudian ada Niacinamide, Ceramide, dan Alpa Bisabolol dengan Brightening & Anti Aging effect, serta Centella Asiatica Extract dan Sodium Hyaluronate untuk mempercepat penyembuhan luka. Dilihat dari ingredient listnya, ini cocok banget buat kulit acne prone. Tapi guess what, ternyata ini cocok juga buat kulit kering lho!

Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini mengandung Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Glycerin, dan Propylene Glycol yang dapat melembabkan kulit.

Anyway, base clay untuk masker ini adalah Montmorillonite. Mengutip dari INCI Decoder (https://incidecoder.com/ingredients/montmorillonite), kita mungkin mengenal tipe-tipe clay mask yang umum misalnya bentonite. Nah, secara teknis bentonite adalah campuran montmorillonite dan struktur kristal tambahan, dengan kata lain montmorillonite adalah 100% bentonite yang bersih.

Montmorillonite berperan sebagai absorbent, yang bekerja untuk menyerap sebum dan kotoran dari kulit dan bahkan mungkin membantu dalam mengobati beberapa ruam atau iritasi kulit (dermatitis kontak).

Key Ingredients lain dari Mugwort Mask Skintific ini adalah:

  • Mugwort: Adalah jenis tanaman herbal yang bekerja menenangkan iritasi pada kulit. Mugwort memiliki sifat antibakterial, anti fungal, anti peradangan, anti aging, dan pelindung kulit alami. Kandungan alaminya menyerap racun, menstimulasi regenerasi sel kulit bari, dan mencerahkan kulit yang kusam.
  • Niacinamide: Merupakan vitamin B3 yang menembus lapisan kulit untuk memperbaiki warna kulit yang tidak rata, noda hitam, kulit yang kendur, pori-pori membesar, kulit kusam, dan melindungi kulit ketika terekspos sinar UV.
  • Salicylic Acid: Bekerja untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Senyawa ini juga mengatasi minyak berlebih pada pori-pori dimana minyak berlebih dan sebum adalah penyebab utama dari breakout.

Texture & Fragrance

Kalian bisa lihat kalau tekstur dari Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini halus, tidak menggumpal, dan juga tergolong cukup ringan. Sama seperti key ingredientsnya yaitu Mugwort, masker ini memiliki warna hijau muda yang pucat.

Dilihat dari ingredientsnya, Mugwort Mask ini masih mengandung fragrance. Namun, kalau aku perhatikan sih wanginya sendiri nggak terlalu yang semerbak atau menyengat banget. Wanginya tuh subtle and faint banget jadi ya sebenernya nggak noticeable juga sih.

Cara Pemakaian

Cara pemakaian Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini cukup mudah, cukup apply tipis aja di seluruh wajah dan hindari area mata. Setelah itu, tunggu kira-kira sekitar 10 hingga 15 menit baru bilas hingga bersih.

By the way, karena kulit aku kering aku jadi sering coba-coba berbagai cara pakai clay mask supaya less drying. Kalau trik dari aku sih, sebaiknya jangan tunggu clay mask sampai kering baru dibilas, melainkan cukup tunggu sesuai dengan anjuran pemakaiannya aja. Jadi nggak apa-apa dibilas biarpun si maskernya masih basah atau belum kering. Nah, setelah itu juga jangan lupa pakai moisturizer ya guys.

Oh iya, Mugwort Mask ini bisa dipakai dua hingga tiga kali dalam seminggu, cukup sesuaikan dengan kebutuhan kamu aja.

Hasil Pemakaian Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Kita bahas apa yang aku rasakan saat pemakaian dulu, ya. Jadi menurut aku tuh, Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini ringan banget untuk ukuran clay mask. Biarpun diapply tipis-tipis juga kayaknya dia tuh lamaaa gitu buat keringnya. Analisa sotoy aku tuh dia nggak yang terlalu nyerep minyak sampai si minyak alaminya juga hilang, so ini bagus sih buat kulit kering.

Saat dipakai juga nggak ada sensasi kayak kulit ketarik atau yang 'ngetat' gitu di kulit. Pokoknya nyaman-nyaman aja dan nggak kerasa tebel di atas kulit.

Terus setelah dibersihkan atau dibilas menggunakan air juga bilasnya cukup mudah kok, nggak yang harus ekstra effort digosok banget karena nempel. Setau aku sih kalau clay mask yang susah banget dibersihin dan harus digosok keras gitu malah kurang bagus buat kulit.

First impression aku setelah satu kali pemakaian sih ngga ada banyak yang berubah ya, cuma ya kulit kerasa lebih 'enteng' aja gitu, mungkin karena bersih ya? Nah, setelah beberapa kali pemakaian menurut aku kulit memang jadi kelihatan lebih bersih dibandingkan cuma exfo yang mild-mild gitu doang.

Overall, aku recommend deh Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask kalau kalian lagi cari clay mask yang dry skin friendly. Sepengalaman aku menggunakannya masker ini tuh nggak drying dan malah justru nggak nyerep kelembaban alami kulit. Nah, kalian bisa beli Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini di Official Store Shopee Skintific Indonesia, ya!

Get to know more about Skintific




This is a sponsored post. Skintific Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

2 komentar

  1. Aku tipe yg jarang jerawatan , paling kalo mau datang bulan,masker nya skintific yg mugwort ini menarik bgt buat d coba apalagi pao nya lumayan lama juga

    ReplyDelete
  2. skintific mugwort ini aku penasaran deh ..banyak yg review

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)