[REVIEW] Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse

The amino acid cleanser hype is real! Belakangan ini banyak banget brand yang mengeluarkan produk amino acid cleanser. Salah satunya adalah Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse, produk terbaru dari Skintific.

Sebagai #BucinSkintific, aku nggak ketinggalan dong untuk mencoba cleanser terbarunya ini. Anyway, aku tuh heran banget kenapa ya produknya Skintific tuh nggak ada yang nggak cocok di aku ya? Pasti semuanya cocok dan deliver result yang oke.

Mengutip dari StyleCraze, Asam amino adalah senyawa organik yang membentuk protein.

Baca Juga: Review Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Asam amino juga berperan dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. Mereka adalah bagian alami dari kulit dan membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan kenyal. Mereka juga membentuk kolagen, yang merupakan bagian dari berbagai jaringan ikat, otot, dan tendon.

Manfaat utama asam amino dalam perawatan kulit termasuk mempromosikan perbaikan sel, meningkatkan kelembaban kulit, dan merangsang produksi kolagen.

Asam amino membantu memulihkan kulit yang pecah-pecah, bersisik, atau kering dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Ini merupakan ingredients yang cukup populer untuk peremajaan dan hidrasi kulit, serta telah terbukti secara ilmiah.

Yuk daripada penasaran, intip dulu review Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse berikut ini.

Review Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse

Packaging

Pertama kita bahas packagingnya dulu, Cleanser ini hadir dalam kemasan box yang berukuran cukup besar ya, or i can say it's a medium size. Color imagenya adalah biru muda dan putih, warna yang sama dengan seri 5X Ceramidenya Skintific. Setahu aku sih (CMIIW) untuk line 5X Ceramidenya dia ada facial wash sendiri, tapi kalau dilihat lagi si Amino Acid cleanser ini juga mengandung 5X Ceramide. Apakah dia lebih segmented untuk sensitive skin market? Mungkin, ya.

Oke jadi di boxnya ini ada product information yang cukup lengkap ya, ada penjelasan mengenai masing-masin key ingredientsnya, ada product knowledge, cara pemakaian dan penyimpanan, serta ingredient list.

For your information, Skintific ini sudah resmi masuk di Indonesia ya. Produk ini juga sudah terdaftar resmi di BPOM dan ada nomer BPOM serta QR Code-nya juga. Tapi si nomer POM dan QR Code ini tercantum di stiker yang ditempelkan di sisi luar plastik boxnya, sehingga kalau kita buka plastiknya untuk unboxing pertama kali pasti si stiker ini ikutan terlepas juga.

Lanjut ke packagingnya, Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse ini dikemas dalam botol dengan pump yang besar. Isinya sendiri sebenernya nggak terlalu banyak ya, cuma 100ml (tuh kan Skintific tuh emang deh hobi banget bikin produk yang isinya cimit-cimit hahaha).

Karena ini adalah tipe botol dengan foam dispenser, ada semacam lock atau kunci supaya pumpnya nggak tertekan secara nggak sengaja. Materialnya terbuat dari plastik yang nggak terlalu ringkih, tapi nggak terlalu yang kokoh banget juga. Menurut aku sih cukup travel-friendly, ya.

Baca Juga: Review Skintific Barrier Booster Facial Oil 

Ingredients Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse

Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse Ingredient List - Water, Sodium Cocoyl Glycinate, Sodium Taurine Cocoyl Methyltaurate, Potassium Olivate, Sorbitol, Ceramide NP, Ceramide EOP, Ceramide AP, Ceramide AS, Ceramide NS, Centella Asiatica Extract, Sodium hyaluronate, Tuber Magnatum Extract, Phosphatidylcholine, Hydrogenated lecithin, Ascorbyl Palmitate, Tocopherol, Lactobacillus/Soymilk Ferment Filtrate, Saccharomyces Ferment Lysate Filtrate, Bifida Ferment Filtrate, Bifida Ferment Lysate, Lysine, Histidine, Arginine, Aspartic Acid, Threonine, Serine, Glutamic Acid, Proline, Glycine, Alanine, Valine, Isoleucine, Leucine, Tyrosine, Phenylalanine, C12-13 Alkyl Lactate, Citric Acid, Disodium EDTA, Maltooligosyl Glucoside, Hydrogenated Starch Hydrolysate, Sodium PCA, Glycerin, Butylene Glycol

Berdasarkan Skincarisma Ingredient Analyzer, produk ini termasuk dalam kategori minimal ingredient yang baik untuk kulit sensitif. Dari ingredient listnya juga cocok untuk kulit kering karena mengandung banyak bahan yang moisturizing seperti Glycerin, Sodium Hyaluronate, dan Tocopherol. EWG Health Ratingnya juga termasuk tinggi yaitu di 93%. All of the ingredients are labelled Low Risk.

Jadi Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse ini mengandung 3 key ingredients, yaitu:

  • Amino Acid
    Amino acid adalah cleansing agent yang ringan dan gentle di kulit, membersihkan sekaligus menjaga kelembapan alami kulit. Menurut penelitian, cleanser dengan kandungan amino acid membersihkan debu, kotoran, dan sebum tanpa ikut 'mengangkat' minyak alami kulit.

  • 5X Ceramide
    Formulasi dari 5X Ceramide ini 'mengikuti' struktur dari skin barrier alami kulit yang dapat melembapkan 'lebih dalam' ke lapisan kulit yang lebih dalam pula. Yang disebut 5X Ceramide ini adalah perpaduan dari 5 jenis Ceramide, yaitu Ceramine NP, NS, AS, EOP, dan AP.

  • White Truffle
    White truffle adalah jenis jamur langka yang kaya akan asam lemak yang membantu mempertahankan dan memperbaiki skin barrier. Terdapat pula kandungan anti-aging dari peptide dan vitamin C yang cukup tinggi untuk kulit lebih cerah dan melawan radikal bebas.

Baca Juga: Review Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Lalu apa sih yang membedakan Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse dengan cleanser lainnya?

Produk ini mengandung amino acid micron-grade, yaitu dalam molekul yang lebih kecil, untuk membantu membersihkan pori-pori dari minyak berlebih yang menyumbat dan lain-lain seperti debu dan kotoran. Perpaduan 5X ceramide, amino acid, dan white trufflenya ini dapat membantu mempertahankan kelembapan alami kulit dan skin barrier.

Ini menarik sih ya, kalau dilihat dari ingredient listnya juga cleanser ini mengandung probiotik complex yaitu Lactobacillus/Soymilk Ferment Filtrate, Saccharomyces Ferment Lysate Filtrate, Bifida Ferment Filtrate, dan Bifida Ferment Lysate.

Menurut penelitian di tahun 2015 secara klinis aplikasi probiotik topikal juga telah terbukti memodifikasi fungsi skin barrier dengan peningkatan sekunder sifat antimikroba kulit.

Surfaktan yang digunakan dalam facial wash ini adalah Sodium Taurine Cocoyl Methyl Taurate. Jenis surfaktan ini dapat membuat air dan minyak tercampur dengan baik sehingga menjadi campuran cleansing agent yang baik. Surfaktan jenis ini juga dapat membersihkan tanpa mengangkat minyak alami kulit.

Texture & Fragrance

Oke, kalau dilihat dari botolnya sih cleanser ini pertama berupa liquid, cair yah. Setelah didispense keluar lewat pumpnya, otomatis akan keluar foamnya. Menurut aku, kalau dibandingkan dengan beberapa produk foam cleanser yang sudah pernah aku coba sebelumnya, busanya tuh nggak terlalu dense, tapi nggak yang terlalu 'loose' juga, jadi bisa dibilang somewhere ini between deh.

Kalau diperhatikan dari ingredient listnya, Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse ini nggak mengandung artificial color atau fragrancenya. Lalu apakah ada wanginya? Sepengalaman aku menggunakan cleanser ini sih sebenernya ada, soapy smell yang supeeeeer faint. Bener-bener kayak hampir nggak kecium wangi-wangian gitu sih. So i think it's safe to call it unscented or fragrance-free.

Baca Juga: Review Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen

Hasil Pemakaian Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse

Karena ini produk facial wash, menurut aku sih before afternya nggak akan terlalu ada perbedaan yang 'gimana' gitu, beda sama produk skincare lain kayak moist or serum. However, aku bisa share pengalaman aku menggunakan Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse ini.

Menurut aku, ini cukup gentle untuk kulit aku yang saat ini sedang agak sensitif (dengan sedikit redness). Busanya tuh nggak kayak yang 'nempel' di kulit, dan setelah dibilas juga kulit nggak kerasa yang 'keset' or kering banget, tapi aku bisa bilang ini nggak yang terlalu moisturizing banget juga sih, mengingat kulit aku juga termasuk tipe dry.

So overall, foaming cleanser dari Skintific ini menurut aku lumayan oke ya, tapi menurut aku dia bakalan lebih cocok untuk kulit normal atau yang lebih ke normal to oily, dan sensitive skin. Emang sih di klaimnya dia cocok untuk semua jenis kulit, tapi masalahnya kan kulit dan concern tiap individu kan beda-beda. Packaging-wise aku lumayan suka sih karena botolnya cukup kokoh dan travel-friendly.

Kalau kamu tertarik pengen nyobain amino acid cleanser, mungkin kamu bisa mencoba Skintific Amino Acid Ultra Gentle Cleansing Mousse in, apalagi kalau kamu #BucinSkintific. Kayaknya sayang aja gitu kalau dilewatkan, hehehe. Aku juga merekomendasikan produk ini kalau kamu ada masalah dengan skin barrier.

Dan yes, produk ini bisa kamu beli di Official Store Shopee Skintific Indonesia. Setahu aku juga ada promo bundling dengan moisturizernya yang hits banget itu!

Get to know more about Skintific
This is a sponsored post. Skintific Indonesia send me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience

6 komentar

  1. Cleansing mousse lagi booming yah, menarik busanya lembut gitu 🥰

    ReplyDelete
  2. Belum sempet cobain yang ini, kayaknya bakal enak sih ini.. facial foam yg biasa aja enak ga bikin kering

    ReplyDelete
  3. lagi banyak tipe cleanser yang mousse gini suka

    ReplyDelete
  4. Teksturnya kayak lembut banget gitu yang, keluar dari kemasannya langsung dalam bentuk busa. Udah kebayang sih gimana pas nyentuh kulit wajah. Enak banget pasti dipakenya :))

    ReplyDelete

Hello beautiful! Thanks for visiting my blog.
Komentar dari kamu akan membuat aku lebih semangat lagi untuk ngeblog.
Oh iya, tolong untuk tidak meninggalkan link hidup ya :)