[REVIEW] Cerah Maksimal dengan YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum

Haiiiii selamat tahun baru 2023 (yang agak telat soalnya baru nulis di blog lagi lol)! Tahun kemarin aku merasa cukup produktif, apalagi di akhir tahun load kerjaanku berkurang dan bisa lebih banyak eksplor bikin konten dan cobain lebih banyak lagi skincare and makeup baru! Semoga tahun 2023 ini lebih baik dari sebelumnya yaa... meskipun aku dijadwalkan untuk WFO kembali hiks hiks hiks.

Anyway, ngomongin skincare baru, aku baru aja nyobain salah satu produknya Y.O.U yaitu Radiance Up! SymWhite 377 Serum nih! Inituh hits banget di medsos, apalagi brand ambassadornya oppa Soo Hyun kan ya (brb rewatch It's Okay Not To Be Okay and channeling my inner Ko Mun Young). Jadilah penasaran dong seperti apa sih serum yang katanya bisa mencerahkan kulit kusam dan memudarkan noda hitam ini.

By the way, aku mau bahas sedikit nih soal kulit kusam. Kulit kusam ini sendiri memang jadi skin concern aku selama beberapa tahun belakangan ini.

Penyebab kulit kusam itu diantaranya paparan polusi yang ada di udara dan lingkungan sekitar, kurang tidur, jarang melakukan eksfoliasi, kurang minum air putih alias dehidrasi atau kekurangan cairan, hingga jarang menggunakan moisturizer. Aku sendiri memang tipe kulitnya kering, jadi kalau kulit emang lagi kering tuh ya tampilannya jadi kusam gitu.\

Baca Juga: Review YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

Apa Itu SymWhite 377?

Nah, salah satu key ingredients dari YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini adalah SymWhite 377 yang diklaim dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Unik juga sih sebenernya namanya dan ini tuh bikin aku penasaran banget, sebenernya apa itu SymWhite 377 

Berdasarkan brief research yang aku lakukan (di internet lol), mengutip dari UlPropspector, SymWhite® 377 atau Phenylethyl resorcinol adalah padatan kristal putih yang digunakan sebagai pencerah kulit yang sangat efisien. Senyawa ini termasuk antioksidan yang berasal dari alam, dan berasal dari pohon Pinus sehingga alami untuk kulit. Menurut penelitian juga penggunaan SymWhite 377 ini dapat mencerahkan warna kulit dan meratakan warna kulit dengan hasil yang signifikan.

YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini mengandung SymWhite 377 seperti judulnya dan bahan-bahan pencerah kulit lainnya yang powerful seperti 5% Niacinamide, 2% Vitamin C, dan Licorice Extract yang bekerja secara sinergis untuk mencerahkan kulit dan memudarkan flek atau noda hitam pada wajah.

Nggak cuma itu, serum ini juga dilengkapi dengan Korean Camellia Extract yang kaya antioksidan untuk membantu melawa radikal bebas. Kandungan Carnosine-nya bekerja sebagai anti-glikasi, yaitu mencegah kerusakan kolagen dan elastin pada kulit yang disebabkan oleh proses glikasi.

Penasaran nggak nih? Yuk intip dulu review YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum berikut ini.

Review YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum

Packaging

Serum ini dikemas dalam box berwarna orange cerah yang jadi color image dari seri Radiance Up ini. Boxnya sendiri menurut aku ukurannya sedang ya, nggak begitu kecil, tapi nggak begitu besar juga. Di boxnya ini tercantum product information yang cukup lengkap juga, namun hampir semuanya ditulis dalam bahasa Inggris. Tetapi, untuk cara pemakaian dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan produk ini ditulis dalam bahasa Indonesia, jadi tenang aja yaaaa.


Ada logo cruelty-free bunny yang tercetak pada boxnya, ada logo recyclable juga, dan Period After Openingnya adalah 12 bulan which is sangat umum untuk produk serum.

Next, packagingnya. Tadinya sebelum buka boxnya aku tuh udah expect ini serum ringan dari botol plastik biasa kali ya, ternyata aku salah. Botol YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini terbuat dari kaca yang cukup tebal, dengan pipet berukuran cukup besar di atasnya. Mengignat netto produk ini sebenarnya hanya 20ml, menurut aku botolnya tergolong besar ya. Karena biasanya serum 20ml tuh cimit-cimit. Tutupnya sendiri cukup rapat dan pipetnya juga mudah untuk digunakan.

Ingredients YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum

YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum Ingredient List - Water, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, 3-o-Ethyl Ascorbic Acid, Hydroxyethyl Urea, Hydroxyacetophenone, 1,2-Hexanediol, PEG-40 Hydrogenated Castor  Oil, Zea Mays (Corn) Starch, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Triethanolamine, Hydrolyzed Corn Starch Octenylsuccinate, Hydrolyzed Corn Starch,  Polyacrylate Crosspolymer-6, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter Extract, Propanediol, Cocamidopropyl Dimethylamine, Disodium EDTA, Isododecane, Xanthan Gum, Phenylethyl Resorcinol, Lactic Acid, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, PEG-14M, Decarboxy Carnosine HCl, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Isopropyl Palmitate, Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Astragalus Membranaceus Root Extract, Palmitoyl Tripeptide-5, Hydrated Silica, Camellia Japonica Flower Extract, Saposhnikovia Divaricata Root Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Albizia Julibrissin Flower Extract, Gastrodia Elata Root Extract, Phenoxyethanol, Pentylene Glycol, Caprylyl Glycol, Gentiana Scabra Root Extract

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini termasuk produk dengan minimal ingredients yang lebih aman untuk kulit sensitif, paraben-free, alcohol-free, silicone-free, dan sulfat-free.

Produk ini sangat cocok untuk kulit kering, karena mengandung bahan-bahan yang moisturizing, namun kurang cocok untuk oily skin karena beberapa ingredientsnya berpotensi comedogenic seperti Zea Mays Starch dan Coconut Oil. Akan tetapi, dengan cleansing dan exfoliating routine yang baik potensi comedogenic ini menurut aku dapat dihindari.

Aku sudah bahas juga di atas bahwa serum ini mengandung beberapa Key Ingredients yaitu:

  • SymWhite 377
  • Niacinamide
  • Vitamin C
  • Korean Camellia Extract
  • Carnosine
Oh iya, kandungan SymWhite 377 dalam YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini 8X ya, Diiketahui bekerja 22 kali lebih baik dari Kojic Acid dan 7000x lebih baik dari Alpha Arbuti, Beta Arbutin dan Hydroquinone untuk mencerahkan kulit.

Untuk EWG Ratingnya sendiri cukup baik yaitu ada di angka 91%, dan juga nggak mengandung pewangi / fragrance dan pewarna /colorant buatan. Recommended untuk kalian yang lagi cari brightening serum tapi nggak mau yang mengandung fragrance, nih.

Texture & Fragrance

Kalian bisa lihat dari foto di atas, menurut aku teksturnya cukup ringan. Bisa dibilang watery, dan termasuk ke dalam kategori serum yang lightweight.

Kalau aku perhatikan sih sebenernya ada wanginya, wangi-wangi floral dengan sedikit hint fruity yang manis. Cuma karena dia nggak mengandung fragrance ya, jadi bisa dipastikan wanginya ini berasal dari kandungan essential oil yang ada di dalamnya.

Cara Pemakaian

Perlu diperhatikan bahwa YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini mengandung vitamin C, oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan layering dengan produk yang mengandung BHA/AHA dan retinol. Selalu lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare baru dan amati reaksi kulit apakah ada reaksi ketidak cocokan atau alergi.

Untuk penggunaannya, serum ini bisa digunakan baik pada pagi maupun malam hari. Gunakan setelah wajah dibersihkan dan penggunaan toner, kemudian ikuti dengan penggunaan moisturizer atau pelembap. Jika dipakai di pagi hari, jangan lupa pakai sunscreen dengan SPF minimal 30, ya.

Hasil Pemakaian YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum

Karena aku baru beberapa kali pakai, aku masih belum bisa komentar banyak soal efek mencerahkannya. Namun untuk pemakaiannya aku bisa bilang YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini sangat nyaman digunakan, mudah menyerap, dan juga tidak meninggalkan sensasi lengket setelah pengaplikasiannya. Teksturnya yang watery juga sangat memudahkan aku untuk layer dengan hydrating serum sesuai kebutuhan kulit aku.

Setelah kurang lebih satu minggu menggunakan YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini aku nggak mengalami reaksi negatif apapun seperti breakout, dan menurut aku serum ini membantu tampilan wajah terlihat lebih segar dan cerah, meskipun aku belum lihat apakah skintonenya naik atau tidak. Menurut aku juga kandungan vitamin C-nya yang emang bagus kalau ketemu sunscreen bikin kulit glowing dan terlihat sehat.

Nanti bakal aku update lagi hasil pemakaiannya ya jika aku merasa ada perubahan yang signifikan. Overall,  YOU Radiance Up! SymWhite 377 Serum ini merupakan serum pencerah yang cukup recommended bagi kamu yang punya kulit kering. Apa kalian sudah pernah coba series Radiance Up dari YOU? Komen di bawah, ya!

Get to know more about YOU


This is a sponsored post. YOU send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

1 komentar

  1. Menarik nih serum YOU jadi pengen cobain.. tar aku baca lg tunggu update review dr kk aja

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)